Topik: Universitas

Beranda » Blog » Universitas Terbaik di Luar Negeri Incaran Mahasiswa Internasional

Universitas Terbaik di Luar Negeri Incaran Mahasiswa Internasional

Menentukan negara tujuan untuk berkuliah di luar negeri tentu menjadi hal yang cukup sulit. Tapi, lebih dari itu menentukan universitas terbaik biasanya jauh lebih sulit dari yang kamu bayangkan. Nah, ada beberapa universitas terbaik di luar negeri yang ternyata menjadi favorit banyak siswa internasional.

Dengan kuliah di luar negeri, Anda juga bisa mendapatkan pengalaman kuliah yang luar biasa. Tak hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan koneksi atau relasi yang cukup banyak secar global. Hal ini tentu akan membantu kamu dalam karir di masa depan. Apa saja daftar universitas favorit para siswa? Simak di sini!

1. Massachusetts Institute of Technology, United States (MIT)

MIT terdiri dari institusi riset swasta dan universitas yang ada di Cambridge, Massachusetts. Kampus ini memiliki lima sekolah dan satu perguruan tinggi yang setidaknya mencakup 32 departemen khusus pada sains dan penelitian teknologi.

Luar biasanya, MIT berhasil masuk dalam Asosiasi Universitas Amerika pada 1934 lalu. Bahkan, kampus ini berperan sebagai universitas riset dengan tingkat keaktifan penelitian tertinggi di dunia.

Para lulusan universitas ini banyak direkrut oleh pemerintah federal sebagai karyawan.  Beberapa departemen yang biasanya merekrut lulusan dari MIT adalah Departemen Pertahanan, Departemen Energi, National Science Fundation hingga NASA.

2. University of Queensland, Australia (UQ)

UQ berlokasi di Brisbane, ibukota Queensland. Kampus ini menawarkan berbagai pendidikan tinggi dari berbagai gelar. Gelar yang ditawarkan sendiri mulai dari associate, bachelor, master, doctoral, hingga higher doctorate degrees.

Semua gelar tersebut bisa ditempuh melalui perguruan tinggi, kampus pascasarjana dan enam fakultas yang tersedia di UQ. Sejak universitas didirikan pada 110 tahun lalu, kampus ini berhasil memberikan banyak kontribusi dan inovasi terhadap dunia pendidikan, seperti misalnya vaksin kanker serviks.

Para lulusan dari universitas ini juga dikenal dengan kualifikasi yang lengkap, integritas dan sikap siap bekerja. Tak heran jika UQ menjadi salah satu universitas terbaik incaran para siswa internasional.

3. University of Sydney, Australia

Universitas satu ini menjadi salah satu universitas tertua yang ada di Australia. Memiliki pengalaman yang cukup panjang, membuat kualitas pendidikan University of Sydney tak perlu diragukan lagi.

Kampus utama berada di kota metropolitan Sydney, CBD dan banyak siswa internasional yang menikmati pengalaman studi mereka di University of Sydney. Prestasi membanggakan juga telah diraih, universitas ini berhasil berada di peringkat 5 dunia untuk QS Graduate Employability 2019 lalu.

Dengan peringkat tersebut, University of Sydney tak hanya menempati ranking tertinggi di Australia namun juga berhasil mengalahkan University of Oxford dan University of Cambridge.

Selain peringkat tersebut, tentu masih ada prestasi lainnya yang telah diraih oleh University of Sydney, Australia.

4. Harvard University, US

Telah berdiri sejak 8 September 1636, Harvard memiliki sejarah panjang dalam bidang pendidikan. Universitas swasta yang satu ini berada di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat. Berada di wilayah seluar 2,000 hektar membuat para siswanya menikmati kehidupan kuliah yang luar biasa.

Harvard sendiri merupakan salah satu kampus bergengsi di dunia yang memiliki pendapatan terbesar di antara universitas terkemuka lainnya di seluruh dunia.

Kamu bisa memilih 1 dari 9 fakultas yang tersedia di sini. Fakultasnya sendiri terdiri dari Fakultas Seni dan Sains, Fakultas Kedokteran, Harvard Divinity School. Harvard Law School, Harvard Graduate School of Design dan lain sebagainya.

5. Stanford University, US

Sejak didirikannya, Stanford University secara konsisten berada dalam top 10 dalam daftar universitas terbaik di dunia untuk hal pendidikan dan penelitian.

Berlokasi sekitar 60 kilometer di tenggara San Fransisco, kamps ini dikenal sebagai kampus terbesar kedua di dunia. Stanford University terdiri atas sekolah teknik, kedokteran, pendidikan, hukum, bisnis, sains dan humaniora.

Kualitas pendidikan universitas ini tak perlu diragukan lagi, sehingga menjadikannya sebagai universitas terkemuka di dunia. Bahkan, Stanford University menjadi salah satu universitas yang dikenal oleh para siswa Indonesia dan menjadikannya sebagai universitas tujuan.

6. University of Cambridge, UK

Siapa yang tak tahu bahwa Inggris memiliki deretan kampus terbaik? University of Cambridge merupakan salah satu kampus bergengsi di UK bahkan di seluruh dunia. Universitas ini sendiri merupakan kampus tertua kedua di Inggris yang memiliki syarat masuk paling ketat di Britania Raya. Akan menjadi kebanggan sendiri jika kamu berhasil masuk ke kampus ini.

University of Cambridge dikenal memiliki sejarah kompetisi yang sangat panjang dengan University of Oxford dan telah menjadi universitas paling elit di Inggris.

Cambridge menjadi salah satu anggota jaringan besar universitas yang berfokus pada riset di Britania bernama Grup Russel. Kampus ini sendiri juga merupakan anggita dari Grup Coimbra, atau perhimpunan universitas terkemuka di Eropa dan anggota Liga Universitas Riset Eropa.

7. University of Oxford, UK

Universitas ini terdiri dari berbagai institusi, termasuk 38 perguruan tinggi konstituen dari berbagai departemen akademik.

University of Oxford sendiri merupakan perguruan tinggi berbahasa Inggris yang berlokasi di Oxford, Inggris. Bersama dengan University of Cambridge, universitas ini secara rutin menduduki posisi dalam daftar universitas terbaik di dunia.

Tak hanya menawarkan kualitas pendidikan kelas dunia, University of Oxford menhadirkan berbagai jurusan yang mencakup arsitektur, bisnis dan manajemen, hukum, humaniora, ilmu komputer dan masih ada banyak lagi.

Beberapa universitas yang telah disebutkan di atas umumnya memiliki kualitas pendidikan terbaik dan dikenal sebagai universitas bergengsi. Karena kualitas dan nama baiknya, banyak siswa internasional yang berlomba mendaftarkan diri di universitas-universitas yang disebutkan di atas.

Untuk bisa bergabung dengan jutaan siswa lainnya di universitas terbaik di luar negeri, kamu perlu berusaha dengan sangat ekstra. Beberapa universitas menetapkan syarat masuk yang cukup rumit, sehingga kamu perlu mengupayakannya dengan lebih keras.

Terkait:

Layanan Konsultasi Perkuliahan di Luar Negeri

Tips Mendaftar Kuliah di Luar Negeri

Bergabung berasama siswa lainnya di universitas terbaik di luar negeri dengan memperhatikan beberapa tips mendaftar ini.

  • Pilih program

Putuskan di mana kamu ingin kuliah, dan tingkat serta bidang studi apa yang menarik perhatian. Selain itu, kamu juga perlu mempertimbangkan prospek karir dan memutuskan spesialisasi apa yang akan kamu masuki. Kamu perlu memilih program yang sesuai dengan tujuan dan cobalah memilih universitas dengan peringkat serta reputasi yang baik.

  • Tulis surat Motivasi

Mendaftar kuliah di luar negeri tentu membutuhkan surat motivasi. Di dalam surat ini, kamu perlu menunjukan kemampuan untuk memberikan kinerja yang baik. Kamu juga perlu mencantumkan keterampilan dan prestasi kamu. Kamu juga bisa mengekspresikan minat untuk belajar di universitas dalam surat motivasi ini. Perlu diingat bahwa surat ini harus ditulis dalam bahasa Inggris dengan kalimat yang benar dan jelas.

  • Minta surat rekomendasi

Biasanya, universitas akan meminta surat rekomendasi dari guru atau pihak sekolah kamu sebelumnya. Mintalah surat tersebut dan serahkan kepada pihak universitas di waktu yang telah ditentukan. Kamu bisa meminta surat ini dari jauh hari. Tanyakan pada pihak yang bersangkutan untuk memastikan bahwa mereka memiliki waktu untuk menulis rekomendasi yang terperinci dan menarik.

Selain beberapa syarat di atas, kamu juga perlu melampirkan sertifikasi tes bahasa Inggris seperti IELTS atau TOEFL. Selain itu, kamu juga perlu menerjemahkan dan mengautentikasi semua dokumen. Dokumen-dokumen yang kamu kirimkan harus dalam bahasa Inggris dan harus diterjemahkan oleh penerjemah bersertifikat.

Terkait:

Kursus Bahasa Inggris, IELTS, TOEFL, dan Pearson Test of English (PTE)

Di manapun kamu berkuliah nantinya, kamu harus mampu mempraktikan ilmu yang didapat di industri kerja nyata nantinya. Kamu juga perlu memiliki nilai yang cukup baik untuk mampu bersaing di dunia kerja, terutama ketika kamu berniat untuk meniti karir di luar negeri.

Tag:

Baca Juga:

5 Universitas Jurusan Animasi Terbaik di Dunia

5 Universitas Jurusan Animasi Terbaik di Dunia

Universitas jurusan animasi terbaik dunia cukup banyak dan bisa dijadikan pilihan untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Jika kamu memiliki Bakat menggambar maka harus dikembangkan dengan baik dan didukung dengan ilmu yang sesuai. Sangat disarankan jika kamu memilih...

3 Universitas di Singapura yang Murah dan Bagus

3 Universitas di Singapura yang Murah dan Bagus

Singapura menjadi salah satu negara tetangga yang seringkali menjadi tujuan studi banyak mahasiswa Indonesia. Bahkan, banyak universitas di Singapura yang murah dan bagus yang kerap menjadi tujuan studi banyak siswa. Menurut data UNESCO, ada lebih dari 50 ribu siswa...

Mau Kuliah DKV di Luar Negeri? Kampus Ini Bisa Jadi Pilihan

Mau Kuliah DKV di Luar Negeri? Kampus Ini Bisa Jadi Pilihan

Bagi kamu yang berencana kuliah dalam bidang desain komunikasi visual di luar negeri, maka ada beberapa kampus yang bisa kamu pilih.  Kuliah DKV di luar negeri akan membawa pengalaman tersendiri bagi siswa karena kurikulum dan pembelajaran yang berbeda dengan...

ucw-okt21
Online-Class-Private-for-Preparation-Class-IELTS-or-TOEFL-2
general-english-sidebar
Shadow
ICAN Event
No event found!

Postingan Terbaru

5 Universitas Jurusan Animasi Terbaik di Dunia

Universitas jurusan animasi terbaik dunia cukup banyak dan bisa dijadikan pilihan untuk...

3 Universitas di Singapura yang Murah dan Bagus

Singapura menjadi salah satu negara tetangga yang seringkali menjadi tujuan studi banyak mahasiswa...

Mau Kuliah DKV di Luar Negeri? Kampus Ini Bisa Jadi Pilihan

Bagi kamu yang berencana kuliah dalam bidang desain komunikasi visual di luar negeri, maka ada...

3 Universitas Terbaik di Berlin Jerman

Jerman semakin populer sebagai tujuan studi siswa internasional dari tahun ke tahun. Dalam...

3 Universitas Arsitektur Terbaik di Asia Tenggara

Jurusan arsitektur masih menjadi salah satu jurusan terfavorit banyak siswa. Banyak negara populer...