Italia (Italy)

pilihan destinasi kuliah di italia

Sebagai salah satu negara di Eropa yang kaya akan sejarah dan dibalut dengan kebudayaan modern, membuat Italia dituju oleh para turis. Namun, sudah tahu kalau Italia juga menjadi tujuan banyak pelajar? Selain memiliki keindahan arsitektur, penduduk yang ramah dan kelezatan makanannya, Italia juga memiliki sederet universitas terkemuka yang sering dituju oleh para pelajar dari seluruh dunia. Kuliah di Italia akan memberikan pengalaman sendiri untuk kehidupan mahasiswa kamu.  

Negara yang satu ini juga menjunjung tinggi masalah pendidikan. Italia memiliki pasal yang menjamin hak individu untuk mengenyam pendidikan tinggi melalui universitas atau perguruan tinggi yang ada di negara ini.


Kuliah di Italia

Menurut data dari QS Top Universities, beberapa universitas di Italia memiliki pencapaian akademik yang cukup baik. Beberapa universitas di negara ini berhasil masuk dalam top 200 universitas di dunia. Bahkan, banyak universitas di sini yang memiliki usia cukup lama dan pengalaman belajar yang memadai.

Program studi di Italia juga memperkaya mahasiswanya dengan suasana yang unik dan akses ke banyak hal. Dengan mata kuliah yang sangat khusus, para mahasiswa akan diarahkan untuk mempelajari bidang tertentu, di mana hal ini sangat berguna untuk perjalanan karir di masa yang akan datang.

Sedikit berbeda dengan sistem pendidikan di Indonesia, semua sekolah tinggi dan universitas di Italia langsung memberikan pendidikan yang spesifik dan mendalam tentang jurusan yang akan dituju. Hal ini membuat banyak universitas terbaik di Italia melahirkan lulusan yang sangat mahir dalam bidangnya dan siap untuk terjun ke dunia kerja.

map kuliah di italia


Mengapa Kuliah di Italia?

Universitas di negara ini tersebar merata di setiap kotanya. Semua universitasnya juga memberikan kualitas pendidikan yang sama. Sehingga, tidak akan ada perbedaan kualitas pendidikan antara universitas negeri, maupun swasta.

Inilah alasan mengapa Italia tidak memberlakukan ranking atau peringkat untuk membedakan satu universitas dengan universitas lainnya. Dengan kata lain, di kota manapun kamu berkuliah, kamu akan mendapatkan kualitas pendidikan yang sama.

Saat memutuskan untuk kuliah di Italia, kamu perlu tahu bahwa ujian biasanya diadakan setelah periode pengajaran dan sebagian besar adalah ujian lisan. Ujian ini akan diuji langsung oleh professor mata kuliah terkait melalui percakapan.


Keuntungan Kuliah di Italia

Terkenal dengan universitas terkemuka dan kualitas pendidikan yang merata di semua daerahnya membuat kamu bisa mendapatkan banyak benefit ketika memutuskan untuk kuliah di Italia. Berikut benefit yang bisa kamu dapatkan dari kuliah di Italia.

  • Prospek kerja yang baik

Setelah dinyatakan lulus dari universitas, para mahasiswa biasanya akan dibekali dengan keterampilan dan pengetahuan yang spesifik dengan bidang yang dipilihnya. Ini menjadi benefit sendiri bagi para mahasiswa yang akan mencari pekerjaan. Para lulusan dari universitas di Italia banyak dicari di berbagai negara karena dianggap memiliki kemampuan yang cukup bagus dan siap untuk bekerja. Tak hanya dari luar Italia, banyak perusahaan ternama di Italia juga membuka kesempatan untuk para lulusan dari universitas-universitas di negara tersebut.

  • Adanya program internasional

Banyak universitas di Italia yang menggunakan bahasa Inggris dalam materi kuliah mereka. Bahkan, beberapa universitas lainnya juga menawarkan program untuk belajar di luar Italia dan program khusus untuk para mahasiswa internasional. Kuliah di Italia menjadi tujuan bagi banyak pelajar internasional, karena mereka tetap bisa mengikuti perkuliahan bahkan ketika belum mahir berbahasa Italia.

  • Belajar sejarah Italia secara lengkap

Mahasiswa yang kuliah di Italia akan mempelajari sejarah negara ini langsung dari bangunan, museum dan karya seni. Siapa yang tidak kenal dengan Leonardo da Vinci? Kamu bisa mempelajari sejarahnya dengan kuliah di Italia. Negara ini memiliki sejarah yang cukup panjang dan semua itu tergambar dari bangunan-bangunan bersejarah yang bisa dikunjungi.

  • Letak geografis yang strategis

Italia memiliki sistem kereta modern yang membuat kamu lebih mudah berpergian dari kota yang satu ke kota lainnya. Punya waktu libur yang sedikit? Jangan khawatir, kamu tetap bisa pergi ke berbagai tempat di Italia karena jaraknya yang tidak terlalu jauh dan sistem transportasi yang sudah sangat modern.

  • Mempelajari bahasa Italia

Meski banyak program kuliah yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar, namun masih ada beberapa program lainnya yang menggunakan bahasa Italia. Untuk itu, kamu bisa mempelajari bahasa asli Italia langsung di negaranya. Dengan begitu, kamu juga akan lebih mudah dalam mendapatkan pekerjaan setelah kamu lulus kuliah. Di negara ini, keahlian multilingual sangat dihargai terutama dalam bidang bisnis, keuangan, sastra dan pendidikan. Bahkan, beberapa universitas juga menawarkan program bahasa intensif bagi pelajar internasional yang ingin meningkatkan keahlian berbahasa Italia.


Persyaratan Kuliah di Italia

Sama seperti negara lainnya, Italia juga menetapkan syarat masuk bagi para pelajar internasional yang ingin mendaftarkan diri di universitas Italia. Untuk bisa menjadi mahasiswa resmi di universitas Italia, ada beberapa syarat dan berkas yang kamu butuhkan.

  • Ijazah dan transkrip nilai

Pendaftaran ke universitas di Italia tentunya membutuhkan ijazah dan transkrip nilai dari pendidikan sebelumnya. Umumnya, mereka menerima ijazah yang telah diterjemahkan ke beberapa bahasa, seperti misalnya Inggris, Italia, Prancis atau Spanyol. Jika kamu mengambil gap years, kamu tidak perlu khawatir kalau ijazah kamu tidak lagi berlaku, sebab negara ini tidak memiliki batas waktu untuk ijazah.

  • Surat DOV

Surat yang dikeluarkan oleh kedutaan ini berisi pernyataan bahwa calon mahasiswa sudah menyelesaikan jenjang pendidikan sebelumnya dan siap menjalani pendidikan berikutnya. Untuk mahasiswa asal Indonesia, surat DOV akan memuat bukti kelulusan di setiap jenjang pendidikan yang telah dilewati, lengkap dengan nama sekolah dan waktu tempuh pendidikan tersebut.

  • Sertifikat kemampuan bahasa

Untuk program yang menggunakan bahasa Italia sebagai bahasa pengantar, maka kamu perlu memahami bahasa tersebut yang dibuktikan dengan adanya sertifikat CILF B2. Ada banyak lembaga yang membuka tes ini di beberapa kota besar, seperti Jakarta. Namun, beberapa universitas di Italia juga membuka short course untuk mahasiswa internasional yang ingin belajar bahasa Italia.

Untuk program yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar, maka kamu perlu melampirkan sertifikat IELTS dengan nilai minimal 6.

  • Visa pelajar

Dengan adanya visa pelajar, maka kamu telah mendapatkan ijin untuk kuliah di Italia, dan mendapatkan hak untuk bekerja paruh waktu di negara tersebut dengan durasi sekitar 20 jam dalam satu minggu.


Daftar Kuliah di Italia

Untuk mendaftar kuliah di Italia, kamu bisa melakukannya dengan mendaftar secara online atau melalui agen pendidikan luar negeri. Pendaftaran online bisa dilakukan di universitas tujuan dengan memberikan daftar berkas yang telah ditetapkan sebagai syarat. Perlu dicatat bahwa masing-masing universitas memberlakukan berkas yang berbeda.

Berkas ini kemudian akan diperiksa oleh pihak universitas. Beberapa universitas juga memberlakukan tahap wawancara. Jika kamu dianggap memenuhi syarat, maka kamu akan mendapatkan Letter of Acceptance (LOA).

Setelahnya, kamu akan masuk ke dalam tahap pre-enrollment. Masing-masing mahasiswa akan mendapatkan due date dari Kedutaan Italia untuk melengkapi berkas yang dibutuhkan. Perlu diingat bahwa program S1 biasanya mengharuskan calon mahasiswa untuk melalui tes tertulis yang dilaksanakan secara online.


Tempat Wisata di Italia

Kuliah di Italia tanpa menikmati keindahan negara ini adalah hal percuma. Saat waktu senggang, kamu harus menjelajahi keindahan negara ini dengan mengunjungi berbagai destinasi wisata popular. Ada beberapa destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi selama kuliah di Italia:

  • Museum Vatikan

Museum yang satu ini memamerkan beragam hasil karya berharga yang telah dikoleksi oleh Gereja Katolik Romawi sejak berabad-abad yang lalu. Kamu akan menikmati karya-karya yang bersejarah di sini.

  • Colloseum

Bangunan ini adalah bangunan teater paling besar pada jaman Kekaisaran Romawi. Bangunan ini sendiri bisa menampung hingga 55 ribu penonton dan dulunya digunakan untuk pertandingan gladiator.

  • Plazza dl Spagna

Plazza ini digubungkan dengan Gereja Perancis di atas bukit melalui 187 anak tangga yang monumental. Selain melihat berbagai panorama kota Roma yang indah, kamu juga bisa berbelanja di butik-butik terkenal yang ada di sana.

  • Fonata dl Trevi

Tempat ini adalah penampungan air yang dibangun pada 19 SM lalu. Air di kolam menggambarkan laut, dan menurut legenda, jika kamu melemparkan koin ke dalam kolam tersebut, kamu akan kembali lagi ke Roma suatu saat nanti.


Transportasi di Italia

Di negara manapun, transportasi memiliki peran penting untuk memudahkan mobilitas penduduknya. Italia sendiri memiliki beberapa transportasi yang bisa digunakan, seperti misalnya kereta api yang jalurnya terhubung hampir di seluruh negeri.

Selain itu, terdapat pula kereta api yang paling mewah, yakni Eurostar. Kereta api ini menawarkan kenyamanan yang maksimal dengan AC dan sistem reservasi tiket. Di bawah Eurostar, kamu bisa menggunakan InterCity yang melayani jarak jauh dan kota-kota yang lebih besar di Italia.

Butuh kendaraan yang biasa saja? Tenang, kamu bisa menaiki bus atau tram yang jadwalnya lebih fleksibel dibandingkan kereta api. Atau kamu juga bisa menggunakan mobil pribadi. Namun, perlu diingat bahwa mencari area parkir di Italia adalah hal yang sulit.


Pengurusan Visa Pelajar Untuk Kuliah di Italia

Mendaftar sebagai mahasiswa internasional, maka kamu membutuhkan visa pelajar untuk bisa kuliah di Italia. Untuk berjaga-jaga, kamu bisa mengajukan proses pembuatan visa dari jauh hari sebelum jadwal pendaftaran dimulai.

Biaya Pengurusan Visa

Entah dibutuhkan biaya atau tidak dalam pengajuan visa, kamu perlu menghubungi lembaga terkait untuk mencari informasi lebih lengkap mengenai biaya yang dibutuhkan dalam proses pengajuan visa tersebut. Pihak lembaga terkait biasanya akan memberikan informasi secara lengkap mengenai biaya yang dibutuhkan, beserta dengan jumlah nominalnya.

Persyaratan dan Cara Buat Visa

Kamu bisa mengajukan proses pembuatan visa ke Kedutaan atau Konsulat Italia di negara asal kamu. Mahasiswa internasional biasanya terbagi menjadi dua kategori, yakni mahasiswa program pendek (kurang dari 90 hari) dan mahasiswa untuk program lebih dari 90 hari. Sedangkan, untuk dokumen-dokumen yang dibutuhkan biasanya berupa:

  • Paspor yang valid
  • Surat penerimaan dari institusi yang dipilih
  • Formulir aplikasi visa
  • Bukti tidak ada catatan criminal
  • Bukti kemahiran bahasa Inggris atau Italia
  • Bukti keuangan yang memadai
  • Bukti akomodasi selama di Italia
  • Bukti bahwa kamu telah membayar biaya aplikasi terkait

Cara Pembayaran Visa

Untuk cara pembayaran dari proses pengajuan visa, kamu bisa langsung menanyakannya pada lembaga terkait. Masing-masing lembaga pembuatan visa setiap negara biasanya memiliki cara pembayaran yang berbeda, jadi hubungi lembaga resmi terkait guna mendapatkan informasi mengenai jumlah yang harus dibayarkan dan cara pembayarannya.


Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Italia

Biaya kuliah di Irlandia yang harus dikeluarkan oleh setiap mahasiswa tentu berbeda dan tergantung dari universitas, serta program apa yang dipilih. Kamu bisa mengunjungi situs resmi universitas tujuan untuk melihat jumlah pasti dari biaya kuliah di Italia.

Sedangkan, biaya hidup di negara ini sangat tergantung dari pemilihan kota tempat kamu tinggal. Harus diakui bahwa tinggal di kota besar akan membuat pengeluaran kamu lebih tinggi, dibandingkan dengan kota yang lebih kecil.

Pemilihan akomodasi juga berpengaruh terhadap pengeluaran kamu selama kuliah di Italia. Untuk akomodasi di dekat kampus, kamu harus membayar biaya yang lebih mahal bila dibandingkan dengan tinggal di rumah penduduk. Jadi, biaya hidup kamu akan sangat bergantung dari kebutuhan selama tinggal di negara ini.


Universitas di Italia

Sebelum memutuskan untuk kuliah di Italia dan memilih satu kampus terbaik, kamu bisa mempertimbangkan beberapa daftar kampus di Italia ini. Disarankan untuk memilih kampus yang benar-benar sesuai dengan minat dan memiliki daftar program serta jurusan yang kamu inginkan. Berikut beberapa dafar universitas di Italia yang bisa menjadi referensi untukmu:

+
 
Konsultasi Gratis

Isi formulir registrasi di bawah ini:

Powered by BreezingForms

Event

New Zealand Virtual Education Fair 2020

 

Register Now

Chat with us: