Dubai

dubai.jpg

Dubai menjadi salah satu negara terbesar di Uni Emirat Arab. Negara ini kaya akan ekonomi dan bagian utama dari transaksi ekonomi Dubai adalah dalam perdagangan emas. Dubai dikenal sebagai pusat pendidikan karena menyediakan setiap fasilitas dalam hal pendidikan untuk siswa lokal dan internasional.

Banyak kampus di Dubai menarakan pendidikan untuk mahasiswa internasional. Program yang biasa disediakan, seperti Saince, Teknologi, Arsitektur, Manajemen, Bisnis, Ekonomi, Media Masa, Komputer dan IT dan banyak lagi.


Kuliah di Dubai

Kuliah di Dubia memungkinkan kamu mendapat banyak keuntungan, mulai dari belajar di kampus global dengan reputasi dunia dan kesempatan kerja yang luas. Institusi di Dubai memiliki afiliasi dengan universitas internasional, menawarkan berbagai program yang sesuai dengan kegiatan akademik kamu dan memiliki fasilitas pembelajaran kelas dunia.

Dubai adalah salah satu ekonomi dunia dengan pertumbuhan tercepat dan memiliki ekosistem kewirausahaan yang menciptakan ratusan ribu pekerjaan baru di berbagai bidang. Kehadiran universitas global terkenal dan ekonomi yang kuat membuat belajar di Dubai menjadi pilihan yang sangat menguntungkan.


Mengapa Kuliah di Dubai?

Uni Emirat Arab memiliki sistem pendidikan yang mapan. Universitas di Dubai juga memiliki infrastruktur modern yang bisa menunjang proses belajar. Negara yang satu ini juga terkenal aman dengan tingkat kejahatan yang rendah, ini tentunya bisa menjamin keamanan studi siswa.

Biaya kuliah dan biaya hidup di negara ini terkenal lebih rendag daripada di Inggris, Amerika dan negara Eropa lainnya. Dubai juga dianggap sebagai salah satu ekonomi dengan pertumbuhan tercepat. Jadi, akan mengarah ke lebih banyak peluang di masa depan.  Siswa dapat memiliki kesempatan untuk memulai pekerjaan setelah studi mereka.


Keuntungan Kuliah di Dubai

Orang-orang yang belajar di UEA tidak hanya membawa pengalaman dan perspektif baru, tetapi mereka juga berinteraksi dan berbagi ide-ide. Anggota fakultas yang mengajar di universitas juga umumnya berasal dari latar belakang pendidikan yang disegani dengan pengalaman profesional sebelumnya.

Universitas di UEA ingin memberikan siswa kesempatan untuk belajar satu semester atau lebih di tujuan internasional. Dengan meningkatnya persaingan antara universitas terbaik di UEA, peluang menarik ini akan semakin tersedia.

Pendidikan tinggi di UEA lebih dari sekadar mempelajari teori. Sebagai gantinya, siswa akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan pengalaman kerja khusus UEA melalui magang lokal. Peluang ini memberikan wawasan yang sangat berharga tentang pasar UEA. Dengan demikian, belajar di UEA pada akhirnya dapat memberikan peningkatan jenjang karier dan membantu siswa mendapatkan pekerjaan di sini.


Persyaratan Kuliah di Dubai

Untuk mendaftar di universitas di UEA, ikuti prosedur di situs web resmi masing-masing institusi, karena tidak ada sistem aplikasi universal. Siswa dapat mengirimkan aplikasi mereka secara online, yang memudahkan untuk mengunggah ijazah, sertifikat, gambar, dan dokumen lain yang diperlukan.

Ini adalah beberapa dokumen paling umum yang perlu kamu  berikan selama aplikasi:

  • Formulir aplikasi yang sudah diisi
  • Bukti pembayaran biaya aplikasi (jika ada)
  • Ijazah sekolah menengah (untuk melamar gelar sarjana)
  • Ijazah sarjana (untuk melamar magister)
  • Transkrip rekaman
  • Foto ukuran paspor
  • Fotokopi paspor dan/atau tanda pengenal pribadi yang masih berlaku
  • Surat motivasi

Disiplin atau spesialisasi yang berbeda dapat memiliki persyaratan tambahan. Seperti biasa, periksa informasi terkini di halaman web program studi atau universitas.


Daftar Kuliah di Dubai

Batas waktu pendaftaran bervariasi dari satu universitas ke universitas lainnya. Namun, untuk memberikan gambaran umum, ada 2 opsi:

  • Melamar di musim gugur: batas waktu aplikasi biasanya pada akhir Februari atau Maret
  • Melamar di musim semi: batas waktu aplikasi biasanya pada akhir Agustus atau Oktober

Tempat Wisata di Dubai

Selama masa kuliah di Dubai, kamu bisa menikmati berbagai temat wisata yang tersedia di negara ini, seperti misalnya:

  • Burj Khalifa

Bangunan landmark Dubai dan daya tarik wisata utama adalah Burj Khalifa, yang setinggi 829,8 meter merupakan bangunan tertinggi di dunia dan tempat-tempat menarik kota yang paling terkenal. Bagi sebagian besar pengunjung, perjalanan ke pusat observasi di lantai 124 adalah hal yang wajib dilakukan saat berada di sini.

  • Dubai Aquarium

Salah satu atraksi wisata utama kota, Akuarium Dubai menampung 140 spesies kehidupan laut di tangki gantung besar di lantai dasar Dubai Mall. Meskipun ada pemandangan gratis dari mal, puncak kunjungan di sini adalah memasuki Kebun Binatang Bawah Air, dengan pemandangan 270 derajat setinggi tiga lantai di sepanjang terowongan panel kaca.

  • Padang Pasir

Kamu tidak perlu melakukan perjalanan jauh dari pencakar langit pantai Dubai untuk mencapai beberapa gurun pasir bergelombang di UEA. Tur petualangan gurun dapat menggabungkan berbagai kegiatan, mulai dari sandboarding, naik unta, dan safari 4WD hingga pertunjukan elang Arab tradisional dan makan malam gurun di bawah bintang-bintang.


Transportasi di Dubai

Dubai memiliki jaringan transportasi umum yang luas sehingga kota ini mudah dinavigasi. Dari metro ke trem, bus, taksi, dan bahkan monore;. Berikut beberapa transportasi yang tersedia di Dubai.

  • Bus

Naik bus adalah cara yang murah dan nyaman untuk berkeliling kota. Jaringan bus Dubai telah berkembang pesat selama bertahun-tahun dan menawarkan perjalanan yang andal untuk bekerja bagi banyak orang.

  • Taksi

Pengemudi taksi biasanya memiliki pemahaman bahasa Inggris yang cukup baik. Taksi terpelihara dengan baik, ber-AC, dan bermeter. Tarifnya adalah 1,82 per kilometer, dengan harga taksi bertanda mulai dari Dhs5. Taksi yang dipesan sebelumnya mulai dari Dhs10-Dhs12 dan tarif minimumnya adalah Dhs12.

  • Metro

Dubai Metro tanpa pengemudi yang sepenuhnya otomatis beroperasi di dua jalur (merah dan hijau), dan semua kereta ber-AC, begitu juga stasiun dan trotoar. Cara termurah untuk bepergian adalah di kelas standar, dengan sekali perjalanan mulai dari Dhs3 dan naik ke Dhs8.5. Ada juga bagian terpisah untuk wanita.

  • Tram

Trem Dubai pertama kali dipasang pada tahun 2014 dan berjalan sejauh 10,6 kilometer dari Dubai Marina ke Jumeirah Beach Road. Ada 11 stasiun dengan pemberhentian dan trem tiba setiap delapan menit pada jam sibuk dan setiap 12 menit selama jam reguler. Ada tarif tetap Dhs3 untuk bepergian dengan kartu Nol, atau Dhs4 jika membeli tiket.


Pengurusan Visa Pelajar untuk Kuliah di Dubai

Siswa yang ingin belajar di Dubai memerlukan Visa Studi, yang berlaku untuk program penuh waktu. Visa pelajar berlaku selama 12 bulan, jadi pelajar harus memperbarui visa mereka di akhir periode 12 bulan jika program mereka lebih lama dari itu. Siswa diberikan visa jangka pendek untuk program kurang dari 12 bulan.

Biaya Pengurusan Visa

Jika kamu telah diterima di lembaga pendidikan tinggi di UEA, universitas akan mengatur untuk mendapatkan visa pelajar dari Direktorat Jenderal Urusan Kependudukan dan Orang Asing – GDRFA. Untuk dapat memperoleh visa atas nama kamu, perguruan tinggi atau universitas harus terakreditasi.

Untuk biaya, kamu perlu menghubungi lembaga terkait dan menanyakan biaya yang diperluakn untuk pengurusan visa.

Persyaratan dan Cara Buat Visa

Saat mengajukan Visa Pelajar, kamu harus memenuhi beberapa persyaratan dan memiliki dokumen yang mendukung aplikasi. Ini termasuk:

  • Paspor dan salinannya
  • Beberapa foto ukuran paspor
  • Surat penerimaan ke universitas atau perguruan tinggi UEA.
  • Bukti solvabilitas keuangan untuk menutupi biaya kuliah dan biaya hidup
  • Sertifikat medis, yang dikeluarkan oleh pusat kesehatan yang disetujui pemerintah di UEA. Semua pelamar yang berusia di atas 18 tahun harus menjalani pemeriksaan kesehatan untuk HIV, TBC, Hepatitis B dan C, Kusta, dan Sifilis.
  • Bukti akomodasi, seperti akomodasi siswa atau bukti sewa
  • Jika melamar program pasca sarjana, sertakan juga bukti sertifikasi dari universitas/perguruan tinggi Anda sebelumnya

Persyaratan untuk aplikasi visa berbeda. Ini hanya dokumen yang paling umum diperlukan.


Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Dubai

Biaya kuliah untuk program sarjana di Dubai berkisar antara 37,500 hingga 70,000 AED per tahun dan biaya hidup berkisar antara 2600 hingga 3900 AED per tahun. Biaya kuliah untuk program pascasarjana di Dubai berkisar antara 55,000 hingga 75,000 AED per tahun dan biaya hidup berkisar antara 2600 hingga 3900 AED per tahun.

Biaya hidup bervariasi tergantung pada faktor yang berbeda seperti akomdoasi, makanan, hiburan, transportasi dan biaya lain-lain (visa dan izin tinggal).


Universitas di Dubai

Ada lima universitas negeri dan 58 swasta di Dubai, yang melayani warga Emirat dan ekspatriat. Karena, seperti di sebagian besar negara, institusi memiliki tata kelola internal yang independen.

Kamu akan menemukan universitas di Dubai yang dikategorikan sebagai universitas lokal (didirikan dan berbasis di Dubai) atau kampus cabang (didirikan di negara lain, dengan kampus di Dubai).

+
Event Registration