Irlandia (Ireland)

pilihan destinasi kuliah di irlandia

Irlandia menjadi salah satu negara di Eropa yang memiliki perpaduan pesona klasik dan pemandangan yang menakjubkan. Ada banyak alasan mengapa kamu perlu memperhitungkan Irlandia sebagai tujuan pendidikan. Salah satunya adalah beberapa kampus di Irlandia masuk dalam 700 teratas universitas terbaik dunia versi QS World University Ranking pada 2018 lalu.

Irlandia memiliki jajaran kampus ternama dengan kualitas pendidikan yang cukup baik. Bahkan, ada banyak lulusan terbaik yang berasal dari kampus-kampus di Irlandia. Kuliah di Irlandia bisa menjadi pilihan untuk mahasiswa yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya.


Kuliah di Irlandia

Memutuskan untuk melanjutkan studi di Irlandia membuat kamu memiliki kesempatan untuk menempuh pendidikan di universitas terbaik di dunia. Selain itu, warga asli Irlandia juga dikenal saling menghormati satu sama lain, termasuk pada penduduk asing. Hal ini membuat para pelajar internasional merasa betah dan nyaman berada di negara ini.

Irlandia memiliki jumlah pelajar internasional yang cukup banyak, sehingga membuat kamu memiliki kesempatan untuk menjalin relasi dan mengenal beragam budaya dengan latar belakang yang berbeda.

Para pelajar internasional tersebar di beberapa universitas terbaik yang ada di Irlandia. Negara ini memang dikenal dengan deretan universitas terbaik dengan kualitas pendidikan yang mumpuni.

map kuliah di irlandia


Mengapa Kuliah di Irlandia?

Irlandia menawarkan keuntungan sendiri bagi para pelajar yang berkuliah di sana. Masing-masing universitas di negara ini juga memiliki kelebihan sendiri dan beberapa di antaranya berada di posisi yang cukup baik dalam ranking dunia. Hal ini jugalah yang menjadi alasan mengapa banyak pelajar internasional yang berkuliah di sini.

Selain itu, Irlandia sendiri juga dikenal sebagai negara yang memiliki sistem pendidikan berkualitas. Universitas di negara ini menduduki peringkat 3% yang paling unggul secara global dan para lulusannya juga sangat diakui secara internasional.

Di samping kualitas pendidikan yang memadai, Irlandia memiliki pertumbuhan ekonomi paling pesat di Eropa dan berada di urutan ke-6 yang paling kompetitif di dunia. Irlandia juga menjadi rumah bagi banyak perusahaan terkemuka, sehingga membuat peluang karir kamu cukup banyak. Kamu bisa melamar di berbagai industri di negara ini, mulai dari Software Development, Teknologi Informasi, Teknik, Layanan Finansial, hingga Teknologi Medis dan Farmasi.

Saat kamu berkuliah di Irlandia, kamu juga bisa menempuh berbagai negara lainnya di Eropa hanya dalam satu penerbangan singkat. Kota-kota di negara ini juga mudah dieksplor karena ukurannya yang lebih kecil dibandingkan dengan kota di negara Eropa lainnya.


Keuntungan Kuliah di Irlandia

Sebagai salah satu negara paling berkembang di Eropa, Irlandia menawarkan berbagai benefit untuk para pelajar yang mendaftarkan diri di universitas terbaik di Irlandia. Selain kualitas pendidikan yang tak perlu diragukan lagi, ada benefit lainnya yang bisa kamu rasakan jika memutuskan untuk kuliah di Irlandia.

  • Pusat Budaya

Untuk sebuah negara yang kecil, Irlandia menitikberatkan fokus mereka pada dampak budaya. Negara ini telah menghasilkan empat pemenang Nobel Sastra dan jalanan di Kota Dublin penuh dengan seni yang menarik. Kamu juga bisa mengunjung museum dengan koleksi artefak abad pertengahan yang menakjubkan, hingga Hugh Lane Galley yang menjadi rumah pembuatan ulang studio Francis Bacon.

  • Keamanan yang Cukup Tinggi

Irlandia adalah tempat yang aman untuk tinggal. Negara ini berada dalam peringkat 20 negara teratas di dunia dalam hal kualitas hidup, kedamaian, serta pembangunan manusia. Peringkat tersebut bahkan berhasil dipertahankan dan negara ini konsisten berada di peringkat tersebut.

  • Masyarakat yang Ramah

Penduduk Irlandia terkenal dengan keramahan dan kehangatannya dalam menyambut pendatang baru. Situs wisata terkemuka, Lonely Planet menyebutkan bahwa Dublin adalah kota terbaik ketiga di dunia untuk dikunjungi.

  • Peluang Karir yang Cukup Tinggi

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Irlandia menjadi lokasi bagi banyak perusahaan terkemuka di dunia. Dengan begitu, kamu bisa memiliki banyak pilihan dalam meniti karir. Peluang karir kamu juga sangat tinggi karena ada banyak perusahaan ternama yang bisa kamu kirimkan aplikasi.

  • Peluang Penelitian

Berbagai universitas di Irlandia menempati jajaran 1% institusi penelitian terbaik di dunia. Selain itu, sejumlah perusahaan global juga memiliki fasilitas penelitian strategis di mana para mahasiswa internasional bisa bergabung dalam program riset inovatif dari seluruh dunia.


Persyaratan Kuliah di Irlandia

Untuk bisa mendaftarkan diri di universitas Irlandia, kamu perlu memiliki nilai yang baik sesuai dengan persyaratan masing-masing universitas. Selain itu, jika kamu terdaftar sebagai mahasiswa internasional, kamu perlu melampirkan sertifikasi TOEFL/IELTS. Masing-masing sertifikasi memiliki nilai minimum yang harus kamu penuhi.

Kamu harus memiliki skor minimal 220 untuk TOEFL berbasis komputer, dan 550 untuk TOEFL berbasis kertas. Untuk skor IELTS sendiri, kamu membutuhkan skor minimal 6.5 dengan tidak ada bagian di dalam tes yang mendapatkan skor di bawah 6.0.

Jika persyaratan ini sudah kamu penuhi, maka kamu bisa mendaftarkan diri ke universitas di Irlandia. Jika kamu mendapatkan surat pernyataan yang menyatakan bahwa kamu diterima di universitas tujuan, maka kamu sudah bisa mendaftar visa pelajar untuk kuliah di Irlandia.


Daftar Kuliah di Irlandia

Bagi kamu yang berencana untuk kuliah di Irlandia, diharapkan untuk memulai riset minimal satu tahun sebelum diterima di universitas tujuan. Kamu bisa mendapatkan buku petunjuk tentang persyaratan pendaftaran di situs universitas yang dipilih.

Kebanyakan universitas di Irlandia memiliki kantor pendaftaran internasional yang membantu para pelajar dalam proses pendaftaran. Pelajar juga diharapkan untuk mendapatkan informasi melalui situs resmi universitas.

Bagi pelajar non-Eropa yang akan mendaftarkan diri untuk program sarjana, kamu diharapkan untuk mendaftar langsung ke situs resmi universitas tujuan. Selain cara tersebut, kamu juga bisa mendaftarkan diri lewat situs Postgraduate Application Centre (PAC) atau agen pendidikan luar negeri.


Tempat Wisata di Irlandia

Bukan lagi rahasia jika Irlandia memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Setiap lokasi di Irlandia memiliki kisah untuk diwariskan dari generasi ke generasi. Tempat wisata di Irlandia juga cenderung tidak terlalu ramai, sehingga kamu tetap bisa bersantai tanpa diganggu oleh suasana yang bising. Berikut beberapa tujuan wisata di Irlandia yang bisa kamu kunjungi.

  • Lakes of Killarney

Di sini kamu akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah dari danau dan pegunungan. Lokasinya berada di Killarney, County Kerry, Irlandia.

  • Cliff of Moher

Tebing setinggi 394 kaki ini berada di atas Samudera Atlantik dengan pemandangan yang spektakuler. Tempat ini harus masuk daftar tempat wisata yang harus kamu kunjungi selama berada di Irlandia.

  • Waterford Castle

Kastil ini berada di sebuah pulau di Sungai Suir dan hanya bisa dicapai dengan kapar feri pribadi. Jika kamu mencari ketenangan atau tempat untuk bersantai, maka kamu bisa berkunjung ke tempat ini.

  • Gereja Whitefirar, Dublin

Bagi kamu yang mencari wisata spiritual, tempat yang satu ini bisa menjadi tujuan. Bahkan, tempat ini juga menjadi salah satu tempat yang paling romantis yang ada di Irlandia.


Transportasi di Irlandia

Biaya transportasi di negara ini tergantung dari lokasi tempat tinggal kamu. Kamu bisa menggunakan transportasi umum atau sepeda saat berada di negara ini. Beberapa jenis transportasi yang bisa kamu gunakan di sini adalah bus, bus antar kota, kereta api, taksi, dan tram.

Kamu bisa membeli tiket bis sekali jalan atau tiket mingguan dengan harga yang berbeda. Bahkan, kamu bisa mendapatkan diskon jika menunjukan Student Travel Card. Untuk kamu yang memilih menggunakan sepeda juga tak perlu khawatir sebab di sini ada banyak jalur khusus sepeda, sehingga kamu akan merasa lebih aman saat berkendara.


Pengurusan Visa Pelajar Untuk Kuliah di Irlandia

Untuk bisa mengunjung Irlandia sebagai seorang pelajar, kamu membutuhkan visa pelajar. Pengajuan visa juga harus dilakukan sedini mungkin, karena prosesnya membutuhkan waktu selama delapan minggu atau bahkan bisa lebih lama. Kamu bisa mengajukan permohonan visa setidaknya tiga bulan sebelum waktu ketibaan kamu di negara ini.

Biaya Pengurusan Visa

Untuk jumlah pasti biaya pengurusan visa pelajar ke Irlandia, kamu perlu mengunjungi situs resmi lembaga terkait atau juga menghubungi langsung ke kontak resmi mereka. Sebab, biaya yang ada bisa saja berubah sewaktu-waktu. Jadi, akan lebih baik jika kamu mencari informasi lebih lanjut pada kontak resmi lembaga yang bersangkutan.

Persyaratan dan Cara buat Visa

Untuk institusi pendidikan tinggi di Irlandia, terkecuali universitas di wilayah Irlandia Utara, aplikasi untuk sebagian besar program sarjana S1 diajukan melalui kantor aplikasi pusat atau Central Application Office (CAO). Di sana juga menyediakan sebuah paket aplikasi dengan buku pedoman yang memuat semua program kuliah yang ditawarkan dan memberikan informasi tentang cara mengajukan aplikasi.

Akan lebih baik jika kamu menghubungi Kantor Penerimaan Mahasiswa di universitas tujuan untuk menanyakan apakah harus mengajukan apikasi visa melalui CAO atau secara langsung ke universitas yang bersangkutan. Harap diperhatikan bahwa insitusi pendidikan tinggi yang satu dan yang lainnya mungkin memiliki kebijakan yang berbeda. Atau kamu juga bisa mengajukan permohonan visa di Kedutaan Irlandia.

Cara Pembayaran Visa

Proses pengajuan visa memang membutuhkan biaya yang harus dikeluarkan. Namun, untuk cara pembayaran yang lebih lengkap, kamu bisa menghubungi lembaga terkait agar bisa mendapatkan informasi lebih lengkap.

Jumlah biaya yang harus kamu bayarkan juga biasanya tertera pada situs resmi lembaga terkait atau kamu juga bisa menghubungi kontak resmi mereka untuk menanyakan mengenai berapa jumlah biaya yang diperlukan dan cara pembayarannya.


Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Irlandia

Biaya kuliah untuk universitas di Irlandia juga terbilang bervariasi tergantung program atau jurusan apa yang kamu ambil. Biaya kuliah ini juga di luar biaya hidup yang harus kamu keluarkan selama masa kuliah di Irlandia.

Untuk biaya hidup sendiri akan sangat tergantung dari kebutuhan kamu sehari-hari, misalnya jenis makanan dan minuman apa yang kamu konsumsi, tipe akomodasi mana yang kamu pilih, kafe atau restoran mana yang kamu pilih untuk bersantai, destinasi wisata, internet dan lain sebagainya.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi biaya yang perlu dikeluarkan selama masa kuliah di Irlandia. Kamu juga harus menyesuaikan gaya hidup dengan kemampuan keuangan untuk bisa menghemat biaya pengeluaran di Irlandia.


Universitas di Irlandia

Menjadi rumah perusahaan-perusahaan ternama, Irlandia tentu menyimpan deretan universitas terbaik yang bisa dipilih para pelajar. Beberapa di antaranya juga berada pada peringkat yang cukup baik dalam ranking dunia. Berikut beberapa daftar universitas di Irlandia yang bisa kamu pilih.

+
 
Konsultasi Gratis

Isi formulir registrasi di bawah ini:

Powered by BreezingForms

Event

New Zealand Virtual Education Fair 2020

 

Register Now

Chat with us: