New Zealand

pilihan destinasi kuliah di selandia baru new zealand

Selain kaya akan pemandangan alamnya yang menakjubkan, universitas terbaik di New Zealand juga sering menjadi tujuan kuliah para pelajar, bahkan dari seluruh dunia. Dalam kualitas pendidikan, New Zealand unggul dalam beberapa bidang, seperti Sains, Mathematic, Culinary, Hospitality, Tourism, dan Engineering. Kuliah di New Zealand akan membuatmu memiliki pengalaman kuliah yang sangat berharga.

Semua institusi pendidikan di negara ini terkenal dengan kualitas yang cukup baik, para pengajar yang ahli, hingga fasilitas dan sumber daya yang berkualitas tinggi. Karena hal inilah, New Zealand dianggap sebagai negara yang cukup menjanjikan untuk melanjutkan pendidikan.


Kuliah di New Zealand

Semua institusi pendidikan di New Zealand secara rutin dipantau dan diuji untuk memastikan kualitasnya terjaga dan konsisten. Kontrol kualitas dilakukan oleh lembaga resmi dan dimaksudkan agar sekolah memenuhi standar pendidikan tertinggi. Hal ini dilakukan untuk menjaga kepuasan para pelajar dan agar mereka bisa memiliki pengetahuan yang luas, aman dan terjaga dengan baik.

Melanjutkan studi di New Zealand, membuat kamu harus tinggal di negara yang sangat aman dan nyaman. Negara ini memiliki populasi penduduk yang cukup sedikit, yakni hanya sekitar 4 juta orang. Bahkan, menurut Indeks 2016 Global Peace, New Zealand menjadi negara paling damai ke-4 di dunia.

Bahasa yang digunakan di negara ini umumnya adalah bahasa Inggris. Hal ini menjadi poin penting bagi banyak pelajar internasional yang tidak menguasai bahasa lokal. Para mahasiswa bisa lebih mudah berkomunikasi dengan penduduk lokal, bahkan dengan teman di kampus mereka.

map kuliah di selandia baru new zealand


Mengapa Kuliah di New Zealand?

Negara yang satu ini terkenal dengan sistem edukasi yang inovatif, di mana para pelajar diharapkan bisa berpikir kreatif dan kritis. Lima universitas di New Zealand memperoleh peringkat top 400 universitas terbaik di dunia oleh Times Higher Education World University Rankings 2013-2014.

Di sini, kamu bisa memilih berbagai program studi yang ditawarkan oleh universitas. Umumnya, jurusan yang bisa dipilih adalah Manajemen dan Perdagangan, Teknologi Informasi, Teknik, hingga Seni Kreatif. Ada pula beberapa program khusus lainnya yang bisa dipilih.

Selain beberapa hal di atas, ada alasan lain yang mengapa kamu perlu memilih New Zealand sebagai tujuan kuliah, salah satunya adalah pilihan lembaga pendidikan yang beragam dan berkualitas. Kamu bisa memilih pendidikan tinggi, mulai dari politeknik, institute teknologi, dan organisasi pelatihan industri.


Keuntungan Kuliah di New Zealand

Dengan kuliah di New Zealand, kamu bisa memilih berbagai universitas ternama dan program studi. Universitas New Zealand juga menawarkan berbagai benefit untuk para mahasiswanya. Selain kualitas pendidikan yang cukup baik, kamu bisa mendapatkan beberapa benefit ini saat kuliah di New Zealand.

  • Ekonomi yang stabil

Berada di sudut dunia, membuat New Zealand sering dianggap sebagai negara yang terpencil dan jauh dari modernitas. Namun, perlu diketahui bahwa negara ini memiliki perekonomian yang sangat stabil, di mana biaya hidup yang rendah dan pemerintah yang lebih stabil daripada pemerintah negara lain.

  • Budaya dan lingkungan yang aman

Para pelajar internasional tentu menginginkan sebuah negara yang aman, mengingat mereka harus jauh dari rumah dan keluarga. New Zealand bisa menjadi salah satu negara yang tepat, sebab negara ini memiliki lingkungan yang aman dan nyaman. Tingkat kriminalitas di New Zealand terbilang cukup rendah, sehingga kamu akan merasa lebih aman selama tinggal di sini.

  • Ada berbagai jurusan favorit

Ada beberapa jurusan di New Zealand yang berhasil masuk dalam daftar 50 jurusan terbaik di dunia, jurusan yang dimaksud di sini adalah Teknik, Bisnis, Geotermal dan Kuliner. Namun, kebanyakan mahasiswa internasional, khususnya Indonesia memilih jurusan yang tidak jauh berbeda dengan yang tersedia di universitas dalam negeri, seperti Bisnis, Bahasa Inggris, Kuliner dan Teknik.

  • Sistem pendidikan

Universitas di New Zealand menjalin kolaborasi antara universitas dengan industri yang saat ini sedang berkembang. Semua pendidikan tinggi di negara ini mengharuskan para mahasiswanya untuk belajar sesuai dengan kebutuhan industri. Jadi, para mahasiswa akan benar-benar siap untuk menghadapi dunia industri yang dipilih. Di luar itu, para pengajar atau dosen di New Zealand cukup terbuka dan ramah dengan para mahasiswa. Bahkan, para dosennya sangat terbuka untuk menerima kritikan saat belajar di kelas.

  • Peluang kerja yang manjanjikan

Kantor studi internasional di universitas bisa membantu para mahasiswa untuk menemukan pekerjaan setelah kamu lulus nantinya. Kamu juga akan secara otomatis mendapatkan ijin kerja selama satu tahun terhitung dari lulus kuliah. Selama masa kuliah, kamu juga diperkenankan untuk bekerja selama 20 jam seminggu selama satu semester, dan 40 jam per minggunya selama masa liburan.


Persyaratan Kuliah di New Zealand

Sebagai mahasiswa internasional yang datang dari luar New Zealand, kamu perlu memenuhi berbagai persyaratan agar bisa diterima sebagai mahasiswa di negara ini. Berikut beberapa syarat kuliah yang dibutuhkan untuk bisa melanjutkan studi ke New Zealand.

  • Kemampuan bahasa Inggris

Sudah bukan rahasia lagi jika kuliah di luar negeri membutuhkan kemampuan bahasa Inggris yang memadai. Sebab, dengan menguasai bahasa Inggris kamu bisa lebih mudah dalam berkomunikasi dan bersosialisasi di negara tujuan. Hal ini juga yang ditetapkan oleh New Zealand untuk para mahasiswa internasionalnya. Menguasai bahasa Inggris juga menjadi salah satu syarat mendapatkan Letter of Acceptance dari universitas.

  • IELTS dan TOEFL

Dua sertifikasi ini adalah bukti kemampuan bahasa Inggris yang kamu miliki. Umumnya, syarat minimal untuk IELTS adalah 6.5, sedangkan untuk TOEFL adalah 550. Jika kamu belum mencapai angka tersebut, maka kamu harus meningkatkan kemampuan bahasa Inggris demi mendapatkan skor minimal yang telah ditentukan.

  • Visa dan Medical Checkup

Kamu harus mengantongi visa pelajar untuk bisa kuliah di New Zealand. Dengan ijin ini, kamu bisa belajar sekaligus bersempatan untuk bekerja paruh waktu di New Zealand. Selain visa pelajar, kamu juga harus melampirkan bukti catatan medis saat melakukan pendaftaran.


Daftar Kuliah di New Zealand

Kamu bisa mengunjungi situs resmi universitas untuk mendaftarkan diri. Cara lain yang lebih mudah bisa kamu lakukan adalah dengan mendaftarkan diri lewat agen pendidikan luar negeri. Jika kamu memilih cara ini, maka semua proses pendaftaran akan dibantu oleh tim agen pendidikan tersebut.

Untuk bisa mendaftarkan diri, kamu harus mengisi formulir pendaftaran yang umumnya tersedia di situs resmi universitas. Namun, semua dokumen yang kamu submit harus dalam bahasa Inggris. Beberapa dokumen mungkin tidak bisa dikirimkan melaui online dan hanya bisa dikirim melalui pos atau kurir.

Setelahnya, jika kamu diterima, kamu akan menerima surat penawaran, termasuk juga informasi rinci mengenai tanggal mulai, biaya kuliah dan informasi penting lainnya.

Jika kamu memutuskan untuk menerima surat penawaran tersebut, maka kamu diharuskan untuk membayar biaya kuliah dan proses pendaftaran akan segera diproses oleh universitas.

education new zealand recognised agency


Tempat Wisata di New Zealand

Kuliah di New Zealand tidak akan lengkap rasanya jika tidak menikmati keindahan alam dan tempat wisata di negara ini. Saat memiliki waktu luang, kamu harus mengunjungi beberapa tempat wisata ini, agar energi kamu terisi kembali.

  • Taman Nasional Gunung Cook

Di sini, kamu bisa mendaki, bermain ski, berburu, berkemah atau sekadang menikmati alam dan memandangi langit berbintang di malam hari.

  • Museum Nasional Te Papa

Museum yang satu ini sarat akan budaya, ilmu, inovasi dan memiliki suasana yang menyenangkan. Museum Nasional Te Papa bisa menjadi tujuan destinasi saat kamu hanya memiliki waktu singkat untuk berlibur.

  • Te Puia

Ingin mengenal budaya suku Maori? Tempat ini adalah tempat terbaik untuk hal tersebut. Ada banyak hal yang diwariskan suku Maori sejak ratusan tahun silam dan bisa kamu temukan di sini.

  • Milford Sound

Tempat ini merupakan perairan yang menjadi bagian dari Taman Nasional Fiordland dan dikelilingi tebing batu yang menjulang tinggi.


Transportasi di New Zealand

Negara indah ini memiliki transportasi yang cukup banyak. Di sini, kamu bisa menggunakan bus, taksi, pesawat, feri dan kereta api untuk berpindah tempat. Harga untuk masing-masing transportasi jelas berbeda dan tergantung dari jarak, serta waktu pemakaian.

Harga tiket juga berbeda untuk penggunaan harian dan mingguan. Untuk kamu yang lebih sering menggunakan transportasi umum, kamu bisa membeli tiket mingguan dengan harga yang lebih murah, terutama untuk para pelajar.


Pengurusan Visa Pelajar untuk Kuliah di New Zealand

Semua mahasiswa internasional diharuskan untuk memiliki visa pelajar untuk bisa kuliah di New Zealand. Proses pengajuan visa pelajar sendiri biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama, karena prosesnya yang lumayan panjang. Untuk itu, kamu diharapkan untuk segera mengajukan visa pelajar, sesaat setelah menerima surat penawaran dari universitas yang dituju.

Biaya Pengurusan Visa

Informasi mengenai nominal biaya yang dibutuhkan untuk pengurusan visa pelajar ke New Zealand bisa kamu dapatkan melalui situs resmi lembaga terkait. Jika kamu membutuhkan rincian biaya yang lebih detail, kamu bisa menghubungi kontak resmi lembaga tersebut, sebab biaya yang dibutuhkan bisa saja berubah sewak-waktu.

Persyaratan dan Cara Buat Visa

Proses pengajuan visa bisa dilakukan dengan mencetak formulir pengajuan visa pelajar (INZ 1012) di situs Imigrasi Selandia Baru. Pada situs ini, kamu juga bisa menghitung berapa biaya yang perlu kamu bayarkan. Kamu harus melampirkan surat keterangan Kesehatan atau dokumen lainnya yang dibutuhkan. Beberapa dokumen yang dibutuhkan sebagai syarat pengajuan visa ke New Zealand adalah:

  • Bukti kelakuan baik (jika masa studi lebih dari 24 bulan)
  • Bukti Medical Check Up dan/atau Chest X-Ray
  • Paspor asli & 3 lembar pas foto ukuran 4x6 dengan latar belakang putih
  • Formulir dari Kantor Kedutaan Besar
  • Bukti pembayaran biaya kuliah dan asuransi dari universitas tujuan

Jika semua dokumen sudah lengkap, kamu bisa mengajukan permohonan aplikasi visa. Setelah mengajukan permohonan visa pelajar, kamu harus menunggu proses selesainya visa tersebut.Nantinya, ketika visa yang diajukan telah selesai, kamu akan mendapatkan informasi melalui email.

Cara Pembayaran Visa

Proses pembayaran visa bisa dilakukan dengan tunai, kartu kredit, kartu debit dan transfer bank. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi situs resmi lembaga terkait atau juga menghubungi lembaga tersebut.

Pastikan juga kamu bertanya mengenai biaya pasti yang dibutuhkan dalam proses pengajuan visa tersebut. Pihak lembaga biasanya akan menjelaskan secara rinci mengenai jumlah biaya dan cara pembayaran visa tersebut.


Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di New Zealand

Informasi mengenai biaya kuliah di new zealand bisa kamu dapatkan di situs resmi universitas tujuan. Masing-masing universitas menetapkan biaya kuliah yang berbeda untuk berbagai jurusan dan program studi. Untuk itu, mengunjungi situs resmi universitas adalah cara terbaik agar kamu bisa mendapatkan informasi lengkap mengenai biaya kuliah di universitas tersebut.

Sedangkan, biaya hidup di New Zealand juga tergantung dari di kota mana kamu tinggal. Biaya hidup tertinggi adalah di Auckland. Namun, jika kamu mengatur keuangan dengan baik, maka kamu tetap bisa hidup dengan nyaman di negara ini. Biaya hidup di New Zealand biasanya mencakup makan, akomodasi, transportasi, internet, hiburan dan berbagai kebutuhan pribadi lainnya.

Untuk menambah biaya hidup, kamu bisa kuliah sambil kerja di new zealand. Kamu tidak perlu khawatir karena negara ini mengijinkan hal tersebut, namun tetap dengan durasi yang telah ditetapkan.


Universitas di New Zealand

Beragam universitas terkemuka ada di negara ini dan bebas dipilih oleh para mahasiswanya, termasuk juga mahasiswa internasional. Dari banyaknya universitas ternama yang ada di negara ini, kamu bisa memilih satu yang benar-benar sesuai dengan dirimu dan menawarkan program studi serta jurusan yang kamu inginkan. Berikut referensi universitas terbaik di New Zealand khusus untuk kamu.

+
 
Konsultasi Gratis

Isi formulir registrasi di bawah ini:

Powered by BreezingForms

Chat with us: