Korea Selatan

korea_selatan.jpg

Setelah berpisah dari Korea Utara pada tahun 1948 menjadi negara yang diatur secara terpisah, Korea Selatan telah berkembang menjadi kekuatan Asia yang diakui secara internasional di bidang teknologi, pendidikan dan pariwisata.

Korea menjadi negara dengan sejarah yang panjang dan kaya. Bahkan, Dalam beberapa dekade terakhir, negara ini terkenal di dunia dalam bidang teknologi, mode, kecantikan dan banyak lagi. Kuliah di Korea Selatan telah menjadi impian bagi banyak siswa internasional.

Kuliah di Korea Selatan

Lebih dari 123.000 siswa internasional kuliah di Korea Selatan pada tahun 2017 dan pemerintah telah menetapkan target 200.000 siswa internasional pada tahun 2023. Sebagai bagian dari fokus internasional, beberapa universitas di Korea Selatan, termasuk Yonsei University membuka kampus internasional baru untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat.

SOUTH-KOREA.png


Mengapa Kuliah di Korea Selatan?

Korea Selatan menyambut siswa internasional dengan keramahannya. Biaya kuliah yang masuk akal juga menjadi salah satu alasan mengapa banyak siswa memilih negara ini.

Siswa yang kuliah di Korea dapat mendaftar dalam program akademik yang ekstensif. Semua siswa dapat mempelajari beragam topik seperti teknik, bisnis dan budaya Korea. Selama berada di Korea Selatan, siswa juga dapat memanfaatkan kesempatan  belajar, mengasah, dan berlatih bahasa Korea. Siswa dapat memanfaatkan magang dan peluang karir masa depan.


Keuntungan Kuliah di Korea Selatan

Investasi dalam pendidikan dan penelitian telah menjadi jantung pertumbuhan Korea Selatan untuk menjadi ekonomi terbesar ke-11 di dunia dan ekonomi terbesar keempat di Asia.

Ada beberapa keuntungan yang juga bisa kamu dapatkan ketika memutuskan untuk kuliah di Korea Selatan.

  • Pendidikan Berkualitas Tinggi

Pendidikan masih merupakan komponen utama untuk mendaftar secara internasional. Siswa yang kuliah di Korea Selatan bisa mendapatkan pendidikan berkualitas tinggi di beberapa institusi paling terkemuka di Asia.

  • Menikmati Kebudayaan Korea

Siswa yang belajar di Korea Selatan akan mendapatkan perspektif dunia dan apresiasi budaya yang lebih besar. Siswa dapat mengalami hiburan Korea, kehidupan malam, dan tradisi kuliner sambil mendapatkan pengetahuan langsung tentang pengaruh global Korea Selatan.

  • Jelajahi Kota-Kota Indah

Kota-kota modern Korea Selatan  mungkin menarik perhatian, tetapi sebagian besar Semenanjung Korea memiliki keindahan alam yang luar biasa. Selain itu, pedesaan dan pantai yang cerah memberikan siswa kesempatan untuk menikmati suasana yang berbeda.


Persyaratan Kuliah di Korea Selatan

Beberapa universitas menerima aplikasi online, membuat prosedurnya efisien dan mudah untuk memantau kemajuannya, tetapi banyak sekolah masih bersikeras pada aplikasi langsung di atas kertas.

Berikut ini beberapa daftar dokumen aplikasi untuk kuliah di Korea Selatan. Namun, perlu diingat bahwa setiap universitas mungkin memiliki persyaratan khusus.

  • Formulir pendaftaran universitas
  • Dokumen pendukung keuangan termasuk sertifikat bank, jaminan keuangan
  • Dokumen pendukung akademik
  • Pernyataan tujuan
  • Ijazah sekolah menengah atas resmi (diterjemahkan dan diaktakan)
  • Transkrip sekolah menengah atas resmi (diterjemahkan dan diaktakan)
  • Dokumen asli untuk bukti kemahiran bahasa (Inggris / Korea)
  • Dokumen pendukung identifikasi: fotokopi paspor, akta catatan rumah tangga

Untuk persyaratan lengkap, kamu bisa mengunjungi situs resmi universitas tujuan.


Daftar Kuliah di Korea Selatan

Sebagian besar universitas membuka pendaftaran dua kali dalam setahun. Aplikasi kursus bahasa biasanya lebih fleksibel, dimulai setiap tiga bulan atau bahkan lebih sering dengan prosedur aplikasi yang lebih sederhana.

Tidak ada otoritas penerimaan pusat di Korea, jadi setiap sekolah menetapkan tenggat waktu mereka sendiri, yang dapat ditemukan di situs resmi sekolah. Secara umum, prosedur aplikasi adalah sebagai berikut:

  • Batas waktu pengajuan aplikasi: 4 - 5 bulan sebelumnya (Oktober untuk Semester Musim Semi, April untuk Semester Musim Gugur)
  • Wawancara
  • Pemberitahuan hasil penerimaan
  • Pembayaran biaya kuliah
  • Penerbitan Surat Penerimaan
  • Permohonan visa

Program gelar diajarkan dalam bahasa Korea dan/atau Inggris yang mencakup berbagai mata pelajaran.


Tempat Wisata di Korea Selatan

Secara keseluruhan, negara ini memiliki sejarah yang kaya, di mana berbagai kerajaan telah mendominasi sepanjang zaman. Ketika kamu memiliki waktu senggang selama kuliah di Korea Selatan, berikut beberapa tempat wisata yang bisa kamu kunjungi.

  • Gyeongbokgung Palace

Berlokasi di jantung kota Seoul, tempat ini adalah salah satu gedung ikonik di Korea Selatan. Konstruksi bangunannya sudah ada sejak 1395. Selama beberapa tahun terakhr, beragam ruangan dan struktur bangunan telah ditambahkan yang menjadikan bangunan ini semakin menarik.

  • Namiseom Island

Namiseom menjadi bagian dari wilayah Gapyeong yang lebih besar, diselimuti pemandangan alam yang indah. Ini merupakan tujuan yang sangat populer untuk pariwisata domestik. Pulau ini dinamai Jenderal terkenal Nami yang dimakamkan di sini pada abad ke-17.

  • Hwaseong Fortress

Benteng yang luar biasa ini adalah bukti nyata dari sejarah unik dan kekuatan militer Korea. Kompleks ini memiliki  tembok benteng sepanjang hampir enam kilometer, dan berbagai menara gerbang. Setiap musim gugur, Festival Budaya Suwan Hwaseng berlangsung menampilkan peragaan ulang dan pameran budaya lainnya.


Transportasi di Korea Selatan

Transportasi umum di Korea Selatan cukup luar biasa. Negara ini menjadi rumah bagi 8 bandara internasional, 6 bandara domestik, jaringan kereta berkecepatan tinggi KTX yang terkenal, sistem kereta bawah tanah modern dan salah satu pelabuhan laut tersibuk di dunia, Korea menawarkan banyak pilihan transportasi.

Beberapa transportasi umum yang bisa kamu pilih di Korea Selatan, seperti subway, bus, taksi, kereta dan sepeda. Beberapa kota besar berpenduduk dan lalu lintas padat, sistem transportasi umum berkembang dengan baik dalam sistem yang sistematis dan mutakhir. Kota Seoul menggunakan sistem jalur khusus bus yang memungkinkan bus tetap tidak terpengaruh oleh lalu lintas kota yang padat.


Pengurusan Visa Pelajar untuk Kuliah di Korea Selatan

Visa pelajar Korea Selatan dibutuhkan ketika kamu ingin kuliah di negara ini. Prosedurnya dimulai dengan mendaftar dan diterima oleh sekolah di Korea dan membayar biaya sekolah. Sekolah kemudian akan mengirimkan dokumen yang kamu perlukan untuk mengajukan permohonan dan mendapatkan visa dari kedutaan Korea di negara asal.

Biaya Pengurusan Visa

Jika berencana untuk belajar di universitas Korea selama lebih dari 90 hari, maka kamu harus mengajukan permohonan visa pelajar. Untuk mendaftar, kamu memerlukan Sertifikat Penerimaan dari universitas Korea. Untuk mendapatkan dokumen ini, kamu biasanya harus membayar minimal 2 periode masing-masing 10 minggu. Universitas Korea menyediakan 4 periode 10 minggu per tahun akademik.

Biaya pengurusan visa sendiri bisa kamu ketahui dengan mengunjungi situs resmi lembaga terkait.

Persyaratan dan Cara Buat Visa

Kamu harus mengajukan permohonan visa di kedutaan Korea di negara asal. Hubungi Kedutaan jika kamu memiliki pertanyaan tentang aplikasi visa. Beberapa dokumen yang harus kamu sertakan adalah

  • Paspor asli yang masih berlaku minimal 6 bulan setelah rencana masuk ke Korea
  • Dokumen visa dari CoA universitas Korea atau Konfirmasi Penerbitan Visa
  • Biaya aplikasi visa
  • Selama pandemi Anda juga harus mengisi formulir laporan Kondisi Kesehatan dan mengikuti tes Covid dalam waktu 48 jam sebelum keberangkatan.
  • 1 foto paspor (tidak diperlukan untuk siswa dengan Konfirmasi Penerbitan Visa)
  • Formulir aplikasi visa yang telah diisi (lihat situs web kedutaan untuk versi terbaru).

Cara Pembayaran Visa

Masing-masing kedutaan memiliki cara pembayaran visa yang berbeda. Penting untuk mengetahuinya dengan mengunjungi situs resmi kedutaan yang bersangkutan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pengurusan visa, kamu dapat menghubungi tim konsultan kami.


Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Australia

Universitas-universitas di Korea membebankan biaya kuliah yang sama kepada siswa domestik dan internasional. Universitas swasta lebih mahal daripada universitas negeri. Program seperti Kedokteran, Teknik, dan lainnya harganya jauh lebih mahal daripada program lain.

Kecuali biaya kuliah, siswa yang baru terdaftar juga perlu membayar satu kali masuk dan/atau biaya pendaftaran di awal program mereka. Siswa biasanya membayar sekali atau dua kali per tahun. Perkiraan biaya kuliah tahunan untuk sarjana adalah 4,000-20,000 USD, tergantung pada universitas dan program, dengan rata-rata 11,000 USD.

Biaya hidup yang relatif rendah untuk makanan, transportasi dan akomodasi membuat kuliah di Korea menjadi pilihan banyak orang. Kantin sekolah menyediakan makanan murah dan berkualitas baik. Bahan makanan di supermarket tidak hanya penuh dengan pilihan tetapi juga memiliki harga yang terjangkau. Rata-rata biaya  bulanan untuk makanan sekitar 300 USD.


Universitas di Korea Selatan

Pendidikan tinggi telah ada di sini sejak abad ke-4. Saat ini, ada 179 perguruan tinggi negeri dan 43 perguruan tinggi swasta. Kualitas pendidikan di negeri ini cukup luar biasa, sehingga  tidak heran mengapa banyak orang asing yang ingin belajar di sini. Sebagian besar universitas di sini berada di peringkat terbaik di dunia.

Selain itu, ada universitas terbuka, sekolah kejuruan, dan perguruan tinggi industri. Ada lebih dari 16.000 mahasiswa asing saat ini. Ketika lulus, jangan ragu untuk mencari pekerjaan. Jika kamu adalah orang asing, kamu akan membutuhkan izin kerja yang masih berlaku.

+
Event Registration