Amerika Serikat (USA)

pilihan destinasi kuliah di amerika serikat usa

Amerika Serikat adalah salah satu negara di Benua Amerika khususnya Amerika Utara. Mula-mula daerah sekitar Laut Arktik didiami oleh orang Eskimo dan Indian. Baru pada abad ke-15 orang-orang Eropa Barat (terutama Inggris) menguasai Amerika Utara, sedangkan orang-orang Eropa Selatan (terutama Spanyol & Portugis) menguasai Amerika Tengah dan Selatan.

Dengan luas 9.371.786 km persegi menempatkan negara Amerika Serikat pada urutan keempat terluas di dunia. Amerika Serikat di Benua Amerika Utara. Benua ini ditemukan oleh Columbus pada tahun pada tahun 1492.

Batas-batas Amerika Serikat adalah :

  • Sebelah barat : Kanada
  • Sebelah barat : Samudera Pasifik
  • Sebelah selatan : Meksiko
  • Sebelah timur : Samudera Atlantik

Puncak tertinggi di Benua Amerika Utara ialah Gunung McKinley yang mencapai tinggi 6.000 meter di Alska, di daratan Amerika Serikat puncak Whitney mencapai 4.418 meter, di Sierra Nevada. Sungai terpanjangnya adalah Mississippi sepanjang 3.222 km, bagian hilir bernama Mississippi dan bagian hulu bernama Missouri.

 

Amerika Serikat menjadi rumah bagi banyak mahasiswa internasional yang berasal dari seluruh dunia. Selain memiliki kota-kota terkenal dan hiburan yang tidak ada duanya, negara ini ternyata memiliki banyak daftar universitas terbaik di amerika serikat, sehingga banyak mahasiswa internasional yang berniat untuk melanjutkan sekolah di Amerika Serikat.

Bahkan, hampir 5% dari jumlah siswa  yang terdaftar dalam institusi pendidikan tinggi di negara tersebut adalah mahasiswa internasional. Faktanya, ada lebih dari 4,700 universitas di Amerika memberikan program terkemuka dalam berbagai bidang.

Kuliah di Amerika Serikat

Kuliah di Amerika Serikat adalah sebuah kesempatan yang sangat baik untuk membangun perjalanan karir, karena ada banyak perusahaan besar yang berlokasi di negara ini. Kamu juga akan bertemu dengan banyak orang dari berbagai budaya yang akan membuat kehidupan mahasiswa kamu semakin menarik. 

map kuliah di amerika serikat usa


Mengapa Kuliah di Amerika Serikat?

Negara adidaya ini memiliki sistem pendidikan tinggi yang mapan dan berkualitas tinggi. Tujuh dari 10 universitas top di dunia berada di Amerika Serikat, tercatat dalam data menurut Times Higher Education dan menjadi alasan banyak pelajar kuliah di negara ini.

Universitas di Amerika mengerti kesusahan yang dialami para mahasiswa internasional, untuk itu mereka mengadakan program orientasi, workshop, dan training secara regler untuk menawarkan bantuan. Bahkan pusat mahasiswa internasional siap membantu mahasiswanya untuk membiasakan diri ke lingkungan baru.

Dalam proses akademik, kuliah di Amerika Serikat memberikan keuntungan di mana kamu bisa memiliki kebebasan untuk memilih mata kuliah dan strukturnya. Program magang juga sangat ditekankan untuk membentuk karir professional para mahasiswanya. Hal ini tentu tidak disia-siakan oleh para mahasiswa, mengingat mereka bisa mendapatkan akses lebih mudah ke pekerjaan nantinya.

Sebagai mahasiswa internasional, kamu tidak perlu khawatir untuk kuliah di Amerika Serikat. Sebab, Amerika merupakan salah satu negara dengan budaya paling beragam di dunia. Kamu akan memiliki kesempatan untuk belajar bahasa baru, bertemu teman baru dan mendaparkan budaya baru setiap harinya.


Keuntungan kuliah di Amerika Serikat

Amerika Serikat adalah tujuan nomor satu dan terbesar bagi mahasiswa internasional yang mencari pendidikan tinggi di luar negeri. Dengan kuliah di Amerika Serikat, ada banyak benefit yang bisa kamu dapatkan.

  • Gelar akademik dan reputasi internasional

Hampir semua universitas di Amerika Serikat selalu mempertahankan kehadiran dan peringkat mereka di mata dunia. Mereka menyadari bahwa hal ini akan berkaitan engan standar akademik yang tinggi dan persyaratan ketat yang harus dipenuhi para kandidat mahasiswa. Bukan tanpa alasan, ini karena gelar yang akan didapatkan memiliki reputasi internasional yang cukup baik. Banyak universitas di negara ini juga menghasilkan lulusan-lulusan yang siap kerja dan terjun ke dunia industri di banyak bidang.

  • Memiliki keberagaman budaya

Sadar bahwa negara ini memiliki banyak turis dan mahasiswa internasional, banyak universitas yang menganggap keberagaman sebagai salah satu pilar penentu mereka. Keanekaragaman budaya nampaknya telah menjadi daya tarik sendiri untuk meningkatkan jumlah mahasiswa internasional.

Kelas dan asrama yang ada di universitas juga diisi dengan siswa dari setiap negara, agama dan etnis. Di sini, kamu akan memiliki hubungan yang baik dengan begitu banyak latar belakang budaya dan membuat kehidupan mahasiswa kamu menjadi lebih berwarna.

  • Memiliki fasilitas dukungan yang sangat baik

Banyak universitas di Amerika Serikat menawarkan dukungan yang sangat baik untuk mahasiswa internasional. Beberapa program seperti lokakarya, kursus praktik bahasa Inggris, orientasi dan pelatihan di hadirkan khusus untuk mahasiswa internasional. Bahkan, ada banyak bantuan yang diberikan untuk mahasiswa internasional sehingga mereka siap menjalani proses perkuliahan.


Persyaratan Kuliah di Amerika Serikat

Sama seperti negara lainnya, Amerika Serikat juga menetapkan persyaratan khusus untuk para mahasiswa internasional yang ingin kuliah di Amerika Serikat.

  • Kualifikasi penerimaan universitas

Untuk dokumen akademik, kamu membutuhkan transkrip nilai dan ijazah dalam bahasa Inggris dari Sekolah Menengah Atas atau universitas.

  • Kemampuan bahasa Inggris

Semua program kuliah di universitas ini menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya. Untuk itu, semua mahasiswa internasional wajib mengikuti tes kemampuan berbahasa Inggris. Perlu diingat bahwa tes TOEFL biasanya memiliki kesempatan yang lebih besar untuk diterima di universitas Amerika dibandingkan dengan IELTS.

  • Visa pelajar dan asuransi Kesehatan

Pelajar internasional harus mengambil full time study sebagai persyaratan visa pelajar. Apapun gelar yang akan diambil, semua mahasiswa wajib memiliki F-1 Student Visa. Selain tipe visa tersebut, ada juga tipe visa J-1 Visa khusus untuk pertukaran pelajar baik untuk akademik maupun kebudayaan. Serta ada M-1 Visa bagi kamu yang mengambil perkuliahan non-akademik atau kursus di Amerika Serikat.

Selain itu, jika kamu terdaftar sebagai mahasiswa internasional yang kuliah di Amerika Serikat, kamu harus memiliki asuransi kesehatan selama masa studinya. Hal ini sebagai perlindungan asuransi untuk menjamin kesehatannya, sebab biaya perawatan di Amerika Serikat dikenal sangat mahal. Beberapa universitas memiliki kebijakan untuk menggabungkan biaya asuransi dengan tuition fee, sehingga semua mahasiswa memiliki asuransi Kesehatan selama masa studinya.

  • Akomodasi

Banyak pilihan akomodasi yang tersedua bagi para mahasiswa internasional di Amerika Serikat, mulai dari akomodasi resmi dari universitas, menyewa apartemen dan rumah, atau tinggal bersama penduduk setempat atau biasa disebut dengan homestay.


Daftar Kuliah di Amerika Serikat

Untuk mendaftarkan diri di salah satu universitas Amerika Serikat, kamu harus memutuskan apa yang ingin kamu pelajari terlebih dahulu. Konsultasikan dengan orang tua atau agen pendidikan yang telah kamu pilih tentang rencana kamu dan biaya kuliah di sana.

Siapkan semua dokumen untuk pendaftaran, bahkan ketika kamu mendaftarkan diri lewat agen pendidikan. Kamu akan menerima surat penerimaan dan formular dari universitas yang kamu pilih. Setelahnya, kamu bisa mencari universitas yang menawarkan jurusan sesuai yang kamu pilih. Isi formulir online, siapkan semua dokumen yang diperlukan dan pergi ke kedutaan AS.

Kamu juga harus mengunjungi kedutaan Amerika Serikat untuk melakukan interview visa F1. Nantinya, kamu akan mendapatkan persetujuan dan visa pelajar dari kedutaan Amerika Serikat. Lakukan penerbangan ke Amerika Serikat 30 hari sebelum tanggal perkuliahan dimulai.


Tempat Wisata di Amerika Serikat

Berkuliah di luar negeri tidak akan lengkap rasanya jika melewatkan tempat wisata yang ada di negara tujuan. Amerika Serikat sendiri memiliki berbagai tempat wisata terbaik yang bisa dikunjungi. Empat tempat wisata ini bisa jadi pilihan untuk menikmati waktu senggangmu.  

  • Honolulu, Hawaii

Hawaii sepertinya masih menjadi tujuan wisata favorit bagi banyak orang. Pemandangan yang indah dan udara yang masih segar mampu menghilangkan penat setelah menjalani aktivitas setiap hari.

  • Phoenix, Arizona

Kota ini dikelilingi dengan banyak museum yang mengagumkan, restoran megah, serta suasana kota yang menyediakan berbagai sarana olahraga.

  • Miami, Florida

Rindu berjemur di bawah hangatnya Mentari? Kota ini menjadi lokasi huburan yang tepat. Kamu bisa melihat berbagai keunikan dari masyarakatnya yang jarang ditemui di tempat lain.

  • Salt Sake City, Utah

Ini adalah kota yang tepat saat kamu ingin melakukan olahraga salju. Suasana di kota ini juga sangat bersemangat dan kaya akan seni dan budayanya.


Transportasi di Amerika Serikat

Untuk kamu yang berkuliah di pusat kota, ada beberapa transportasi yang bisa kamu gunakan, seperti Subway (kereta api bawah tanah) atau Metro, kereta antar kota, dan taksi. Kamu juga bisa menggunakan sepeda sebagai upaya mengurangi kemacetan.


Pengurusan Visa Pelajar Untuk Kuliah di Amerika Serikat

Menjadi syarat wajib untuk berkuliah di Amerika Serikat, visa harus dimiliki oleh semua kandidat mahasiswa. Karena proses pembuatan membutuhkan waktu yang cukup panjang, maka para mahasiswa boleh mengajukan visa dalam kurun waktu 120 hari dari sebelum waktu keberangkatan.

Biaya Pengurusan Visa Untuk Kuliah di Amerika Serikat

Karena setiap tahun biaya ini bisa saja berubah, maka kamu perlu mengecek situs resmi lembaga terkait guna menemukan informasi terbaru mengenai biaya proses pembuatan visa tersebut, atau kamu bisa menghubungi lembara terkait untuk menanyakan detail lengkap biaya yang dibutuhkan dalam proses pembuatan visa untuk kuliah di Amerika Serikat.

Persyaratan dan Cara buat Visa

Dalam pengurusan visa pelajar, kamu perlu membayar biaya pengajuan visa, setelah itu lengkapi formulir pengajuan visa secara online. Jadwalkan pertemuan, ada tiga informasi yang dibutuhkan untuk menjadwalkan pertemuan. Pertama, nomor paspor. Kedua, tanggal pembayaran. Ketiga, nomor barcode yang terdiri dari 10 digit dari pengajuan online.

Setelah itu, kamu bisa mengunjungi kedutaan Amerika Serikat di tanggal dan waktu yang telah ditentukan untuk wawancara. Persyaratan yang harus dibawa adalah:

  • Salinan surat pertemuan yang sudah dicetak
  • Satu foto yang telah diambil dalam enam bulan
  • Paspor kamu sekarang dan semua paspor lama kamu
  • Kwitansi asli pembayaran visa.

Cara Pembayaran Visa

Meski biaya yang dibutuhkan tersedia dalam dolar AS. Kamu harus melakukan pembayaran dengan mata uang lokal. Kamu bisa membayar visa di setiap cabang bank yang telah ditentukan, atau kamu juga bisa menghubungi bank yang telah kamu gunakan untuk mengetahui informasi lebih lanjut seputar pembayaran visa tersebut.


Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Amerika Serikat

Biaya kuliah di Amerika tentu bergantung dari universitas mana yang kamu pilih. Ada deretan universitas terkemuka di Amerika, semua universitas tersebut menetapkan biaya yang berbeda dan biasanya disesuaikan dengan jurusan dan program yang kamu ambil. Jadi, ada baiknya kamu mengunjungi situs resmi universitas tujuan agar bisa mengetahui biaya pasti dari perkuliahan yang kamu ambil.

Anggapan bahwa Amerika Serikat memiliki biaya hidup yang cukup tinggi mungkin benar adanya. Namun, kembali lagi, biaya hidup yang kamu keluarkan selama tinggal di Amerika Serikat akan bergantung pada kebutuhan, di akomodasi mana kamu tinggal, pilihan kota, transportasi dan makanan. Banyak orang memilih untuk menggunakan transportasi umum untuk menghemat anggaran. Kamu juga bisa menerapkan cara ini untuk memangkas pengeluaran.


Universitas di Amerika Serikat

Ada banyak daftar universitas di Amerika Serikat yang bisa menjadi rekomendasi kamu yang sedang mencari universitas di AS. Berikut daftarnya!

+
 
Konsultasi Gratis

Isi formulir registrasi di bawah ini:

Powered by BreezingForms

Event

New Zealand Virtual Education Fair 2020

 

Register Now

Chat with us: