Belanda

pilihan destinasi kuliah di belanda

Berkuliah di luar negeri sering menjadi impian sendiri bagi banyak pelajar. Rasanya, ada kebanggan tersendiri yang dirasakan jika mampu hidup mandiri di luar negeri dan menempuh pendidikan sesuai dengan minat di salah satu universitas terkemuka. Belanda menjadi salah satu negara yang sering dituju oleh banyak pelajar. Kuliah di Belanda menjadi mimpi terbesar sebagian orang.

Sebagai salah satu negara maju, Belanda memiliki deretan universitas ternama yang bisa dipilih. Beberapa di antaranya memiliki ranking yang cukup stabil dalam ranking universitas dunia. Bayangkan, siapa yang tidak ingin menjadi bagian dari universitas terkemuka di negara ini?


Kuliah di Belanda

Di negara ini, ada sekitar 112,000 mahasiswa internasional yang terdaftar dan jumlah tersebut selalu meningkat setiap tahun. Mahasiswa yang memilih melanjutkan sekolah di Belanda biasanya memilih kampus-kampus terkemuka dengan ranking stabil.

Selain itu, Belanda menjadi salah satu negara yang menjadi gerbang menuju Eropa. Kamu hanya perlu waktu singkat untuk bisa pergi ke Paris, London atau Berlin. Bayangkan, betapa menyenangkan masa study kamu selama di Belanda.

Sama seperti negara di Eropa lainnya, universitas di Belanda umumnya mengklasifikasikan dirinya sebagai universitas riset yang menawarkan lebih banyak program akademik dengan orientasi penelitian.

map kuliah di belanda


Mengapa Kuliah di Belanda?

Ada banyak universitas di Belanda yang masuk ke dalam jajaran 300 peringkat tertinggi sebagai universitas terbaik di dunia. Ini mungkin menjadi alasan utama bagi banyak pelajar yang ingin kuliah di Belanda.

Selain itu, beberapa perguruan tinggi juga menawarkan keunggulan di bidang keilmuan khusus, seperti misalnya, ilmu hukum, ilmu pertanian dan lingkungan, ilmu teknik dan masih banyak lagi. Para dosen di negara ini juga dituntut untuk bekerja secara professional, sehingga kualitas pendidikannya tetap terjaga. Para dosen juga umunya sangat terbuka dan senang diajak berdiskusi.

Perkuliahan di kampus Belanda biasanya memiliki budaya akademik yang interaktif. Mahasiswa dituntut untuk mengutarakan pendapat secara terbuka di kelas. Kerja kelompok dan presentasi adalah hal lumrah yang akan kamu dapatkan selama kuliah di Belanda.


Keuntungan Kuliah di Belanda

Bukan tanpa alasan, negara yang satu ini menjadi pilihan bagi banyak pelajar dari seluruh penjuru dunia. Ada beberapa benefit yang bisa kamu dapatkan ketika kuliah di Belanda.

1. Bahasa

Belanda memiliki bahasa sendiri yang biasanya mereka gunakan dalam keseharian. Namun, untuk kamu yang belum mahir berkomunikasi dengan bahasa Belanda, tidak perlu khawatir. Sebab, hampir 90% program pascasarjana menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Banyak juga warga asli negara ini yang sudah fasih dalam berbahasa Inggris, sehingga memudahkan kamu untuk berkomunikasi.

2. Fasilitas kampus

Di banyak kampus, ada beberapa area yang menyediakan koneksi internet berkecepatan tinggi dan gratis. Selain itu, fasilitas kampus lainnya juga sangat memadai, seperti misalnya printer atau scanner yang bisa digunakan oleh para mahasiswa secara gratis. Di perpustakaan, kamu bisa mendapatkan ruang khusus yang benar-benar dibuat untuk para mahasiswa yang ingin berkonsentrasi tanpa kebisingan. Untuk para mahasiswa muslim, setiap kampus memiliki makanan halal atau Halal Corner sehingga kamu tidak perlu khawatir dalam memilih makanan.

3. Letak negara yang strategis

Di Belanda, kamu punya akses ke berbagai negara sekitar dengan mudah, baik menggunakan pesawat, kereta dan bis. Karena negara ini adalah negara kecil, kamu bisa berkeliling kota dengan mudah dan dalam waktu singkat, sehingga kamu bisa melepas penat, meski hanya memiliki waktu sedikit.

4. Penduduk yang heterogen

Belanda memiliki penduduk yang beragam dan tentunya terbuka dengan orang-orang baru dari seluruh dunia. Dengan keberagaman ini, kamu akan lebih mudah dalam berinteraksi dan beradaptasi di negara ini, meski secara budaya Belanda memiliki kebiasaan dan kebudayaan yang jauh berbeda dengan Indonesia.


Persyaratan Kuliah di Belanda

Sebagai mahasiswa internasional, tentunya ada banyak syarat yang harus kamu penuhi jika berencana untuk kuliah di Belanda. Umumnya pendaftaran dilakukan secara online dan membutuhkan beberapa dokumen, seperti:

  • Syarat nilai TOEFL dan IELTS
  • Identitas diri berupa passport dan visa
  • Dokumen akademik, seperti ijazah dan transkrip akademik dalam bahasa Inggris
  • Motivation Letter
  • Surat rekomendasi

Untuk sertifikasi TOEFL, secara umum nilai yang harus kamu dapatkan adalah 550 (paper based), atau 213 (computer based), 79/80 (internet based). Sedangkan untuk IELTS, skor minimal yang harus kamu dapatkan adalah 6. Nilai minimum ini adalah syarat untuk jenjang Sarjana. Untuk setiap jenjang biasanya ditetapkan nilai minimum yang berbeda.

Untuk syarat yang lebih spesifik, biasanya setiap universitas menetapkan syarat yang berbeda tergantung dari jurusan apa yang kamu ambil. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi situs resmi universitas tujuan.


Daftar Kuliah di Belanda

Sebelum mendaftarkan diri, pastikan kamu mengevaluasi ijazah yang kamu miliki. Langkah ini dilakukan untuk menentukan apakah ijazah kamu memenuhi syarat untuk mendaftar di satu program studi di Belanda.

pendaftaran sekolah dan kuliah ke luar negeri

Untuk kamu yang mengajukan pendaftaran dalam program sarjana, kamu membutuhkan transkrip nilai sekolah menengah atas, atau diploma atau juga yang setara. Sedangkan, untuk program pascasarjana, kamu membutuhkan transkrip nilai dan sertifikat sarjana atau setara. Namun, semua klasifikasi tersebut harus diakui oleh insitusi Belanda, jika tidak, maka kemungkinan besar kamu akan diminta untuk mengambil program persiapan terlebih daulu.

Keputusan akan lamaran kamu sepenuhnya berada di pihak universitas. Jika kamu keberatan dengan keputusan tersebut, kamu bisa menghubungi kantor bagian pendaftaran institusi terkait untuk informasi lebih lanjut.

Informasi pendaftaran yang lebih rinci bisa kamu lihat dengan mengunjungi situs resmi universitas. Meskipun biasanya kebanyakan universitas membuka pendaftaran secara online dengan mengunduh formulir pendaftaran resmi.


Tempat Wisata di Belanda

Tidak hanya terkenal dengan jajaran universitas terkemuka, Belanda juga menyimpan banyak tempat wisata terbaik yang bisa kamu kunjungi saat istirahat dari masa perkuliahan.

1. Taman Bunga Keukenhof

Ada berbagai jenis bunga yang bisa kamu lihat di taman bunga ini, mulai dari tulip hingga bunga musim semi lainnya. Sayangnya, kamu hanya bisa menikmati taman ini pada minggu terakhir di bulan Maret hingga pertengahan Mei.

2. The Peace Palace

Desain arsitektur bangunan ini mirip dengan istana yang ada di negeri dongeng, dan sering dijadikan tempat pertemuan PBB.

3. Desa Kinderdijk

Ada lebih dari 1000 kincir angin bisa kamu temukan di sini. Ini menjadi salah satu desa yang paling terkenal di Belanda. Bahkan, di sini ada kincir angun yang sudah ada sejak 1740 dan masih terpelihara hingga sekarang.

4. Friesland

Friesland merupakan rantai pulai yang ada di Laut Utara Belanda. Uniknya, beberapa tempat di pulau ini dapat dilalui dengan berjalan di atas lumpur saat air laut sedang surut.


Transportasi di Belanda

Transportasi umum di Belanda sudah terintegrasi satu sama lain. Kamu juga bisa mendapatkan informasi lengkapnya dengan mudah. Beberapa jenis transportasi yang bisa kamu gunakan di negara ini, misalnya bis, tram, metro, kereta api, kapal, sepeda dan ov-chipkaart.

Jadwal untuk transportasi umum adalah jadwal yang sebenarnya, dengan kata lain, jika kamu terlambat satu menit saja, maka kamu akan tertinggal dan harus menunggu jadwal keberangkatan berikutnya.

Informasi mengenai jadwal keberangkatan bisa kamu dapatkan melalui aplikasi di ponsel baik android, maupun iOS. Dengan hal ini, akan lebih mudah untuk kamu dalam mengakses informasi lengkap seputar jadwal keberangkatan transportasi.


Pengurusan Visa Pelajar Untuk Kuliah di Belanda

Pengurusan visa ke Belanda biasanya membuuhkan waktu kurang lebih 14 hari setelah diajukan, maka akan lebih baik jika kamu memulai proses pendaftaran setidaknya satu bulan sebelum program dimulai.

pengurusan visa studi kuliah luar negeri

1. Biaya Pengurusan Visa

Untuk biaya pengurusan visa ke Belanda mungkin terbilang cukup mahal. Prosesnya juga cukup lama sehingga kamu harus mempersiapkannya sejak jauh hari. Kamu juga akan membutuhkan dokumen-dokumen penting yang akan diminta di Kedutaan. Akan sangat perlu untuk mengunjungi situs resmi lembaga terkait guna mencari tahu informasi lengkap mengenai biaya pengurusan visa tersebut.

2. Persyaratan dan Cara buat Visa

Secara umum, ada dua tipe visa pelajar untuk Belanda, yakni visa studi Schengen untuk masa belajar tiga bulan dan Residence Permit untuk masa studi lebih dari  tiga tahun. Kunjungi situs resmi kedutaan untuk informasi lebih lanjut.

Sedangkan, dokumen-dokumen yang harus kamu persiapkan adalah:

  • Paspor : Berlaku minimal enam bulan hingga tanggal kadaluarsa
  • Dokumen pendukung asli, seperti akte lahir, kartu keluarga, ijazah dan transkrip nilai
  • Letter of Acceptance
  • Sertifikat bahasa
  • Bukti jaminan finansial
  • Asuransi media
  • Bukti pembayaran proses visa

Jika semua dokumen sudah lengkap, kamu akan diharuskan untuk mengikuti tes kesehatan, serta menyerahkan semua berkas dokumen ke kedutaan.

3. Cara Pembayaran Visa

Proses pembuatan visa tentu membutuhkan biaya yang harus dibayarkan. Namun, untuk detail pembayaran visa bisa kamu dapatkan di situs resmi lembaga terkait. Atau jika kamu mendaftarkan diri melalui agen pendidikan, kamu bisa mendapatkan informasi lebih lanjut dari agen pendidikan tersebut.

Karena proses pembuatan yang cukup panjang, kamu harus membayarkan biaya tersebut sesegera mungkin.


Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Belanda

Sebagai salah satu negara maju, Belanda memiliki biaya hidup yang cukup tinggi. Namun, biaya hidup di Belanda sendiri akan sangat tergantung dari kebutuhan dan gaya hidup yang kamu jalani. Biaya hidup di luar biaya kuliah selama di Belanda akan mencakup biaya makan, akomodasi, transportasi, dan biaya lainnya termasuk listrik, air dan internet.

Akan lebih baik jika kamu mempertimbangkan kondisi keuangan dengan gaya hidup yang kamu jalani selama di Belanda, mengingat kamu akan menjalani masa perkuliah selama kurang lebih 3 atau 4 tahun lamanya.

Untuk biaya kuliah di Belanda sendiri, tergantung dari universitas yang dipilih, jurusan dan program gelar yang diambil. Setiap universitas menetapkan biaya yang berbeda. Untuk itu, rutin mengecek situs resmi universitas sangat disarankan untuk kamu yang berencana kuliah di Belanda.


Universitas di Belanda

Terkenal dengan bunga tulip dan kincir anginnya yang mengagumkan, Belanda ternyata memiliki banyak daftar universitas terkemuka yang sering menjadi tujuan bagi banyak pelajar. Antusias para mahasiswa internasional juga terbilang cukup tinggi untuk berkuliah di negara ini.

Setiap tahunnya, jumlah mahasiswa internasional selalu meningkat dan menjadikan Belanda rumah bagi banyak mahasiswa internasional dari berbagai negara. Masing-masing dari mereka membawa kebudayaan sendiri dan membuat Belanda menjadi negara yang multikultur.

Tertarik menempuh pendidikan di Belanda dan merasakan kehidupan mahasiswa di sana? Berikut daftar universitas yang bisa kamu pilih selama menempuh pendidikan di Belanda.

+
 
Konsultasi Gratis

Isi formulir registrasi di bawah ini:

Powered by BreezingForms
Chat with us: