Hongaria

pilihan destinasi kuliah di hongaria

Hongaria mungkin menjadi salah satu dari banyaknya negara di Eropa yang sangat popular dan sering dituju para wisatawan. Terkenal dengan kecantikan kotanya, negara ini ternyata memiliki deretan universitas terkemuka yang bertaraf internasional. Tidak heran rasanya  jika kuliah di Hongaria menjadi impian banyak pelajar.

Negara ini memiliki reputasi yang benar-benar baik dalam bidang medical, science dan technology membuat negara ini patut diperhitungkan sebagai destinasi pendidikan yang tepat. Sistem pendidikan di negara ini juga sedikit berbeda dengan Indonesia, di mana setiap kelas hanya memiliki sedikit siswa dan para dosen akan dengan mudah mengenali para mahasiswanya.


Kuliah di Hongaria

Universitas-universitas di Hongaria sendiri membuka lebar kesempatan untuk penerimaan mahasiswa internasional, mulai dari pertukaran pelajar hingga mahasiswa baru yang ingin berkuliah di Hongaria.

Mahasiswa internasional yang terdaftar di universitas ini berasal dari berbagai negara yang berbeda. Jika masuk ke salah satu universitas di sini, maka kamu bisa memperkaya jalinan relasi dan belajar mengenai budaya lain dari jalinan pertemanan kamu dengan mahasiswa dari berbagai negara.

Meski begitu, perlu dicatat bahwa presentasi penduduk yang bisa menggunakan bahasa Inggris di negara ini sangat sedikit, bahkan hanya sekitar 12% saja. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena banyak universitas di Hongaria yang memberikan pengantar dengan bahasa Inggris untuk mata kuliah yang diberikan sehingga akan memudahkan kamu dalam proses study di negara ini.

map kuliah di hungary


Mengapa Kuliah di Hongaria?

Hongaria tentu memiliki keunggulan sendiri dibandingkan dengan negara lain, sehingga membuat negara ini menjadi tujuan pendidikan banyak orang. Selain mutu pendidikan yang sangat baik, ada alasan lain mengapa banyak pelajar memilih negara ini sebagai tujuan kuliah.

Hongaria memiliki banyak kota yang cantik dan dihiasi oleh bangunan-bangunan bersejarah dengan sentuhan arsitektur yang sangat menawan, sebut saja Buda Castle dan Parliament House. Dengan suasana kota yang tenang dan bangunan yang memanjakan mata, kamu bukan hanya bisa berkuliah, namun juga menikmati keindahan kota saat memiliki waktu luang.

Karena letak negara ini begitu strategis, kamu akan lebih mudah menuju negara-negara lain untuk travelling. Kamu bisa menuju Vienna, Austria dengan menggunakan mobil atau bus hanya dalam 3 jam. Hal ini akan sangat memudahkan kamu yang memiliki waktu sedikit untuk bersantai.


Keuntungan Kuliah di Hongaria

Bagi kamu yang berencana kuliah di Hungaria, ada beberapa benefit yang bisa didapatkan. Negara ini sendiri berkomitmen untuk menjadi pusat pendidikan tinggi dan menyambut para mahasiswa internasional dengan tangan terbuka.

  • Mutu Pendidikan yang Berkualitas

Hongaria terkenal dengan beberapa program studi, seperti Medicine, Dentistry, Veterinary Medicine. Gelar yang didapatkan dari program ini telah diakui keabsahannya oleh World Health Organization dan universitas lainnya di Uni Eropa.

Universitas di negara ini juga mengikuti sistem Bologna Process, di mana universitas di Hongaria bisa memberikan gelar Bachelor, Master dan Phd jika persyaratan sudah dipenuhi. Hal ini berarti gelar yang didapatkan sudah mendapatkan pengakuan dan bisa ditransfer atau dipakai untuk melanjutkan pendidikan di negara Uni Eropa lainnya.

  • Negara yang Relatif Aman

Hongaria tercatat memiliki tingkat kriminalitas yang cukup rendah, terutama jika dibandingkan dengan negara-negara tujuan wisata terkenal lainnya, seperti Italia, Prancis atau Spanyol. Kehidupan sehari-hari warga Hongaria juga cenderung aman, karena sangat jarang terjadi pencurian kendaraan bermotor, dompet dan lainnya. Masyarakatnya juga tergolong ramah, dan sering menyapa saat bertemu atau berpapasan di jalan.

  • Beragam Pilihan Program Studi

Banyak universitas di Hongaria menawarkan berbagai program studi atau disiplin ilmu yang beragam. Beberapa di antaranya adalah Agriultural Science, Computer Science and Information Technology, Legal Science, Economic Science, Medical, Dentistry and Health Science, Arts and Humanities dan beragam pilihan program studi lainnya. Dengan begitu, kamu hanya perlu memilih program studi yang sesuai dengan minat dan background pendidikanmu.

  • Jumlah Pelajar Internasional yang Cukup Banyak

Negara ini berkomitmen untuk menjadi salah satu pusat pendidikan tinggi. Karena alasan inilah, berbagai universitas di Hongaria membuka peluang untuk para mahasiswa inetrnasional dengan berbagai program, seperti pertukaran pelajar, summer school,post doctoral, dan tentunya S1, S2 dan S3. Dengan program-program tersebut, jumlah mahasiswa internasional di negara ini semakin bertambah. Kamu jadi lebih mudah dalam beradaptasi di negara ini.


Persyaratan Kuliah di Hongaria

Agar bisa terdaftar sebagai mahasiswa di universitas Hongaria, kamu perlu memenuhi beberapa syarat yang telah ditetapkan. Meski biasanya masing-masing universitas memiliki persyaratan yang berbeda, namun ada beberapa syarat umum yang harus dipenuhi untuk kuliah di Hongaria.

  • Ijazah dan Transkrip Sekolah Menengah

Ijazah dan transkrip nilai kamu harus diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris atau Hongaria. Untuk hal ini, biasanya tergantung pada program yang kamu ambil.

  • Persyaratan Bahasa

Kamu harus melampirkan bukti kemampuan bahasa Inggris dalam bentuk IELTS/TOEFL. Skor bahasa Inggris yang harus kamu penuhi sebagai syarat masuk adalah 5.0-6.0 untuk IELTS dan 60-80 dalamTOEFL untuk gelar sarjana. Sedangkan untuk gelar master, kamu membutuhkan nilai 5.5-6.5 dalam IELTS, dan 70-90 dalam TOEFL.

  • Ujian Masuk

Jika kamu belum mengambil atau lulus ujian masuk universitas di negara asal, atau bukan siswa UE, kemungkinan besar kamu harus mendaftar kursus persiapan di institusi yang kamu minati sebelum melamar. Kursus-kursus ini berlangsung sekitar 2 semester dan kamu akan dikenai biaya yang bervariasi tergantung pada program dan insitusi.


Daftar Kuliah di Hongaria

Untuk mendaftarkan diri di universitas Hongaria, kamu perlu mengunjungi situs resmi universitas yang dituju. Jika kamu mendaftarkan diri secara online, biasanya kamu akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran dan submit langsung di situs tersebut.

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan mendaftarkan diri di agen pendidikan resmi yang telah bekerja sama dengan universitas yang kamu tuju. Bila memilih cara yang satu ini, maka proses pendaftaran akan berlangsung lebih cepat, dan semua proses akan dibantu oleh agen pendidikan yang telah kamu pilih.

Perlu diingat juga bahwa kamu harus memiliki visa dan paspor yang masih berlaku, serta berbagai dokumen administratif lainnya. Untuk visa pelajar, kamu bisa mengurusnya dari jauh hari, mengingat prosesnya membutuhkan waktu beberapa hari kerja.


Tempat Wisata di Hongaria

Penat dengan perkuliahan yang dilangsungkan beberapa hari dalam seminggu? Saat memiliki waktu senggang, kamu bisa mengunjungi beberapa tempat wisata ini.

  • Budapest

Kota ini terkenal dengan panoramanya yang menakjubkan, serta termasuk dalam daftar UNESCO World Heritage Site. Landmark utama kota ini adalah Gedung Parlemen Hongaira, Margaret Island dan beberapa gedung lainnya.

  • Danau Balaton

Danau yang satu ini menjadi danau air tawar terbesar di Hongaria, sekaligus yang terbesar di seluruh wilayah Eropa Tengah.

  • Sungai Danube

Sebagai sungai terpanjang di Hongaria, Sungai Danube membagi kota menjadi dua bagian. Pemandangan favorit di tempat ini adalah pemandangan matahari tenggelam yang bisa dilihat di Freedom Bridge.

  • Sopron

Sopron adalah tujuan wisata popular lain yang bisa dikunjungi saat berada di Hongaria. Di sini, kamu bisa menikmati keindahan bangunan gereja yang sudah direnovasi dengan sentuhan modern.


Transportasi di Hongaria

Budapest sebagai ibukota Hongaria memiliki beberapa jenis transportasi, seperti bus, trem, metro, kereta, kapal hajo dan sepeda.  Harga tiket transportasi satuan di Budapest berbeda jika kamu membelinya di mesin dan langsung pada sopir bus. Tiket satuan berlaku hanya untuk satu kali naik transportasi umum dan tiket berlangganan memiliki harga yang berbeda sesuai masa berlakunya.

Untuk sepeda, kamu bisa menyewanya, namun membutuhkan kartu langganan yang berbeda dari kartu langganan transportasi lainnya.

Untuk mendapatkan tiket langganan dengan harga pelajar, kamu perlu memiliki kartu mahasiswa yang dikeluarkan oleh institusi pendidikan di Hongaria atau Uni Eropa. Informasi lebih lanjut seputar harga transportasi di negara ini, bisa kamu dapatkan di situs resmi institusi terkait.


Pengurusan Visa Pelajar Untuk Kuliah di Hongaria

Untuk mengurus visa pelajar ke Hongaria membutuhkan waktu kurang lebih 60 hari setelah diajukan melalui Kedutaan Besar Hongaria di Indonesia. Untuk itu, disarankan untuk memulai proses pendaftaran setidaknya 6 bulan sebelum program dimulai.

Biaya Pengurusan Visa

Proses pengurusan visa memang membutuhkan biaya. Namun jumlah besaran biaya yang dibutuhkan bisa kamu ketahui dengan menghubungi langsung kantor Kedutaan Hongaria. Pembayaran biaya visa dan layanan aplikasi tidak menjamin bahwa visa akan diperoleh. Biaya yang kamu bayarkan tidak bisa dikembalikan atau dibatalkan ketika visa kamu ditolak atau kamu membatalkan perjalanan.

Persyaratan dan Cara Buat Visa

Persyaratan pembuatan visa Hongaria memang bervariasi, oleh karena itu kamu harus mencari informasi resmi dari sumber yang terpercaya. Satu hal yang pasti adalah kamu harus mendapatkan tawaran dari universitas Hongaria terlebih dahulu.

Dokumen yang diperlukan untuk visa pelajar untuk Hongaria adalah:

  • Surat penerimaan dari universitas terkait
  • Paspor yang berlaku setidaknya 6 bulan setelah tanggal masuk kamu
  • Salinan halaman foto paspor
  • Bukti asuransi Kesehatan
  • Bukti alamat tempat tinggal atau akomodasi di Hongaria
  • Bukti dana yang cukup untuk untuk biaya hidup dalam bentuk bank assurance/statement
  • Formulir aplikasi visa
  • 3 buah amplop berstempel yang ditujukan kepada pemohon

Cara Pembayaran Visa

Biaya pembuatan visa harus ditransfer ke rekening Kantor Konsulat Hongaria. Nominal yang harus ditransfer akan tergantung dari jenis visa yang kamu butuhkan. Jumlah nominal pasti yang harus kamu transfer bisa diketahui dengan menghubungi langsung kantor yang bersangkutan atau situs resminya.


Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Hongaria

Bila dibandingkan dengan negara Uni Eropa lainnya, biaya kuliah dan biaya hidup di negara ini cukup terjangkau. Untuk biaya kuliah, akan tergantung dari universitas dan program studi yang kamu ambil. Kunjungi situs resmi universitas untuk biaya kuliah yang lebih rinci dalam setiap jurusan dan program studi.

Sedangkan, biaya hidup yang dikeluarkan sangat tergantung dengan gaya hidup kamu selama berada di Hongaria. Biaya hidup biasanya akan mencakup beberapa hal, seperti akomodasi, transportasi, listrik dan air, makanan dan kebutuhan lainnya.

Banyak mahasiswa yang memilih untuk kerja paruh waktu di waktu senggang mereka. Untuk hal ini, kamu perlu memenuhi beberapa persyaratan dan mendapatkan ijin dari universitas terkait. Hal paling penting yang harus dilakukan oleh para mahasiswa adalah bijaksana dalam memakai dan mengatur keuangan selama masa perkuliahan di luar negeri.


Universitas di Hongaria

Dengan kualitas pendidikan yang cukup baik, Hongaria ternyata menjadi rumah bagi beberapa universitas terkemuka. Tak heran jika negara ini menjadi salah satu tujuan pendidikan di antara negara lainnya di Eropa.

Dikelilingi dengan wisata alam dan budaya yang cukup memanjakan mata, Hongaria memiliki daya tarik sendiri. Terlebih, biaya hidup yang relatif rendah, membuat negara ini menjadi incaran banyak kaum pelajar internasional. Berikut universitas yang bisa kamu pilih saat kuliah di Hongaria.

+
 
Konsultasi Gratis

Isi formulir registrasi di bawah ini:

Powered by BreezingForms

Event

New Zealand Virtual Education Fair 2020

 

Register Now

Chat with us: