Polandia

polandia.jpg

Polandia adalah negara besar dengan sejarah yang kaya, budaya yang dinamis dan orang yang ramah. Berkat upaya internasionalisasi baru-baru ini, Polandia menarik semakin banyak siswa dari luar negeri. Negara ini menawarkan pendidikan kelas dunia dengan biaya kuliah yang sederhana dan biaya hidup yang sangat terjangkau.

Mengikuti Proses Bologna, Polandia memiliki tiga tingkat studi dan menawarkan program dalam berbagai bidang studi. Sistem pendidikan tinggi Polandia terbagi antara institusi yang didanai publik dan swasta. Kedua jenis lembaga ini memiliki tingkat akreditasi dan spesialisasi mata pelajaran masing-masing.


Kuliah di Polandia

Pendidikan tinggi di Polandia memiliki sejarah sejak hampir 800 tahun yang lalu, dan negara ini adalah rumah bagi lebih dari 400 institusi, banyak di antaranya sekarang juga menawarkan program studi dalam bahasa Inggris.

Sistem pendidikan tinggi Polandia juga dikenal dengan institusi teknisnya yang khusus. Mereka mendidik puluhan ribu spesialis setiap tahun dalam mata pelajaran seperti teknik atau ilmu komputer.

Ada lebih dari 1,2 juta siswa yang belajar di Polandia, di hampir 380 universitas. Yang lebih mengesankan lagi, sebagian besar program ditawarkan dalam bahasa Polandia dan Inggris, selain itu, ada ratusan bahasa yang diajarkan di sini. Ada lebih banyak perguruan tinggi seni serta fakultas humaniora dan universitas teknologi, semuanya dilengkapi dengan laboratorium dan komputer super yang ideal.

POLAND.png


Mengapa Kuliah di Polandia?

Polandia adalah tempat di mana kamu bisa mendapatkan diploma yang akan membuka pintu bagi perusahaan terbaik di Eropa. Negara ini memiliki banyak fasilitas lain, seperti fakta bahwa sekolah kedokterannya terakreditasi di AS dan bahwa, saat belajar di Polandia, kamu memiliki akses ke program studi Uni Eropa dan dapat melakukan magang atau magang di luar negeri.

Polandia juga memiliki lokasi geografis yang menguntungkan di mana koneksi transporasi sangat baik ke seluruh Uni Eropa.


Keuntungan Kuliah di Polandia

Jika kamu mempertimbangkan Polandia sebagai tujuan studi, maka negara di Eropa Tengah ini memiliki banyak hal untuk ditawarkan kepada siswa yang mencari pendidikan berkualitas tinggi. Beberapa keuntungan kuliah di Polandia adalah

  • Lokasi yang Strategis

Negara ini adalah jembatan antara Eropa Barat dan Timur, jadi bus dan kereta api adalah pilihan yang bagus untuk berkeliling dan menjelajah. Ada juga pilihan perjalanan udara yang bagus dengan penerbangan langsung setiap hari dari banyak bandara Polandia ke sebagian besar ibu kota Eropa.

  • Rumah Universitas Peringkat Tinggi

Polandia adalah rumah bagi banyak institusi pendidikan tinggi terkenal, dengan hampir 20 peringkat dalam 1.000 teratas di seluruh dunia. Universitas-universitas ini juga menawarkan berbagai macam kursus bahasa Inggris yang diajarkan.

  • Pemandangan Menakjubkan

Polandia memiliki lebih dari 1.300 danau di seluruh negeri dan beragam pemandangan yang menakjubkan. Dari Utara ke Selatan, pegunungan dan tepi lautnya memiliki banyak aktivitas menarik untuk ditawarkan.


Persyaratan Kuliah di Polandia

Sebagian besar universitas di Polandia menawarkan kursus dan program yang diajarkan dalam bahasa Inggris, Jerman, dan Prancis. Dengan ini, calon siswa yang ingin belajar sarjana di Polandia harus menyerahkan hasil ujian bahasa resmi. Secara umum, dokumen yang dibutuhkan untuk kuliah di Polandia adalah

  • Ijazah sarjana atau pengganti resmi (dikeluarkan oleh universitas)
  • CV dengan rincian tentang sekolah dan karir profesional (opsional)
  • Satu referensi akademis dan satu referensi pribadi
  • Formulir aplikasi yang telah diisi
  • 4 foto ukuran paspor
  • Salinan ID
  • Bukti kemahiran bahasa inggris (kecuali gelar sebelumnya diajarkan dalam bahasa inggris)
  • Sertifikat medis tanpa kontraindikasi untuk belajar
  • Bukti pembayaran biaya masuk

Daftar Kuliah di Polandia

Bergantung pada universitas dan gelar, proses mendaftar kuliah mungkin berbeda untuk siswa yang ingin mendaftar untuk gelar di Polandia. Persyaratan juga dapat mencakup lulus ujian masuk untuk program gelar tertentu. Namun, ada prosedur dan persyaratan aplikasi standar yang harus kamu pahami dari sebagian besar universitas di Polandia.


Tempat Wisata di Polandia

Ketika kuliah di Polandia, kamu bisa menikmati berbagai tempat wisata terbaik, seperti misalnya:

  • The Auschwitz-Birkenau Memorial And Museum

Dibangun untuk menghormati sekitar 1,5 juta orang yang dimusnahkan di sini selama Perang Dunia II. Saat ini, museum ini berfungsi sebagai area bersejarah penting yang tersisa persis seperti ketika Nazi meninggalkannya, lengkap dengan reruntuhan kamar yang menjadikannya salah satu tempat utama untuk dikunjungi di Polandia.

  • Royal Castle

Terletak di Kota Tua di Castle Square yang indah, tempat ini menampung bangsawan Polandia antara abad ke-16 dan ke-18. Itu dibangun kembali pada 1980-an setelah dihancurkan dalam Perang Dunia Kedua. Jangan lewatkan rangkaian potret raja Polandia dan 23 lukisan Warsawa abad ke-18.

  • The Vistula River Beach

Vistula bertindak sebagai distrik hiburan dan kegiatan rekreasi di tengah Warsawa. Pantai, hamparan padang rumput alami, dan berbagai spesies burung asli menjadikan area ini tempat yang spektakuler untuk bersantai di kota.


Transportasi di Polandia

Sebagian besar kota di Polandia memiliki jaringan transportasi umum yang berkembang dengan baik. Tergantung pada kotanya, mereka termasuk bus, trem, bus listrik, kereta api, dan kereta bawah tanah. Disarankan untuk membeli tiket jangka panjang karena sebagian besar waktu berkendara kamu akan dilalui di transportasi umum.

Sebelum membeli tiket jangka panjang, perlu mendaftarkan diri di kantor transportasi kota. Mereka akan menawarkan dua pilihan, apakah akan membuat kartu transportasi umum baru atau mengintegrasikan kartu ID pelajar kamu dalam sistem tiket mereka.

Jika menggunakan kartu pelajar untuk membeli tiket transportasi umum, perlu diingat bahwa kamu perlu memperpanjang masa berlaku tiket bersama dengan validasi kartu ID siswa. Kamu dapat memeriksa validitas kartu ID siswa yang tertulis pada stiker di bagian belakang kartu.


Pengurusan Visa untuk Kuliah di Polandia

Jika kamu bukan warga negara Uni Eropa/EEA/Swiss, maka harus mendapatkan visa pelajar di kedutaan/konsulat Polandia terdekat. Setelah tiba di Polandia, kamu harus mengajukan permohonan izin tinggal sementara, sebaiknya 45 hari sebelum visa berakhir untuk memperpanjang masa tinggal.

Biaya Pengurusan Visa

Visa pelajar Polandia mungkin membutuhkan waktu hingga 15 hari untuk diproses setelah mengirimkan aplikasi. Setelah menerima surat penerimaan universitas, kamu disarankan untuk mengajukan permogonan visa sesegera mungkin.

Untuk biaya pengurusan, bisa kamu tanyakan langsung ke lembaga terkait. Jika kebetulan kamu mendaftar selama musim panas, waktu pemrosesan untuk aplikasi visa pelajar dapat diperpanjang.

Persyaratan dan Cara Buat Visa

Untuk mendapatkan visa Polandia untuk tujuan studi, kamu harus menyerahkan dokumen-dokumen berikut di konsulat Polandia di negara asal.

  • Menandatangani dan mengisi formulir aplikasi visa dengan 3 foto ukuran paspor
  • Paspor berlaku hingga minimal tiga bulan sejak tanggal kedatangan di negara tersebut
  • Surat penerimaan dari institut Polandia
  • Tanda terima biaya semester pertama dibayar penuh
  • CV
  • Sertifikat yang relevan
  • Bukti tertulis dari pemahaman dan kemahiran dalam Bahasa Inggris
  • Laporan bank yang sesuai yang menunjukkan kondisi keuangan yang memadai untuk masa tinggal di Polandia
  • Asuransi kesehatan
  • Biaya aplikasi untuk visa
  • Bukti akomodasi siswa di negara ini
  • Dokumen perjalanan

Cara Pembayaran Visa

Kamu bisa mengunjungi situs lembaga terkait atau langsung menghubungi ke kontak resmi mereka untuk mengetahui cara pembayaran visa yang tepat. Ini penting dilakukan karena kamu harus mempersiapkan diri sebelum mengajukan permohonan visa.


Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Polandia

Di universitas negeri, mahasiswa Polandia dan EU/EEA & Swiss tidak membayar biaya kuliah untuk gelar yang diajarkan dalam bahasa Polandia. Semua program studi lainnya menuntut biaya kuliah dari mahasiswa. Secara umum, biaya kuliah bervariasi antara:

  • 500 – 6.000 EUR/tahun akademik untuk gelar Sarjana
  • 000 – 8.000 EUR/tahun akademik untuk gelar Master
  • Beberapa gelar dalam Kedokteran Gigi dan Bisnis (terutama MBA) dapat menelan biaya lebih dari 15.000 EUR/tahun. Kamu juga akan membayar lebih jika mendaftar di universitas swasta.

Polandia adalah negara di Eropa dengan ekonomi yang stabil. Biaya hidup bulanan siswa internasional berkisar dari EUR 350 hingga 550 EUR. Namun, biayanya meningkat tergantung pada kota tempat kamu akan tinggal. Kota-kota besar, seperti Krakow atau Warsawa, membutuhkan 500–850 EUR per bulan.


Universitas di Polandia

Universitas Polandia menawarkan lebih dari 800 kursus dalam bahasa asing sebagai bagian integral dari Wilayah Pendidikan Tinggi Eropa, di mana tingkat biaya kuliah lebih baik dibandingkan dengan negara-negara Uni Eropa lainnya. Orang asing yang belajar di Polandia dapat dengan mudah melanjutkan pendidikan mereka di tempat lain di Uni Eropa.

Pelajar asing yang datang ke Polandia dapat mengharapkan kurikulum pendidikan yang menarik dan beragam yang memenuhi standar Eropa yang tinggi - mereka dapat belajar kedokteran, bioteknologi dan teknik, serta seni dan bisnis.

+
Event Registration