Swiss

pilihan destinasi kuliah di swiss switzerland

Salah satu negara terbaik untuk dikunjungi selama berada di Eropa adalah Swiss. Terletak di antara Jerman, Prancis dan Italia, negara ini menjadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi para turis mancanegra. Namun, siapa sangka bahwa kuliah di Swiss juga bisa memberikan pengalaman yang luar biasa.

Swiss memiliki dua universitas yang berhasil menduduki peringkat tinggi di dunia dan selalu masuk dalam daftar negara yang paling nyaman untuk ditinggali. Ada banyak pilihan ketika kamu mencari universitas terbaik di Swiss. Negara ini memiliki tujuh institusi yang menempati jajaran 150 besar terbaik di dunia.


Kuliah di Swiss

Sistem pendidikan tinggi di Swiss terkenal secara internasional karena standar akademiknya yang tinggi, hasil penelitian yang dihormati dan metode pengajaran yang berpusat pada siswa. Hal ini menjadikan kebanyakan siswa merasa puas dengan fasilitas dan mutu pengajaran di universitasnya.

Melanjutkan studi di Swiss memberikan kamu kesempatan untuk berkuliah di salah satu negara terbaik di Eropa. Secara keseluruhan, sistem pendidikan di negara ini terbagi menjadi tiga kategori, yakni pendidikan wajib, pendidikan menengah atas dan pendidikan tinggi.

Pendidikan di negara ini disediakan oleh lembaga yang didanai negara dan swasta. Baik lembaga publik, maupun swasta menyediakan berbagai pendidikan yang komprehensif di semua tingkatan dengan program yang sangat terbuka untuk orang asing.

Banyaknya mahasiswa internasional di universitas Swiss akan membuat kamu mengenal banyak orang dari berbagai negara. Hal ini memudahkan kamu yang ingin membangun relasi dengan banyak orang. Kamu bisa mempelajari bahasa dan budaya mereka untuk memperluas wawasan dan pengetahuan.

map kuliah di switzerland


Mengapa Kuliah di Swiss

Selain kualitas pendidikan dan universitas yang tidak perlu lagi dipertanyakan. Ada berbagai alasan lainnya yang membuat kamu harus kuliah di Swiss. Negara ini terdiri dari 26 negara federal dengan empat bahasa nasional. Hal ini menjadikan Swiss sebagai negara dengan populasi paling beragam di Eropa. Dengan kuliah di Swiss, kamu bisa menguasai bahasa-bahasa tersebut dengan baik.

Menguasai banyak bahasa akan meningkatkan nilai kamu di mata perusahaan. Sehingga, hal ini akan meningkatkan prospek kerja, terutama dalam skala internasional. Dengan menguasai bahasa lokal, kamu juga punya kesempatan untuk mengambil kerja paruh waktu di negara ini. Sebab, kebanyakan warga lokal tidak mau mempekerjakan karyawan yang tidak fasih berbahasa Swiss.

Nah, jika berniat untuk kuliah di Swiss, kamu perlu belajar untuk tepat waktu. Orang-orang negara ini sangat menghargai waktu, bahkan sekalipun janji yang kalian buat hanya sekadar berjalan-jalan santai.


Keuntungan Kuliah di Swiss

Seperti negara lainnya, Swiss juga menawarkan benefit sendiri untuk para mahasiswa yang melanjutkan pendidikan di negara ini. Di samping sistem pendidikan tinggi yang berkualitas, kamu bisa merasakan beberapa benefit lainnya jika memutuskan untuk kuliah di Swiss.

  • Kesempatan Karir

Gaji di Swiss lebih tinggi dibandingkan dengan negara di Benua Eropa lainnya. Banyak perusahaan besar memiliki kantor pusat di Swiss. Meski sedikit sulit untuk mendapatkan visa kerja di negara ini, namun jika kamu adalah kandidat yang dicari perusahaan, maka mereka bisa membantu kamu mendapatkan visa tersebut. Gaji yang diberikan perusahaan di Swiss akan sebanding dengan biaya hidup yang harus kamu keluarkan di negara ini.

  • Kualitas Hidup

Banyak kota di Swiss mendapat peringkat sebagai kota terbaik untuk kualitas hidup di dunia. Dengan tingkat kriminalitas yang rendah, negara ini juga menjadi negara yang aman untuk ditinggali. Swiss juga memiliki berbagai fasilitas transportasi yang luar biasa. Kamu akan merasakan efisiensi mobilitas saat kuliah di sini.

  • Inovasi Terbaik di Dunia

Swiss terkenal sebagai salah satu negara yang kompetitif dan inovatof di dunia. Banyak peneliti yang menghasilkan karya ilmiah dan membawa dampak besar bagi kehidupan. Bahkan, sejak 1950, negara ini secara konsisten masuk dalam jajaran penerima Nobel. Sektor yang unggul di negara ini mencakup farmasi, kimia dan teknik.

  • Fasilitas Memadai

Negara ini secara konsisten mendukung proses pembelajaran dengan fasilitas dan infrastruktur yang lengkap. Para mahasiswa bisa mendapatkan kesempatan untuk melakukan praktikum dan berbagai riset.

  • Biaya Kuliah yang Terjangkau

Bila dibandingkan dengan negara Eropa lainnya, Swiss adalah salah satu negara dengan biaya kuliah yang cukup terjangkau. Namun, perlu dicatat juga bahwa masing-masing universitas memiliki biaya kuliah yang berbeda. Dengan biaya yang lebih terjangkau, kamu bisa mengatur keuangan dengan lebih baik.


Persyaratan Kuliah di Swiss

Masing-masing universitas di Swiss menetapkan syarat yang berbeda untuk para mahasiswa. Untuk informasi lengkap, kamu bisa mengunjungi situs resmi universitas tujuan. Namun, secara umum, ada beberapa syarat dokumen yang harus dipenuhi untuk bisa masuk kuliah di Swiss.

  • Formulir pendaftaran yang telah dilengkapi dan ditandangani
  • Paspor
  • Dua pas foto paspor
  • Salinan semua sertifikat akadmik yang telah dilegalisir
  • CV dengan daftar lengkap dari sekolah/universitas
  • Sertifikat kemampuan bahasa

Daftar Kuliah di Swiss

Kelas di universitas Swiss umumnya terdiri dari dua semester, musim panas dan musim dingin. Kamu harus mendaftar diri beberapa bulan sebelum semester dimulai. Disarankan juga untuk mendaftar seawal mungkin.

Musim dingin di Swiss dimulai dari bulan September hingga Desember. Jika kamu ingin mengikuti semester musim dingin, batas akhir pendaftaran adalah Mei. Disarankan untuk mendaftarkan diri sebelum Februari karena kamu membutuhkan visa untuk belajar di negara tersebut. Proses pengajuan visa membutuhkan waktu yang cukup lama.

Sebelumnya, kamu juga perlu melakukan konfirmasi terlebih dahulu tentang tanggal pendaftaran kepada pihak universitas tujuan.


Tempat Wisata di Swiss

Penat dengan aktivitas perkuliahan? Kamu bisa menikmati Swiss di hari libur atau ketika tidak ada jadwal kuliah. Swiss memiliki tempat-tempat wisata terbaik yang bisa kunjungi untuk menghilangkan penat. Beberapa tempat wisata yang bisa kamu kunjungi ketika kuliah di Swiss adalah sebagai berikut:

  • The Chillon Castle

Kastil ini terletak di tepi danau Jenewa dan menjadi salah satu istana terkenal di Swiss. Bangunan ini memiliki tiga halaman dan empat ruang yang besar dengan pemandangan yang sangat indah.

  • Zermatt

Meski ada banyak ski resort yang indah di Swiss. Zermatt menjadi daya tarik sendiri karena terletak di kaki Alpen Swiss.

  • Swiss Transport Museum

Tempat ini adalah rumah bagi pameran lokomotif, kapal, peswat terbang dan berbagai kendaraan lainnya. Kamu juga bisa menikmati planetarium dan teater IMAX di sini.

  • The Tropical Alps

Tempat ini sangat dekat dengan Italia dan kaya akan budayanya. Masih sangat sedikit turis yang mengujungi tempat ini, sehingga kamu bisa lebih lama menikmati tempat ini.

  • Zurich

Salah satu kota di Swiss ini dipenuhi dengan kafe yang trendi, butik internasional dan hiruk pikuk kehidupan modern.


Transportasi di Swiss

Sama seperti kebanyakan negara Eropa lainnya, Swiss memiliki sistem transportasi yang sangat bagus. Bahkan, beberapa situs di internet menilai sistem transportasi di negara ini adalah salah satu yang terbaik di Eropa setelah Jerman.

Di negara ini, kamu bisa menggunakan transportasi umum seperti kereta, bus dan kapal. Namun, kereta masih menjadi transportasi paling popular dan paling banyak digunakan. Hal ini karena jalur bis tidak terlalu panjang dan hanya memiliki beberapa stasiun dan jalur yang berada di dalam kota utama.

Membeli tiket kereta di Swiss juga mudah, kamu bisa membeli langsung di stasiun atau menggunakan tiket Pass.


Pengurusan Visa Pelajar untuk Kuliah di Swiss

Sebagai mahasiswa internasional, kamu membutuhkan visa pelajar untuk dapat berkuliah di Swiss. Proses pengerjaan visa pelajar biasanya berdurasi antara 6 hingga 12 minggu. Untuk itu, kamu perlu mendaftar lebih awal agar memiliki cukup waktu untuk mempersiapkan persiapan lainnya.

Biaya Pengurusan Visa

Biaya pengurusan visa bisa saja berubah sewaktu-waktu, maka akan lebih baik jika kamu menghubungi lembaga terkait, di sini adalah Kedutaan Swiss untuk informasi lebih lanjut. Pihak kedutaan akan memberikan informasi secara rinci mengenai biaya proses pembuatan visa.

Persyaratan dan Cara Buat Visa

Proses pembuatan visa bisa dilakukan di Kedutaan Swiss atau konsulat di negara asal. Kamu bisa mengunjungi situs resmi lembaga terkait untuk mengunduh formulir pendaftaran dan mendapatkan informasi lainnya terakit pengurusan visa. Proses pengurusan visa juga membutuhkan beberapa syarat dokumen, seperti:

  • Paspor yang masih berlaku
  • 2 pasfoto paspor
  • Bukti kesanggupan finansial
  • Bukti asuransi Kesehatan
  • CV
  • Konfirmasi penerimaan dari universitas Swiss
  • Motivation Letter

Pemerintah Swiss menyarankan untuk mengajukan proses visa secepat mungkin atau sesaat setelah kamu menerima surat penawaran universitas. Hal ini, karena proses pembuatan visa bisa memakan waktu beberapa minggu.

Cara Pembayaran Visa

Masing-masing kedutaan menetapkan cara pembayaran visa yang berbeda. Untuk itu, di sini kamu perlu menghubungi kontak resmi Kedutaan Swiss agar bisa mendapatkan informasi lengkap mengenai cara pembayaran visa. Pembayaran visa harus dilakukan dengan hati-hati dan dilakukan sesuai dengan prosedur yang berlaku.


Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Swiss

Biaya kuliah di Swiss terbilang cukup rendah dibandingkan dengan negara Eropa lainnya. Namun, perlu diingat bahwa masing-masing universitas menetapkan biaya kuliah yang berbeda, dan umumnya tergantung dari jurusan serta program studi yang dipilih. Penting untuk mengunjungi situs resmi universitas tujuan atau menghubungi kontak resmi universitas untuk informasi yang lebih valid.

Untuk biaya hidup di Swiss, biasanya terbagi menjadi tiga garis besar, yakni akomodasi, transportasi dan makanan. Biaya hidup di Swiss memang cukup mahal, akan tetapi di sini kamu bisa menikmati fasilitas terbaik dan tingkat keamanan yang cukup tinggi. Besar atau kecilnya biaya hidup di Swiss juga sangat tergantung pada gaya hidup yang kamu jalani.

Semakin pintar kamu mengatur keuangan, semakin mudah juga menjalani kehidupan di Swiss.


Universitas di Swiss

Swiss menawarkan berbagai universitas ternama bertaraf internasional yang bebas dipilih oleh mahasiswa. Beberapa universitas di Swiss berada di peringkat yang cukup baik dan menjanjikan kualitas pendidikan yang memadai. Berikut beberapa daftar universitas di Swiss yang bisa jadi referensi:

+
 
Konsultasi Gratis

Isi formulir registrasi di bawah ini:

Powered by BreezingForms

Chat with us: