Mengenal Universitas Dengan Jurusan Perfilman Terbaik di Dunia

universitas perfilman di dunia

Tertarik bergabung dengan para sineas muda berbakat di dunia film? Jika iya, maka salah satu langkah yang harus kamu ambil dalam mewujudkan mimpi tersebut adalah berkuliah di jurusan perfilman. Ada cukup banyak universitas perfilman di dunia yang bisa kamu pilih. Kamu hanya perlu yang benar-benar tepat untuk dirimu.

Perkembangan industri film yang sangat baik membuat bidang ini semakin digemari. Salah satu alasan utama adalah peluang karir yang cukup menjanjikan. Dalam jurusan film di universitas perfilman di dunia, kamu akan mempelejari efek sinematografi, backsound, dan editing.

Terjun di dunia perfilman membuat kamu harus berpikir kreatif dan memiliki ide-ide unik untuk menciptakan hasil yang maksimal. Nah, buat kamu yang tertarik masuk ke universitas perfilman di dunia, berikut daftar universitas yang bisa jadi referensi kamu.

Columbia College Chicago

Universitas yang satu ini menjadi salah satu universitas perfilman di dunia yang diminati banyak siswa. Ada lebih dari tujuh program pada jurusan film di universitas ini.

Berkuliah di sini membuat kamu memiliki kesempatan untuk mengombinasikan beberapa cabang ilmu, seperti misalnya desain dan modernitas. Kampus yang satu ini juga memiliki fasilitas yang lengkap, canggih dan professional untuk menunjang proses belajar para siswa.

Banyak ilmu dan pengetahuan yang akan kamu dapatkan dalam bidang film di universitas ini. Dengan jumlah pendaftar yang cukup banyak setiap tahunnya, kamu perlu mempersiapkan diri sejak dini untuk mendaftar di Columbia College Chicago.

National Film and Television School, UK (NFTS)

Kualitas pendidikan dan reputasi NFTS tak perlu lagi diragukan. NFTS sendiri menjadi sekolah film satu-satunya yang berada di Inggris dan merupakan sekolah bertaraf internasional.

Tak sedikit tokoh kelas dunia yang lahir dari universitas ini, sebut saja David Yates, seorang sutradara film terkemuka. Salah satu film yang digarap olehnya adalah Harry Potter.

Tak hanya menghasilkan lulusan-lulusan terbaik di bidang perfilman, NFTS juga memiliki reputasi yang sangat baik di mata para pegiat industri film. Hal ini dibuktikan dengan masuknya tiga film buatan mahasiswa NFTS dalam nominasi Oscar.

Prestasi lain yang telah dicetak oleh universitas ini, seperti menjadi juara dalam British Short Animation BAFTA, dan berhasil menjadi urutan pertama pada tiga kategori dalam CILECT Prize.

La Femis, Prancis

Terkenal sebagai rumah dari mode-mode ternama, Prancis juga memiliki universitas perfilman terbaik di dunia. Le Femis menjadi salah satu universitas perfilman yang diminati oleh cukup banyak siswa.

La Femis sendiri merupakan akronim dari Foundation Européenne pour les Métiers de l’Image et du Son. Sekolah ini berbasis di Prancis dan merupakan salah satu anggota dari Paris Sciences & Letters Research University.

Kurikulum yang ditawarkan universitas ini berpacu pada integrasi antara seni, riset, pengembangan profesi dan pelatihan teknik. Hal ini membuat La Femis menjadi salah satu universitas jurusan perfilman terbaik di dunia.

Para alumninya berada di posisi teratas di berbagai ajang perfilman bergengsi di dunia. Poin ini menjadi bukti bahwa La Femis berhasil memberikan kualitas pengajaran yang maksimal.

Leiden University, Belanda

Bagi para siswa yang tertarik di bidang film, nama Leiden University mungkin taka sing lagi. Universitas ini memiliki program studi yang cukup banyak. Namun, salah satu jurusan yang paling banyak diminati adalah jurusan perfilman.

Jurusan seperti Film & Literary Studies, Film & Photographic Studies dan Arts, Media and Society bisa kamu temukan di sini.

Dari banyaknya jurusan tersebut, kamu tak hanya mempelajari jurusan perfilman, namun juga bisa mendalami dunia seni dan media.

Emerson College

Emerson College memiliki 13 program berbeda dalam satu jurusan film. Kampus yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang kreatif dan ingin mengejar karir di bidang media.

Berbagai fasilitas professional dan lengkap dipersiapkan demi memenuhi kebutuhan mahasiswa di kampus. Emerson College juga memberikan kesempatan magang dan penempatan kerja yang luar biasa.

Para alumni universitas ini mendominasi perusahaan-perusahaan terkemuka di dunia, sebuh saja Warner Brothers, Fox dan perusahaan lainnya.

Mengapa Jurusan Perfilman?

Jika kamu memilih kuliah di jurusan film, maka kamu akan menemukan metode pembelajaran yang santai. Selain itu, biasanya universitas yang menawarkan jurusan ini memiliki berbagai fasilitas lengkap untuk para siswanya.

Beberapa fasilitas dalam jurusan ini yang disediakan oleh pihak kampus, seperti Laboratorium Komputer, Editing-Colour Grading, Make Up room, Green Scree, Rigging dan masih banyak lagi. Kamu akan merasakan pembelajaran yang sangat nyata seperti industri karir sebenarnya.

Prospek karir di bidang ini pun cukup menjanjikan. Selain menjadi sutradara, kamu sangat bisa menjadi produser, editor, Industry Professional Manager, penata suara, Director of Phorography, Lighting Technican dan masih banyak lagi.

Di jurusan ini pula, kamu akan mempelajari banyak praktik dibandingkan dengan teori. Dengan hal ini, kamu tidak akan merasa bosan dan sangat menikmati proses perkuliahan yang dilakukan.

Jangan lupa untuk memilih universitas perfilman di dunia yang terkemuka dan bisa memberikan pembelajaran yang maksimal.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*