China

pilihan destinasi kuliah di china

China menjadi negara yang cukup berkembang dalam beberapa tahun terakhir. Selain berhasil maju dalam beberapa sektor, negara ini juga memiliki beberapa daftar universitas terbaik yang bisa menjadi pilihan saat kamu berencana untuk kuliah di luar negeri.

China sendiri telah menjadi alternatif pendidikan yang lebih terjangkau untuk pendidikan tinggi kelas dunia bila dibandingkan dengan negara lainnya, seperti Amerika Serikat, Australia dan sebagainya. Pertumbuhan ekonomi China berkembang sangat pesat dan menduduki ranking ke-2 ekonomi terbesar di dunia.


Kuliah di China

China memiliki deretan universitas terkemuka yang bisa menarik perhatian para pelajar dari seluruh dunia. Bahkan, ada beberapa universitas terbaik di china yang menjadi tujuan bagi para pelajar.

Pemerintah China sendiri menargetkan 500.000 calon mahasiswa yang mendaftarkan diri di universitas China pada 2020 ini. Jumlah ini menunjukkan sejauh mana rencana yang telah dibuat untuk mempromosikan universitas di dalam negeri ini. China berupaya untuk mendorong mahasiswa dari berbagai negara untuk berkuliah di sana.

Nampaknya, bukan hal sulit bagi negara ini untuk menarik perhatian banyak pelajar dari penjuru dunia. China sendiri menawarkan berbagai keuntungan dan kelebihan untuk para pelajar internasional yang mendaftar di salah satu perguruan tinggi di China.

map kuliah di china


Mengapa Kuliah di China?

Dengan menduduki peringkat kedua sebagai ekonomi terbesar di dunia, hanya satu peringkat di bawah Amerika Serikat, kamu akan mendapatkan banyak manfaat ketika memutuskan untuk kuliah di China.

Jumlah mahasiswa internasional yang terdaftar di berbagai universitas China juga cukup banyak dan membuat pemerintah China sangat aktif dalam mendorong pengembangan pendidikan di negaranya. Hal ini sebagai upaya untuk sektor pendidikan yang lebih baik dalam segi kuantitas dan kualitas.

China juga menjadi negara yang sangat toleran terhadap agama lainnya. Bagi para masyarakat China, siapapun orangnya dan dari manapun asalnya, jika berada di sana dalam tujuan yang sama, mereka akan sangat terbuka. Mungkin ini yang menjadi alasan mengapa banyak mahasiswa internasional di negara ini.


Keuntungan Kuliah di China

Masing-masing negara nampaknya memiliki benefit sendiri, namun ketika kamu memutuskan untuk kuliah di China, ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan.

  • Budaya dan Masyarakat yang terbuka

Meski seringnya para siswa akan menemukan hambatan dalam berkomunikasi, karena tidak semua masyarakat China mahir berbahasa Inggris, namun mereka sangat terbuka dan bersedia membantu kamu dalam berkomunikasi.

  • Menguasai dua bahasa sekaligus

China terkenal dengan bahasa pengantarnya, yakni bahasa Mandarin. Namun, banyak juga masyarakat lokal yang menguasai bahasa Inggris. Jika menjadi mahasiswa di sini, kamu akan memiliki kesempatan untuk mempelajari bahasa Mandarin dan Inggris sekaligus. Ini menjadi keuntungan sendiri untuk kamu, mengingat dua bahasa ini adalah bahasa popular di dunia dan dipelajari oleh begitu banyak orang.

  • Menggunakan teknologi canggih

China belakangan ini juga dikenal dengan teknologinya yang canggih dan terus berkembang dari waktu ke waktu. Siapapun yang tinggal untuk kuliah atau bekerja di negara ini pasti akan menikmati teknologi yang serba canggih dan hanya perlu dilakukan dengan mengoperasional smartphone. Teknologinya tentu sangat otomatis dan mudah, serta efektif dan efisien.

  • Pilihan jurusan yang beragam

Di negara ini, kamu bisa memiliki kesempatan untuk memilih jurusan yang lebih beragam. Bahkan, ada beberapa jurusan yang hanya ada di China dan mungkin belum pernah kamu dengar sebelumnya.


Persyaratan Kuliah di China

Jika kamu telah memantapkan pilihan untuk kuliah di China, maka kamu harus memenuhi berbagai syarat yang telah ditetapkan oleh masing-masing universitas atau bahkan negara ini sendiri. Persyaratan umum yang harus kamu penuhi untuk bisa berkuliah di China adalah sebagai berikut.

  • Kemampuan Bahasa

Kebanyakan mahasiswa internasional biasanya memilih untuk mendapatkan gelar dalam bahasa Inggris. Di sini, kamu perlu mencantumkan bukti kelulusan dalam tes bahasa Inggris yang biasanya berupa IELTS atau TOEFL. Namun begitu, ada beberapa orang yang lebih memilih untuk mengambil jurusan dalam bahasa China. Jika kamu salah satunya, maka kau perlu memberikan sertifikat kelulusan ujian Hanyu Shuiping Kaoshi (HSK) antara tingkat 3 untuk 8. Sertifikat ini bisa kamu peroleh dengan mengambil kursus intensif selama 1-2 tahun belajar bahasa China.

  • Student Pass dan Visa

Jika kamu telah mengirimkan aplikasi ke universitas dan mendapatkan surat tawaran dari universitas pilihan, kamu perlu student pass dan visa. Visa pelajar di China sendiri dibagi menjadi dua, yakni X1 untuk para mahasiswa yang akan belajar selama lebih dari enam bulan. Serta X2 untuk mereka yang akan belajar kurang dari enam bulan. Nah, visa ini bisa dibuat di kedutaan China dengan membawa beberapa dokumen, seperti surat tawaran dari universitas, formulir aplikasi visa, hasil pemeriksaan fisik, paspor asli, satu pas foto terbaru.


Daftar Kuliah di China

Sebelum mendaftar, tentu kamu harus menetapkan universitas yang paling tepat. Biasanya, aplikasi pendaftaran akan diproses hanya jika kamu melampirkan beberapa dokumen umum, seperti surat penerimaan dari Pemerintah China, sertifikat persetujuan transfer dari universitas sebelumnya (pelajar transfer), nilai lulus tes HSK (tidak wajib dan tergantung program kuliah yang dipilih), kualifikasi lain yang diminta oleh program studi atau universitas.

Agar pendaftaran kamu berjalan tanpa hambatan, kamu harus mendaftarkan diri sedini mungkin, jangan menunda pengajuan visa, mendaftarkan diri ke lebih dari satu universitas, dan seringlah memastikan tanggal pendaftaran atau penerimaan aplikasi di universitas yang dituju.

Masing-masing universitas biasanya memiliki cara daftar kuliah yang berbeda, jadi ada baiknya kamu untuk mengunjungi situs resmi universitas secara rutin.


Tempat Wisata di China

Kuliah di luar negeri tak akan lengkap rasanya jika tidak mengunjungi tempat wisata yang ada di negara tersebut. Untuk kamu yang memilih kuliah di China, tak perlu bingung mencari tempat wisata karena negara ini memiliki sejumlah tempat wisata terbaik yang bisa dikunjungi. Berikut beberapa daftarnya:

  • Tembok Besar China

Siapa yang tidak mengetahui bangunan ikonik satu ini? Destinasi wisata yang satu ini telah menjadi tujuan wisata banyak orang dan selalu ramai pengunjung setiap harinya.

  • West Lake di Hangzhou

Ini adalah danau yang begitu indah dan dikelilingi dengan pegunungan. Tak heran jika tempat ini menjadi tujuan wisata yang begitu terkenal dan mendapatkan julukan sebagai surga di bumi.

  • Mount Huang, Anhui

Daerah ini terkenal dengan pemandangan matahari terbenam yang indah, puncak granit gagah dengan bentuk yang khas dan pemandangan di atas awan yang menakjubkan.

  • Giant Panda, Chengdu

Ada tiga tempat di Chengdu di mana kamu bisa melihat langsung tingkat lucu panda, yakni Chengdu Panda Breeding dan Research Center Bifengxia Panda Base dan Dujiangyan Panda Valley.


Transportasi di China

Transportasi umum di China sendiri sudah sangat maju. China telah memiliki lebih dari 1.300 rute bus umum dan 5 jalur kereta bawah tanah. Bus dan kereta bawah tanah di China didesain sedemikian rupa untuk kenyamanan dan efisiensi waktu bagi para penggunanya.

Untuk menelurusi tempat-tempat wisata, kamu bisa menggunakan taxi atau sepeda motor. Namun, saat jam kerja dan kamu akan menuju kantor atau kampus, disarankan untuk menggunakan kereta bawah tanah karena minim kemacetan dan lebih efisien karena kamu tidak menghabiskan waktu terlalu lama di perjalanan.

Kereta bawah tanah sendiri merupakan pilihan terbaik untuk kamu yang sedang diburu waktu. Selain itu, terdapat banyak stasiun yang ada di sekitar tempat-tempat wisata atau tempat-tempat umum di China.


Pengurusan Visa Pelajar Untuk Kuliah di China

Visa tentu menjadi dokumen wajib untuk bisa kuliah di China. Untuk itu, kamu bisa mendaftarkan pengajuan visa ke Konsulat China atau melalui agen resmi. Untuk mendaftarkan diri secara langsung, kamu bisa mengunjungi Konsulat China di Kawasan Jakarta Selatan, atau di beberapa daerah lainnya seperti Surabaya, Denpasar dan Medan.

Biaya Pengurusan Visa

Biaya pengurusan visa akan tergantung dari negara asal mahasiswa tersebut. Biaya yang dibutuhkan juga bisa saja berubah setiap tahunnya atau dalam kondisi tertentu. Untuk hal ini, kamu bisa menghubungi lembaga terkait atau kunjungi situs resmi mereka. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan informasi lebih rinci terkait biaya yang dibutuhkan dalam proses pengurusan visa.

Persyaratan dan Cara Buat Visa

Biasanya, visa China akan diterbitkan dalam waktu kurang datu satu minggu. Namun, sangat disarankan untuk mengajukan permohonan visa segera setelah surat penerimaan universitas telah diterima agar kamu bisa memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan hal lainnya.

Dokumen yang dibutuhkan untuk pengajuan visa biasanya berupa:

  • Paspor asli (dengan dua halaman kosong), ditambah dengan salinan paspor
  • Formulir Pendaftaran Visa yang telah dilengkapi
  • Satu foto ukuran paspor
  • Formulir JW201 atau JW 202 yang telah diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan China
  • Pemberitahuan Penerimaan oleh universitas
  • Fotokopi tiket pesawat dan akomodasi
  • Hasil pemeriksaan fisik yang masih berlaku

Cara Pembayaran Visa

Pembayaran untuk proses pembuatan visa bisa dilakukan di Visa Application Center. Untuk nominal pembayarannya sendiri sangat beragam dan bergantung pada jenis visa apa yang kamu ajukan. Untuk nominal pastinya, kamu bisa mengeceknya di situs resmi konsultat China atau menghubungi lembaga tersebut.


Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di China

Untuk mutu pendidikan yang cukup berkualitas, biaya kuliah di China termasuk yang cukup terjangkau bila dibandingkan dengan negara lainnya. Namun, untuk biaya pasti kuliah di China akan berbeda di setiap universitas. Kamu bisa mengunjungi website resmi universitas untuk informasi lebih lanjut seputar jumlah terperinci mengenai biaya kuliah tersebut.

Biaya hidup di China sendiri akan sangat bergantung pada gaya hidup yang kamu jalani dan kebutuhan setiap harinya. Namun, China termasuk daftar negara dengan biaya hidup yang cukup terjangkau, bahkan jika kamu memilih untuk tinggal di kota besar di negara ini. Biaya hidup yang akan harus keluarkan biasanya akan mencakup akomodasi, transportasi, makanan, pakaian, paket internet dan liburan.

Para mahasiswa internasional yang terdaftar di negara ini juga diperbolehkan untuk mengambil kerja paruh waktu dengan beberapa ketentuan dan syarat yang harus dipenuhi, salah satunya adalah ijin dari universitas yang bersangkutan.


Universitas di China

Untuk kamu yang masih dalam proses pencarian universitas terbaik di China, kamu bisa mempertimbangkan beberapa daftar universitas ini. Dengan mutu pendidikan yang terbaik, China menjadi tujuan pendidikan dengan biaya yang cukup terjangkau.

Berikut beberapa daftar universitas di China yang bisa menjadi rekomendasi untukmu yang berencana melanjutkan pendidikan di negara ini.

+
 
Konsultasi Gratis

Isi formulir registrasi di bawah ini:

Powered by BreezingForms

Event

New Zealand Virtual Education Fair 2020

 

Register Now

Chat with us: