Hungaria

Salah satu benua yang menarik dan paling banyak dicari oleh pelajar Indonesia masih menjadi milik benua Eropa. Terdapat beragam universitas di benua Eropa yang akan memberikan banyak sekali pengalaman berharga saat kalian kuliah di Eropa.

Hungaria menjadi salah satu tujuan kuliah para pelajar internasional di benua Eropa. Negara ini memiliki beberapa universitas yang masuk dalam peringkat dunia. Hungaria termasuk salah satu negara kecil di Eropa, tetapi negara ini sangat dikenal pada bidang olahraga. Jurusan yang sangat populer untuk kuliah di Hungaria seperti bisnis, ekonomi, hukum dan matematika.

Benefit kuliah di Hungaria

Hungaria merupakan salah satu negara tujuan studi di Eropa yang semakin menarik banyak peminat atau mahasiswa asing setiap tahunnya - terutama dalam bidang kedokteran, science, dan ekonomi. Banyak pula yang menyebutkan bahwa Budapest, ibukota Hungaria, merupakan ibukota tercantik di Eropa Tengah. Hungaria selalu berkomitmen untuk menjadi salah satu pusat pendidikan tinggi dunia dengan terus memperbaiki dan meningkatkan akreditasi sistem pendidikan dalam negeri.

Pengurusan visa pelajar untuk kuliah ke Hungaria

Untuk mengurus Visa Pelajar ke Hungaria diperlukan waktu +/- sekitar 60 hari setelah diajukan melalui Kedutaan Besar Hungaria di Indonesia, maka dianjurkan untuk memulai proses pendaftaran sedikitnya 6 bulan sebelum program dimulai. Untuk lebih lanjut mengenai dokumen yang perlu dipersiapkan silahkan menghubungi tim konsultan pendidikan kuliah ke Hungaria kami disini .

 
Destinasi wisata terbaik di Hungaria

Salah satu kota yang menarik dan memiliki obyek wisata dan patut dikujungi di Hungaria adalah ibukotanya yaitu Budapest. Tak cuma jembatan rantai megah yang membelah Kota Buda dan Pest saja, akan tetapi ada beberapa obyek wisata lain yang dapat anda singgahi. Berikut beberapa lokasi wisata yang dapat kalian kunjungi saat kuliah di Hungaria:

  1. Budapest
    Budapest merupakan ibu kota negaga sekaligus kota terbesar di Hungaria. Secara geografis, kota ini terletak di sepanjang Sungai Danube, wilayah sentral Hungaria. Jumlah penduduk kota ini sekitar 1,8 juta jiwa pada tahun 2015. Budapest merupakan gabungan 3 kota; Buda, Óbuda, dan Pest; yang masing-masing terletak di tepi Sungai Danube. Dari ketiga kota tersebut, Buda merupakan yang terbesar serta merupakan ibu kota Kerajaan Hongaria pada masa lampau. Budapest merupakan salah satu kota dengan panorama terindah di dunia, serta termasuk dalam daftar UNESCO World Heritage Site. Landmark utama di kota ini antara lain Gedung Parlemen Hongaria, Széchenyi Chain Bridge, Fisherman’s Bastion, Buda Castle, Sándor Palace, Andrássy Avenue, Heroes‘ Square, dan Margaret Island yang terletak di Sungai Danube.
  2. Danau Balaton
    Danau Balaton merupakan danau air tawar terbesar di Hungaria, sekaligus yang terbesar di seluruh wilayah Eropa Tengah. Danau ini terletak di region Transdanubian, wilayah barat Hungaria, tepatnya di antara county Veszprém dan Somogy. Danau Balaton memiliki bentuk memanjang, dengan luas keseluruhan 5.147 km persegi. Sumber air terbesar di danau ini berasal dari Sungai Zala, dan dari danau ini, mengair kanal Sió. Karena merupakan destinasi wisata, di sekeliling Danau Balaton terdapat berbagai kota resort, di antaranya adalah Balatonfüred dan Héviz, yang merupakan area resort tertua. Kota resort lainnya adalah Siófok, Keszthely, Zamárdi, Balatonalmádi, Balatonboglár, Balatonlelle, Fonyód, dan Vonyarcvashegy. Area di sebelah utara danau merupakan perbukitan yang dilindungi, dengan nama Balaton Uplands National Park. Dari Budapest, Danau Balaton bisa dicapai dengan bis maupun kereta
    .
  3. Szentendre
    Szentendre adalah sebuah kota wisata yang terletak di county Pest, wilayah utara Hongaria. Dari Budapest, kota ini hanya berjarak sekitar 22 km di sebelah utara. Szentendre merupakan kota kecil klasik yang terkenal dengan objek wisata museum dan galeri seni, termasuk di antaranya sebuah Open-Air Ethnographic Museum. Jumlah penduduk kota ini sekitar 26 ribu jiwa pada tahun 2012. Berbeda dengan Budapest yang merupakan kota modern, Szentendre masih didominasi oleh bangunan-bangunan kuno berarsitektur khas tradisional Magyar. Beberapa museum dan galeri yang ada di kota ini antara lain Margit Anna – Imre Ámos Collection, Jenõ Barcsay Collection, Béla Czóbel Museum, Károly Ferenczy Museum, dan Aktív Art Gallery. Wisatawan yang berkunjung ke Budapest umumnya juga akan berkunjung ke kota ini karena aksesnya yang cukup dekat dan mudah dijangkau, bisa menggunakan bis atau menggunakan perahu melalui Sungai Danube.
  4. Debrecen
    Debrecen merupakan kota terbesar kedua di Hungaria setelah Budapest. Secara geografis kota ini terletak di Dataran Alföld (Great Plain), wilayah timur Hongaria, tidak jauh dari Hortobágy National Park. Debrecen termasuk dalam wilayah county Hajdú-Bihar, serta merupakan pusat administrasi di county ini. Jumlah penduduk kota ini sekitar 203 ribu jiwa pada tahun 2016. Debrecen sempat menjadi ibu kota negara pada saat terjadi Revolusi Hungaria antara tahun 1848 hingga 1849, dan menjelang akhir Perang Dunia II, yaitu antara tahun 1944 hingga 1945. Landmark dan objek wisata utama yang ada di kota ini antara lain Déri Museum, Protestant Great Church (Nagytemplom), City Park (Nagyerdõ), Nagyerdei Stadion, Ravatalozó, dan Festival Bunga Debrecen yang diadakan setiap tanggal 20 Agustus setiap tahun. Dari Budapest, kota ini berjarak sekitar 220 km di sebelah timur, serta dapat dicapai dengan menggunakan kereta maupun pesawat udara.
Jenis - jenis transportasi di Hungaria

Di ibukota Hongaria yakni Budapest, hanya terdapat 7 jenis transportasi:

  1. Bus
    Terdapat hampir 200 rute bus yang menghubungkan berbagai tempat di Budapest. Semua bus yangdikelola BKK berwana biru muda untuk bus yang baru dan biru tua untuk bus yang lama. Bus dengannomor 299 kebawah beroperasi mulai pukul 4.30 hingga tengah malam. Lewat tengah malam,terdapat bus malam yang menggantikan namun dengan rute berbeda. Bus malam memiliki nomor 900-999. Sebagaian bus menerapkan sistem front boarding only, yaitu hanya diperbolehkan naik melalui pintu depan dengan menunjukkan tiket pada supir bus.
  2. Troli
    Troli merupakan bus berwarna merah yang menggunakan tenaga listrik. Troli hanya menjangkau sisiPest pada pukul 4.30 hingga tengah malam.
  3. Trem
    Trem yang beroperasi di Budapest berwarna kuning. Beberapa jalur menghubungkan Buda dan Pest.Trem 2 memiliki jalur trem terindah karena berada di sisi Sungai Danube dan melewati beberapa ikonBudapest. Sedangkan trem 6 adalah satu-satunya trem yang beroperasi 24 jam.
  4. Metro
    Terdapat 4 jalur metro dengan warna yang berbeda. M1 (jalur kuning) merupakan salah satu metrotertua di Eropa. M3 (jalur biru) berada di sisi Pest. Sedangkan M2 (jalur merah) dan M4 (jalur hijau) melalui sisi Buda dan Pest. Jam operasional metro adalah 4.30 hingga tengah malam.
  5. Kereta sub-urban HEV
    Kereta suburban memiliki 5 rute: H5, H6, H7, H8, H9. Kelima jalur ini menghubungkan Budapest dengan area luar dekat Budapest. Untuk menaiki kereta ini sampai tujuan akhir (luar Budapest),diperlukan tiket tambahan selain tiket langganan transportasi dalam kota.
  6. Kapal Hajo
    Kapal Hajo merupakan kapal yang dikelola BKK (pengelola transporasi Budapest). Kapal ini tidakberoperasi ketika musim dingin. Pemberhentian kapal memiliki simbol D dengan jalur kapal D11, D12,D13. Pada hari kerja, kapal ini dapat dinaiki secara gratis apabila memiliki tiket langganan. Harganormal untuk naik kapal ini adalah 750HUF.

  7. Sepeda
    Di Budapest terdapat pula sepeda yang dapat disewa dan memiliki banyak “terminal”, untuk menggunakan sepeda ini diperlukan kartu langganan yang berbeda dari kartu langganan transportasi lainnya.

Harga tiket transportasi satuan di Budapest adalah 350HUF (apabila membeli di mesin) atau450HUF (apabila membeli langsung pada supir bus). Selain itu terdapat pula blok 10 tiket (paket 10 tiket satuan) seharga 3000 HUF. Tiket satuan ini hanya berlaku untuk sekali naik. Tiket langganan (bérlet) memiliki harga yang berbeda sesuai masa berlakunya:

  • Monthly pass 9500 HUF
  • Monthly student pass (berlaku satu bulan) 3450 HUF
  • Quarterly student pass (berlaku 100 hari) 10350 HUF
  • Semester student pass (berlaku satu semester) 16200 HUF
  • Annual student pass (berlaku satu tahun) 37800 HUF

Untuk mendapatkan tiket langganan dengan harga pelajar, diperlukan kartu mahasiswa yangdikeluarkan oleh instansi pendidikan di Hongaria atau Uni Eropa. Informasi lebih lanjut mengenaiharga dan jenis tiket transportasi yang ditawarkan dapat dibuka melalui alamat berikut http://www.bkk.hu/en/tickets-and-passes/prices/

Bandara

Liszt Ferenc Airport (dulunya dikenal dengan nama Ferihegy Airport) merupakan bandara yang berada di Budapest dan melayani rute Internasional. Terdapat 2 terminal di bandara ini, namun penerbangan komersil menggunakan terminal 2. Terdapat beberapa pilihan cara menuju pusat kota dari bandara: shuttle, taxi, dan kendaraan umum. 

- Untuk kendaraan umum, dari bandara depan menggunakan bus 200E hingga Kobanya-Kispest , dan dilanjutkan dengan M3 (2 tiket satuan beli di mesin +/-700 HUF) 

- Taxi: Di pintu keluar terminal bandara, terdapat Fotaxi Budapest berwarna kuning. Harga taxi bandara menuju pusat kota Budapest adalah sekitar 6500 HUF atau 22 Euro. 

- Shuttle Bandara: Bandara menyediakan Minibus untuk menuju ke alamat di pusat kota dengan biaya tetap.Terdapat stan di dalam setiap terminal kedatangan. Setelah membeli tiket, nama Anda akan dipanggil saat pengemudi tiba. Harga perjalanan one-way ke pusat kota adalah 3200 HUF per orang dan perjalanan pulang-pergi adalah sekitar 5500 HUF. 

Selain Liszt Ferenc Airport Budapest, terdapat beberapa bandara dan penerbangan internasional lainnya yang terletak di berbagai kota besar di Hongaria, seperti: Debrecen International Airport, Gyor-Per International Airport, Heviz-Balaton Airport, dan Pecs-Pogany International Airport. 

Stasiun

Di Budapest, terdapat tiga stasiun utama yang melayani rute internasional: Keleti Palyaudvar (Stasiun Timur) dapat diakses dengan M2 dan M4, Nyugati Palyaudvar (Stasiun Barat) dengan akses M 3, dan Deli Palyaudvar dapat dijangkau dengan M2. Selain ketiga stasiun ini, juga terdapat stasiun lain yang melayani rute domestik. 

Terminal

Terminal bus yang melayani rute internasional di Budapest bernama Nepliget dan berada di jalur M3. Terdapat pula terminal lain yang melayani rute domestik. 

 

 

sumber transportasi di Hongaria: Buku Panduan Belajar di Hongaria (PPI Hongaria)

 

+
 
Konsultasi Gratis

Isi formulir registrasi di bawah ini:

Powered by BreezingForms