Universitas Terbaik di Singapura yang Bisa Jadi Pertimbangan Kamu

universitas terbaik di singapura

Salah satu negara yang sering menjadi tujuan pendidikan banyak siswa dari seluruh dunia adalah Singapura. Sebagai salah satu negara maju, Singapura memiliki reputasi yang cukup baik dalam bidang pendidikan.

Negara yang kerap disapa kota Singa ini berhasil mendapat peringkat ke-21 terbaik di dunia untuk kategori pendidikan, menurut Times Higher Education pada 2018 lalu.

Karena hal ini, banyak pelajar internasional, terutama Indonesia memilih Singapura sebagai negara tujuan dalam melanjutkan pendidikan. Lantas, apa saja daftar universitas terbaik di Singapura yang bisa kamu pilih?

Kami telah merangkum daftar universitas terbaik di Singapura sebagai referensi untuk kamu yang berencana kuliah di sana.

National University of Singapore

National University of Singapore atau juga sering disapa dengan NUS ini mendapatkan predikat sebagai universitas terbaik di Singapura.

NUS sendiri telah berdiri sejak 1905 dan berhasil meraih peringkat ke-25 dalam ranking universitas terbaik di dunia, menurut data dari Times Higher Education.

Setidaknya,a da 17 fakultas dari berbagai disiplin ilmu yang tersedia, di antaranya Fakultas Seni dan Ilmu Sosial, Bisnis, Kedokteran gigi, Hukum, Teknik, Musik dan masih banyak lagi.

Sebagai universitas negeri, ada beberapa beasiswa yang disediakan oleh pemerintah Singapura sendiri bagi para siswa inetrnasional.

Nanyang Technological University

Nanyang Technological University menempati posisi kedua dalam daftar ini.

Universitas yang satu ini menjadi favorit mahasiswa asal Indonesia. Mengapa demikian? Nanyang Technological University terkenal memiliki reputasi yang cukup baik dan kualitas pengajaran yang maksimal.

Bahkan, universitas ini berhasil meraih peringkat ke-48 dalam ranking universitas terbaik di dunia dalam Times Higher Education 2020.

Nanyang Technological University tak hanya berfokus pada ilmu teknik dan teknologi, namun juga bidang sains, bisnis dan ilmu sosial. Semua bidang tersebut dibagi menjadi 18 jurusan yang tersedia di sini.

Jurusan-jurusan yang bisa kamu pilih jika berkuliah di sini adalah Ilmu Biologi, Studi Maritim, Matematika dan Ekonomi, Ilmu Komunikasi dan sebagainya.

Singapore University of Technology and Design

Universitas ini bekerja sama dengan Massachusettes Institute of Technolofy (MIT) untuk program MIT-SUTD Dual Master. Program ini berlaku untuk para siswa yang mengambil gelar master selama 2 tahun.

Pada dua tahun pertama, para siswa akan melakukan kursus di MIT. Tahun kedua, para siswa akan memulai penelitian di SUTD. Setelah lulus, maka para siswa akan lulus dengan dua gelar master, yakni dari MIT dan SUTD.

Beberapa program studi uang ditawarkan di universitas ini antara lain, Architecture and Sustainable Design, Information Systems Technology and Design dan Humanities Art and Social Sciences.

Singapore Management University (SMU)

SMU telah diakui secara internasional dalam bidang penelitian dan telah menjadi salah satu universitas terkemuka di Kawasan Asia. SMU bekerja sama dengan universitas dari Amerika Serikat, Eropa, China dan India.

Selain melakukan kerja sama dengan universitas terbaik di luar negeri, SMU juga menjalin koneksi erat dengan mitra komunitas bisnis dan sektor publik. Lokasi universitas juga cukup strategis dan berada di jantung kota Singapura.

Beberapa daftar sekolah atau institute yang ada di SMU, antara lain School of Accountancy, School of Economics, School of Information Systems, School of Law, School of Social Sciences, dan masih banyak lagi.

James Cook University Singapore

Sebagai kampus yang dibentuk oleh James Cook University Australia, kampus ini memiliki kurikulum yang sama. JCU Singapore memiliki dua kampus yang terletak di Thomson Road dan Ang Mo Kio.

Berbagai paket program ditawarkan oleh JCU untuk para siswa yang mendaftarkan diri di kampus ini. Program-program yang ditawarkan seperti program sarjana psikologi dan teknologi, bisnis, akuntansi, pemasaran, pariwisata dan masih banyak lagi.

Kuliah di Singapura

Sebagai mahasiswa inetrnasional yang kuliah di Singapura, kamu bisa mendapatkan keunggulan akademik serta pendidikan yang sangat baik. Kebanyakan institusi di Singapura menawarkan bantuan kepada para siswa internasional yang membutuhkannya.

Singapura juga menjalankan program orientasi untuk memberikan masukan kepada siswa. Masukan-masukan ini mencakup sistem pendidikan Singapura dan lain sebagainya.

Selain itu, siswa internasional juga diberikan jasa konselong untuk pendaftaran masuk ke perguruan tinggi atau universitas di negara ini. Dengan begitu, kamu bisa berkonsultasi dengan tim yang sudah dibentuk untuk memudahkan proses pendaftaran kamu.

Pastikan kamu memilih universitas terbaik di Singapura, agar bisa mendapatkan kualitas pendidikan yang maksimal. Universitas terkemuka di Singapura juga menawarkan program-program yang cukup lengkap dari berbagai bidang untuk memenuhi kebutuhan para siswanya.

Institusi pendidikan di Singapura juga menawarkan lingkungan belajar yang kondusif bagi para siswa. Kamu akan memperoleh akses ke teknologi dan layanan perpustakaan kelas dunia.

Kamu juga akan diberikan kesempatan untuk menjadi bagian dalam aktivitas ko-kurikuler yang tersedia di dalam dan luar kampus.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*