Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
5 universitas amerika yang terkenal

5 Universitas Amerika yang Terkenal

Beranda / Perkuliahan / Info Universitas / 5 Universitas Amerika yang Terkenal

Amerika terkenal sebagai salah satu pusat pendidikan dengan beberapa Universitas inovatif. Banyak perguruan tinggi di Amerika yang menjadi favorit mahasiswa internasional. Dari banyaknya perguruan tinggi tersebut, setidaknya ada 5 lembaga pendidikan tinggi yang masuk dalam universitas terbaik dunia.

Jika kamu tertarik untuk melanjutkan pendidikan tinggi di Amerika, persiapkan semua persyaratan dari sekarang. Salah satu hal yang harus dilakukan adalah memilih perguruan tinggi tujuan. Kamu bisa mendapatkan bantuan dari Ican Education sebagai agen pendidikan luar negeri dengan kualitas terbaik.

5 Universitas di Amerika yang Terkenal

Memutuskan untuk kuliah di Amerika memang tidak mudah. Selain berbagai macam persyaratan yang harus dipenuhi, kamu harus bisa menentukan pilihan kampus terbaik. Nah, berikut ini pilihan universitas di Amerika yang cukup populer:

1. Massachusetts Institute of Technology

Massachusetts Institute of Technology adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang fokus terhadap riset dan berdiri di tahun  1861. Kampus ini ada di Cambridge, Amerika Serikat. Menyediakan 30 departemen yang terbagi dalam 5 Sekolah Tinggi dan satu kampus. 

Departemen di Massachusetts Institute of Technology, seperti MIT Schwarzman College of Computing, MIT Sloan School of Management, Schoof of Science, Arts and Social Science, School of Humanities, School of Engineering, dan School of Architecture and Planning, 

Untuk bisa masuk di Massachusetts Institute of Technology memang tidak mudah sebab penerimaan mahasiswa baru bersifat selektif dan persentase sekitar 8% saja dari total yang mendaftar. Dari seluruh mahasiswa yang ada di kampus tersebut, ada sekitar 30%  pelajar internasional.

2. Stanford University 

Siapa yang tidak kenal dengan Stanford University? Kampus tersebut merupakan salah satu Universitas riset terbaik di dunia. Terletak di bagian California,Amerika Serikat kampus ini berdiri sejak tahun 1885. Kampus ini menyediakan 7 sekolah tinggi berkualitas, seperti Humanities and Sciences, Business; Earth, Energy & Environmental Science, Law and Medicine, Engineering, Education.

Jumlah pelajar di Stanford University saat ini sekitar 16.424  mahasiswa. Kampus ini merupakan salah satu universitas terbaik di Amerika dan sekitar 22% dari jumlah mahasiswa datang dari internasional. Alumni Stanford University juga memiliki peranan penting dalam berbagai macam bidang seperti bisnis, teknologi, pemerintahan, dan lain sebagainya.

3. Harvard University 

Selain Stanford University, ada juga Harvard University yang termasuk salah satu universitas Amerika yang terkenal. Menjadi kampus tertua di Amerika Serikat, Harvard University terkenal dengan sejarah dan reputasi akademik. Harvard University memiliki pengaruh yang cukup besar bagi Amerika dan dunia. Kampus yang terletak di Cambridge, Amerika ini sudah ada sejak tahun 1636 loh.

Ada sekitar 20000 mahasiswa yang kuliah di Harvard University. Seperempat dari mahasiswa tersebut merupakan pelajar internasional. Kamus ini berhasil mendapatkan berbagai macam penghargaan, termasuk penghargaan Nobel. Sudah banyak lulusan dari Harvard University yang memiliki nama besar sesuai dengan bidangnya. 

4. California Institute of Technology

California Institute of Technology merupakan kampus yang berdiri di tahun 1891. Pada saat itu kampus tersebut masih memiliki nama Throop University of Pasadena. Kampus ini merupakan salah satu institusi yang fokus dalam bidang teknik dan teknologi. Terkenal sebagai salah satu perguruan tinggi yang inovatif ada berbagai macam jurusan yang bisa kamu pilih.

Kamu bisa bergabung dengan Biology & Biological Engineering, Mathematics & Astronomy, Chemistry & Chemical Engineering, Physics, Engineering & Applied Science, Humanities and Social Science, dan Geological & Planetary Science.

5. University of Chicago

Terakhir ada University of Chicago yang termasuk salah satu perguruan tinggi terkenal di Amerika. Kampus ini terletak di Chicago dan sudah berdiri sejak tahun 1890. Ada banyak program untuk tingkat sarjana maupun pasca sarjana yang bisa kamu pilih.

Kamus ini terkenal dengan professional school pada bidang kedokteran, hukum, bisnis, administrasi layanan sosial, dan lain sebagainya. Lulusan dari Chicago University sudah tersebar di berbagai macam bidang dan memiliki kontribusi untuk kemajuan dunia loh.

Baca Juga :
Alasan Mengapa Kuliah Di Amerika Serikat

Apa Saja Syarat Kuliah di Amerika?

Memutuskan untuk kuliah di salah satu universitas di Amerika Serikat tentu tidak mudah. Kamu harus memenuhi berbagai macam  persyaratan. Tidak hanya itu,  persaingan untuk bisa lolos di salah satu kampus tersebut sangat ketat. Saingan kamu bukan hanya datang dari Indonesia dan Amerika, tetapi dari seluruh belahan dunia.

Nah, apa saja syarat untuk kuliah di Amerika?

  • Transkrip dan ijazah dengan bahasa Inggris dari SMA atau universitas (untuk program pascasarjana).
  • Memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik. Hal tersebut perlu dibuktikan dengan adanya sertifikat TOEFL atau sertifikat bahasa Inggris lainnya sesuai dengan syarat masing-masing kampus.
  • Memiliki visa pelajar F-1 sesuai yang berlaku atas masa studinya.

Semua syarat tersebut harus kamu penuhi, untuk bisa mendaftar di kampus terbaik Amerika. Namun akan ada beberapa persyaratan lainnya yang bisa disesuaikan dari tempat kamu mendaftar. Melakukan konsultasi kuliah luar negeri bisa menjadi cara terbaik agar kamu bisa mendaftar di universitas tujuan dengan lebih lancar dan mudah.

Itulah 3 Universitas Amerika yang terkenal dan bisa dipilih untuk jadi tujuan melanjutkan pendidikan tinggi. Mendaftar dan diterima di salah satu perguruan tinggi di Amerika memang tidak mudah. Namun kamu bisa mengupayakan semua persyaratan dan mempersiapkan dengan baik.

Baca juga :
Kuliah Jurusan Dance Di Amerika, Ini Kampus Terbaiknya!

Alasan Kuliah di Amerika Serikat

Amerika Serikat (AS) menampung jumlah pelajar internasional terbanyak di dunia. Pendidikan berkualitas, kurikulum unik, lingkungan multikultural, dan peluang berlimpah hanyalah beberapa alasan mengapa banyak pelajar internasional ingin belajar di AS.

Setiap pelajar mempunyai alasan dan motivasi masing-masing dalam memilih Amerika Serikat untuk melanjutkan studinya, dan banyak diantaranya terkait dengan manfaat yang dapat dirasakan oleh pelajar internasional selama tinggal dan belajar di Amerika. Namun, beberapa alasan utamanya adalah:

Keunggulan Akademik

Universitas di Amerika kebanyakan masuk ke dalam ranking dunia. Negara yang satu ini memang tak main-main dengan pendidikan karena setiap institusinya memiliki standar pendidikan yang tinggi dan mengikuti aturan yang ketat untuk tetap memberikan kualitas pendidikan terbaik kepada semua siswa. Tercatat untuk ranking dunia pada 2019 lalu, ada sebanyak 33 universitas di Amerika masuk dalam ranking dunia. Demikian pula, Times Higher Education Ranking juga menempatkan tujuh universitas Amerika dalam daftar 10 universitas teratas.

Sistem pendidikan yang fleksibel

Universitas dan perguruan tinggi Amerika menawarkan beragam kursus dan program untuk dipilih. Kamu mempunyai kebebasan untuk tidak hanya memilih isi kursus, tetapi juga strukturnya. Di tingkat sarjana, siswa memiliki kebebasan untuk mengikuti kursus yang berbeda sebelum memilih jurusan pada akhir tahun kedua. Ini membantu untuk mengeksplorasi minat subjek siswa dan kemudian memutuskan tanpa terburu-buru. Demikian pula, untuk studi pascasarjana, kamu dapat memilih preferensi untuk disertasi.

Sistem dukungan yang sangat baik untuk siswa internasional

Universitas-universitas Amerika memahami perjuangan mahasiswa internasional dan oleh karena itu menyelenggarakan program orientasi, lokakarya, dan pelatihan secara berkala untuk memberikan bantuan. Faktanya, kantor pelajar internasional membantu pelajar seperti untuk terbiasa dengan gaya hidup baru, baik itu pertanyaan akademis, budaya atau sosial, staf akan siap membantu sepanjang waktu.

ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Expo - Education Expo Kalimantan
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
UTS College Balikpapan
Education Expo Kalimantan
UTS College Bandung
UTS College Manado
UTS College Bekasi
KINGS USA
KINGS UK
SIM
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan