Singapura

pilihan destinasi kuliah di singapura

Memiliki lokasi yang dekat dengan Indonesia membuat Singapura menjadi tujuan pendidikan bagi banyak pelajar. Fasilitas pendidikan yang lengkap, serta biaya kuliah yang masih terjangkau berhasil menarik minat pelajar internasional untuk kuliah di Singapura.

Banyak universitas terbaik di Singapura menawarkan berbagai program kuliah, beserta jurusan yang beragam, sehingga mahasiswa bebas memilih sesuai minat mereka. Negara ini juga menjadi salah satu negara paling aman dengan CCTV di berbagai titik. Tempat-tempat umum, seperti restoran juga dipantau oleh badan Pemerintah setempat.


Kuliah di Singapura

Melanjutkan studi di Singapura akan memberikan pengalaman yang luar biasa bagi para pelajar internasional. Lokasinya yang dekat dengan Indonesia memudahkan kamu untuk pulang ke negeri sendiri.  Selain itu, budaya yang dimiliki juga tidak terlalu berbeda dengan Indonesia, sehingga tidak menyulitkan kamu dalam beradaptasi.

Soal kualitas pendidikan, Singapura memiliki predikat sebagai salah satu negara terbaik di bidang pendidikan. Kamu tidak perlu ragu dengan kualitas pendidikan di negeri ini.

Peluang kerja setelah lulus kuliah juga terbuka lebar di negara ini. Singapura menjadi salah satu pusat keuangan dunia. Banyak perusahaan besar berlokasi di Singapura dan membuat kamu memiliki kesempatan kerja yang cukup besar.

map kuliah di singapura


Mengapa Kuliah di Singapura?

Setiap tahunnya, jumlah pelajar dari Indonesia yang kuliah di Singapura terus meningkat. Alasan para pelajar untuk kuliah di Singapura tak lain karena kualitas pendidikan bertaraf internasional dan masa studi yang cukup singkat.

Bagi kamu yang sering merasa kesulitan untuk beradaptasi, Singapura menjadi salah satu negara tujuan terbaik untuk menempuh pendidikan. Pasalnya, di sini ada banyak mahasiswa asal Indonesia, sehingga memudahkan kamu dalam berkomunikasi.

Meskipun terbilang negara yang cukup kecil, Singapura memiliki reputasi yang cukup baik di mata dunia, sebagai salah satu negara yang unggul dalam bidang riset dan teknologi. Universitas di Singapura juga sering dinobatkan dalam berbagai penghargaan bergengsi kelas dunia. Hal ini membuktikan bahwa Singapura memang memiliki kualitas pendidikan yang mengagumkan, kualitas hidup yang baik dan komunitas pelajar yang beragam.


Keuntungan Kuliah di Singapura

Banyaknya universitas bertaraf internasional di Singapura menunjukan bahwa negara ini memiliki kualitas pendidikan yang maksimal. Negara ini juga menawarkan berbagai benefit bagi para mahasiswa yang memutuskan untuk kuliah di Singapura.

  • Program Konseling dan Orientasi

Singapura menawarkan program orientasi untuk memberikan masukan pada mahasiswa tentang sistem pendidikan yang ada di sana. Selain itu, mahasiswa internasional juga diberikan layanan konseling untuk pendaftaran masuk ke universitas di Singapura. Dengan begitu, kamu memiliki tempat bertanya dan konsultasi terkait kuliah di Singapura.

  • Lingkungan Belajar yang Kondusif

Negara ini menawarkan lingkungan belajar yang kondusir bagi para mahassiwa. Semua mahasiswa mendapatkan akses ke teknologi dan layanan perpustakaan kelas dunia. Mereka juga diberikan kesempatan untuk mengambil bagian dalam aktifitas kurikuler di kampus. Dengan semua kesempatan ini, tidak ada alasan untuk kamu tidak memilih Singapura sebagai tujuan pendidikan.

  • Potensi Karir yang Bagus

Lulusan-lulusan Singapura terkenal dengan etos kerjanya yang tinggi dan mampu bersaing di kancah internasional. Hal ini mungkin juga berkat struktur pendidikan dan metode pengajaran yang secara rapi dan progresif disusun atas Kerjasama pemerinitah Singapura dan institusi pendidikan di negara ini sendiri.

  • Institusi Pendidikan Bertaraf Internasional

Banyak institusi pendidikan di Singapura yang berhasil menempati peringkat teratas kampus terbaik di dunia. Negara ini juga tidak ragu untuk menjalin kerjasama dengan pelaku industri global, sehingga membuat para mahasiswa mendapatkan ilmu langsung dari para ahlinya.

  • Pusat Bisnis di Asia Tenggara

Singapura secara konsisten mengukuhkan dirinya sebagai pusat bisnis global di Asia Tenggara. Lengkap dengan insfrastruktur yang canggih, iklim politik yang stabil dan kebijakan bisnis yang transparan membuat Bank Dunia menempatkan Singapura sebagai negara terbaik untuk bisnis. Munurut Swiss-based World Economic Forum, Singapura dianggap sebagai salah satu negara dengan sistem ekonomi paling stabil di dunia.


Persyaratan Kuliah di Singapura

Seperti universitas pada umumnya, Singapura menetapkan syarat tersendiri untuk para mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di sini. Syarat untuk mahasiswa internasional kemungkinan besar berbeda dengan mahasiswa domestik.

Calon mahasiswa yang berencana melanjutkan gelar sarjana di Singapura wajib untuk menyelesaikan pendidikan SMA dan mendapatkan sertifikat General Certificate of Education Ordinary Level (GCE O Level)

Sedangkan, untuk program pasca sarjana, maka para calon mahasiswa harus menyelesaikan pendidikan sarjana minimal 3 tahun, serta melampirkan CV berisi pengalaman kerja minimal 2 hingga 3 tahun.

Semua mahasiswa internasional diharuskan untuk melampirkan salinan ijazah yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Nilai IELTS dan TOEFl juga harus dilampirkan saat pendaftaran. Perlu diingat bahwa masing-masing program menetapkan skor minimal yang berbeda.

Selain dokumen-dokumen tersebut, semua mahasiswa harus menyertakan salinan akte kelahiran, kartu identitas diri, surat kelakukan baik dan surat kesehatan dari rumah sakit.


Daftar Kuliah di Singapura

Untuk bisa menjadi mahasiswa di Singapura, kamu perlu mendaftarkan diri secara online di situs resmi universitas yang dituju. Kamu perlu mengunduh formulir pendaftaran di situs tersebut lalu mengisi informasi yang diperlukan. Formulir pendaftaran bisa dikirimkan melalui online di situs yang sama.

Perhatikan dengan cermat batas waktu penerimaan formulir pendaftaran. Pastikan kamu tidak melewatkan tanggal pendaftaran yang telah ditetapkan oleh pihak universitas.

Penting juga untuk mengetahui apakah universitas yang dituju menerapkan tes penerimaan masuk. Sebab, beberapa universitas di Singapura menerapkan serangkaian tes untuk menyeleksi calon mahasiswanya. Tes tersebut umumnya dilaksanakan dan dinilai langsung oleh universitas.


Tempat Wisata di Singapura

Rehat dari aktivitas kampus perlu dilakukan untuk mengisi kembali energi dan menikmati suasana kota. Di Singapura terdapat banyak tempat wisata terbaik yang bisa kamu kunjungi saat masa libur kuliah. Selain gedung-gedung modern, kamu juga bisa mengunjungi beberapa tempat ini untuk mengisi waktu luang.

  • Universal Studios Singapore

Siapa yang tidak kenal dengan taman hiburan yang satu ini? Dibuka pada 2010 lalu, Universal Studios Singapore berhasil menarik perhatian banyak orang. Mayoritas turis yang berkunjung ke Singapura pasti pernah menginjakkan kaki mereka di tempat ini.

  • Patung Merlion

Patung ini merupakan ikon wisata Singapura yang tidak boleh dilewatkan saat kamu berada di negara ini. Patung yang berbentuk kepala singa ini telah dikunjungi oleh ribuan wisatawan dan menjadi objek foto terbaik saat berkunjung ke Singapura.

  • Marina Bay Sands

Gedung ini terletak di pusat kawasan bisnis dan berisi hiburan, bisnis, dan perbelanjaan. Ada banyak hotel mewah, fasilitas konvensi dan pameran canggih, hingga kuliner terbaik yang bisa kamu nikmati.

  • Gardens By The Bay

Destinasi wisata ini merupakan taman terbuka hijau yang terletak di tengah kota. Di taman ini ada lebih dari 250.000 tanaman langka dalam konservatorium berbentuk kubah besar.


Transportasi di Singapura

Singapura adalah salah satu negara dengan transportasi public terbaik. Berbagai moda transportasi bebas dipilih oleh para warganya, turis maupun mahasiswa yang kuliah di negara ini. Transportasi umum yang bisa digunakan saat kamu berada di negara ini, mulai dari MRT (Mass Rapid Transit), LRT, bus kota dan taksi.

Dengan segala pilihan transportasi di negara ini, akan mobilitasmu untuk pergi ke tempat-tempat tujuan. Masing-masing transportasi juga memiliki pemberhentian sendiri dan berjarak dekat dari tempat-tempat umum.


Pengurusan Visa Pelajar Untuk Kuliah di Singapura

Untuk bisa mengajukan visa pelajar ke Singapura, kamu harus diterima terlebih dahulu di salah satu universitas negara tersebut. Sebab, kamu membutuhkan Letter of Acceptance untuk bisa mengajukan visa pelajar.

Biaya Pengurusan Visa

Proses pembuatan visa pelajar Singapura membutuhkan biaya. Namun, jumlah pasti biaya tersebut bisa kamu lihat di situs resmi lembaga terkait atau juga menghubungi mereka di kontak resmi. Biaya pengurusan visa bisa saja berubah sewaktu-waktu karena beberapa kondisi. Jadi, ada baiknya kamu menghubungi lembaga terkait untuk informasi yang lebih relevan.

Persyaratan dan Cara Buat Visa

Setelah kamu mendapatkan Letter of Acceptance, kamu bisa mengajukan permohonan visa pelajar ke Immigration & Checkpoints Authority (ICA). Semua proses pengajuan bisa harus diajukan melalui sistem yang bernama Student’s Pass On-Line Application and Registration (SOLAR). Perlu diketahui bahwa pengajuan visa dilakukan oleh Institusi Pendidikan Tinggi (Institute of Higher Learning /IHL)

Kamu juga perlu melampirkan persyaratan dokumen yang dibutuhkan, seperti:

  • Pemberitahuan bahwa pendaftaran telah diterima, beserta informasi log in yang diberikan oleh IHL
  • Dokumen perjalanan/paspor
  • Alamat di Singapura dan nomor yang bisa dihubungi
  • Alamat email pribadi
  • Satu pas foto ukuran paspor yang ditempelkan di kanan atas eForm 16.

Cara Pembayaran Visa

Perlu diketahui bahwa biaya yang telah dibayarkan untuk visa pelajar Singapura tidak bisa dikembalikan. Pembayaran biaya tersebut juga bisa dilakukan melalui internet atau kartu debit/kredit. Untuk informasi lebih lengkap, kamu bisa menghubungi lembaga terkait.


Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Singapura

Biaya kuliah di Singapura akan sangat tergantung pada program atau jurusan apa yang kamu pilih. Pemilihan universitas juga sangat berpengaruh terhadap biaya tersebut. Meski negara ini memiliki kebijakan subsidi pemerintah untuk bantuan pembiayaan pendidikan, ada baiknya kamu mengunjung website universitas tujuan untuk informasi lebih detail.

Untuk biaya hidup di negara ini, kemungkinan besar kamu harus menyiapkan dana yang lebih tinggi. Sebab, dibandingkan dengan negara Asia lainnya, Singapura tercatat memiliki biaya hidup yang cukup tinggi. Meski begitu, biaya hidup di sini jelas lebih rendah dibandingkan dengan negara-negara di Eropa.

Biaya hidup di Singapura umumnya mencakup makanan, transportasi, pulsa dan internet, hiburan, akomodasi dan lain sebagainya.


Universitas di Singapura

Berencana untuk kuliah di Singapura? Maka, kamu memiliki pilihan universitas yang cukup banyak. Beberapa universitas bahkan berada di peringkat dunia yang cukup baik. Untuk itu, kamu perlu memilih universitas yang paling tepat, dilihat dari program yang ditawarkan, kualitas pendidikan dan beberapa hal lainnya. Berikut beberapa universitas di Singapura yang bisa jadi pilihan kamu.

+
 
Konsultasi Gratis

Isi formulir registrasi di bawah ini:

Powered by BreezingForms

Chat with us: