Inggris (United Kingdom)

pilihan destinasi kuliah di inggris united kingdom

Siapa yang tidak tahu jika Inggris menjadi destinasi pendidikan paling popular sejak dulu? Hampir semua orang menyadari bahwa Inggris memiliki universitas yang usianya telah ratusan tahun, bahkan beberapa di antaranya telah berdiri sejak abad ke-12 dan 13. Negara yang satu ini bahkan dikenal dengan bahasa, sejarah, kultur dan inovasinya dalam bidang pendidikan. Kuliah di Inggris akan menjadi pengalaman yang luar biasa bagi semua pelajar.

Bukan tanpa alasan, kebanyakan sekolah, pusat pengajaran, dan perguruan tinggi atau universitas di Inggris memiliki standar pendidikan kelas dunia yang didukung oleh pengajar berkualitas serta fasilitas terbaik. Selain itu, penelitian di Inggris juga dikenal melibatkan para akademisi dan profesional di bidang industri terkemuka di dunia.


Kuliah di Inggris

Banyak universitas terbaik di Inggris yang dituju oleh para pelajar dari seluruh dunia untuk melanjutkan studi mereka. Selain mutu pendidikan, masyarakat Inggris juga dikenal bersifat multibudaya dan terbuka dengan para pelajar internasional ataupun turis asing dari seluruh dunia.

Inggris menerapkan waktu belajar yang singkat dibandingkan dengan negara lain, hal ini karena program yang lebih intensif sehingga lebih efisien dari segi waktu dan uang. Metode pengajaran di negara ini juga beragam dan tidak hanya mencakup penguasaan suatu materi, namun juga mendorong kemandirian dan pemikiran para mahasiswanya.

Bukan lagi rahasia jika standar akademik pada universitas di Inggris merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Hal ini dikarenakan Inggris memiliki tradisi pendidikan yang panjang dan membanggakan. Universitas di Inggris juga memiliki pengalaman mengajar bahkan sejak ratusan tahun lalu.

map kuliah di ingggris uk


Mengapa Kuliah di Inggris?

Dengan kualitas pendidikan yang berkualitas tinggi, Inggris menawarkan beragam program yang fleksibel. Kamu juga memiliki lebih banyak pilihan untuk masuk ke salah satu universitas terbaik di dunia. Semua universitas di Inggris juga selalu dipantau untuk memastikan agar standar pengajaran dan pembelajarannya selalu sesuai dengan standar yang telah ditentukan.

Kebanyakan universitas di Inggris juga memastikan adanya lingkungan yang aman, peduli dan mendukung untuk semua siswa internasional. Di luar itu, Inggris memiliki empat universitas yang berada di peringkat 10 besar dunia menurut QS World University Rankings pada 2018 lalu.

Berkuliah di sini, berarti kamu juga akan mengetahui berbagai sejarah panjang dan menarik dari negara ini. Inggris akan menjadi negara yang sangat seru untuk dijelajahi, baik dari segi budaya, bahasa dan tempat-tempat wisatanya. Semua kelebihan-kelebihan ini menjadi alasan bagi banyak pelajar untuk memilih negara ini sebagai tujuan pendidikan.


Keuntungan kuliah di Inggris

Dari kelebihan-kelebihan dari universitas di Inggris yang telah dijelaskan di atas, kuliah di Inggris akan memberikan banyak benefit. Selain mendapatkan kualitas pendidikan terbaik, ada beberapa benefit lainnya yang bisa kamu dapatkan dengan berkuliah di Inggris.

  • Waktu belajar yang lebih singkat

Perlu diketahui, kebanyakan universitas di UK memiliki masa belajar yang lebih singkat bila dibandingkan dengan banyak negara lainnya. Untuk mendapatkan gelar sarjana, kamu hanya membutuhkan waktu tiga tahun, sedangkan program pascasarjana hanya membutuhkan waktu satu tahun. Jika kamu menjalani masa kuliah dengan serius, maka kesempatan untuk lulus lebih cepat terbuka lebar. Waktu yang lebih singkat ini juga membuat kamu lebih cepat meniti karir dan tentunya menghemat biaya kuliah.

  • Ekonomi yang cukup kuat

Kekuatan ekonomi di Inggris rasanya tak perlu diragukan lagi. Di tengah guncangan ekonomi yang dialami banyak negara, pertumbuhan ekonomi Inggris tetap stabil. Hal ini menjadikan berbagai bisnis di Inggris tetap tumbuh dan warganya memiliki pekerjaan yang layak.

  • Post-study work visa

Untuk kamu yang berencana kuliah di Inggris tahun ini, kamu bisa menggunakan post study work visa untuk bisa menetap selama dua tahun di Inggis, setelah kamu lulus kuliah. Hal ini tidak hanya berlaku pada jenjang pendidikan undergraduate, namun juga post graduate dan PhD graduate.

  • Keamanan

Sebagai negara maju, Inggris sangat serius terhadap keamanan para warganya, termasuk para mahasiswa internasional. Tingkat criminal di negara ini juga sangat rendah, sehingga kamu tidak perlu khawatir untuk menjalani aktivitas di malam hari.

  • Jurusan kuliah yang beragam

Banyaknya universitas yang ada di Inggris, membuat negara ini memiliki berbagai jurusan yang beragam. Hal ini akan memberikan keuntungan sendiri, terutama untuk prospek karir kamu. Dengan persaingan yang masih rendah, kesempatan kamu untuk meniti karir akan lebih mudah.


Persyaratan Kuliah di Inggris

Sama seperti negara lainnya, Inggris menetapkan syarat kuliah yang harus dipenuhi oleh para mahasiswanya. Syarat kuliah antara mahasiswa domestik dan internasional juga akan berbeda. Nah, persyaratan apa saja yang dibutuhkan untuk bisa kuliah di Inggris? Ini informasi lengkapnya.

  • Visa pelajar dan asuransi Kesehatan

Jika kamu menerima Acceptance Letter dari universitas yang kamu tuju, kamu bisa mengajukan visa pelajar. Selain itu, ada Credibility Check Interview saat kamu mengajukan visa. Inggris juga mengharuskan para mahasiswa internasional untuk memiliki asuransi Kesehatan (Immigration Health Surcharge). Kebijakan ini berlaku bagi pelajar internasional sejak 6 April 2015 lalu.

  • Sertifikat kemampuan bahasa Inggris

Sertifikat IELTS sanga diperlukan untuk bisa mendaftarkan diri di salah satu universitas di Inggris. Skor IELTS yang biasanya diperlukan minimal adalah 4.0 hingga 5.0 untuk program foundation, 5.5 hingga 6.0 untuk program sarjana dan 6.5 hingga 7.0 untuk program pascasarjana.

  • Personal Statement

Di sini, kamu harus memperkenalkan diri kamu sebaik-baiknya agar bisa dipertimbangkan oleh pihak universitas. Peran Personal Statement sendiri sangat penting untuk menentukan keberhasilan atau kegagalan kamu dalam proses pendaftaran. Personal Statement sendiri harus ditulis dengan bahasa Inggris sebanyak 1000 karakter, hingga maksimal 4000 karakter.


Daftar Kuliah di Inggris

Cara daftar di masing-masing universitas di united kingdom tentu berbeda. Kamu bisa mengunjungi situs resmi universitas untuk bisa mengetahui cara daftar secara lengkap. Namun, secara umum kamu bisa mendaftarkan diri melalui UCAS (Universities & Colleges Admissions Service).  

Kamu bisa mengunjungi situs resmi UCAS dan mendaftarkan diri di situs tersebut. Setelahnya, kamu bisa mengikuti petunjuk yang diberikan. Jika sudah melakukan tahap ini, kamu akan menerima email dari UCAS untuk verifikasi akun.

Setelah verifikasi berhasil, kamu akan secara otomatis masuk ke halaman “Welcome” dan kamu diharuskan untuk mengisi semua data pribadi, Riwayat pendidikan, Riwayat kerjam program studi yang ingin dipilih, personal statement, referensi dan keterangan pembayaran.

Di bagian referensi, kamu perlu mengisi data diri pemberi referensi (misalnya kepala sekolah) dan pastikan kamu mengisi alamat email dan nomor telepon pemberi referensi secara benar, agar pihak UCAS bisa menghubungi mereka secara langsung.


Tempat Wisata di Inggris

Bukan hal sulit menemukan tempat wisata di Inggris. Ada banyak Kawasan bersejarah hingga area hiburan yang bisa dikunjungi. Bahkan, kamu bisa mengunjungi kota lain sejenak untuk bersantai. Selain itu, ada beberapa tempat wisata di Inggris yang bisa kamu kunjungi.

  • British Museum

Museum tertua di dunia ini memiliki 6 juta koleksi yang mencakup 1,8 juga tahun peradaban. Kamu bisa menemukan banyak benda bersejarah di sini.

  • London Eye

Kincir raksasa ini terletak di seberang Houses of Parliament dan selalu ramai oleh pengunjung. Kamu harus rela antri untuk bisa menaiki wahana ini.

  • Tate Modern dan Tate Britain

Dua galeri ini merupakan rumah bagi koleksi seni internasional yang sangat mengagumkan. Ada banyak karya kontemporer dan koleksi seni nasional yang ada di sini.

  • Science Museum

Kamu bisa berwisata sekaligus menambah pengetahuan. Sebab, ada banyak sains dan teknologi yang bisa dijumpai di sini, mulai dari roket, satelit, probe ruang angkasa hingga pesawat pendarat.

  • Buckingham Palace

Siapa yang tidak kenal kediaman ratu Inggris yang terkenal ini? Kamu bisa melihat pergantian penjaga istana yang biasanya dilakukan pada pukul 11.00 setiap harinya.


Transportasi di Inggris

Inggris memiliki berbagai transportasi umum terbaik untuk para warganya. Di negara ini, kamu bisa menaiki bus, kereta api, atau kereta bawah tanah. Bus di negara ini akan melayani para warganya selama 24 jam penuh. Pembelian tiket dilakukan di mesin tiket yang berada di setiap stasiun.

Kereta api di Inggris beroperasi pada jam 5.30 hingga 00.30 pada hari Senin sampai Sabtu dan pada pukul 7.00 sampai 11.30 pada hari Minggu.

Namun begitu, banyak warga Inggris yang juga memilih menggunakan sepeda sebagai alat transportasi. Namun, jika menggunakan transportasi ini, kamu perlu menggunakan helm dan facemask karena Inggris adalah negara dengan mobilitas yang cukup tinggi.


Pengurusan Visa Pelajar Untuk Kuliah di Inggris

Sebagai mahasiswa internasional, kamu tentu perlu mengantongi visa pelajar. Karena membutuhkan waktu untuk proses pengajuan visa, maka kamu perlu mengajukannya sejak jauh hari, sebelum jadwal masuk kuliah ditetapkan.

Biaya Pengurusan Visa

Jumlah biaya pasti yang harus kamu bayarkan untuk proses pembuatan visa bisa kamu dapatkan di situs resmi lembaga terkait. Biaya yang ditetapkan bisa saja berubah sewaktu-waktu dan tanpa pemberitahuan sebelumnya. Untuk itu, akan lebih baik jika kamu mengunjungi situs resmi mereka atau juga menghubungi langsung ke kontak resmi lembaga tersebut.

Persyaratan dan Cara Buat Visa

Kamu bisa mengajukan aplikasi visa pelajar secara online lewat situs resmi Pemerintah Gov.UK. Kamu bisa mendaftarkan diri hingga tiga bulan sebelum tanggal perjalanan yang kamu tuju. Tanggal permohonan kamu terhitung dari tanggal ketika kamu membayar biaya pendaftaran.

Saat pengajuan visa, biasanya kamu akan membutuhkan beberapa dokumen, seperti:

  • Paspor atau dokumentasi perjalanan yang sah
  • Bukti ketersediaan dana untuk biaya hidup selama masa kuliah
  • Nomor referensi Confirmation of Acceptance for Studies (CAS) dan dokumen yang digunakan untuk mendapatkan CAS
  • Skrining tuberkolosis
  • Dokumentasi penilaian
  • Academic Technology Approval Scheme (jika diperlukan)

Cara Pembayaran Visa

Metode pembayaran bisa dilakukan secara online dengan menggunakan kartu MasterCard atau Visa, melalui draf permintaan di pusat aplikasi visa dan cabang-cabang terpilih dari Standard Chartered Bank. Kamu juga bisa membayar dengan uang tunai di pusat aplikasi visa dan cabang-cabang terpilih dari Standard Chartered Bank.


Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Inggris

Dana yang dibutuhkan untuk melanjutkan pendidikan pada universitas di Inggris sangat beragam dan tergantung dari universitas mana yang kamu tuju, serta jurusan yang kamu pilih. Kunjungi situs resmi universitas atau hubungi langsung universitas tersebut untuk mengetahui biaya pasti yang harus kamu keluakan selama berkuliah di sana.

Untuk biaya hidup yang harus kamu keluarkan di negara ini sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan negara lainnya. Kebutuhan sehari-hari biasanya mencakup makanan, internet, pakaian, akomodasi dan transportasi. Biaya hidup untuk masing-masing mahasiswa berbeda dan tergantung dari gaya hidup yang dijalani.

Biaya ini juga akan berbeda, tergantung dari kota mana yang kamu pilih sebagai kota tempat tinggal. Seperti misalnya, biaya hidup untuk tinggal di London akan lebih tinggi jika dibandingkan dengan kota lainnya di Inggris.


Universitas di Inggris

Terkenal sebagai salah satu negara dengan deretan universitas ternama, Inggris memiliki daftar universitas terbaik yang bisa dipilih oleh para pelajar. Beberapa di antaranya memiliki peringkat yang cukup baik di ranking dunia. Karena hal inilah, Inggris menjadi tujuan pendidikan terbaik bagi banyak pelajar.

Setiap tahunnya, Inggris menerima pelajar, baik dari pelajar domestik maupun internasional dalam jumlah yang banyak. Ini menandakan bahwa Inggris memang memiliki mutu pendidikan yang sangat baik. Berikut universitas di Inggris yang bisa kamu pilih.

+
 
Konsultasi Gratis

Isi formulir registrasi di bawah ini:

Powered by BreezingForms

Chat with us: