Lainnya

Beranda » Blog » Fakta Seputar Visa Pelajar Singapura

Fakta Seputar Visa Pelajar Singapura

Visa pelajar Singapura adalah salah satu syarat yang harus kamu penuhi. Singapura merupakan desinasi studi favorit para pelajar internasional. Tidak hanya menawarkan lokasi dekat, tetapi juga menerapkan sistem pendidikan berkualitas dengan banyak pilihan universitas kelas dunia.

Apabila kamu ingin studi ke Singapura, maka Visa atau Student’s Pass harus kamu penuhi. Terdapat beberapa proses pengajuan Student’s Pass pada situs resmi Immigration & Checkpoints Authority, disingkat ICA. Singapura tidak hanya dikenal sebagai negara tujuan wisata populer, tapi juga menjadi pilihan favorit pelajar internasional yang membutuhkan taraf pendidikan internasional dan kualitas hidup memadai.

Baca Juga: Catat! Ini Cara Daftar Kuliah di Singapura

Semua Hal Tentang Visa Singapura

Bagi Singapura, ukuran bukanlah suatu masalah. Sebagai negara kecil, singapura adalah pusat ekonomi terbesar yang ada di Asia, dibuktikan dengan beberapa pelabuhan terkuat dan terbesar skala internasional.

Singapura juga menjadi rumah untuk lembaga pendidikan yang telah mendapatkan pengakuan dunia, hingga berhasil menarik ribuan pelajar internasional dari berbagai belahan dunia. Visa pelajar Singapura adalah bagian penting yang harus kamu persiapkan, berikut adalah semua fakta terkait pengajuan visa pelajar:

1. Persyaratan Visa

Persyaratan usia adalah salah satu hal wajib kamu penuhi. Jika usia masih di bawah 19 tahun, maka kamu harus mengikuti kursus penuh waktu di lembaga pendidikan yang telah mendapatkan persetujuan Private Education Organisation atau PEO dan pengajuan visa akan diurus oleh ICA langsung.

Sedangkan para pelajar berusia lebih dari 19 tahun ketika hendak melamar atau ikut kursus Bahasa, komersial, seni rupa non-sarjana/pascasarjana, kejuruan, maka harus mengikuti proses wawancara di KBRI. Proses pengajuan Student’s Pass berjalan 2 sampai 4 bulan apabila membutuhkan wawancara.

Akan tetapi juga bisa lebih cepat yaitu sekitar 2 minggu atau sebulan. Siswa internasional yang menjalani perkuliahan lebih dari 30 hari harus membuat visa atau Student’s Pass. Kalau kamu ingin menjadi mahasiswa full-time di sebuah universitas Singapura, maka adalah persyaratan wajib mempunyai visa pelajar. Pengajuannya berjalan satu bulan sebelum kuliah masuk atau 2 bulan.

2. Syarat Dokumen

Sebelum mengurus visa, kamu harus persiapkan beberapa dokumen termasuk salinan notaris, salinan asli, fotokop salinan notaris, akta kelahiran, sertifikat pendidikan terakhir, rapor akademik pendidikan terakhir, dan laporan bank atau keuangan.

3. Uang Jaminan

Jika membutuhkan uang jaminan, kamu harus mengeluarkan dana tersebut di Singapura, dan diterima ICA. Besaran uang jaminan yaitu SGD 5.000 berbentuk Banker’s Guarantee dari berbagai bank di Singapura. Kamu juga harus mempersiapkan biaya pengurusan visa yaitu SGD 30 pada tiap aplikasi yang kamu ajukan ke ICA.

Konsultasikan rencana pendidikan ke Singapura dengan menghubungi ICAN Education Consultant. Tidak hanya bantu pilih rekomendasi universitas Singapura, tapi juga menyediakan layanan pengurusan visa, serta konsultasi kuliah luar negeri bersama konselor berpangalaman.

Baca Juga: Universitas di Singapura yang Banyak Orang Indonesia

Tahap Mengurus Visa Singapura

Persyaratan dan tahapan mengurus visa pelajar Singapura bergantung pada institusi pilihan. Persyaratan bisa berbeda, akan tetapi terdapat syarat utama yaitu memperoleh surat penerimaan resmi dari salah satu universitas di Singapura.

Institusi atau Universitas yang telah menerima kamu sebagai mahasiswa membantu mengajukan permohonan visa melalui sistem Student’s Pass Online Application and Registration System, disingkat SOLAR, sistem mili ICA di Singapura. Mereka mengirimkan nomor pendaftaran supaya kamu bisa melanjutkan proses pengajuan pada situs SOLAR.

Seluruh permohonan pengajuan Student Pass akan diajukan pada sistem SOLAR sebagai sistem pendaftaran legal. Setelah seminggu lulus kuliah, kamu harus kembalikan Student’s Pass pada bagian kantor Imigrasi, karena singapura benar-benar ketat untuk persoalan validitas Pass.

Mahasiswa dengan kondisi visa pelajar kadaluwarsa, maka harus meninggalkan Singapura sesuai ketentuan tanggal. Pemegang Student’s Pass Singapura memperoleh izin bekerja paruh waktu dan kuliah. Tidak perlu lagi harus mengurus Employment Pass apabila pekerjaan kamu hanya 16 jam per minggu.

Dokumen yang Diperlukan Untuk Visa Pelajar Singapura

Untuk memenuhi persyaratan visa belajar Singapura, kamu harus menyerahkan dokumen-dokumen berikut:

  • Paspor, berlaku minimal tiga bulan
  • Semua formulir aplikasi visa pelajar yang telah diisi
  • Tanda terima asli yang menunjukkan bahwa kamu telah membayar biaya aplikasi visa
  • Surat undangan yang dikeluarkan oleh universitas
  • Laporan bank yang menunjukkan bahwa kamu dapat mendanai pendidikan di Singapura (baik biaya sekolah dan biaya hidup selama belajar)
  • Transkrip gelar, diploma, atau sertifikat apa pun dari sekolah sebelumnya
  • Nilai tes yang dibutuhkan oleh perguruan tinggi, yang bisa berupa GMAT, TOEFL, GRE, PTE, dan lainnya

Kamu harus menyerahkan aplikasi visa pelajar antara satu dan dua bulan sebelum kursus dimulai. Biasanya diperlukan waktu hingga 10 hari kerja untuk memproses aplikasi visa belajar Singapura.

Namun, jika kamu mendaftar pada bulan Juli-Agustus, kamu harus memperhatikan bahwa ini mungkin memakan waktu lebih lama karena ini adalah periode sibuk ketika sebagian besar universitas di Singapura melanjutkan kursus m

Baca Juga:

Pilihan Konsultan Kuliah Luar Negeri di Sunter

Pilihan Konsultan Kuliah Luar Negeri di Sunter

Agen pendidikan bertindak sebagai penasihat dan memainkan peran penting dalam membantu kamu masuk ke institusi tujuan. Tim agen pendidikan memainkan peran yang sangat penting dalam mendukung siswa. Konsultan kuliah di Sunter bisa jadi pilihan untuk kamu yang akan...

Agen Kuliah Luar Negeri di Semarang

Agen Kuliah Luar Negeri di Semarang

Kuliah di luar negeri adalah cara terbaik untuk mengembangkan keterampilan sosial, akademik dan bahasa. Untuk itu, banyak mahasiswa memutuskan untuk melanjutkan pendidikan di luar negara asalnya. Agen kuliah luar negeri di Semarang bisa jadi pilihan agar kamu bisa...

Pilihan Agen Kuliah Luar Negeri di Manado

Pilihan Agen Kuliah Luar Negeri di Manado

Memutuskan untuk kuliah di luar negeri menjadi pertimbangan sendiri bagi banyak orang. Persiapan yang matang akan membantu kamu mempersiapkan diri dengan lebih baik lagi.  Agen kuliah luar negeri di Manado menjadi pilihan jika kamu akan mempersiapkan diri sebelum...

Online-Class-Private-for-Preparation-Class-IELTS-or-TOEFL-2
general-english-sidebar
Shadow
ICAN Event
No event found!

Postingan Terbaru

Pilihan Konsultan Kuliah Luar Negeri di Sunter

Agen pendidikan bertindak sebagai penasihat dan memainkan peran penting dalam membantu kamu masuk...

Agen Kuliah Luar Negeri di Semarang

Kuliah di luar negeri adalah cara terbaik untuk mengembangkan keterampilan sosial, akademik dan...

Pilihan Agen Kuliah Luar Negeri di Manado

Memutuskan untuk kuliah di luar negeri menjadi pertimbangan sendiri bagi banyak orang. Persiapan...

Pilihan Konsultan Pendidikan Luar Negeri di Semarang

Ada banyak alasan mengapa program studi di luar negeri menjadi begitu populer. Bagi sebagian besar...

Agen Pendidikan Luar Negeri di Semarang

Kuliah di luar negeri telah menjadi pilihan banyak siswa. Banyak keuntungan yang bisa kamu...