Spanyol (Spain)

pilihan destinasi kuliah di spanyol spain

Terkenal dengan infrastruktur dan transportasinya yang sangat maju. Spanyol ternyata juga memiliki beragam universitas bertaraf internasional dan menjadi salah satu negara paling banyak dituju oleh pelajar internasional. Kuliah di Spanyol akan memberikan pengalaman tersendiri untuk para pelajar.

Spanyol sendiri menjadi negara ketiga dengan mahasiswa internasional terbanyak. Sebanyak 36% di antaranya berasal dari Amerika Serikat.  Seperti halnya pendidikan kebanyakan, universitas di Spanyol juga menjalankan pendidikan di tingkat sarjana, magister dan doktoral.


Kuliah di Spanyol

Melanjutkan studi di Spanyol mungkin membuat kamu harus mempertimbangkan banyak hal. Namun, di Spanyol, kamu bisa memilih beragam program dan jurusan. Banyak universitas di negara ini yang menawarkan beragam program dan jurusan dari berbagai bidang.

Spanyol memiliki universitas milik publik dan swasta yang dikelola menjadi sekolah (fakultas). Sekolah-sekolah ini dipisahkan menjadi departemen yang berbeda, yang masing-masing menawarkan kesempatan untuk mendaftar di bidang studi tertentu, seperti misalnya BIsnis, Humaniora dan Ilmu Pengetahuan.

Saat ini, Spanyol tercatat memiliki 45 universitas negeri dan 31 universitas swasta, beberapa di antaranya adalah universitas katolik. Sistem pendidikan di negara ini diatur oleh Ministerio de Educacion (Departement Pendidikan) dan universitas Spanyol menawarkan gelar resmi dan non resmi.

map kuliah di spanyol


Mengapa Kuliah di Spanyol?

Kuliah di Spanyol berarti kamu juga akan bertemu dengan banyak orang dari berbagai belahan dunia lainnya. Spanyol memiliki jumlah mahasiswa internasional yang cukup banyak, sehingga kamu tidak akan kesulitan dalam mencari teman dan rekan kuliah di sini. Sebagai mahasiswa di Spanyol, kamu memiliki kesempatan untuk mempelajari bahasanya. Kamu harus tahu juga bahwa bahasa Spanyol adalah bahasa kedua yang paling umum digunakan di dunia setelah bahasa Inggris. Dengan menguasai bahasa Spanyol, maka kamu telah memiliki kelebihan lainnya sebagai bekal untuk mencari pekerjaan di negara ini. Ketika berkarir di Indonesia, ini juga menjadi nilai tambah tersendiri sebab banyak perusahaan terkemuka yang membutuhkan karyawan dengan kemampuan multi-lingual.

Menempuh pendidikan di luar negeri akan sangat lengkap jika kamu juga menikmati kota dan suasana negaranya. Di Spanyol, kamu bisa menikmati setiap sudut kota dengan mengunjungi bangunan-bangunan bersejarah, mengambil gambar monumen-monumen dengan arsitektur klasik, serta menikmati pertandingan sepak bola, tenis atau basket. Spanyol sendiri sering menyelenggarakan acara internasional, seperti Piala Dunia FIFA dan Olimpiade Musim Panas. Hal-hal inilah yang menjadi alasan mengapa para pelajar internasional menjadikan Spanyol sebagai negara tujuan pendidikan. Maka, jangan heran jika kamu bertemu banyak siswa internasional lainnya yang datang dari berbagai negara.


Keuntungan Kuliah di Spanyol

Masing-masing universitas di Spanyol menawarkan berbagai benefit untuk para mahasiswanya. Namun, ada beberapa benefit umum yang bisa kamu rasakan jika kamu memutuskan untuk kuliah di Spanyol. Dengan memilih Spanyol sebagai tujuan pendidikan, maka kamu akan merasakan beberapa benefit ini.

  • Memiliki Kesempatan Untuk Bekerja

Seperti negara Eropa lainnya, Spanyol memperbolehkan mahasiswa internasional untuk bekerja sambil kuliah. Namun, tetap dengan syarat yang berlaku. Kamu boleh bekerja selama masa kuliah dengan durasi 20 jam dalam satu minggu. Dengan begitu, kamu bisa mengisi waktu luang sekaligus menambah uang jajan.

  • Kualitas Pendidikan

Spanyol memiliki kualitas pendidikan yang cukup bagus dan setara dengan negara-negara Eropa lainnya. Selama bertahun-tahun Spanyol menjadi tujuan pelajar internasional untuk berkuliah. Negara ini bahkan memiliki institusi pendidikan tertua di dunia. Secara peringkat, banyak universitas di Spanyol yang berhasil masuk dalam 200 besar kampus terbaik di dunia.

  • Letak Geografis

Secara geografis, Spanyol terletak di benua Eropa. Negara ini berbatasan dengan Prancis, Andorra dan Portugal. Dua kota paling terkenal yang ada di Spanyol adalah Madrid dan Barcelona. Dengan kuliah di Spanyol, maka kamu bisa mengunjungi kota-kota terkenal dan menjelajahi Eropa dalam waktu singkat. Kamu bisa menikmati negara ini sekaligus belajar sejarahnya.

  • Biaya yang Cukup Terjangkau

Bila dibandingkan dengan Inggris, Belanda atau Jerman, biaya hidup di Spanyol terbilang lebih murah. Biaya kuliah di negara inipun terbilang cukup terjangkau, meski tidak semurah Prancis atau Jerman.


Persyaratan Kuliah di Spanyol

Untuk bisa menjadi mahasiswa resmi di universitas Spanyol, kamu harus memenuhi berbagai persyaratan yang telah ditetapkan. Mahasiswa yang lamarannya telah diterima akan dikirimi surat pemberitahuan penerimaan, beserta rincian yang harus dibayarkan.

Masing-masing universitas juga menetapkan syarat yang berbeda. Namun, secara umum, untuk bisa kuliah di Spanyol, kamu perlu memenuhi beberapa persyaratan ini.

  • Tanda terima pembayaran biaya sekolah
  • Paspor internasional
  • Sertifikat dokumen yang relevan dan diperlukan
  • Asuransi Kesehatan
  • Visa pelajar
  • Dua foto berukuran ID
  • Sertifikat dari sekolah sebelumnya
  • Hasil IELTS atau TOEFL

Daftar Kuliah di Spanyol

Untuk para pelajar internasional, mereka harus melampirkan sertifikat sekolah menengah yang telah dilegalisir. Sertifikat ini sebagai konfirmasi bahwa pendidikan kamu telah valid dan sesuai dengan persyaratan di Spanyol. Kamu bisa dengan mudah memliki ijazah yang telah divalidasi di Kedutaan Spanyol. Pihak kedutaan akan memberi Akreditasi Volante yang dapat digunakan untuk mendaftar ke universitas pilihan.

Untuk proses pendaftaran, kamu bisa melakukannya di website resmi masing-masing universitas atau melalui agen pendidikan luar negeri. Pastikan kamu telah mengisi semua formulir di website resmi tersebut dan mengirimkannya sebelum tenggat waktu pendaftaran habis.

Beberapa universitas di Spanyol juga menetapkan ujian masuk yang harus diikuti oleh para pelajar internasional. Umumnya, ujian masuk mencakup analisis teks dalam Bahasa Spanyol, pertanyaan tentang sejarah atau filsafat Spanyol, ujian bahasa asing seperti Prancis, Jerman, Portugis dan Italia.


Tempat Wisata di Spanyol

Mengunjungi beberapa destinasi wisata di Spanyol adalah hal wajib yang harus kamu lakukan saat kuliah di negara ini. Saat waktu luang, kamu bisa menghabiskan waktu di beberapa destinasi ini untuk mengisi kembali semangat untuk melanjutkan perkuliahan.

  • Istana Al Hambra

Istana ini dibangun pada abad ke-14 oleh Sultan Banu. Istana ini sendiri saat ini telah menjadi salah satu tempat wisata di Spanyol dan memiliki pengunjung yang sangat banyak.

  • Saluran Air Segovia

Saluran air ini menjadi landmark arsitektur utama di Semenanjung Iberia dan telah menjadi salah satu tempat wisata paling terkenal di Spanyol.

  • Real Palacio

Istana ini adalah kediaman resmi raja Spanyol. Meskipun hanya digunakan untuk upacara kenegaraan, istana ini dianggap sebagai salah satu istana terbaik di Eropa.

  • La Concha

La Concha adalah salah satu pantai terbaik di Eropa, terutama di Spanyol. Di sini, kamu bisa berselancar, berjalan di sepanjang pantai atau sekadar menikmati pemandangan yang sangat indah.

  • Sagrada Familia

Tempat ini adalah sebuah gereja besar Katolik Roma di Barcelona dan menjadi salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi di Spanyol.


Transportasi di Spanyol

Untuk memudahkan mobilitas, kemudahan mendapat transportasi pasti menjadi hal utama yang diperhatikan saat memilih negara untuk tujuan pendidikan. Di Spanyol, terutama Madrid dan Barcelona, kamu bisa menggunakan transportasi umum untuk berkeliling kota atau menuju kampus. Semua transportasinya juga memiliki harga yang cukup murah dan mudah dijangkau. Beberapa transportasi yang bisa kamu gunakan adalah

  • Bus
  • Metro
  • Kereta
  • Light Rail
  • Parla Tramway

Pengurusan Visa Pelajar untuk Kuliah di Spanyol

Sebagai mahasiswa internasional, kamu perlu mengantongi visa pelajar untuk bisa kuliah di Spanyol. Proses pengurusan visa pelajar ini membutuhkan waktu mulai tiga hingga empat minggu, maka disarankan untuk melakukan pengajuan visa sejak jauh hari sebelum jadwal masuk universitas ditetapkan.

Biaya Pengurusan Visa

Proses pengajuan visa membutuhkan sejumlah biaya yang harus kamu bayarkan. Informasi mengenai besaran biaya pengurusan visa bisa kamu dapatkan di situs resmi lembaga yang bersangkutan. Atau kamu juga bisa menghubungi kontak resmi mereka demi mendapatkan informasi yang relevan.

Persyaratan dan Cara Buat Visa

Kamu bisa mengajukan pembuatan visa pelajar Spanyol di Kedutaan Besar Spanyol di Jakarta. Informasi mengenai syarat terbaru dokumen yang dibutuhkan bisa kamu dapatkan di situs resmi Kedutaan Besar Spanyol. Secara umum, syarat-syarat yang dibutuhkan dalam proses pembuatan visa pelajar ke Spanyol adalah:

  • Dua rangkap formulir visa nasional yang telah diisi lengkap
  • Dua pasfoto terbaru dengan ukuran 3x4, berlatar belajang putih
  • Paspor yang masih berlaku
  • Salinan KTP dan KK
  • Bukti ketersediaan dana
  • Bukti ketersediaan akomodasi
  • Asuransi Kesehatan
  • Surat penerimaan dari universitas

Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Spanyol

Masing-masing universitas di Spanyol menetapkan biaya kuliah yang berbeda. Untuk mengetahui informasi lengkap mengenai biaya kuliah di Spanyol, kamu harus mengunjungi situs resmi universitas atau menghubungi tim pendaftaran dari universitas terkait. Biaya kuliah yang harus dibayarkan juga sangat bergantung dari program studi atau jurusan yang dipilih.

Untuk biaya hidup sendiri biasanya mencakup beberapa hal seperti makan, kopi, tiket bioskop, sewa akomodasi bulanan, serta transportasi bulanan. Jumlah besaran biaya hidup tergantung dari gaya hidup yang kamu jalankan di Spanyol. Untuk bisa menambah uang bulanan, kamu juga bisa bekerja paruh waktu dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Spanyol.

Mengatur keuangan sebaik mungkin menjadi salah satu upaya yang harus kamu lakukan demi memiliki kondisi keuangan yang baik.


Universitas di Spanyol

Dari semua kelebihan yang bisa kamu dapatkan dengan kuliah di Spanyol, kamu harus memilih universitas yang paling tepat. Ada beberapa daftar univesitas di Spanyol yang bisa kamu pilih sebagai universitas tujuan. Berikut daftar universitas di Spanyol

+
 
Konsultasi Gratis

Isi formulir registrasi di bawah ini:

Powered by BreezingForms

Chat with us: