Indonesia

pilihan destinasi kuliah di indonesia

Berkuliah di luar negeri mungkin menjadi impian banyak orang. Tapi, kuliah di dalam negeri sendiri juga tak kalah membanggakan. Terutama, jika kamu berhasil masuk ke universitas bergengsi di Indonesia. Beberapa universitas di Indonesia memang terkenal dengan syarat masuk yang cukup rumit, sehingga jika berhasil masuk ke universitas tersebut akan membuat kamu merasa sangat bangga.

Banyak universitas terbaik di Indonesia yang juga memiliki standar pendidikan yang tidak kalah baik dengan universitas luar negeri. Takut kamu tidak bisa menguasai bahasa asing? Jangan khawatir, banyak universitas di negeri sendiri yang mengharuskan para mahasiswanya menggunakan bahasa Inggris di dalam kelas. Apalagi, pendidikan bahasa Inggris sendiri sudah dimulai sejak masih sekolah dasar.


Kuliah di Indonesia

Indonesia memiliki deretan universitas atau sekolah tinggi terkemuka dengan syarat masuk yang cukup rumit. Hal ini menjadikan universitas-universitas ini sering dituju banyak pelajar dan menjadi kebanggaan sendiri bagi mereka yang berhasil masuk ke salah satu universitas tersebut.

Kuliah di dalam negeri sendiri bisa dibilang menjadi pilihan terbaik untuk kamu yang berencana meniti karir di Indonesia. Mengapa? Universitas di dalam negeri akan membekali kamu dengan bahasa-bahasa praktik yang lebih familiar di lingkungan pekerjaan. Selain itu, sangat memungkinkan untuk kamu bisa mendapat jaringan yang lebih luas dan relevan.

Syarat dan kualifikasi yang ditetapkan kampus-kampus di Indonesia sendiri juga tidak bisa diremehkan. Banyak kampus menetapkan persyaratan yang cukup banyak dan harus dipenuhi oleh para mahasiswanya yang ingin melanjutkan studi di sana. Jadi, tak perlu takut ketika masuk ke dunia kerja dan kompetitormu adalah lulusan luar negeri, sebab kamu juga memiliki kemampuan yang sama bagusnya dengan mereka. Tentu, harus diimbangi dengan nilai akademik dan organisasi yang mencukupi.

map kuliah di indonesia


Mengapa Kuliah di Indonesia?

Dengan mempertimbangkan berbagai hal penting, tidak ada salahnya untuk memilih universitas di dalam negeri sendiri sebagai tujuan pendidikan. Perlu kamu ketahui, banyak universitas di luar negeri yang memiliki kualitas yang tak sebanding dengan kampus-kampus di Indonesia.

Kuliah di dalam negeri juga membuatmu tak perlu repot mengalami culture shock atau keadaan di mana kamu tidak bisa beradaptasi dengan peraturan, kebudayaan dan orang-orang baru. Kuliah di Indonesia menjadi keuntungan tersendiri bagi kamu yang sering tidak nyaman dengan suasana baru dan susah untuk beradaptasi dengan segala hal asing.

Kurikulum pendidikan Indonesia juga cukup baik, sehingga menjadi alasan bagi banyak pelajar untuk kuliah di Indonesia. Kebanyakan kampus di Indonesia juga mengharuskan para mahasiswanya untuk melakukan magang di perusahaan-perusahaan yang sesuai dengan bidang mereka. Hal ini membuat kamu bisa mengembangkan diri dan mempraktikkan ilmu yang telah kamu dapatkan.


Keuntungan Kuliah di Indonesia

Meski masih ada banyak orang yang beranggapan bahwa kuliah di luar negeri lebih baik, ternyata ada beberapa benefit yang bisa didapatkan dari kuliah di Indonesia. Masing-masing kampus memiliki kelebihan sendiri dan kamu harus teliti saat memilih universitas yang paling tepat. Apa saja keuntungan kuliah di Indonesia? Berikut penjelasannya!

  • Ilmu yang mudah diaplikasikan

Kampus-kampus di Indonesia tentu memiliki mata kuliah dan konten perkuliahan yang penerapannya sesuai dengan situasi nyata yang sedang terjadi di negara ini. Hal ini akan membantu para mahasiswa untuk mengenal permasalahan yang sedang terjadi di negeri sendiri. Untuk meniti karir, hal ini juga menjadi keuntungan sendiri, karena kamu lebih memahami kondisi perusahaan dan permasalahan yang ada di dalamnya.

  • Proses seleksi yang lebih beragam

Kebanyakan kampus di Indonesia memiliki proses seleksi yang lebih beragam. Beberapa proses seleksi yang biasanya dipilih oleh para mahasiswa adalah undangan untuk para mahasiswa berprestasi, tes dan jalur mandiri. Jika kamu tidak lolos di satu seleksi, kamu bisa memilih seleksi lainnya, sehingga kesempatan kamu untuk kuliah di kampus impian lebih besar.

  • Biaya yang cukup terjangkau

Bila dibandingkan dengan biaya kuliah di luar negeri, biaya kuliah di Indonesia tentulah lebih terjangkau. Lokasi universitas yang tidak jauh dari rumah membuat kamu tak perlu memikirkan biaya akomodasi selama masa kuliah. Selain itu, biaya hidup di Indonesia juga termasuk lebih rendah dibandingkan dengan negara-negara lain. Kamu juga pastinya tidak lagi heran dengan biaya hidup di negeri sendiri, bukan?

  • Lingkup pergaulan yang luas

Siapa bilang pergaulan yang cukup luas hanya bisa kamu dapatkan dari kuliah di luar negeri? Ternyata, kuliah di Indonesia sendiri membuat kamu memiliki lingkup pergaulan yang cukup luas. Kebanyakan universitas di Indonesia telah menjadi rumah bagi banyak mahasiswa dari berbagai daerah. Kamu bisa menjalin relasi sekaligus belajar bahasa dan budaya mereka. Kamu juga bisa menambah koneksi yang nantinya akan sangat berguna di dunia kerja.

  • Kualitas pendidikan yang dapat bersaing dengan universitas lainnya

Siapa bilang hanya universitas di luar negeri yang memiliki kualitas pendidikan terbaik? Banyak universitas di Indonesia terkenal dengan kualitas pendidikannya yang sangat baik. Bahkan, untuk bisa masuk ke universitas tersebut, kamu harus memenuhi berbagai persyaratan yang berlaku. Belum lagi, beberapa universitas di Indonesia mampu menghasilkan alumni-alumni terbaik yang siap terjun ke dunia kerja.

  • Dapat melakukan "Transfer Programme" ke luar negeri (pada institusi tertentu)

Buat kamu yang berencana berkuliah di luar negeri, beberapa kampus di Indonesia menawarkan Transfer Programme ke universitas di luar negeri. Tentunya, ada syarat-syarat yang berlaku dan harus kamu penuhi. Kamu juga harus unggul dalam bidang akademik dan organisasi untuk bisa mengikuti program ini. Jika kamu merasa syarat yang diberikan mampu kamu penuhi, tidak ada salahnya untuk mengambil Transfer Programme agar bisa mendapatkan kesempatan untuk kuliah di luar negeri.


Persyaratan Kuliah di Indonesia

Meski persyaratan kuliah di satu universitas berbeda dengan universitas lainnya, namun ada beberapa persyaratan umum yang biasanya harus dipenuhi para mahasiswa. Kuliah di Indonesia juga tidak membutuhkan syarat yang terlalu rumit, bila kamu membandingkannya dengan universitas di luar negeri.

Syarat umum yang biasanya dibutuhkan untuk mendaftar kuliah di kampus-kampus Indonesia mencakup:

  • Keterangan lulus dari jenjang sekolah menengah (SMA/SMK/sederajat)
  • Memenuhi persyaratan usia minimal (berbeda setiap universitas)
  • Mendaftarkan diri sesuai jalur seleksi yang telah dipilih
  • Memiliki prestasi akademik yang baik
  • Menyerahkan berbagai persyaratan dokumen yang dibutuhkan.

Mengenai dokumen, ada beberapa jenis dokumen yang biasanya dibutuhkan oleh kampus-kampus Indonesia:

  • Ijazah/surat keterangan lulus
  • Identitas pribadi
  • Sertifikat prestasi
  • Surat keterangan penghasilan orang tua
  • Surat catatan kelakukan baik
  • Surat keterangan sehat

Selain beberapa syarat di atas, mungkin ada beberapa persyaratan atau dokumen lainnya yang akan diminta oleh universitas tujuan kamu. Jadi, jangan lupa untuk terus melakukan riset terkait universitas yang bersangkutan.


Daftar Kuliah di Indonesia

Terkait proses pendaftaran yang harus dilakukan, biasanya pihak sekolah akan membantu para mahasiswanya untuk masuk ke universitas tujuan, terutama jika kamu masuk lewat jalur seleksi. Cek kembali seleksi apa yang akan kamu ikuti. Jika akan mengikuti program tes masuk atau undangan, maka kamu harus mendaftarkan diri melalui pihak sekolah.

Selain itu, kamu juga bisa mendaftarkan diri secara mandiri, di mana kamu harus mendaftar langsung ke universitas. Dalam hal ini, pihak sekolah juga biasanya akan memberikan bantuan berupa informasi mengenai syarat daftar kuliah dan arahan agar kamu bisa mendaftarkan diri ke universitas yang kamu inginkan. Untuk hal ini, kamu perlu mengecek situs resmi universitas untuk informasi terbaru.


Tempat Wisata di Indonesia

Berbicara tentang tempat wisata, Indonesia punya segudang destinasi wisata terbaik. Kamu bisa mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di daerah sekitar universitas, saat waktu luang. Beberapa daftar tempat wisata di bawah ini bisa menjadi rekomendasi kamu untuk berlibur.

  • Kebun Raya Bogor

Menepi sebentar dari bisingnya ibukota, kamu bisa mengunjungi kebun botani ini. Kebun Raya Bogor memiliki luas sekitar 87 hektar dan memiliki lebih dari 15.000 tumbuhan, sehingga menjadi tempat yang sangat tepat untuk piknik atau sekadar bersantai.

  • Hutan Kota Depok

Tempat ini menyajikan keindahan alam, meski berada di tengah kota. Kamu bisa mengunjungi hutan ini untuk sekadar berjalan-jalan, bersepeda atau berolahraga kecil.

  • Goa Gong

Tempat yang satu ini menawarkan panorama yang eksotik dan disebut-sebut sebagai salah satu goa terindah di Asia Tenggara. Kamu akan disuguhkan struktur stalaktit dan stalakmit yang terbentuk secara alami di goa ini.

  • Pantai Muara Gembong

Siapa bilang Bekasi tak punya tempat menarik? Pantai ini menjadi salah satu destinasi favorit karena memiliki sarana dan fasilitas yang lengkap, serta keindahan pantai dan hutan bakau yang masih asri.

  • Gunung Bromo

Gunung Bromo sendiri adalah gunung berapi yang masih aktif dan memiliki pesona luar biasa dengan pasir laut yang luas. Sempatkan diri untuk melihat matahari terbit atau terbenam saat mengunjungi tempat ini.


Transportasi di Indonesia

Kuliah di Indonesia membuat kamu tak perlu bingung memilih transportasi yang tepat. Indonesia memiliki banyak transportasi umum yang bisa dipilih. Kamu bisa memilih KRL atau juga busway untuk perjalanan tanpa hambatan. Kedua jenis transportasi umum ini juga memiliki stasiun dan halte yang cukup banyak, sehingga kamu lebih mudah memilih lokasi yang paling dekat denganmu. Ada tiket harian atau keanggotaan yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan.

Butuh transportasi umum lainnya? Kamu juga bisa memilih angkutan kota atau ojek online yang lebih praktis. Selain itu, membawa kendaraan sendiri juga masih dipilih sebagian besar penduduk Indonesia. Mulai dari sepeda motor, hingga mobil bisa kamu pilih sebagai transportasi utama untuk menuju kampus.

Pihak universitas biasanya juga menyediakan area parkir yang cukup luas untuk para mahasiswanya yang menggunakan kendaraan pribadi. Kamu hanya perlu membuat keanggotaan di kampus atau membayar biaya parkir yang biasanya lebih murah, khusus untuk para mahasiswa.


Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Indonesia

Biaya kuliah yang harus kamu bayarkan tergantung dari universitas dan jurusan yang kamu pilih. Ada beberapa jurusan yang memiliki biaya kuliah cukup tinggi, namun beberapa jurusan lainnya menetapkan biaya kuliah yang cukup terjangkau.

Pemilihan universitas juga sangat berpengaruh terhadap biaya yang akan kamu keluarkan. Banyak universitas dengan biaya yang cukup tinggi, namun memiliki kualitas pendidikan terbaik. Kembali lagi, semua tergantung dari pemilihan universitas yang kamu lakukan.

Untuk biaya hidup sendiri akan sangat tergantung dari gaya hidup dan kota tempat kamu tinggal. Kota-kota besar, seperti Jakarta mungkin memiliki biaya hidup yang cukup tinggi, hal ini juga berkaitan dengan segala kemudahan dan fasilitas yang ada di kota ini. Namun, masih banyak kota lainnya di luar Jakarta yang memiliki biaya hidup cukup terjangkau.

Biaya hidupmu akan mencakup beberapa hal, di antaranya adalah makanan, transportasi, hiburan, internet dan beberapa biaya lainnya. Mengatur keuangan sebaik mungkin harus kamu lakukan demi kondisi keuangan yang baik.


Universitas di Indonesia

Masih bingung memilih universitas di dalam negeri dengan kualitas pendidikan yang baik? Kamu tak perlu khawatir, sebab Indonesia memiliki deretan universitas terkemuka yang bisa menjadi rekomendasi untuk para pelajar.

Ada banyak universitas negeri atau swasta yang bisa kamu pilih dan disesuaikan dengan minat serta kemampuanmu. Berikut beberapa rekomendasi universitas di Indonesia yang bisa dipilih.

+
 
Konsultasi Gratis

Isi formulir registrasi di bawah ini:

Powered by BreezingForms

Chat with us: