Universitas

Beranda » Blog » Universitas di Singapura yang Banyak Orang Indonesia

Universitas di Singapura yang Banyak Orang Indonesia

Ada beberapa pilihan universitas di Singapura yang banyak orang Indonesia. Singapura selama ini menjadi salah satu destinasi pendidikan andalan pelajar Indonesia.

Singapura menawarkan biaya hidup lebih murah dibandingkan biaya hidup di Eropa. Untuk ke Singapura, kamu bisa menempuh perjalanan satu setengah jam naik pesawat, dan tidak sulit untuk pulang-pergi ke Indonesia.

Baca Juga: Pilihan Universitas Jurusan Pendidikan di Singapura

Daftar Universitas di Singapura Yang Banyak Mahasiswa Indonesia

Sebagai negara yang cukup populer di kalangan pelajar, ada banyak universitas Singapura yang selalu jadi favorit bagi banyak pelajar Indonesia.

Kalau kamu ingin mencari universitas di singapura yang banyak orang Indonesia, berikut adalah informasi lengkap:

1. Nanyang Technological University

Universitas ini berdiri tahun 1955, terletak Singapura bagian barat daya. Nanyang Tecnological University disingkat NTU adalah salah satu universitas paling diminati oleh mahasiswa Indonesia.

Selain terkenal karena kualitas pendidikan yang tinggi, kampus tersebut menawarkan beasiswa bagi para mahasiswa. Hal ini sekaligus menjadi alasan mengapa banyak orang Indonesia memilih NTU. Beberapa jurusan yang ada di Nanyang Technological University yaitu bidang teknik, bisnis, sains, dan juga kedokteran.

2. National University of Singapore

Disingkat NUS, adalah universitas paling tua dan paling besar yang ada di Singapura. NUS merupakan salah satu kampus favorit di Asia dan di dunia.

Sistem perkuliahan National University of Singapore membantu para mahasiswa bisa lulus lebih cepat. Kurikulum yang digunakan membuat para mahasiswa bisa ambil lebih banyak modul per semester.

Kampus tersebut juga menawarkan beasiswa sehingga menjadi pilihan orang Indonesia. Terdapat beberapa fakultas tersedia yaitu School of Computing, Faculty of Science, Faculty of Art and Social Sciences, dan School of Design and Environment.

3. Singapore University of Technology and Design

Singapore University of Technology and Design menjalin kerjasama dengan Massachusetts Institute of Technology atau MIT yang ada di Amerika Serikat Serta Zheijang University atau ZJU yang berada di China. Tujuannya adalah untuk memadukan antara ilmu barat dan timur. Universitas ini juga beroperasi tahun 2012 dan menjalin kerjasama dengan Institut Teknologi Bandung atau ITB.

Berdasarkan UniRank, kampus tersebut berada pada urutan ke-4 sebagai Universitas Terbaik di Singapura. Mutu pendidikan berkualitas dan tawaran beasiswa adalah alasan mengapa banyak orang Indonesia memilih universitas tersebut. Beberapa pilihan jurusan yaitu bisnis dan manajemen, ilmu sosial dan media, arsitektur dan bangunan, serta jurusan ilmu komputer.

4. Singapore Management University

Singapore University of Scoail Science berada di Jl Bras Basah Park, tepatnya di distrik Singapura. Lembaga perguruan tinggi tersebut sudah ada sejak tahun 2000 dan menyediakan beberapa pilihan jurusan yaitu manajemen, sistem informasi, ekonomi, hukum dan ilmu sosial.

Universitas tersebut juga terbilang populer di mata dunia. Tahun 2008, Singapore Management University memperoleh pengakuan dari Singapore Education Awards karena menghasilkan lebih banyak siswa asing berprestasi dalam bidang akademis di Singapura. Tahun 2009, kampus tersebut menjadi tuan rumah top menurut siswa internasional yang memilih belajar di Singapura.

Universitas ini juga menawarkan beasiswa pembebasan kuliah dan tunjangan hingga 6 juta rupiah. Sehingga menjadi alasan mendasar mengapa banyak orang Indonesia memilih kampusnya.

Baca Juga: Jurusan dengan Peminat Paling Tinggi di Universitas Singapura

Apa Saja Syarat Kuliah di Singapura?

Sekarang, kamu sudah tahu beberapa pilihan universitas Singapura yang banyak orang Indonesia. Sebagai negara yang kecil tetapi maju, negara ini mempunyai beberapa syarat umum untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan kuliah di Singapura, sebagaimana berikut:

1. Nilai rapor semester 1 sampai semester 6.

2. ijazah pendidikan terakhir.

3. CV: Surat identitas dan pengalaman bekerja, bisa juga memuat rekomendasi dari guru, pelatih, atau kepala sekolah dari sekolah asal.

4. Motivation letter: Esai atau penjelasan mengapa kamu ingin kuliah di kampus pilihan. Jelaskan mengapa kamu punya potensi pada jurusan pilihan, mengapa kamu butuh kampus tujuan agar dapat mengembangkan potensi diri, dan apa yang akan kamu berikan sebagai kontribusi di kampus tersebut.

5. Surat tanda diterima di universitas pilihan.

6. Paspor: surat wajib yang kamu punya untuk bepergian ke luar negeri.

7. Bukti keuangan dan bantuan keuangan jika punya.

8. Laporan medis untuk kondisi kesehatan.

9. Catatan tindak pidana.

10. Sertifikat TOEFL/IELTS/PTE. Skor minimal TOEFL 85-100, IELTS 6,5, PTE 56-66.

11. Visa pelajar atau Student’s Pass. Tidak usah mengurusnya kalau kamu sudah punya Immigration Exemption Order (IEO) atau Dependent Pass (DP).

Semua syarat tersebut harus kamu penuhi, dilengkapi dengan pembayaran biaya pendaftaran melalui kartu kredit atau bisa dengan Bank Draft. Kalau kamu butuh informasi lebih lanjut agar bisa kuliah ke Singapura, kamu bisa meminta bantuan agen kuliah luar negeri, ICAN Education Consultant.

Kamu juga bisa mencari tahu mengenai persyaratan khusus lainnya dengan mengunjungi situs resmi universitas yang dituju. Di sana teradapat informasi lengkap seputar universitas yang kamu minati.

Baca Juga:

Universitas di Malaysia dengan Jurusan Fisioterapi

Universitas di Malaysia dengan Jurusan Fisioterapi

Mendengar tentang jurusan fisioterapi? Jurusan fisioterapi di Malaysia belakangan menjadi incaran para pelajar internasional. Kualitas pendidikan di Malaysia terus diperbaiki sehingga saat ini banyak pelajar internasional yang tertarik untuk melanjutkan pendidikan di...

3 Universitas Seni di Inggris

3 Universitas Seni di Inggris

Jurusan seni saat ini memiliki peminat yang lebih banyak dibandingkan zaman dahulu. Pasalnya, keberadaan ilmu seni memang lebih dibutuhkan untuk saat ini. Mengingat salah satu industri yang perkembangannya pesat adalah industri seni. Itulah mengapa saat ini telah...

3 Universitas Di Singapura Jurusan Hukum

3 Universitas Di Singapura Jurusan Hukum

Banyak orang yang memiliki impian dapat berkuliah di luar negeri. Salah satu jurusan yang paling diminati banyak orang untuk melanjutkan pendidikannya yakni, jurusan hukum. Unutk kamu yang ingin kuliah hukum, kamu bisa memilih universitas di  Singapura jurusan...

Online-Class-Private-for-Preparation-Class-IELTS-or-TOEFL-2
general-english-sidebar
Shadow
ICAN Event
No event found!

Postingan Terbaru

Universitas di Malaysia dengan Jurusan Fisioterapi

Mendengar tentang jurusan fisioterapi? Jurusan fisioterapi di Malaysia belakangan menjadi incaran...

3 Universitas Seni di Inggris

Jurusan seni saat ini memiliki peminat yang lebih banyak dibandingkan zaman dahulu. Pasalnya,...

3 Universitas Di Singapura Jurusan Hukum

Banyak orang yang memiliki impian dapat berkuliah di luar negeri. Salah satu jurusan yang paling...

3 Universitas Favorit di Amerika

Sudah menjadi rahasia umum apabila Amerika merupakan negara paling banyak dipilih sebagai tujuan...

Kenalan dengan Universitas Desain di Swiss

Universitas desain di Swiss menjadi pilihan bagi pelajar internasional untuk mendapatkan...