Universitas

Beranda » Blog » Universitas Negeri di Korea Selatan

Universitas Negeri di Korea Selatan

Ada sejumlah universitas negeri di Korea Selatan yang menjadi incaran banyak siswa. Perlu kamu ketahui juga periode penerimaan untuk universitas Korea tergantung pada waktu kamu akan belajar. Karena itu, kamu harus menyiapkan semua kebutuhan kamu sebelum periode masuk.

Jika kamu ingin mendaftar di musim semi, misalnya maka kamu harus menyerahkan dokumen pendaftaran antara bulan September hingga November. Jika kamu ingin masuk universitas selama musim gugur, kamu harus menyerahkan persyaratan dari Mei hingga Juni.

Baca Juga:

Trik Memilih Agen Kuliah ke Korea Selatan

3 Universitas Negeri Terbaik di Korea

Sejumlah universitas di Korea juga mendapatkan dana dari beberapa lembaga. Ada yang berasal dari pemerintah (Global Korea Scholarship), ada pula yang dibiayai oleh universitas itu sendiri. Beberapa organisasi, seperti Korea Foundation dan Daewoong Foundation juga menawarkan beasiswa.

Untuk kamu yang berencana kuliah dengan biaya terjangkau, beberapa universitas negeri di Korea Selatan ini juga bisa jadi pilihan.

1. Seoul National University

Sejak berdiri pada 1946, Seoul National University dianggap sebagai universitas paling terkemuka di Korea Selatan. Melalui 16 perguruan tinggi, 1 pascasarjana dan pascasarjana di bidang Ilmu Sosial, Kedokteran, Teknik, Seni Rupa dan bidang lainnya.

Universitas ini menempati peringkat ke-37 dalam Peringkat QS World University 2020. Alumni terkemukanya adalah Hoesung Lee (Ketua Panel Antarpemerintah untuk Perubahan Iklim) dan Ban Ki-moon (Sekjen PBB kedelapan).

2. Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST)

KAIST didirikan oleh pemerintah Korea, dengan bantuan pembuat kebijakan Amerika pada tahun 1971 sebagai lembaga sains dan teknik berorientasi penelitian pertama di Korea Selatan.

Kampus ini terbagi menjadi 2 sekolah, 6 perguruan tinggi, dan 33 departemen. Ini juga memiliki tiga lembaga yang berafiliasi termasuk Akademi Sains Korea, Institut Studi Lanjutan Korea dan Pusat NanoFab Nasional.

3. Korea University

Salah satu universitas tertua dan paling terhormat di Korea Selatan, Korea University telah berdiri pada tahun 1905. Badan fakultas terkemuka dari lembaga pendidikan ini terdiri dari lebih dari 1500 profesor penuh waktu dengan 95% dari mereka memegang gelar PhD atau kualifikasi setara di bidangnya masing-masing.

Universitas ini memiliki 17 perguruan tinggi dan sekolah dengan total 59 departemen dan program akademik. Selanjutnya, universitas ini juga menawarkan beasiswa dan penghargaan di bawah naungan Yayasan Universitas Korea.

Untuk menemukan universitas terbaik di Korea maupun dunia, kamu bisa melakukan konsultasi kuliah luar negeri di ICAN Education Consultant. Dengan tim konselor berpengalaman, kamu akan mendapatkan informasi lengkap seputar perkuliahan dan universitas bergengsi luar negeri.

Baca Juga:

3 Alasan Kuliah di Korea Selatan

Jurusan Populer di Korea Selatan

Negeri Ginseng ini terkenal dengan keterbukaannya terhadap teknologi, hiburan dan media. Negara ini adalah tempat di mana kamu bisa berkreasi dan menyumbangkan ide baru dan inovatif.

Korea adalah tempat dengan sejarah politik yang panjang, menarik dan rumit, menjadikannya tujuan yang fantastis bagi para ilmuwan sosial dan penggemar sejarah. Berikut adalah beberapa bidang yang cukup populer di Korea Selatan:

  • Languages degrees
  • Civil Engineering degrees
  • Business Administration degrees
  • Music degrees

Sama seperti negara populer lainnya, Korea Selatan juga menganut system 2 semester. Jadi, jika kamu berencana untuk belajar di Korea Selatan dan ingin mengetahui detail tentang waktu pendafatran, perhatikan poin-poin berikut ini:

  • Kalender akademik dimulai pada bulan Maret
  • Beberapa universitas juga menawarkan penerimaan di bulan September
  • Untuk pendaftaran Maret, aplikasi diterima antara September-November
  • Di sisi lain, untuk penerimaan September, aplikasi diterima antara Mei dan Juni

Proses aplikasi berjalan berdasarkan semester yang kamu pilih. Selanjutnya, semua universitas Korea Selatan mengharuskan siswa untuk mendaftar langsung ke universitas melalui aplikasi online, karena Korea tidak memiliki pendaftaran terpusat.

Baca Juga:

Universitas untuk Gelar S2 Psikologi di Malaysia

Universitas untuk Gelar S2 Psikologi di Malaysia

Psikologi adalah ilmu tentang perilaku dan proses mental. Ini juga mengacu pada penerapan pengetahuan, yang dapat digunakan untuk memahami peristiwa, menangani masalah kesehatan mental, dan meningkatkan pendidikan, pekerjaan, dan hubungan. Gelar S2 psikologi...

Universitas di Jerman Jurusan Hukum

Universitas di Jerman Jurusan Hukum

Bagi siswa yang ingin mengambil gelar hukum, Jerman adalah tempat yang tepat untuk menempa dan melanjutkan karir hukum. Negara ini memiliki ekonomi terbesar di Eropa dan memiliki pengaruh ekonomi dan politik yang signifikan di antara negara Eropa lainnya. Universitas...

3 Universitas di Jerman Jurusan Komunikasi

3 Universitas di Jerman Jurusan Komunikasi

Masuk ke universitas di Jerman membuka peluang kamu untuk memperluas wawasan dan mempersiapkan diri untuk masa depan. Banyak jurusan di universitas Jerman yang bisa kamu pilih, terutama komunikasi. Memilih universitas di Jerman jurusan komunikasi bisa memaksimalkan...

Online-Class-Private-for-Preparation-Class-IELTS-or-TOEFL-2
general-english-sidebar
Shadow
ICAN Event
No event found!

Postingan Terbaru

Universitas untuk Gelar S2 Psikologi di Malaysia

Psikologi adalah ilmu tentang perilaku dan proses mental. Ini juga mengacu pada penerapan...

Universitas di Jerman Jurusan Hukum

Bagi siswa yang ingin mengambil gelar hukum, Jerman adalah tempat yang tepat untuk menempa dan...

3 Universitas di Jerman Jurusan Komunikasi

Masuk ke universitas di Jerman membuka peluang kamu untuk memperluas wawasan dan mempersiapkan...

Keuntungan Memilih Charles Darwin University

Universitas Charles Darwin berdiri pada tahun 2003 dengan kampus utama yang ada di Darwin...

Universitas di Singapura yang Banyak Orang Indonesia

Ada beberapa pilihan universitas di Singapura yang banyak orang Indonesia. Singapura selama ini...