Universitas

Beranda » Blog » Seputar Universitas James Cook Singapore

Seputar Universitas James Cook Singapore

Universitas James Cook Singapore disingkat JCU, adalah salah satu pelopor pada bidang penelitian. Lembaga perguruan tinggi ini berada pada ranking terbaik 2% di dunia menurut 2020 Academic Ranking of World Universities atau ARWU.

Lokasi universitas tersebut berada di Cairns, Singapura dan Townsville, dengan pusat pembelajaran di Mackay, Mount Isa, Pulau Thursday, Atherton, dan Mandala. Reputasi lembaga pendidikan tersebut berada pada tingkat paling tinggi karena memperoleh EduTrust Star.

Baca Juga: Pilihan Universitas Jurusan Pendidikan di Singapura

Alasan Memilih Kuliah di James Cook Singapore

Berikut adalah beberapa alasan mengapa James Cook University Singapore adalah pilihan tepat untuk kamu yang akan kuliah di :

1. Program Mobilitas Inter-Campus

James Cook University menawarkan kesempatan bagi mahasiswa yang kuliah di James Cook Singapore dan di Australia dengan biaya perkuliahan sama seperti di Singapura dan dengan mata uang Singapura.

Program perkuliahan ini unik di Asia dan dapat dilaksanakan karena universitas tersebut berjalan di dua negara, Australia dan Singapura. Dengan program perkuliahan ini, maka memberikan kesempatan para mahasiswa internasional agar mendapatkan hasil terbaik selama di perguruan tinggi.

2. Gelar Diakui Global

Mahasiswa James Cook Singapore akan mendapatkan gelar yang diakui secara global, setara dengan para mahasiswa yang kuliah dan lulus dari James Cook University yang ada di Australia.

3. Sistem Perkuliahan

James Cook Singapore menggunakan sistem perkuliahan Trimester. Artinya, kamu bisa menyelesaikan program kuliah Sarjana atau Bachelor hanya dalam waktu dua tahun.

Sedangkan jika kamu melanjutkan studi jenjang perkuliahan S2, maka kamu bisa menyelesaikannya hanya dalam waktu satu tahun. Semua itu tergantung mata kuliah yang kamu ambil.

4. Lingkungan Belajar

Universitas Singapura ini dirancang untuk mendukung pembelajaran kolaboratif dan teknik belajar kolaboratif. Lembaga perguruan tersebut menyediakan fasilitas dan layanan yang dapat diakses penuh oleh para mahasiswa untuk mendukung pembelajaran.

Lingkungan belajar dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti: ruang seminar, ruang perkuliahan, perpustakaan, fasilitas belajar sesuai jurusan, laboratorium komputer, ruang Apple, dan laboratorium finansial.

Selain itu, ada juga beberapa fasilitas olahraga, dengan beberapa club atau komunitas dimana kamu bisa bergabung. Tujuan Universitas ini adalah untuk menawarkan pengalaman perkuliahan yang lebih dari sekedar tempat belajar sesuai jurusan.

5. Pilihan Jurusan Bervariasi

Berikut adalah beberapa pilihan jurusan yang tersedia:

  1. Double majors – Business
  2. Joint Masters – IT and Business Administration
  3. Bachelor – Psychological Science
  4. Program Diploma

Universitas ini juga menghasilkan para lulusan yang mempunyai keterampilan dan keahlian agar dapat menemukan pekerjaan yang tepat.

Baca Juga: Daftar Kampus Terkenal di Singapura

Tahap Pendaftaran Mahasiswa Internasional

Proses pendaftaran di Universitas James Cook Singapore untuk mahasiswa internasional sedikit lebih ribet dibandingkan mahasiswa lokal agar dapat memenuhi ketentuan legal. Terdapat beberapa biaya tambahan untuk mengurus administrasi perkuliahan.

Agar pendaftaran kuliah di James Cook University Singapore lebih mudah, kamu bisa langsung meminta bantuan ICAN Education Consultant. Bantuan profesional akan membuat proses pendaftaran lebih cepat, hingga kamu bisa kuliah tepat waktu.

Berikut adalah beberapa langkah mendaftar kuliah di Universitas James Cook, Singapura:

  1. Pilih jurusan yang kamu inginkan.
  2. Kumpulkan pendaftaran. Penuhi semua syarat yang diminta universitas dan syarat tambahan jurusan.
  3. Daftar secara online atau kirim email ke bagian admisi.
  4. Tunggu pihak admisi universitas melakukan peninjauan terhadap syarat akademik dan Bahasa sesuai jurusan. Kalau pendaftaran kamu diterima, maka akan mendapatkan Letter of Offer, kontrak mahasiswa, catatan saran, buku panduan mahasiswa, dan dokumen penting lainnya. Kalau pendaftaran belum diterima, maka kamu akan mendapatkan pemberitahuan dari tim admisi dengan adanya alternatif yang ditawarkan.
  5. Konfirmasi dengan menyatakan bahwa kamu telah menerima Letter of Offer dan kontrak mahasiswa. Pastikan baca keseluruhan seluruh kontrak sebelum menandatanganinya. Jika ingin melanjutkan pendaftaran, tandatangani dan kembalikan dokumen tersebut ke bagian admisi.
  6. Urus Student Pass atau Visa dengan mempersiapkan syarat yang diminta yaitu salinan e-Form 16 dan e-Form V36 yang telah diisi dan ditandatangani serta salinan akta kelahiran. Dokumen lainnya juga dibutuhkan seperti salinan bukti kemampuan finansial dari bank atau surat keterangan pekerjaan kedua orang tua atau pelamar.
  7. Kamu akan mendapatkan salinan In-Principle Approval Letter (IPA) dikeluarkan oleh ICA setelah pengajuan Visa sudah disetujui.
  8. Lapor ke bagian admisi kalau kamu sudah sampai di Singapura. Selanjutnya kamu harus melengkapi administrasi lainnya yang sudah dijelaskan saat kamu menerima Letter of Offer.

Untuk lebih jelasnya, kamu dapat mengunjungi situs resmi James Cook University Singapore. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan informasi lengkap seputar perkuliahan di universitas ini.

Baca Juga:

Universitas di Malaysia dengan Jurusan Fisioterapi

Universitas di Malaysia dengan Jurusan Fisioterapi

Mendengar tentang jurusan fisioterapi? Jurusan fisioterapi di Malaysia belakangan menjadi incaran para pelajar internasional. Kualitas pendidikan di Malaysia terus diperbaiki sehingga saat ini banyak pelajar internasional yang tertarik untuk melanjutkan pendidikan di...

3 Universitas Seni di Inggris

3 Universitas Seni di Inggris

Jurusan seni saat ini memiliki peminat yang lebih banyak dibandingkan zaman dahulu. Pasalnya, keberadaan ilmu seni memang lebih dibutuhkan untuk saat ini. Mengingat salah satu industri yang perkembangannya pesat adalah industri seni. Itulah mengapa saat ini telah...

3 Universitas Di Singapura Jurusan Hukum

3 Universitas Di Singapura Jurusan Hukum

Banyak orang yang memiliki impian dapat berkuliah di luar negeri. Salah satu jurusan yang paling diminati banyak orang untuk melanjutkan pendidikannya yakni, jurusan hukum. Unutk kamu yang ingin kuliah hukum, kamu bisa memilih universitas di  Singapura jurusan...

Online-Class-Private-for-Preparation-Class-IELTS-or-TOEFL-2
general-english-sidebar
Shadow
ICAN Event
No event found!

Postingan Terbaru

Universitas di Malaysia dengan Jurusan Fisioterapi

Mendengar tentang jurusan fisioterapi? Jurusan fisioterapi di Malaysia belakangan menjadi incaran...

3 Universitas Seni di Inggris

Jurusan seni saat ini memiliki peminat yang lebih banyak dibandingkan zaman dahulu. Pasalnya,...

3 Universitas Di Singapura Jurusan Hukum

Banyak orang yang memiliki impian dapat berkuliah di luar negeri. Salah satu jurusan yang paling...

3 Universitas Favorit di Amerika

Sudah menjadi rahasia umum apabila Amerika merupakan negara paling banyak dipilih sebagai tujuan...

Kenalan dengan Universitas Desain di Swiss

Universitas desain di Swiss menjadi pilihan bagi pelajar internasional untuk mendapatkan...