Jepang

jepang.jpg

Jepang terkenal sebagai negara maju yang aman dan budayanya memiliki daya tarik global, pusat desain dan gaya internasional. Ada banyak alasan untuk belajar di Jepang. Negara yang satu ini masih mempertahankan budaya Asia Timur namun juga memiliki pengaruh kuat dari budaya Barat dan Amerika.

Jepang juga merupakan rumah dari beberapa perusahaan teknologi dan mobil terkemuka dunia seperti Sony, Nikon, Canon, Hitachi, Toyota, Honda, Mitsubishi, Nissan dan lainnya.  Ini membuat peluang kerja di Jepang semakin luas.


Kuliah di Jepang

Jepang adalah negara yang sangat aman dengan tingkat kejahatan yang rendah dan kebanyakan orang sangat sopan. Namun begitu, Anda juga harus berperilaku yang dengan cara yang sama. Layanan di Jepang adalah salah satu yang terbaik di dunia.

Jepang memiliki sekolah swasta dan negeri di semua tingkatan, mulai dari taman kanak-kanak hingga universitas. Sekolah negeri membebankan biaya yang sangat terjangkau dan merupakan pilihan populer untuk wajib belajar hingga tingkat sekolah menengah pertama (SMP).

Dari pendidikan menengah atas, sekolah swasta bisa menjadi pilihan untuk persaingan yang ketat menuju universitas. Peluang kerja terkait erat dengan gelar universitas Anda.

JAPAN.png


Mengapa Kuliah di Jepang?

The Examination for Japanese University Admission for International Students (EJU) adalah ujian standar yang menyederhanakan proses masuk ke universitas Jepang untuk siswa internasional. Ujian meliputi bahasa Jepang, sains, matematika,  diadakan dua kali setahun di Jepang dan kota-kota tertentu di luar Jepang. Ujian dapat ditulis dalam bahasa Jepang atau Inggris (kecuali bagian bahasa Jepang).

Hampir semua universitas nasional dan banyak universitas negeri dan swasta menggunakan EJU sebagai kriteria penerimaan siswa internasional, sementara yang lain menerapkan ujian masuk mereka sendiri.

Tentu saja, sebagian besar program universitas di Jepang hanya tersedia dalam bahasa Jepang. Namun, sejumlah kecil universitas menawarkan gelar sarjana empat tahun dengan kursus yang diajarkan sepenuhnya dalam bahasa Inggris. Selain itu, beberapa universitas menawarkan satu atau lebih kursus bahasa Inggris di tingkat master dan/atau doktoral.


Keuntungan Kuliah di Jepang

Belajar di Jepang telah menjadi pilihan yang cukup populer di antara banyak calon siswa yang ingin belajar di luar negeri atau di luar negeri. Bahkan, hingga 2019, lebih dari 298.000 orang asing tinggal di negara ini untuk menyelesaikan pendidikan mereka.

Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda rasakan ketika kuliah di Jepang:

  • Sistem Pendidikan Berkualitas Tinggi

Jepang selalu terkenal karena kualitas pendidikan mereka. Pada 2019 lalu, Jepang berada di peringkat ke-9 dari 10 negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Negara ini telah muncul dalam daftar tingkat atas ini selama beberapa tahun terakhir.

  • Beberapa Universitas Unggulan

Faktanya, ada sekitar 780 universitas yang berlokasi di seluruh negeri untuk dipilih oleh mahasiswa asing. Ini adalah berita bagus bagi siswa yang masih memutuskan di mana mereka ingin belajar, karena mereka memiliki banyak pilihan di negara ini.

  • Banyak Peluang Kerja Setelah Lulus

Banyak perusahaan Jepang tak sungkan untuk menerima siswa internasional karena mereka tidak perlu lagi melewati masa transisi. Mereka telah mengetahui kebiasaan dan bahasa Jepang dengan baik. Ini akan mempermudah proses bekerja mereka di perusahaan.


Persyaratan kuliah di Jepang

Setiap universitas menetapkan jadwalnya sendiri, sehingga batas waktu pendaftaran dapat berbeda di masing-masing universitas. Saat ini banyak universitas membuka aplikasi mereka secara online dan Anda dapat menemukan tenggat waktu aplikasi mereka di situs web resmi.

Dokumen yang perlu Anda kirimkan dengan aplikasi biasanya:

  • Formulir aplikasi
  • Pernyataan pribadi
  • Transkrip resmi dari sekolah menengah dan/atau universitas
  • Sertifikat kelulusan
  • Nilai tes standar yang valid (SAT/ACT/TOEFL/IELTS/EJU)
  • Surat rekomendasi
  • Fotokopi paspor

Tergantung pada program studi yang Anda pilih, universitas dapat meminta dokumen tambahan. Ingatlah bahwa dokumen-dokumen ini perlu diterjemahkan ke dalam bahasa Jepang atau Inggris sebelum diserahkan.


Daftar Kuliah di Jepang

Sebagian besar universitas di Jepang merekrut dua kali setahun, untuk semester musim semi dimulai pada bulan April, dan semester musim gugur pada bulan September. Tidak ada platform penerimaan terpadu bagi siswa untuk mendaftar secara terpusat.

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa tenggat waktu pendaftaran akan berbeda di masing-masing universitas, berikut gambaran, tenggat waktunya:

  • Batas waktu aplikasi musim semi: November
  • Batas waktu aplikasi musim gugur: April

Tempat Wisata di Jepang

Jepang adalah salah satu tujuan wisata paling populer di dunia. Ini adalah perpaduan unik antara tradisional dan modern, dengan banyak kuil dan bangunan dari masa lalu yang berdampingan dengan arsitektur modern. Beberapa destinasi wisata terbaik di negara ini adalah

  • Gunung Fuji

Gunung Fuji adalah gunung tertinggi di Jepang dengan ketinggian 3.776 meter (12.388 kaki). Diperkirakan 200.000 orang mendaki Gunung Fuji setiap tahun, 30% di antaranya adalah orang asing. Pendakian bisa memakan waktu antara tiga dan delapan jam sementara penurunan bisa memakan waktu dua hingga lima jam.

  • Tokyo Imperial Palace

Kaisar Jepang membuat rumahnya di Istana Kekaisaran Tokyo. Ini juga berfungsi sebagai pusat administrasi dan museum untuk memamerkan seni dan sejarah Jepang. Istana ini terletak di atas reruntuhan kastil tua yang dihancurkan oleh api atau perang, dan para arsitek telah menghormati masa lalu dengan memasukkan elemen desain dari era yang berbeda ke dalam istana modern.

  • Tokyo Tower

Menara Tokyo adalah bukti kemajuan teknologi dan kehidupan modern. Terinspirasi oleh desain menara Eiffel, itu adalah struktur buatan manusia tertinggi kedua di Jepang dan berfungsi sebagai menara komunikasi dan observasi. Pengunjung dapat naik ke menara untuk melihat pemandangan Tokyo dan daerah sekitarnya.


Transportasi di Jepang

Jepang memiliki jaringan transportasi umum yang efisien, terutama di dalam wilayah metropolitan dan antar kota besar. Transportasi umum Jepang dicirikan oleh ketepatan waktunya, layanannya yang luar biasa, dan banyaknya orang yang menggunakannya.

Negara ini membanggakan sistem transportasi yang hebat dan efisien untuk membawa Anda hampir ke semua tempat di seluruh negeri dengan nyaman dan mudah. Anda dapat menggunakan kereta api, bus, dan taksi untuk berpindah antar kawasan wisata. Sedangkan untuk perjalanan jarak jauh, Anda dapat menggunakan shinkansen dan pesawat.


Pengurusan Visa Pelajar untuk Kuliah di Jepang

Banyak negara dapat mengambil kursus bahasa singkat di Jepang hingga 90 hari dengan bebas visa. Beberapa negara bahkan dapat memperpanjang ini dengan 90 hari lagi.

Jika Anda ingin belajar di Jepang untuk jangka waktu yang lebih lama, Anda harus mengajukan permohonan visa pelajar.

Biaya Pengurusan Visa

Batas waktu pengurusan visa seringkali sekitar lima bulan sebelum kursus dimulai. Jadi, pastikan untuk mendaftar lebih awal sehingga Anda punya waktu untuk melengkapi semua dokumen.

Untuk biaya pengurusan visa, Anda bisa menghubungi lembaga resmi secara langsung agar bisa mempersiapkan dana yang tepat.

Persyaratan dan Cara Buat Visa

Untuk mengajukan visa pelajar ke Jepang ada beberapa langkah yang perlu dilakukan. Pertama, Anda mengisi dokumen aplikasi visa yang berbeda dan menyerahkannya ke sekola. Kemudian sekolah memeriksa apakah aplikasi Anda sudah lengkap sebelum mereka menulis ulang dan menyerahkannya ke otoritas imigrasi di Jepang. Kemudian Anda akhirnya akan mendapatkan Sertifikat Kelayakan (langkah 4) yang Anda perlukan untuk langkah terakhir aplikasi visa Anda.

Setelah Anda mendaftar ke sekolah, mereka akan mengirimkan (atau meminta Anda untuk mengunduh) dokumen berikut yang perlu Anda isi dan serahkan ke sekolah:

  • Formulir aplikasi tempat Anda mengisi data tentang diri Anda dan kursus.
  • Formulir riwayat pribadi
  • Esai aplikasi memotivasi mengapa Anda ingin belajar di Jepang.
  • Ijazah dan transkrip dari sekolah terakhir tempat Anda lulus diterjemahkan ke bahasa Inggris atau Jepang.
  • Sertifikat studi Jepang sebelumnya jika berlaku.
  • Salinan paspor Anda halaman foto.
  • Foto paspor
  • Riwayat kesehatan

Cara Pembayaran Visa

Masing-masing keduraan akan memiliki cara pembayaran visa yang berbeda. Penting untuk mengunjungi situs resmi atau kantor kedutaan secara langsung untuk mengetahui cara pembayarannya.

Anda juga perlu membuktikan bahwa Anda dapat membayar kursus Anda dan menghidupi diri Anda sendiri di Jepang. Saldo rekening bank yang menunjukkan bahwa Anda atau penjamin Anda memiliki uang yang dibutuhkan.


Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Jepang

Sekolah di Jepang membebankan biaya masuk pada tahun pertama, dan biaya sekolah dan beberapa biaya lain yang lebih kecil per semester. Hukum Jepang mengatur bahwa semua sekolah memiliki biaya kuliah yang sama untuk siswa domestik dan siswa internasional.

Universitas negeri memiliki harga lebih terjangkau, biasanya sekitar 28,200 Yen, ditambah biaya kecil lainnya, sekitar 850,000 Yen secara total untuk tahun pertama program sarjana

Universitas swasta bervariasi dalam biaya kuliah dan membebankan biaya lebih dari universitas negeri hingga dua kali lipat, sekitar 16000,000 Yen per tahun, tetapi harga berbeda di masing-masing universitas.

Selain biaya kuliah, Anda mungkin membutuhkan sekitar 100,000-150,000 Yen per bulan untuk menutupi biaya hidup Anda seperti akomodasi, makanan, dan perjalanan. Jika Anda belajar di kota yang lebih kecil di mana biaya akomodasi dan perjalanan rendah, Anda mungkin mengeluarkan biaya yang lebih sedikit.


Universitas di Jepang

Dalam hal pilihan pendidikan lanjutan, Jepang jelas merupakan salah satu pilihan untuk dipertimbangkan karena menyajikan pendidikan yang berkualitas dan disegani dunia. Terdapat sekitar 750 perguruan tinggi yang sebagian besar merupakan perguruan tinggi swasta dan yang paling diakui adalah perguruan tinggi nasional yang dikelola oleh pemerintah.

Sebagian besar universitas mengajar dalam bahasa Jepang tetapi masih sedikit dari mereka yang menyediakan program studi yang diajarkan dalam bahasa Inggris.

+
Event Registration