Belgia (Belgium)

pilihan destinasi kuliah di belgia belgium

Dibandingkan dengan universitas di Eropa lainnya, Belgia mungkin menjadi negara yang kurang diminati oleh banyak pelajar Indonesia. Padahal, negara yang satu ini memiliki kualitas pendidikan yang tak kalah unggul dibandingkan negara lainnya. Beberapa universitas terbaik di belgia bahkan masuk dalam universitas top di Eropa.

Berlokasi di tengah Eropa membuat kamu bisa mengelilingi negara-negara di sekitarnya dengan mudah, sebut saja Italia, Perancis, Jerman dan Belanda. Dengan mengambil pekerjaan paruh waktu, rasanya bukan tidak mungkin kamu bisa mengelilingi negara-negara tersebut, kan?


Kuliah di Belgia

Sistem pendidikan di Belgia termasuk salah satu sistem pendidikan terbaik di dunia. Sistem pendidikan tinggi di negara ini menekankan pada penelitian dan ilmu terapan sehingga memudahkan para mahasiswa yang telah lulus untuk segera bekerja di perusahaan ternama di dunia.

Belgia sendiri menganut dua bahasa yang berbeda, tergantung di wilayah mana kamu berkuliah. Wilayah Flanderen menggunakan bahasa Belanda dan wilayah Walloni menggunakan bahasa Perancis. Nah, hal ini yang terkadang menyulitkan mahasiswa dalam proses belajar.

Tapi, tak perlu khawatir sebab program pascasarjana menggunakan bahasa yang cukup fleksibel. Bahkan, untuk program internasional, kamu akan menggunakan bahasa Inggris dalam proses belajar. Begitu pun dengan program doktoral. Sehingga akan memudahkan proses studi kamu di negara ini.


Mengapa Kuliah di Belgia?

Belgia menjadi salah satu negara paling aman di Eropa saat ini. Kamu pasti jarang mendengar tentang isu terorisme di negara ini, bukan? Hal ini membuktikan bahwa Belgia merupakan negara yang aman. Di luar itu, jarang sekali ada sentiment SARA di negara ini.

Keamanan menjadi hal yang penting untuk dipertimbangkan ketika kamu akan tinggal di suatu negara, apalagi kamu akan menghabiskan waktu beberapa tahun di negara tersebut. Tingkat keamanan negara yang tinggi menjadi salah satu alasan mengapa kamu harus kuliah di Belgia.

Organisasi besar seperti Uni Eropa, Komisi Eropa dan NATO berpusat di Brussels, ibukota Belgia karena letaknya yang strategi di tengah Eropa. Selain itu, ada banyak perusahaan multinasional yang juga mendirikan kantor pusat di Belgia. Hal ini membuka peluang sangat besar untuk kamu bisa melakukan magang atau bahkan bekerja di kantor-kantor tersebut.


Keuntungan Kuliah di Belgia

Selain sistem pendidikan dan keamanan negara yang cukup baik, ada beberapa benefit yang bisa kamu rasakan ketika memilih kuliah di Belgia. Apa saja?

  • Kesempatan mempelajari tiga bahasa

Selain bahasa Inggris, kamu memiliki kesempatan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa asing lainnya. Mengapa? Belgia sendiri memiliki tiga bahasa yang biasanya dikuasai oleh masyarakatnya. Bahasa yang dimaksud adalah Perancis, Belanda dan Jerman. Selain multikultural, negara ini menawarkan multilingualisme dan institusi pendidikan tinggi di sana memprioritaskan peningkatan kemampuan berbahasa asing.

  • Menikmati keindahan abad pertengahan

Penasaran seperti apa suasana pada abad pertengahan? Belgia mampu membawa suasana tersebut di jaman modern seperti sekarang. Di sana, kamu bisa menikmati bangunan-bangunan megah dan ikonik yang tersebar di penjuru kota. Selain bangunan yang cantik, keindahan alam di negara ini juga mampu memanjakan mata. Di Belgia, kamu bisa memperkaya pengalaman dan wawasan mengenai sejarah peradaban dunia. Berkat letak geografisnya, negara ini menjadi saksi bagaimana pergolakan ekonomi, politik dan kebudayaan kerajaan romawi terjadi.

  • Menambah jaringan internasional

Menjadi pusat dari organisasi terbesar di dunia, Belgia membuka kesempatan bagi kamu untuk menambah jaringan internasional. Siapapun yang memilih untuk menempih pendidikan di Belgia, maka akan mendapatkan kesempatan lebih mudah untuk terhubung dengan jaringan internasional dan bersosialisasi dengan masyarakat yang multikultural.


Persyaratan Kuliah di Belgia

Untuk bisa berkuliah di Belgia, kamu perlu memenuhi syarat masuk yang telah ditentukan. Syarat masuk kuliah di Belgia secara umum sama dengan syarat masuk ke universitas lain di luar negeri. Kamu perlu mempersiapkan beberapa dokumen yang dibutuhkan, seperti misalnya:

  • Bukti kemahiran bahasa Inggris

Sertifikat yang sering digunakan biasanya adalah IELTS. Universitas di Belgia biasanya meminta skor minimal 5.5 atau 6, tergantung dari jurusan dan universitas terkait. Banyak juga penyelenggara yang mengadakan ujian IELTS secara rutin.

  • Syarat akademis

Biasanya, kamu akan membutuhkan dokumen kelulusan untuk tingkat tertentu. Pihak universitas biasanya meminta bukti bahwa kandidat telah menyelesaikan pendidikan selama 12 tahun, termasuk pendidikan dasar dan menengah. Akan lebih bagus, jika kamu memiliki kualifikasi bertaraf internasional, seperti A-Level, International Baccalaureate Diploma atau sejenisnya.

Namun, ketika kamu belum memenuhi persyaratan masuk yang telah ditentukan, kamu bisa mengambil jalur alternatif, yaitu mengikuti program fondasi atau jalur masuk lainnya. Program fondasi biasanya berlangsung selama satu tahun.


Daftar Kuliah di Belgia

Sebelum mendaftarkan diri di kampus Belgia, kamu tentu sudah harus menentukan di mana kamu akan berkuliah. Untuk itu, jangan hanya mencari informasi soal satu universitas saja, cek juga jurusan yang sama di universitas lainnya.

Mengapa demikian? Sebab, ada banyak kemungkinan yang akan terjadi, misalnya jurusan yang kamu inginkan di universitas yang satu memiliki kurikulum yang berbeda dengan universitas lainnya, atau bisa saja biaya kuliah yang berbeda cukup jauh walaupun dengan kurikulum yang sama.

Untuk mendaftar, pastikan kamu telah mengetahui benar prosedur, syarat dan tanggal penting pendaftaran, misalnya apakah sertifikat IELTS boleh menyusul? Apakah harus mengirim dokumen lewat pos atau cukup dengan online? Untuk informasi yang lebih rinci seputar cara daftar kuliah di Belgia, kamu bisa mengontak pihak kampus atau mengunjungi situs resmi universitas tujuan kamu.


Tempat Wisata di Belgia

Kuliah di luar negeri bukan hanya tentang belajar. Kamu juga perlu menikmati kota-kota dan tempat wisata terbaik di negara tujuan. Di Belgia sendiri, ada beberapa kota dan tempat wisata terbaik yang bisa kamu kunjungi.

  • Bruges

Ini adalah salah satu kota paling indah di bagian utara Belgia. Ada banyak bangunan menarik baik modern dan kuno yang bisa kamu nikmati. Rumah-rumah kuno juga telah dirawat dengan baik dan memiliki tampilan baru yang menakjubkan.

  • Ghent

Kamu bisa melihat kastil dan banyak bangunan tua yang menarik di sini. Namun, bangunan modern juga memiliki keindahan sendiri untuk kamu nikmati.

  • Dinant

Mencari keindahan alam yang asri? Kota ini bisa menjadi pilihan. Kamu bisa melakukan olahraga kano atau panjat tebung di sini. Jangan lupa untuk menikmati pemandangan alamnya, ya.

  • Antwerp

Ada banyak tempat wisata menarik di tempat ini, seperti Kebun Binatang Antwerp dan Cathedral of Our Lady di kota ini.


Transportasi di Belgia

Cara termudah dan termurah untuk bepergian saat kamu menetap di Belgia adalah dengan kereta api dan bus. Tapi, selain itu kamu juga bisa menggunakan kereta api. Kereta api di negara ini sendiri menjadi salah satu yang terbaik di Eropa dan memiliki tarif yang cukup terjangkau.

Sebagian masyarakat dan mahasiswa di negara ini memilih untuk menggunakan sepeda untuk mobilitas setiap hari, terutama jika jarak tujuan cukup dekat. Memiliki sepeda di negara ini cukup mudah, kamu bisa membeli sepeda baru, bekas atau menyewanya di penyewaan sepeda yang biasanya tersedia di universitas di Belgia.

Jika kamu memilih kendaraan pribadi seperti mobil, kamu perlu mempertimbangkan biaya perawatan, asuransi dan biaya lainnya. Jadi, akan lebih baik jika kamu bijak dalam memilih transportasi sehari-hari.


Pengurusan Visa Pelajar Untuk Kuliah di Belgia

Bagi para pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan di Belgia, maka kamu perlu mengurus Student Visa Belgium di Kedutaan Belgia, yang berlokasi di Jakarta. Kamu bisa mengontak langsung pihak kedutaan untuk hal ini.

Biaya Pengurusan Visa

Proses pengurusan visa membutuhkan biaya yang jumlahnya bisa berubah setiap tahunnya. Kamu perlu mencari informasi lebih lanjut ke pihak kedutaan atau kunjungi situs resmi mereka untuk hal ini. Jangan lupa untuk memproses visa dari jauh hari sebelum masa perkuliahan dimulai, mengingat proses pembuatannya membutuhkan waktu yang cukup lama dan hanya dikerjakan saat hari kerja.

Persyaratan dan Cara buat Visa

Sebagai pelajar, tentu kamu membutuhkan visa pelajar yang biasanya mengharuskan kamu untuk melampirkan beberapa dokumen sebagai syarat pembuatan visa.

  • Paspor dengan masa berlaku minimal 12 bulan
  • Formulir visa (kontak pihak kedutaan untuk hal ini)
  • Letter of Admission dari universitas
  • Medical Certificate dari salah satu dokter yang ditunjuk oleh kedutaan.
  • SKCK yang dikeluarkan oleh Polres atau Polda
  • Salinan legalisir ijazah dan transkrip terbaru.

Dokumen ijazah dan transkrip yang sudah disiapkan harus dilegalisir oleh Kemhukam dan Kemlu yang membutuhkan waktu sekitar 3 hari kerja. Setelahnya, kamu bisa mengajukan visa ke Kedutaan Belgia dengan membawa semua persyaratan yang telah disebutkan.

Cara pembayaran visa

Dokumen ijazah dan transkrip yang kamu berikan ke kedutaan akan dilegalisir dan membutuhkan biaya. Untuk jumlah pasti biaya tersebut bisa kamu cari tahu dengan mengontak langsung pihak kedutaan.

Biaya proses pembuatan visa sendiri harus dilakukan ke rekening Immigration Office di Belgia. Namun, untuk informasi lebih lanjut dan lebih pasti tentang cara pembayaran visa ini, kamu bisa menghubungi langsung pihak kedutaan atau mengunjungi situs resmi mereka.


Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Belgia

Setiap universitas di Belgia membebankan biaya kuliah yang berbeda, tergantung dari masing-masing universitas. Belgia sendiri dikenal memiliki biaya kuliah yang cukup terjangkau dibandingkan dengan negara Eropa lainnya.

Akan lebih baik jika kamu menghubungi langsung pihak universitas tujuan untuk mencari informasi seputar biaya kuliah ini, atau kamu juga bisa mengunjung website universitas. Beberapa universitas mencantumkan detail biaya kuliah mereka di website universitas.

Selain biaya kuliah, kamu juga perlu mempertimbangkan biaya hidup di negara ini. Biaya hidup di Belgia cukup bervariasi dan tergantung dari kota tempat tinggal yang kamu pilih. Namun, sebagai gambaran, jumlah tertinggi anggaran akan dihabiskan untuk akomodasi dan makanan. Jadi, pilihlah akomodasi dan makanan yang menurutmu paling sesuai dengan keadaan finansial.


Universitas di Belgia

Terkenal dengan bangunan-bangunan bersejarah dan kuno yang memberikan suasana sendiri, Belgia memiliki berbagai universitas terbaik yang bisa menjadi pilihan untuk para mahasiswa. Dibandingkan dengan negara Eropa lainnya, Belgia menjadi negara paling aman dan menjadi rumah bagi banyak asosiasi besar di dunia.

Tidak ada salahnya jika kamu ingin melanjutkan pendidikan di negara ini. Tertarik? Berikut beberapa daftar universitas di Belgia yang perlu kamu tahu.

+
 
Konsultasi Gratis

Isi formulir registrasi di bawah ini:

Powered by BreezingForms

Chat with us: