Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
trik belajar bahasa inggris di youtube

Trik Belajar Bahasa Inggris di Youtube

Beranda / Belajar Bahasa Inggris / Trik Belajar Bahasa Inggris di Youtube

Belajar bahasa Inggris di YouTube zaman sekarang bukan sesuatu hal yang tidak mungkin lagi. Saat ini, apabila kamu ingin memiliki kemampuan bahasa Inggris hanya membutuhkan niat. Proses pembelajaran bisa kamu lakukan dengan mudah secara otodidak melalui YouTube.

YouTube menyediakan berbagai macam channel bahasa Inggris berkualitas dengan konten dan materi yang menarik sehingga bisa kamu akses untuk pembelajaran. Dengan adanya fasilitas tersebut tentu harus kamu maksimalkan.

Trik Belajar Bahasa Inggris di YouTube

Menguasai bahasa Inggris melalui YouTube memang bukan sesuatu hal yang mudah. Apalagi jika kamu belajar secara otodidak. Berikut ini trik yang bisa kamu lakukan untuk belajar bahasa Inggris di YouTube. 

Pilih Materi Pembelajaran

Hal pertama yang kamu lakukan adalah mencari materi pembelajaran bahasa Inggris di YouTube yang sesuai. Jika kamu seorang pemula ada baiknya untuk mencari materi yang sederhana dan mudah.

Apabila kamu belajar secara otodidak pastikan untuk mencari materi pembelajaran bahasa Inggris dari yang termuda dan pilih materi yang sesuai dengan peminatan kamu ya.

Baca juga : Pilihan E-Book Untuk Belajar Bahasa Inggris

Lakukan Metode Pembelajaran Tepat

Selanjutnya kamu bisa mulai menyiapkan tanggal belajar untuk setiap materi. Ada metode pembelajaran yang bisa kamu coba, seperti berikut.

  • Translate semua kata dalam bahasa Indonesia dari channel YouTube yang kamu tonton.
  • Pastikan kamu hafal kosakata baru dan mengerti isi konten YouTube tersebut.
  • Perhatikan cara pengucapan atau pelafalan dari Creator YouTube.
  • Ulangi dan tiru setiap kata yang ada pada video YouTube.

Translate semua kata di dalam video tersebut ke bahasa Indonesia adalah salah satu hal yang wajib kamu lakukan. Hal tersebut akan membantu memahami apa yang akan kamu pelajari dalam channel YouTube tersebut.

Jadi fokus pertama kamu adalah pemahaman dari video YouTube. Setelah itu pelajari artinya. Jika sudah memahami dan mengerti kamu bisa memperhatikan pelafalan.

Perhatikan Waktu Belajar

Selanjutnya kamu harus memperhatikan waktu belajar. Berikan target untuk bisa mempelajari suatu materi dari satu video. Misalnya kamu membutuhkan waktu 1 minggu untuk mempelajari satu video. Pastikan kamu bisa menguasai video tersebut dari waktu yang telah ditentukan dan tidak boleh lebih. 

Jadi dalam satu hari kamu harus bisa mengatur waktu belajar. Misalnya dalam waktu 1 hari, minimal 1 jam untuk belajar materi bahasa Inggris di video YouTube yang kamu pilih. 

Total waktu belajar kamu dalam satu minggu adalah 7 jam untuk materi yang sama. Sekalipun kamu sudah memahami materi tersebut sebelum satu minggu,  sebaiknya tidak berganti materi. Tuntaskan sampai benar-benar satu minggu.

Mungkin kamu akan merasa bosan sebab mengolah materi tersebut. Namun hal tersebut bisa membantu kamu untuk lebih disiplin dalam latihan bahasa Inggris. Jika penggunaan waktu pembelajaran bahasa Inggris bisa kamu lakukan dengan baik maka dalam kurun 6 bulan kemampuan bahasa Inggris kamu meningkat lebih pesat loh.

Baca juga: Trik Belajar Bahasa Inggris Lewat Google Translate

Rekomendasi Channel YouTube untuk Belajar Bahasa Inggris

Sudah memiliki niat untuk belajar bahasa Inggris melalui YouTube? Berikut ini kami Berikan beberapa rekomendasi channel YouTube berkualitas bagus dalam pembelajaran bahasa Inggris. Namun, jika kamu membutuhkan kursus secara langsung dan lebih intensif, kamu bisa bergabung dalam kursus bahasa Inggris di ICAN English dengan tutor berpengalaman dan ahli.

BBC Learning English 

Channel YouTube pertama yang bisa kamu coba adalah BBC Learning English. Jadi channel ini membahas pengajaran bahasa Inggris dan dikelola secara profesional. Channel tersebut didukung oleh pemerintahan Inggris di mana setiap videonya telah diproduksi oleh tim pakar dalam bahasa.

Channel favorite tersebut juga menyediakan playlist untuk membantu aksen atau pelafalan kamu dalam bahasa Inggris lebih berkualitas.Saat ini jangan tersebut memiliki 3 juta lebih subscriber yang diproduksi secara profesional untuk menjadi sumber pembelajaran terbaik.

VOA learning English 

VOA learning English juga bisa kamu gunakan untuk belajar bahasa Inggris. Program pembelajaran bahasa Inggris diberikan secara sistematis dan terstruktur dengan baik. Channel ini menawarkan kursus gratis selama 52 minggu atau sekitar 1 tahun.

Jika kamu tidak ingin menghabiskan waktu 1 tahun untuk belajar bahasa Inggris juga bisa memilih playlist-playlist yang disediakan. Belajar bahasa Inggris dengan menggunakan channel YouTube satu ini akan membantu kamu untuk belajar lebih cepat. Kamu juga bisa belajar dengan aksen Amerika yang kental di channel satu ini.

Baca juga : Langkah Awal Belajar Bahasa Inggris

EnglishClass101 

Channel YouTube selanjutnya yang direkomendasikan adalah englishclass101. Jadi channel tersebut sudah termasuk salah satu daftar channel terbaik untuk belajar bahasa Inggris. 

Channel tersebut memproduksi banyak sekali video klip pembelajaran yang ditayangkan melalui YouTube. Kamu bisa menonton video tersebut secara gratis tanpa harus membeli kursus online.

Channel tersebut juga menjelaskan dengan baik berbagai macam peraturan tata bahasa dan ekspresi umum. Materi yang digunakan disampaikan dengan bahasa yang sederhana sehingga mudah dimengerti oleh pemula.

Belajar bahasa Inggris di YouTube akan memudahkan kamu jika tahu trik dan caranya. Saat ini banyak channel YouTube yang bisa dijadikan pilihan untuk menguasai kemampuan berbahasa Inggris. Jauh lebih baik jika kamu memilih satu channel YouTube untuk konsisten belajar bahasa Inggris. 

ICAN Event - Study in Austrtalia, UK & New Zealand
ICAN Expo - Manado 2024
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Expo - Education Expo Kalimantan
Sunway
Event SEG
Event PSB Academy
Education Expo Kalimantan

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan