Prancis (France)

pilihan destinasi kuliah di prancis france

Dari banyaknya negara di Eropa, Prancis menjadi salah satu negara yang menerima banyak mahasiswa dari berbagai negara. Bahkan, negara ini memiliki jumlah mahasiswa internasional terbanyak keempat di dunia. Kuliah di Prancis memberikan pengalaman tersendiri, mengingat ada banyaknya universitas terbaik di Prancis yang bisa dipilih.

Banyaknya mahasiswa internasional di negara ini akan membuat kamu mempelajari banyak kebudayaan dan bahasa dari berbagai negara. Selain itu, kamu juga bisa membangun relasi yang baik dengan banyak orang dari negara lain. Meski, warga Prancis terkesan dingin dan angkuh, namun mereka tetap ramah dengan para pendatang, terutama para pelajar internasional.


Kuliah di Prancis

Kuliah di Prancis akan membuat kamu memiliki akses ke berbagai pengajaran yang berkualitas dan bisa diakses oleh semua kalangan. Untuk biaya kuliah sendiri, negara ini dianggap memiliki biaya kuliah yang cukup rendah, karena sebagian biaya dibayarkan oleh pemerintah. Namun, jumlah tetap biaya kuliah di Prancis harus kamu cari tahu terlebih dahulu di masing-masing website universitas.

Siapa yang tidak kenal dengan Menara Eiffel yang mendunia? Dengan melanjutkan studi di Prancis, kamu bisa melihat langsung salah satu menara paling ikonik ini. Belum lagi, kamu bisa tinggal di Paris yang menjadi salah satu kota terbaik di dunia. Di sini, kamu juga bisa menikmati kuliner, dari mulai makanan kelas atas hingga jajanan pinggir jalan yang tetap menggugah selera.

Prancis juga dikenal sebagai negara yang kaya akan budaya, di manakamu bisa menjelajahi literatur Prancis klasik di toko buku, atau sekadar menghabiskan waktu di galeri seni. Prancis adalah negara dengan sejuta kekayaan yang bisa kamu nikmati saat memutuskan untuk kuliah di Prancis.

map kuliah di prancis france


Mengapa Kuliah di Prancis?

Dengan kuliah di Prancis, kamu bisa mempelajari bahasa aslinya. Banyak orang beranggapan bahwa mempelajari bahasa akan lebih optimal jika dilakukan langsung di negaranya. Nah, dengan kuliah di Prancis, kamu memiliki kesempatan untuk mempelajari bahasa dengan baik, bahkan langsung dari warga lokal.

Meski materi perkuliahan disampaikan dalam bahasa Inggris, namun mempelajari bahasa Prancis akan memberikan banyak keuntungan, misalnya saja kamu lebih mudah dalam berkomunikasi sehari-hari. Ini juga bisa menjadi bekal untuk kamu meniti karir nantinya.

Alasan lain mengapa kamu perlu kuliah di Prancis adalah banyaknya pilihan institusi pendidikan. Prancis menjadi rumah bagi lebih dari 3.000 institusi pendidikan tinggi dengan kualitas yang memadai. Karena hal ini, kamu memiliki pilihan sekolah, program dan jurusan yang hampir tidak terbatas.


Keuntungan Kuliah di Prancis

Dengan kuliah di Prancis, kamu akan mendapatkan banyak benefit yang tidak bisa kamu dapatkan dari negara lain. Melanjutkan studi dan tinggal di Prancis akan membuat kamu memiliki pengalaman kuliah yang luar biasa. Berikut beberapa benefit yang bisa kamu dapatkan jika kuliah di Prancis.

  • Reputasi Akademik yang Baik

Masyarakat di negara ini sangat mengedepankan pendidikan, terutama pendidikan tinggi. Universitas di Prancis pun tidak segan untuk berinvestasi cukup banyak dalam penelitian, sehingga banyak universitas di negara ini yang secara konsisten masuk dalam peringkat atas dalam ranking dunia. Salah satu fakultas yang memiliki reputasi baik adalah fakultas bisnis. Fakultas ini mendapatkan reputasi dunia untuk kulitas pendidikan dan hasil kompetitif. Insitusi pendidikan Prancis juga dipandang tinggi dalam bidang sasra dan seni.

  • Biaya Pendidikan yang Cukup Terjangkau

Mungkin, masih ada banyak orang yang sedikit kaget ketika mengetahui biaya pendidikan tinggi di Prancis cukup terjangkau, terutama jika kamu bandingkan dengan Inggris dan Amerika. Kementerian Luar Negeri Prancis dan Hubungan Eropa mengalokasikan sejumlah besar bantuan bagi mahasiswa internasional. Negara ini juga menawarkan pendaaan dan bantuan.

  • Gerbang Menuju Eropa

Prancis berbatasan dengan enam negara terpisah. Dengan begitu banyak negara tetangga, kamu memiliki kesempatan untuk mengunjungi negara Eropa lainnya, seperti Jerman dan Spanyol. Sistem transportasi di negara ini juga cukup terjangkau, efisien dan luas. Kamu bisa memilih jenis transportasi yang paling tepat menurutmu.

  • Sistem Pendidikan

Sistem pendidikan di negara ini bersifat sentralisasi dan terbagi menjadi dua, yakni universitas dan Grandes Ecoles. Pendidikan di universitas terbagi menjadi sarjana, master dan doctoral. Sedangkan, Grandes Ecoles adalah program master yang dijunjung tinggi di Prancis.


Persyaratan Kuliah di Prancis

Untuk bisa menjadi mahasiswa di negara ini dan menikmati segala keuntungannya, kamu harus memenuhi persyaratan kuliah yang telah ditetapkan oleh universitas. Meski masing-masing universitas menetapkan persyaratan yang berbeda, namun ada beberapa syarat umum yang harus kamu penuhi untuk bisa kuliah di Prancis.

  • Kemampuan bahasa

Kamu diharapkan mampu menguasai bahasa Inggris dengan baik. Namun, perlu diketahui bahwa program sarjana biasanya menggunakan bahasa Prancis sebagai bahasa pengantarnya. Untuk itu, kamu perlu memiliki sertifikasi DELF B2 sebagai bukti kompetensi berbahasa Prancis. Kamu bisa menyertakan sertifikasi tersebut dengan ijazah sekolah menengah sebelumnya.

  • Motivation Letter

Seperti universitas lainnya, kamu harus memberikan motivation letter atau proposal rencana studi dan rekomendasi. Di sini, kamu harus mengenali dirimu dengan mencari tahu apa saja kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki. Tuliskan juga pengalaman kerja (jika kamu memilikinya), tujuan, cita-cita serta alasan utama mengapa kamu memilih universitas tujuan.

  • Visa Pelajar

Banyak universitas Prancis yang menawarkan bantuan untuk mahasiswa internasional untuk proses pendaftaran aplikasi Visa Pelajar. Dokumen ini pasti kamu perlukan untuk belajar di luar negeri, termasuk juga Prancis.

  • Sertifikasi Bahasa Inggris

Seperti kebanyakan universitas luar negeri lainnya, kamu membutuhkan sertifikasi bahasa Inggris untuk bisa kuliah di Prancis. Umumnya, sertifikasi yang diterima adalah TOEFL/IELTS dengan skor minimal yang telah ditentukan.


Daftar Kuliah di Prancis

Universitas di Prancis biasanya menerapkan pendaftaran dalam tiga tahap, namun hal ini akan tergantung dari universitas yang kamu pilih. Untuk universitas swasta, biasanya proses pendaftaran dilakukan melalui website resmi universitas.

Sedangkan, jika kamu mendaftar ke universitas negeri, pendaftaran bisa dilakukan melalui platform online Campus France yang bernama CEF France. Melalui prosedur ini, siswa akan diijinkan untuk mendaftar ke tujuh institusi yang berbeda. Pendaftaran di CEF terbagi menjadi dua, yakni tes online atau tertulis.

Selain cara mendaftar tersebut, kamu bisa mendaftarkan diri melalui agen pendidikan resmi yang telah bekerja sama dengan universitas tujuan di Prancis. Dengan begitu, proses pendaftaranmu akan jauh lebih mudah dan cepat.


Tempat Wisata di Prancis

Bukan rahasia lagi, jika Prancis memiliki banyak destinasi wisata yang luar biasa. Tempat-tempat ikonik akan memberikan kamu pengalaman berharga. Jadi, jangan lewatkan untuk berkunjung ke berbagai destinasi wisata popular di Prancis.

  • Menara Eiffel

Menara yang sangat ikonik ini berada di taman Champ de Mars, Paris, Prancis. Kamu bisa naik langsung ke puncak menara, atau sekadang menikmati keindahan menara ini dari jarak dekat.

  • Arc de Triomphe

Tempat ini dibangun untuk merayakan kemenangan Prancis dan menghormati semua yang gugur dalam pertempuran. Lokasi tempat ini bisanya dijadikan tempat bila ada pawai atau parade yang lewat.

  • Verdon Gorge Canyon

Sebuah ngarai yang menyajikan pemadangan indah di Prancis. Tempat ini juga dijuluki sebagai Grand Canyon ala Eropa. Kamu bisa melakukan kegiatan arung jeram, paralayang, mendaki bahkan hanya sekadar berjalan kaki menikmati pemandangan di sini.

  • Saint Michel

Destinasi wisata ini adalah sebuah pulau misterius yang mengapung di laut dan kerap menarik perhatian banyak pengunjung. Kemegahan dankeindahan gereja yang masih dipertahankan membuat para pengunjung merasa memasuki abad pertengahan saat memasuki bangunan ini.


Transportasi di Prancis

Prancis sendiri adalah negara maju di benua Eropa. Tak heran jika negara yang satu ini memiliki sistem transportasi yang sangat memadai. Ada beberapa jenis transportasi yang bisa kamu pilih jika memutuskan untuk kuliah di Prancis.

Di sebagian besar kota di Prancis, transportasi umum biasanya disediakan oleh bus dan trem. Jaringannya sendiri biasanya tersedia di pusat kota dan mudah untuk diakses. Dengan 14 jalur, metro Paris adalah salah satu yang paling berkembang di dunia.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan taksi yang telah terjamin keamanannya, atau mengendarai mobil sendiri. Namun, perlu dicatat bahwa kamu harus memiliki lisensi mengemudi yang diperoleh di Eropa atau lisensi internasional.


Pengurusan Visa Pelajar Untuk Kuliah di Prancis

Proses pengurusan visa pelajar untuk kuliah di Prancis membutuhkan waktu antara 3-4 minggu setelah diajukan melalui Kedutaan Besar Prancis di Indonesia. Setiap pelajar dari Indonesia disarankan untuk memulai proses pendaftaran setidaknya 6 bulan sebelum program dimulai.

Biaya Pengurusan Visa

Kamu bisa menghubungi langsung Kedutaan Besar Prancis untuk mengetahui informasi secara rinci mengenai biaya yang harus kamu keluarkan. Umumnya, informasi ini juga bisa kamu dapatkan ketika kamu mengajukan permohonan visa. Namun, menghubungi kontak resmi mereka terlebih dulu adalah hal paling tepat yang bisa kamu lakukan, agar bisa mempersiapkan besaran dana yang telah ditentukan.

Persyaratan dan Cara Buat Visa

Kamu harus mengunjungi website resmi kedutaan untuk mendapatkan informasi lebih lengkap. Sebab, biasanya untuk National Visa hanya dilayani langsung oleh kedutaan dan tidak melalui agen seperti VFS. Setelahnya, kamu harus mempersiapkan berbagai syarat dokumen yang diperlukan.

  • Surat penerimaan universitas
  • Pernyataan bank
  • Bukti asuransi Kesehatan
  • Bukti akomodasi
  • Bukti kemahiran bahasa
  • Paspor
  • Dokumen belajar dan identitas yang asli dan diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris oleh penerjemah resmi

Setelah semua dokumen lengkap, kamu bisa mengikuti tes Kesehatan. Tes Kesehatan ini mencakup tes kesehatan fisik dan tes lain yang diperlukan. Lalu, kamu harus menyerahkan semua berkas dokumen ke kedutaan dan menunggu hasilnya. Proses pengajuan visa bisa memakan waktu sekitar 6-12 minggu.

Pembayaran Visa

Untuk proses pengajuan visa yang membutuhkan biaya, kamu perlu mencari tahu informasi resmi bagaimana cara membayar biaya tersebut. Kunjungi situs resmi Kedutaan Prancis atau hubungi kontak resmi mereka. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan informasi yang lebih rinci terkait cara pembayaran visa tersebut.


Biaya Kuliah dan Biaya Hidup Di Prancis

Meski biaya kuliah di Prancis lebih terjangkau dibandingkan negara lainnya, namun kamu perlu mengetahui rincian biaya yang dibutuhkan di universitas tujuan. Untuk hal ini, kamu bisa mengunjungi situs resmi universitas atau menghubungi tim penerimaan universitas. Rincian biaya kuliah bisa kamu dapatkan dengan menghubungi kami.

Untuk biaya hidup, tergantung pada gaya hidup kamu. Perlu dicatat bahwa biaya hidup di Paris dan kota-kota lainnya di negara ini sangat berbeda. Kemungkinan besar, biaya hidup di Paris lebih tinggi dibandingkan kota kecil lainnya di Prancis.

Untuk memenuhi kebutuhan selama di Prancis, kamu bisa menggunakan kartu mahasiswa untuk mendapatkan potongan harga. Potongan harga ini umumnya berlaku untuk transportasi dan hiburan.


Universitas di Prancis

Menjadi salah satu negara maju di Benua Eropa, Prancis mengalokasikan dana yang cukup banyak dalam segi pendidikan. Tak heran jika biaya kuliah di negara ini cukup terjangkau dan memiliki universitas terkemuka cukup banyak.

Kualitas riset masing-masing universitas juga sangat tinggi dan menjadikan beberapa universitas Prancis berhasil berada di urutan atas ranking dunia. Untuk kamu yang berencana kuliah di Prancis, berikut daftar universitas yang bisa kamu pilih.

+
 
Konsultasi Gratis

Isi formulir registrasi di bawah ini:

Powered by BreezingForms

Event

New Zealand Virtual Education Fair 2020

 

Register Now

Chat with us: