ICAN English

Beranda » Blog » Trik Belajar Bahasa Inggris di Youtube

Trik Belajar Bahasa Inggris di Youtube

Belajar bahasa Inggris di YouTube zaman sekarang bukan sesuatu hal yang tidak mungkin lagi. Saat ini, apabila kamu ingin memiliki kemampuan bahasa Inggris hanya membutuhkan niat. Proses pembelajaran bisa kamu lakukan dengan mudah secara otodidak melalui YouTube.

YouTube menyediakan berbagai macam channel bahasa Inggris berkualitas dengan konten dan materi yang menarik sehingga bisa kamu akses untuk pembelajaran. Dengan adanya fasilitas tersebut tentu harus kamu maksimalkan.

Trik Belajar Bahasa Inggris di YouTube

Menguasai bahasa Inggris melalui YouTube memang bukan sesuatu hal yang mudah. Apalagi jika kamu belajar secara otodidak. Berikut ini trik yang bisa kamu lakukan untuk belajar bahasa Inggris di YouTube. 

Pilih Materi Pembelajaran

Hal pertama yang kamu lakukan adalah mencari materi pembelajaran bahasa Inggris di YouTube yang sesuai. Jika kamu seorang pemula ada baiknya untuk mencari materi yang sederhana dan mudah.

Apabila kamu belajar secara otodidak pastikan untuk mencari materi pembelajaran bahasa Inggris dari yang termuda dan pilih materi yang sesuai dengan peminatan kamu ya.

Lakukan Metode Pembelajaran Tepat

Selanjutnya kamu bisa mulai menyiapkan tanggal belajar untuk setiap materi. Ada metode pembelajaran yang bisa kamu coba, seperti berikut.

  • Translate semua kata dalam bahasa Indonesia dari channel YouTube yang kamu tonton.
  • Pastikan kamu hafal kosakata baru dan mengerti isi konten YouTube tersebut.
  • Perhatikan cara pengucapan atau pelafalan dari Creator YouTube.
  • Ulangi dan tiru setiap kata yang ada pada video YouTube.

Translate semua kata di dalam video tersebut ke bahasa Indonesia adalah salah satu hal yang wajib kamu lakukan. Hal tersebut akan membantu memahami apa yang akan kamu pelajari dalam channel YouTube tersebut.

Jadi fokus pertama kamu adalah pemahaman dari video YouTube. Setelah itu pelajari artinya. Jika sudah memahami dan mengerti kamu bisa memperhatikan pelafalan.

Perhatikan Waktu Belajar

Selanjutnya kamu harus memperhatikan waktu belajar. Berikan target untuk bisa mempelajari suatu materi dari satu video. Misalnya kamu membutuhkan waktu 1 minggu untuk mempelajari satu video. Pastikan kamu bisa menguasai video tersebut dari waktu yang telah ditentukan dan tidak boleh lebih. 

Jadi dalam satu hari kamu harus bisa mengatur waktu belajar. Misalnya dalam waktu 1 hari, minimal 1 jam untuk belajar materi bahasa Inggris di video YouTube yang kamu pilih. 

Total waktu belajar kamu dalam satu minggu adalah 7 jam untuk materi yang sama. Sekalipun kamu sudah memahami materi tersebut sebelum satu minggu,  sebaiknya tidak berganti materi. Tuntaskan sampai benar-benar satu minggu.

Mungkin kamu akan merasa bosan sebab mengolah materi tersebut. Namun hal tersebut bisa membantu kamu untuk lebih disiplin dalam latihan bahasa Inggris. Jika penggunaan waktu pembelajaran bahasa Inggris bisa kamu lakukan dengan baik maka dalam kurun 6 bulan kemampuan bahasa Inggris kamu meningkat lebih pesat loh.

Rekomendasi Channel YouTube untuk Belajar Bahasa Inggris

Sudah memiliki niat untuk belajar bahasa Inggris melalui YouTube? Berikut ini kami Berikan beberapa rekomendasi channel YouTube berkualitas bagus dalam pembelajaran bahasa Inggris. Namun, jika kamu membutuhkan kursus secara langsung dan lebih intensif, kamu bisa bergabung dalam kursus bahasa Inggris di ICAN English dengan tutor berpengalaman dan ahli.

BBC Learning English 

Channel YouTube pertama yang bisa kamu coba adalah BBC Learning English. Jadi channel ini membahas pengajaran bahasa Inggris dan dikelola secara profesional. Channel tersebut didukung oleh pemerintahan Inggris di mana setiap videonya telah diproduksi oleh tim pakar dalam bahasa.

Channel favorite tersebut juga menyediakan playlist untuk membantu aksen atau pelafalan kamu dalam bahasa Inggris lebih berkualitas.Saat ini jangan tersebut memiliki 3 juta lebih subscriber yang diproduksi secara profesional untuk menjadi sumber pembelajaran terbaik.

VOA learning English 

VOA learning English juga bisa kamu gunakan untuk belajar bahasa Inggris. Program pembelajaran bahasa Inggris diberikan secara sistematis dan terstruktur dengan baik. Channel ini menawarkan kursus gratis selama 52 minggu atau sekitar 1 tahun.

Jika kamu tidak ingin menghabiskan waktu 1 tahun untuk belajar bahasa Inggris juga bisa memilih playlist-playlist yang disediakan. Belajar bahasa Inggris dengan menggunakan channel YouTube satu ini akan membantu kamu untuk belajar lebih cepat. Kamu juga bisa belajar dengan aksen Amerika yang kental di channel satu ini.

EnglishClass101 

Channel YouTube selanjutnya yang direkomendasikan adalah englishclass101. Jadi channel tersebut sudah termasuk salah satu daftar channel terbaik untuk belajar bahasa Inggris. 

Channel tersebut memproduksi banyak sekali video klip pembelajaran yang ditayangkan melalui YouTube. Kamu bisa menonton video tersebut secara gratis tanpa harus membeli kursus online.

Channel tersebut juga menjelaskan dengan baik berbagai macam peraturan tata bahasa dan ekspresi umum. Materi yang digunakan disampaikan dengan bahasa yang sederhana sehingga mudah dimengerti oleh pemula.

Belajar bahasa Inggris di YouTube akan memudahkan kamu jika tahu trik dan caranya. Saat ini banyak channel YouTube yang bisa dijadikan pilihan untuk menguasai kemampuan berbahasa Inggris. Jauh lebih baik jika kamu memilih satu channel YouTube untuk konsisten belajar bahasa Inggris. 

Baca Juga:

Pilihan Les IELTS di Sunter

Pilihan Les IELTS di Sunter

Les IELTS di Sunter menjadi pilihan banyak orang untuk mempersiapkan diri menempuh tes yang satu ini. Ada banyak lembaga yang bisa kamu pilih di daerah ini. IELTS dimiliki dan dikelola bersama oleh British Council, Cambridge English Language Assessment, dan IDP...

Ketahui Apa Saja Kursus TOEFL di Sunter

Ketahui Apa Saja Kursus TOEFL di Sunter

Membaca soal TOEFL memang membutuhkan waktu dan beberapa pertanyaan bisa menipu kamu. Kabar baiknya, ada banyak kursus TOEFL yang bisa kamu pilih. Sekarang, kursus TOEFL di Sunter bisa kamu pilih untuk mempersiapkan diri. Banyak juga tips dan trik membaca soal TOEFL...

Kursus Bahasa Inggris Terbaik di Sunter

Kursus Bahasa Inggris Terbaik di Sunter

Sudah bukan rahasia lagi jika bergabung dalam kursus bisa membuat proses belajar lebih maksimal. Kursus bahasa Inggris di Sunter bisa jadi salah satu tempat terbaik untuk meningkatkan pemahaman dalam bahasa Inggris. Bahasa Inggris adalah bahasa yang digunakan dalam...

Online-Class-Private-for-Preparation-Class-IELTS-or-TOEFL-2
general-english-sidebar
Shadow
ICAN Event
No event found!

Postingan Terbaru

Pilihan Les IELTS di Sunter

Les IELTS di Sunter menjadi pilihan banyak orang untuk mempersiapkan diri menempuh tes yang satu...

Ketahui Apa Saja Kursus TOEFL di Sunter

Membaca soal TOEFL memang membutuhkan waktu dan beberapa pertanyaan bisa menipu kamu. Kabar...

Kursus Bahasa Inggris Terbaik di Sunter

Sudah bukan rahasia lagi jika bergabung dalam kursus bisa membuat proses belajar lebih maksimal....

Pilihan Les IELTS di Kelapa Gading

Seperti yang diketahui, IELTS adalah tes kemampuan bahasa Inggris yang paling populer. Karena...

Les Bahasa Inggris di Batam

Salah satu manfaat dari belajar bahasa Inggris adalah bahasa ini digunakan dalam dunia bisnis...
Kursus TOEFL Terbaik di Batam

Kursus TOEFL Terbaik di Batam

Sebagian besar siswa mengambil tes TOEFL untuk melengkapi pendaftaran mereka ke universitas. Untuk itu, banyak siswa...