Jerman

cologne city wallpaper 1920x1080

Jerman adalah sebuah negara yang terletak di benua Eropa dengan bentuk pemerintahan Republik Federal Parlementer. Jerman pernah terpecah menjadi dua negara karena kalah pada Perang Dunia kedua, bagian barat Jerman yang dikuasai oleh sekutu Perancis, Inggris and Amerika Serikat ini kemudian pada tanggal 23 Mei 1949 membentuk negara baru dengan sebutan Republik Federal Jerman (Bundesrepublik Deutschland) dengan ibukotanya di Bonn sedangkan bagian Timur Jerman yang dikuasai oleh Uni Soviet dan membentuk negara baru pada tanggal 7 Oktober 1949 dengan sebutan Republik Demokratik Jerman (Deutsche Demokratische Republik) dan beribukota di Berlin. Namun kedua negara tersebut berhasil bersatu kembali menjadi satu negara dengan nama Republik Federal Jerman  pada tanggal 3 Oktober 1990. Tanggal 3 Oktober ini kemudian diperingati sebagai Hari Persatuan Jerman. Setelah penyatuan kembali, Ibukota Jerman ditetapkan di Kota Berlin.

Berdasarkan letak astronomisnya, Jerman terletak di antara 47° LU-55° LU dan di antara 6° BT-15° BT. Luas Jerman + 357.050 km2. Batas wilayah Jerman dapat dijelaskan sebagai berikut:  

  • Di sebelah utara Jerman berbatasan dengan Denmark dan Laut Utara. 
  • Di sebelah timur Jerman berbatasan dengan Ceko dan Polandia.
  • Di sebelah selatan Jerman berbatasan dengan Swiss dan Austria.
  • Di sebelah barat Jerman berbatasan.dengan Negeri Belanda, Beigia. dan Luxemburg.

 

KEUNTUNGAN KULIAH DI JERMAN

Dalam segi kualitasnya amat sangat baik merata di seluruh bidang study maupun seluruh universitas yang ada di Jerman. Ada 375-an Perguruan Tinggi di Jerman dan semuanya berkualifikasi bermutu secara merata. Bidang teknologi, Sains canggih. Bidang Ekonomi memimpin dunia. Bidang Filsafat, Seni, Sosial terdepan. Nyaris tidak negara yang mampu mengimbang Jerman dalam Inovasi sains dan Teknologi.

Dalam segi biaya kuliah untuk kualitas yang begitu bagus nyaris gratis! Meskipun ada yang bayar terutama Program MBA Internasional, tetapi program lainnya biayanya gratis. Nah, buat para lulusannya, tersedia Program ZAV yaitu kerja sama Pemerintah Jerman dengan Pemerintah Indonesia. Dicariin kerja plus dapat subsidi 600 Eur /bln slm 2 tahun selain honor yang kalian terima dari pemerintah Indonesia. Kalian pun dibiayai kembali tanah air dan pekerjaan sudah siap menunggu anda.

Dalam segi prestise reputasi lulusannya, kalau di Universitas Jerman hanya orang yang memenuhi standard kualitas akademik tradisi Jerman lah yang bisa lulus. Jika kalian lulusan dari Amerika atau Australia maka biasanya kalian harus menyebut dulu nama Universitas dimana anda lulus. Jika kalian hanya menyebut lulusan Amerika atau Lulusan Australia maka orang akan pikir anda pasti lulusan dari universitas level biasa. Tetapi berbeda jika anda lulusan Jerman, anda cukup menjawab: Made in Germany!

 

PROSES VISA PELAJAR JERMAN

Untuk mengurus Visa Pelajar ke Jerman diperlukan waktu antara 6 - 8 minggu setelah diajukan melalui Kedutaan Besar Jerman di Indonesia, maka dianjurkan untuk memulai proses pendaftaran sedikitnya 2 bulan sebelum rencana keberangkatan.

 

TEMPAT WISATA DI JERMAN

Berencana untuk kuliah di Jerman? Ada baiknya kalian cek lokasi-lokasi wisatanya sebagai objects kalian berwisata sambil menghilangkan penat.

  1. Bradenburg Gate 
    Merupakan simbol utama gerbang Berlin dan lambang dari penyatuan Berlin Barat dan Berlin Timur. Dibangun pada abad ke-18 sebagai gerbang masuk kota Brandenburg an der Havel, atau yang lebih dikenal sebagai kota Brandenburg. Berada di paling barat kota Berlin, gerbang ini memiliki sejarah panjang sejak didirikan, khususnya dalam sejarah politik negeri ini. 

  1. Holstentor 
    Dalam bahasa Jerman artinya gerbang Holsten. Sebuah gerbang besar terbuat dari batu bata merah dengan desain Gothik di kota Lubeck , Jerman.  Holstentor bukan hanya sebuah gerban, tetapi sebenarnya adalah benteng.

  1. Frauenkirche 
    Gereja baru namun tua, atau sebaliknya gereja tua tapi baru? Jawabannya terserah Anda saja ya… yang pasti gereja ini telah ada sejak abad ke-11. Namun sayangnya gereja ini habis oleh bom pada Perang Dunia II. Sisa-sisa puing gereja dibiarkan dan menjadi monument Anti Perang. Setelah penyatuan Jerman barat dan Jerman Timur, rakyat Jerman memina utuk dibangun ulang. Akhirnya gereja ini dibangun ulang, dimulai pada tahun 1994 dan baru selesai tahun 2005. Setalah 13 tahun renovasi, Frauenkirche yang artinya Gereja Bunda Kita diresmikan dengan kebaktian yang meriah pada 30 Oktober 2005 hingga 31 Oktober 2005 – hari ini adalah Hari Reformasi Jerman. 

  1. Cologne Cathedral 
    Sebuah gereja katedral  Katolik Roma di jantung kota Koln. Gedung gereja bergaya Gothic ini dibangun pada tahun 1248 memiliki bentuk yang unik. Desain Katedral Cologne mirip dengan Katedral Amiens dalam hal rencana tanah, gaya dan lebar proporsi tinggi dari nave tengah. 

    Di dalam gereja ini terdapat beberapa poin yang wajib dilihat dan diperhatikan, yaitu Altarnya yang masih berdiri megah sejak tahun 1322, dengan menggunakan marmer hitam , Kuil Three Kings, 5 jendela yang terbuat dari kaca patri di dinding bagian selatan yang merupakan pemberian Raja Ludwig I of Bavaria.

  1. Rhine (Romantic River) 
    Sebagai penutup, sungai Rhine adalah yang paling tepat. Sungai panjang yang melintasi beberapa negara ini dimulai dari Swiss dan berakhir di North Sea, Belanda.  Sungai Rhein mengalir sepanjang 1036.20 km.  Sungai Rhine mengalir di beberapa titik di Jerman, biasanya pemandangannya akan menjadi sangat cantik dan romantic di tepi sungai pada malam hari. Nikmati suasana tak terlupakan bersama pasangan tercinta. 

 

JENIS TRANSPORTASI DI JERMAN

Jerman memiliki moda transportasi massal yang begitu modern dan juga canggih. Tak heran jika transportasi seperti kereta, banyak dipilih oleh masyarakat di Jerman. Baik untuk berpergian ke kota atau antar negara tetangga Jerman. Selain mudah dan murah, maka waktu yang ditempuhpun akan menjadi relatif lebih singkat. Walaupun tentu untuk mencapai tempat yang tidak terlalu jauh, dapat kita tempuh dengan berjalan kaki. Biasanya di Jerman tersedia jalur pejalan kaki Fußgängerzone.

Diantara beberapa moda transportasi massal yang cukup canggih di Jerman adalah ICE. ICE adalah kereta tercepat yang dimiliki oleh Deutsche Bahn (perusahaan kereta negara Jerman). Kecepatannya dapat mencapai 300Km/jam. ICE tidak berhenti di setiap stasiun, melainkan hanya di stasiun-stasiun besar. Kereta ini tidak hanya melayani jalur dalam negeri saja, melainkan juga jalur antar negara yaitu Swiss, Austria, Belgia, dan Belanda. Inilah salah satu Sistem Transportasi di Jerman yang cukup digemari.

Sebagian besar warga Jerman memilih bepergian dengan alat transportasi umum seperti S-Bahn (Schnellbahn), yaitu kereta yang menghubungkan satu kota dengan daerah-daerah terdekat yang ada di sekitar kota tersebut), U-Bahn (kereta bawah tanah), Straßenbahn (sejenis trem untuk angkutan dalam kota), bis ataupun taksi. Sedangkan untuk bepergian jauh seperti ke luar kota, ada juga alat transportasi jarak jauh yang bisa kita manfaatkan di Jerman seperti Zug (kereta api), bus, dan pesawat sebagi Sistem Transportasi di Jerman.

+
 
Konsultasi Gratis

Isi formulir registrasi di bawah ini:

Powered by BreezingForms