Kanada (Canada)

pilihan destinasi kuliah di kanada

Kanada sudah lama dikenal sebagai tempat yang sangat ideal untuk melanjutkan pendidikan. Bahkan, kuliah di Kanada menjadi tujuan dan kebanggaan tersendiri bagi banyak orang. Keunggulan akademik, biaya yang terjangkau serta berbagai macam tempat yang bisa dijelajahi membuat negara ini memiliki jumlah mahasiswa internasional yang cukup banyak, yakni sekitar 250.000. Jumlah tersebut bahkan terus meningkat setiap tahunnya.

Banyak hal yang menjadikan negara ini sebagai tempat tujuan pendidikan, salah satunya adalah Kanada berhasil masuk ke peringkat ke-3 terbesar di dunia dalam hal kualitas pendidikan, keamanan dan negara yang multikultur.


Kuliah di Kanada

Melanjutkan studi di Kanada akan menjadi pengalaman tersendiri untukmu. Kualitas pendidikan di Kanada cukup tinggi dan memiliki kualifikasi yang telah diakui oleh dunia. Seluruh program akademis secara rutin direvisi oleh setiap institusi demi menjaga standar pendidikan berkualitas.

Hal ini pula yang akhirnya menjadikan empat institusi pendidikan di Kanada berhasil masuk dalam 100 besar universitas terbaik pada 2014-2015 lalu.

Selama kuliah di Kanada, kamu akan mendapatkan hak kerja selama 20 jam setiap minggunya. Jadi, kamu bisa menambah uang jajan dengan bekerja paruh waktu di negara ini. Kamu juga bisa mengajukan permohonan visa kerja setelah lulus kuliah nanti.

Bahkan, kamu memiliki kesempatan yang lebih besar untuk bisa mendapatkan Permanent Residence setelah lulus kuliah.

map kuliah di kanada


Mengapa Kuliah di Kanada?

Ada banyak alasan mengapa Kanada menjadi tujuan pendidikan bagi banyak pelajar dari seluruh dunia. Salah satu alasannya adalah Kanada merupakan negara yang multikultur dan dipenuhi oleh para imigran dengan jumlah sekitar 15 juta orang, sejak satu setengah abad yang lalu.

Berkuliah di negara ini membuat kamu mengenal banyak orang dari seluruh dunia dan memiliki kesempatan untuk mempelajari bahasa, serta kebudayaan mereka. Kamu juga memiliki kesempatan untuk menjalin relasi dengan banyak orang dari berbagai negara.

Banyak universitas di Kanada tercatat berhasil mencetak lulusan-lulusan terbaik dan siap kerja. Bahkan, 90% lulusan dari institusi pendidikan tinggi di Kanada mendapatkan pekerjaan yang bagus hanya dalam waktu 6 bulan setelah wisuda. Hal ini menunjukan bahwa kamu memiliki prospek karir yang bagus di negara ini.


Keuntungan Kuliah di Kanada

Memiliki banyak universitas terkemuka dan telah berhasil mencetak lulusan-lulusan terbaik, kuliah di Kanada membuat kamu memiliki banyak benefit. Selain kualitas pendidikan yang baik, negara ini menawarkan banyak keuntungan jika kamu memutuskan untuk kuliah di Kanada. Apa saja? Berikut penjelasannya.

  • Memiliki tingkat kenyamanan yang tinggi

Kanada berhasil menjadi salah satu negara terbaik untuk ditempati selama 20 tahun berturut-turut. Selain karena pemandangan yang sangat indah, faktor lainnya adalah karena adanya pelayanan kesehatan gratis. Kanada juga termasuk negara yang aman dan tenang sebagai tempat kuliah, jika kamu membandingkannya dengan Amerika Serikat.

  • Kesempatan karir

Pemerintah Kanada mengeluarkan peraturan yang menguntungkan bagi para pelajar internasional. Mereka tidak perlu membuat visa kerja yang terpisah jika ingin bekerja di luar perkuliahan, bahkan mereka bisa segera bekerja sesaat setelah program studi dimulai. Setelah lulus, para lulusan internasional juga memiliki kesempatan untuk bekerja di Kanada sampai satu tahun setelah menerima gelar. Para lulusan internasional hanya perlu mengajukan permohonan untuk ijin kerja di bawah Post Graduation Work Permit Program.

  • Sistem pendidikan

Kanada adalah salah satu pelaku pendidikan top dunia dan berada di antara tiga negara yang mempunyai pengeluaran per kapita terbesar untuk pendidikan umum pasca-sekolah menengah. Sistem pendidikan di Kanada sendiri terbagi menjadi beberapa bagian, yakni Tingkat Sertifikat, Diploma, Advanced Diploma, Sarjana, Master dan Doktor/PhD.

  • Memiliki ekonomi yang kompetitif

Kanada adalah salah satu negara G8 dengan laju pertumbuuhan ekonomi yang besar. International Monetary Fund (IMF) juga memperkirakan lagu pertumbuhan negara ini terus menguat dari tahun ke tahun. Bahkan, diperkirakan bahwa Kanada akan memimpin G-7 dalam pertumbuhan ekonomi dalam 50 tahun ke depan.

  • Negara yang multikultur

Kanada secara resmi memiliki dua bahasa nasional, yakni bahasa Inggris dan Perancis. Namun, Kanada sendiri memiliki lebih dari 200 bahasa dari berbagai etnis dunia yang dipakai. Kultur yang toleran ini tak hanya diterapkan pada pergaulan dan masyarakatnya, namun juga dalam hukum dan pemerintahan.


Persyaratan Kuliah di Kanada

Untuk syarat kuliah di Kanada akan sangat bergantung dari universitas yang kamu pilih. Masing-masing universitas juga memiliki syarat dokumen sendiri yang harus kamu lampirkan saat proses pendaftaran.

Beberapa universitas di Kanada hanya meminta transkrip nilai akademis yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris saat pendaftaran. Namun, beberapa universitas lainnya akan meminta personal statement atau juga hasil pemeriksaan kesehatan.

Jadi, akan lebih baik jika kamu mengunjungi situs resmi universitas atau menghubungi langsung universitas tersebut, agar kamu bisa mendapatkan informasi lebih lengkap terkait syarat masuk kuliah di Kanada.


Daftar Kuliah di Kanada

Pendaftaran di universitas Kanada harus dilakukan secara langsung di universitas tujuan. Sebab, Kanada tidak memiliki sistem pendaftaran pusat seperti UCAS di Inggris atau Common Application di Amerika. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena setiap provinsi atau teritori di Kanada bertanggung jawab terhadap semua pendidikan di daerah yang bersangkutan.

Salah satu cara mudah yang bisa dilakukan adalah dengan memeriksa situs resmi universitas tersebut atau langsung mengirimkan email ke staf pendaftarannya. Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah mendaftar melalui agen pendidikan luar negeri.


Tempat Wisata di Kanada

Dengan segala keindahan alam yang indah di negara ini, akan sangat disayangkan jika kamu tidak meluangkan waktu untuk menikmatinya. Di waktu luang atau ketika tidak ada perkuliahan, kamu bisa mengunjungi beberapa destinasi wisata yang dimiliki oleh negara ini.

  • Lake Louise, Alberta

Lokasi ini disebut sebagai tempat paling indah di Kanada. Bahkan, banyak orang menyebut bahwa tempat ini adalah salah satu tempat yang wajib dikunjungi sebelum mati.

  • Kelowna

Masyarakat Kanada menghabiskan waktu liburan mereka di tempat ini. Sungai yang bersih dan dikelilingi dengan pepohonan membuat tempat ini menjadi destinasi wisata popular di Kanada.

  • Ottawa, Ontario

Ibukota Kanada ini memiliki banyak tempat untuk dikunjungi, sebut saja Museum Royal Ontario, Museum Ripley, dan yang paling terkenal adalah Air Terjun Niagara.

  • Vancouver, British Columbia

Tempat ini dikelilingi oleh air dan bukit, sehingga menjadikannya tempat yang cocok untuk berkemah, hiking, bahkan berlayar.


Transportasi di Kanada

Kanada terkenal sebagai salah satu negara yang memiliki transportasi umum yang cepat, bersih dan efisien. Transportasi umum yang bisa kamu pilih, di antaranya adalah kereta api atau bus. Jalur kereta api di Kanada, VIA Rail sendiri dimiliki dan dijalankan oleh pemerintah. VIA Rail juga memiliki jalur kereta api antar-kota melalui Ontario Corridor yang padat.

Selain kereta, kamu juga bisa menggunakan bus, yang rutenya melintasi perbatasan dan menghubungkan Kanada dengan kota-kota di Amerika. Bus-bus di Kanada juga terkenak dengan kenyamanan dan kecepatannya.

Jika memilih transportasi pribadi, kamu bisa menggunakan mobil dan tentunya kamu harus memiliki surat ijin mengemudi terlebih dahulu. Perlu diingat juga bahwa mengemudi mobil di Kanada berada pada sisi kanan jalan.


Pengurusan Visa Pelajar Untuk Kuliah di Kanada

Sebagai pelajar internasional, kamu membutuhkan visa pelajar untuk bisa kuliah di Kanada. Proses pengajuan visa yang membutuhkan waktu, membuat kamu harus mengurusnya dari jauh hari sebelum jadwal pendaftaran dimulai. Perhatikan juga syarat-syarat yang harus dibawa saat mengajukan visa agar proses pengajuan visa berjalan lancar.

Biaya Pengurusan Visa

Biaya pengurusan visa pelajar untuk kuliah di Kanada bisa kamu lihat di situs resmi lembaga terkait, atau kamu juga bisa menghubungi langsung lembaga tersebut agar mendapatkan informasi yang lebih relevan dan lengkap terkait biaya yang harus kamu keluarkan untuk pengurusan visa.

Persyaratan dan Cara Buat Visa

Kamu bisa mengajukan visa pelajar dari Indonesia secara online di situs resmi Citizen and Immigration Canada (CIC). Untuk syarat yang harus kamu bawa adalah beberapa dokumen berikut:

  • Terdaftar di salah satu institusi atau lembaga pendidikan di Kanada
  • Tidak memiliki laporan criminal
  • Sehat secara jasmani (dilengkapi dengan tes Kesehatan)
  • Bukti bahwa kamu akan berada di Kanada untuk belajar
  • Letter of Acceptance dari universitas tujuan
  • Dokumen yang menunjukkan bahwa kamu sanggup menanggung biaya kuliah dan biaya hidup di Kanada

Setelah semua selesai, kamu akan diberikan kode referensi personal, daftar dokumen yang harus kamu lampirkan dalam bahasa Inggris atau Perancis.

Dokumen-dokumen tersebut harus kamu unggah di situs resmi CIC, melengkapi pendaftaran, membayar biaya pendaftaran online dengan kartu kredit dan mengajukan pendaftaran.

Cara Pembayaran Visa

Sama seperti jumlah biaya pembuatan visa, cara pembayarannya pun bisa kamu ketahui dengan mengunjungi situs resmi CIC atau menghubungi kontak resmi mereka. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan informasi yang lebih lengkap dan relevan terkait cara pembayaran visa pelajar ke Kanada. Keseluruhan biaya akan dikonfirmasikan kembali sebelum kamu membayarnya.


Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Kanada

Meski biaya kuliah di Kanada terbilang terjangkau dibandingkan dengan negara lainnya, seperti Amerika dan Inggris, namun kamu perlu mengetahui jumlah pasti biaya yang dibutuhkan dengan mengunjungi langsung situs resmi universitas atau juga menghubungi kontak resmi tim pendaftaran dari universitas tujuan.

Untuk biaya hidup sendiri, Kanada memiliki biaya hidup yang cukup tinggi karena merupakan salah satu negara maju di dunia. Masing-masing kota di Kanada memiliki biaya hidup yang berbeda. Pada beberapa kota besar, ada kemungkinan biaya hidup yang dibutuhkan sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan kota yang lebih kecil. Untuk itu, perencanaan keuangan tetap diperlukan, sebelum kamu memutuskan untuk kuliah di Kanada.


Universitas di Kanada

Kanada memiliki deretan universitas terkemuka yang bisa dijadikan tujuan kuliah bagi banyak pelajar, bahkan dari seluruh dunia. Bahkan, beberapa universitasnya tercatat berhasil berada di peringkat dunia yang cukup baik. Berikut daftar universitas di Kanada yang bisa kamu pilih:

+
 
Konsultasi Gratis

Isi formulir registrasi di bawah ini:

Powered by BreezingForms

Chat with us: