Australia

pilihan destinasi kuliah di australia

Siapapun pasti setuju jika Australia menjadi negara yang dituju banyak pelajar Indonesia untuk melanjutkan pendidikan. Selain dekat dengan Indonesia, negara yang satu ini memiliki biaya kuliah yang cukup terjangkau dan memiliki daftar universitas terbaik di australia.

Universitas-universitas di negara ini menawarkan berbagai macam jurusan dan program studi yang beragam sehingga menarik perhatian banyak pelajar dari seluruh dunia. Australia juga tidak melarang para mahasiswa untuk melakukan kerja paruh waktu dengan durasi maksimal 20 jam per minggu semasa kuliah dan 40 jam per minggu saat masa liburan.


Kuliah di Australia

Memilih study di Australia berarti kamu akan berada di negara yang sederhana dengan penduduk lokal yang sangat menyambut mahasiswa-mahasiswa internasional dengan sopan. Karena jumlah penduduk yang tidak terlalu banyak, kamu bisa membangun hubungan yang baik dengan masyarakat setempat. Ini menjadi keuntungan sendiri jika kamu kuliah di Australia.

map kuliah di australia


Mengapa Kuliah di Australia?

Australia menjadi salah satu negara yang memiliki jumlah mahasiswa internasional cukup banyak. Dengan ekonomi yang kuat, kesempatan kerja bagi banyak lulusan baru terbuka cukup lebar, budaya yang terbuka, sistem pendidikan yang diakui secara internasional, menjadi alasan bagi banyak pelajar untuk melanjutkan pendidikan di negara ini. 

Masyarakat di Australia juga menganut multikultur di mana mereka sangat terbuka dengan keberagaman dan kebudayaan baru. Hal ini tentu memudahkan kamu dalam beradaptasi dan berkomunikasi dengan mereka. Negeri kangguru ini juga menggunakan bahasa Inggris dalam keseharian mereka, untuk itu kamu jadi lebih mudah berkomunikasi dengan orang sekitar bahkan dalam lingkup universitas.


Keuntungan Kuliah di Australia

Australia menjadi salah satu negara yang paling popular di kalangan pelajar. Bukan tanpa alasan, ada beberapa benefit yang bisa didapatkan jika kamu memilih negara ini sebagai tujuan kuliah.

  • Sektor perekonomian yang kuat

Australia merupakan negara maju dengan sektor perekonomian yang kuat. Orang-orang di sini memiliki kesempatan kerja yang cukup besar, terutama untuk para lulusan baru. Ekonomi negara ini juga menjadi salah satu yang paling aman di dunia maju, dengan tingkat pengangguran dan inflasi yang sangat rendah.

  • Memiliki daftar universitas terbaik di dunia

Australia menjadi rumah bagi banyak universitas terkemuka di dunia. Sebanyak 20 universitas Australia berada di peringkat 400 teratas dunia berdasarkan data dari QS World University Rankings 2018. Beberapa universitas di dalamnya berada di peringkat yang cukup stabil dalam ranking dunia.

  • Memiliki beragam program studi

Universitas di negara ini menawarkan berbagai macam program dan gelar pendidikan untuk para mahasiswanya. Hal ini memudahkan kamu untuk memilih program studi yang paling tepat. Selain itu, hampir semua lembaga pendidikan di negara ini merancang program studi dengan porspek karir yang membuat para mahasiswa memiliki kemampuan yang dibutuhkan di dunia kerja.

  • Standar kualitas

Negara kangguru ini memiliki badan pengawas dan kualitas nasional untuk pendidikan tinggi, yakni the Tertiary Education and Standards Agency (TEQSA). Badan ini didirikan oleh pemerintah Australia untuk memantau kualitas dan mengatur penyelenggara pendidikan tinggi, baik universitas maupun non-universitas.


Persyaratan Kuliah di Australia

Untuk bisa mendaftarkan diri di salah satu universitas Australia, kamu perlu memenuhi berbagai syarat yang telah ditetapkan, seperti misalnya:

  • Bukti keuangan

Kamu wajib melampirkan bukti keuangan yang menyatakan bahwa kamu sudah memiliki tabungan yang akan bisa menghidupimu selama, minimal satu tahun kuliah di sana.

  • GTE (Genuine Temporary Entrant)

Di sini, kamu akan mengikuti proses wawancara dengan pihak imigrasi Australia dan kamu harus mampu menjelaskan dan membuktikan kalau memang tujuan ke Australia adalah murni untuk kuliah. Pihak imigrasi akan mengecek sejarah imigrasi kamu, apakah punya catatan buruk atau tidak. Pertanyaan yang diberikan biasanya seputar, kenapa memilih Australia dibandingkan dengan negara lain, bukti keuangan, rencana kamu setelah kuliah di Australia dan yang lainnya.

  • Visa belajar

Kamu tidak akan bisa kuliah di Australia kalau tidak memiliki visa belajar. Sebelum membuat visa jenis ini, kamu perlu memiliki surat Confirmation of Enrolment asli atau Acceptance Advice for Secondary Exchange Students (AASES).

  • IELTS

Bahasa Inggris menjadi bahasa resmi yang dipakai di negara ini. Kamu harus mengikuti dan lolos tes IELTS, sebagai syarat untuk mendaftarkan diri di universitas Australia. Pilih IELTS Academic Version dengan skor minimal 6, dari skor maksimal 9.


Daftar Kuliah di Australia

Pastikan kamu telah memutuskan akan berkuliah di mana dan jurusan apa yang akan diambil. Jika hal tersebut telah kamu ketahui, saatnya kamu mengajukan aplikasi. Periksa tanggal masuk dan persyaratan bahasa Inggris untuk memastikan bahwa kamu memenuhi syarat.

Persyaratan dan tanggal aplikasi akan berbeda untuk setiap lembaga pendidikan. Kamu bisa mengajukan pertanyaan ke lembaga pendidikan untuk mengetahui lebih lanjut tentang syarat spesifik dan tanggal penutupan aplikasi.

Siswa internasional umumnya mengajukan aplikasi secara langsung ke lembaga pendidikan Australia melalui pos atau online. Formulir aplikasi bisa diunduh di situs resmi universitas yang kamu tuju, atau kamu juga bisa meminta formulir tersebut dikirim melalui pos.

Sebagian besar formulir aplikasi membutuhkan beberapa kelengkapan, seperti keterangan diri, bukti resmi tingkat kemahiran bahasa Inggris, keterangan tentang kualifikasi pendidikan sebelumnya, preferensi studi, dan rangkuman pengalaman kerja.

Setelah aplikasi telah dikirim, aplikasi kamu akan dinilai oleh lembaga pendidikan yang dituju dan kamu bisa menerima hasilnya dalam kurun waktu beberapa minggu. Jika apllikasi diterima, kamu akan mendapatkan surat penawaran dan selembar formulir persetujuan.


Tempat wisata di Australia

Penat dengan perkuliahan? Kamu bisa pergi ke tempat-tempat wisata yang dimiliki Australia. Australia memiliki sejumlah tempat eksotis yang mampu memanjakan mata.

  • Sydney Harbor

Tempat ini merupakan Pelabuhan alam yang terletak di Pantai Timur Australia dan merupakan penghubung ke landmark terkenal dan ikonik. Sydney Harbor adalah salah satu pelabuhan yang paling indah di dunia dan menempati peringkat nomor 1 sebagai Kawasan atraksi di Sydney.

  • Sydney Opera House

Siapa yang tidak kenal dengan tempat ikonik yang satu ini? Merupakan sebuah pusat seni pertunjukan multi-venue yang menampung lebih dari 1500 pertunjukan setiap tahun dan dihadiri oleh kurang lebih 1,2 juta orang. UNESCO menetapkan tempat ini sebagai salah satu situs warisan dunia pada 2007 lalu.

  • The Franklin River

Terletak di Tasmanian Wilderness dan merupakan bagian dari warisan dunia. Kamu akan terpesona oleh lingkungan kuno dan pemandangan yang indah di sini.


Transportasi di Australia

Di samping keberagaman di negara ini, Australia juga dilengkapi dengan transportasi umum yang memadai. Transportasi yang bisa kamu gunakan di negara ini seperti kereta, kereta listrik, ferry, dan tram. Menggunakan kendaraan umum secara rutin bisa membuat kamu menghemat biaya hidup selama ada di negara ini. Kamu bisa menggunakan tiket multi-rider untuk menggunakan transportasi-trasportasi di negara ini. 

Namun, jika kamu ingin menggunakan kendaraan pribadi, maka kamu tetap harus memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM). Bagi kamu yang memegang visa pelajar dengan masa berlaku kurang dari 12 bulan, kamu bisa mengendarai kendaraan dengan SIM Internasional tanpa menggunakan SIM Australia. 

Selain itu, jika memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi, baik sepeda atau kendaraan bermotor lainnya, kamu perlu mengetahui aturan yang berlaku. Jangan lupa untuk mematuhi rambu dan persyaratan yang telah ditetapkan di Australia. 


Pengurusan Visa Pelajar untuk Kuliah di Australia

Visa menjadi syarat wajib yang harus kamu miliki ketika memutuskan untuk kuliah di Australia. Proses pembuatan visa pelajar juga biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga kamu harus mempersiapkannya sejak jauh hari. Berikut info lengkap mengenai pengurusan visa pelajar untuk kuliah di Australia.

Biaya Pengurusan Visa

Pengurusan visa pelajar di Australia membutuhkan beberapa dokumen, seperti dokumen akademik, finansial dan kesehatan. Kamu bisa melihat rincian daftarnya di situs resmi Kedutaan Besar Australia. Biaya pengurusan visa sendiri cukup mahal, biaya tersebut tentu bisa berubah sewaktu-waktu. Akan lebih baik jika kamu menghubungi lembaga terkait untuk informasi lebih lanjut.

Persyaratan dan Cara Buat Visa

Unduh formulir visa yang kamu butuhkan di situs resmi Kedutaan Besar Australia untuk Indonesia. Pihak Australia biasanya melakukan pembaruan formulir secara berkala. Kamu wajib mengajukan permohonan visa ke Australia setidaknya 12 minggu sebelum tanggal orientasi dimulai, dengan menyertakan beberapa dokumen:

  • Formulir aplikasi visa
  • Biaya aplikasi visa
  • Pasfoto ukuran 4x6
  • Paspor dengan masa berlaku lebih dari 7 bulan ketika masuk ke Australia
  • Konfirmasi pendaftaran elektronik
  • Hasil IELTS
  • Dokumen akademis dan pengalaman kerja
  • Pernyataan tujuan
  • Bukti kemampuan keuangan

Cara Pembayaran Visa

Pembayaran pembuatan visa bisa dibayarkan pada loket kedutaan besar secara tunai, dengan transfer bank (di bank yang telah ditunjuk), melalui pos atau dengan tax invoice. Kamu bisa memilih yang paling mudah menurut kamu.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pengurusan visa, kamu dapat menghubungi tim konsultan pendidikan kami.


Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Australia

Biaya kuliah di Australia tentu bergantung dari universitas yang kamu pilih. Masing-masing universitas juga biasanya menetapkan biaya kuliah yang berbeda, tergantung dari jurusan dan program yang kamu ambil. Jadi, ada baiknya jika kamu mencari informasi terkait di situs resmi universitas yang kamu pilih. Biaya kuliah yang tercantum biasanya di luar dari biaya lain, seperti akomodasi dan biaya lainnya

Untuk biaya hidup sendiri, ini akan bergantung dari di akomodasi mana kamu tinggal, kebutuhan sehari-hari, biaya makan yang dikeluarkan, hingga kota mana yang kamu pilih untuk tinggal selama masa kuliah. Setiap kota atau negara bagian di Australia biasanya memiliki biaya hidup yang berbeda. Akan sangat baik jika kamu merencanakan keuangan sejak dini demi bisa mengatur finansial selama kuliah di Australia. 

Biaya hidup biasanya mencakup akomodasi, makanan, transportasi dan kebutuhan lainnya. Jika kamu tinggal di akomodasi yang tidak menyediakan koneksi internet, maka kamu juga harus memperhitungkan biaya internet selama kamu tinggal di Australia.


Universitas di Australia

Memiliki berbagai kota dengan keindahan dan hiburan yang luar biasa, Australia sendiri menyimpan daftar universitas terkemuka yang bisa dipilih oleh para mahasiswa. Sejumlah universitas di negara ini bahkan meraih peringkat cukup tinggi di dunia. Mutu pendidikan di universitas Australia tentu tak perlu diragukan lagi. Hal ini bisa terlihat dari banyaknya mahasiswa internasional yang mendaftar dan lulusan-lulusan terbaik yang berhasil dihasilkan oleh universitas di Australia.

Sebagai gambaran, kamu perlu mencari tahu daftar universitas yang ada di Australia. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah dalam proses pemilihan universitas. Menjadi rumah bagi banyak universitas ternama, berikut beberapa daftar universitas yang ada di Australia dan bisa menjadi rekomendasi untuk kamu yang berencana kuliah di sini.

+
 
Konsultasi Gratis

Isi formulir registrasi di bawah ini:

Powered by BreezingForms

Chat with us: