Thailand

thailand.jpg

Thailand menjadi salah satu negara yang cukup populer untuk kuliah di luar negeri. Ada lebih dari 15,000 mahasiswa internasional yang kuliah di Thailand, bahkan jumlah ini selalu meningkat setiap tahunnya. Di samping kualitas pendidikan yang mumpuni, Thailand menawarkan banyak lokasi wisata yang menarik dan kebudayaan yang masih kental.

Thailand menawarkan pendidikan berkualitas tinggi di bidang sains dan teknologi untuk siswa internasional. Semua program universitas di Thailand terakreditasi dan diakui secara internasional. Siswa internasional di Thailand akan menikmati lingkungan yang kaya budaya dan gaya hidup mewah selama masa studi mereka.


Kuliah di Thailand

Kementerian pendidikan mengatur perguruan tinggi dan universitas di Thailand. Pada 2022, ada 12 universitas negeri, 39 universitas swasta dan 49 perguruan tinggi di Thailand. Kerangka Kualifikasi Thailand dibentuk untuk membantu menerapkan pedoman pendidikan tinggi di Thailand.

Sebagian besar universitas di Thailand mengikuti sistem semester barat untuk menyesuaikan diri dengan komunitas global. Selain universitas negeri, ada sejumlah besar universitas swasta yang menawarkan program gelar yang diakui secara global kepada siswa internasional di Thailand.

THAILAND.png


Mengapa Kuliah di Thailand?

Kurikulum universitas Thailand yang berfokus pada industri telah melalui beberapa reformasi dalam beberapa tahun terakhir untuk membuatnya setara dengan standar internasional.

Oleh karena itu, universitas-universitas Thailand menawarkan beragam program studi kepada mahasiswa. Selain itu, siswa internasional lebih memilih universitas swasta untuk pendidikan tinggi mereka, dan mereka didanai & dioperasikan oleh pihak swasta. Infrastruktur dan fasilitas yang ditawarkan di universitas swasta di Thailand adalah yang terbaik karena sangat bermanfaat bagi mahasiswa.


Keuntungan Kuliah di Thailand

Sebagai salah satu negara populer di Asia, Thailand telah membuktikan mampu menjadi salah satu tujuan studi terbaik di luar negeri. Berikut beberapa alasan utamanya:

  • Orang Thailand sangat ramah. Thailand memiliki budaya yang dinamis. Ini harus dipertimbangkan saat memilih tujuan studi di luar negeri. Karena itu adalah faktor pengalaman di negara baru.
  • Thailand memiliki biaya hidup dan biaya kuliah yang rendah. Itu jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan tujuan utama lainnya.
  • Belajar di luar negeri di Thailand memungkinkan individu untuk memiliki keuntungan unik dalam hal peluang kerja setelah lulus. Keterampilan yang berasal dari pengalaman luar negeri meningkatkan resume Anda dan membuatnya unik dari kandidat lain.
  • Ada banyak beasiswa yang tersedia untuk siswa internasional. Anda dapat memanfaatkan beasiswa ini untuk membuat pendidikan Anda di luar negeri di Thailand lebih terjangkau.
  • Pilihan studi untuk siswa internasional yang berencana melanjutkan pendidikan di Thailand sangat banyak dan beragam. Dari sangat pemaksaan hingga rekayasa dan perancangan hingga pariwisata, ada subjek untuk dipelajari dan dikembangkan oleh setiap siswa yang ingin tahu.

Persyaratan Kuliah di Thailand

Universitas di Thailand biasanya meminta beberapa dokumen bersama dengan formulir aplikasi yang diisi dengan benar. Universitas yang berbeda memiliki kriteria persyaratan yang berbeda pula. Kamu perlu memeriksa situs web universitas untuk informasi lebih lanjut. Namun, beberapa dokumen umum adalah:

  • Formulir aplikasi yang telah diisi
  • Bukti pembayaran biaya aplikasi (jika ada)
  • Ijazah sekolah menengah (untuk melamar gelar sarjana)
  • Ijazah sarjana (untuk melamar magister)
  • Transkrip nilai
  • Bukti kemampuan bahasa inggris
  • Bukti sumber keuangan (untuk tinggal dan belajar di sana)
  • Sertifikat medis
  • Foto ukuran paspor
  • Fotokopi paspor dan/atau tanda pengenal pribadi yang masih berlaku
  • Surat rekomendasi
  • Pernyataan pribadi

Pastikan kamu telah mengunjungi situs resmi universitas untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap seputar persyaratan.


Daftar Kuliah di Thailand

Karena tidak semua institusi pendidikan tinggi di Thailand memiliki prosedur dan persyaratan aplikasi yang sama, kamu harus mengikuti langkah-langkah yang ditunjukkan di situs web resmi universitas tujuan.

Tenggat waktu aplikasi bergantung pada banyak faktor, seperti misalnya:

  • Periode intake (untuk beberapa program, hanya ada satu di musim gugur, yang lainnya memiliki dua: di musim gugur dan musim semi)
  • Universitas tujuan
  • Jenis program studi
  • Kebangsaan

Umumnya, tenggat waktu pendaftaran umum berkisar dari Maret April dan Mei (untuk kursus yang dimulai pada musim gugur) hingga November, Desember, atau Januari (untuk kursus yang dimulai pada musim semi).


Tempat Wisata di Thailand

Thailand adalah tujuan wisata paling populer di Asia Tenggara. Kamu dapat menemukan hampir semua hal di sini, mulai dari pantai, hutan, hingga hotel mewah. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di negara yang satu ini.

  • Grand Palace

Sebagai kediaman resmi raja-raja Siam sejak 1782, Grand Palace mungkin merupakan atraksi paling terkenal di kota Bangkok. Terletak di tepi Sungai Chao Phraya, kompleks bertembok ini berisi serangkaian paviliun, aula, dan bangunan lain yang menarik diselingi dengan halaman rumput yang luas, taman yang mewah, dan halaman yang megah.

  • Northern Hill Tribes

Thailand Utara adalah rumah bagi beberapa etnis minoritas yang menarik dan penuh warna, yang dikenal sebagai suku bukit. Dimungkinkan untuk melakukan tur  dan mengunjungi salah satu dari banyak desa di mana mereka senang menerima turis.

  • Mu Ko Chang National Park

Terletak di Provinsi Trat di timur Thailand, taman nasional yang indah ini terdiri dari lebih dari 50 pulau. Mu Ko Chang adalah yang paling terkenal dari wisata lainnya yang sejenis. Salah satu yang terkenal adalah hutan yang rimber dan suasananya yang santai.


Transportasi di Thailand

Thailand menawarkan fasilitas transportasi yang murah namun beragam yang dapat membawa setiap orang berkeliling kota. Sementara transportasi daerah pedesaan meliputi sepeda dan sepeda motor, bus mendominasi kota dan bagian lainnya. Beberapa transportasi yang bisa dipilih di Thailand, termasuk:

  • TukTuk

Tuk-tuk adalah kendaraan roda 3 yang dapat membawa sekitar 2-3 penumpang dan dapat membawa kamu melewati jarak pendek di kota. Menjadi moda transportasi asli, tuk-tuk merupakan daya tarik di kalangan wisatawan. Lebih dari 35.000 tuk-tuk beroperasi di jalanan kota-kota Thailand (terutama Bangkok) dan tarifnya bervariasi dari sekitar 80-150 Baht.

  • Taksi

Taksi di Bangkok adalah moda transportasi yang nyaman namun murah di Thailand untuk melakukan perjalanan jarak dekat. Taksi menjadi pilihan yang tepat jika kamu ingin menghindar dari teriknya matahari di Thailand.

  • Bus

Dengan berbagai macam bus VIP ber-AC untuk perjalanan jarak jauh hingga bus pemerintah tanpa AC untuk rute pendek, Bangkok menawarkan sistem layanan bus terbesar di negara ini.

  • Bangkok BTS Skytrain

Bangkok Mass Transit System (BTS) Skytrain kendaraan kereta api yang nyaman. Moda transportasi di Thailand ini adalah salah satu sarana yang paling terjangkau dan tercepat di Thailand.


Pengurusan Visa Pelajar untuk Kuliah di Thailand

Untuk kuliah di Thailand, kamu akan memerlukan visa pelajar. Untuk siswa yang berencana kuliah selama satu semester atau lebih, kamu perlu mengajukan permohonan dari negara asal. Ini dapat diperbarui dan diperpanjang hingga satu tahun di kantor imigrasi resmi yang berlokasi di Thailand.

Biaya Pengurusan Visa

Siswa internasional perlu mengajukan permohonan visa pelajar untuk belajar di Thailand. Biaya visa pelajar Thailand sekitar US$ 70, namun jumlah ini hanya perkiraan dan kamu harus menghubungi kedutaan setempat untuk informasi lebih lanjut. Selain itu, waktu pemrosesan visa pelajar Thailand memakan waktu sekitar 5-10 hari kerja.

Persyaratan dan Cara Buat Visa

Untuk membuat aplikasi, pertama kamu harus terdaftar di kursus pendidikan penuh waktu yang diakui yang memenuhi semua persyaratan visa dan kamu harus membayar setidaknya 50% dari total biaya kursus, atau jumlah penuh dari biaya kursus.

Kamu akan memerlukan beberapa dokumen pendukung dengan formulir aplikasi visa. Visa Thailand dikeluarkan dengan menyerahkan dokumen-dokumen berikut:

  • Paspor yang masih berlaku minimal 6 bulan sejak selesai masa inap
  • Formulir Aplikasi visa Pelajar yang diisi dan ditandatangani dengan benar
  • Surat formulir penerimaan dari masing-masing Institut Thailand
  • Foto terbaru seukuran paspor
  • Surat akreditasi seperti yang ditentukan oleh Departemen Pendidikan Thailand
  • Laporan Pemeriksaan Medis
  • Bukti keuangan untuk mendukung diri selama belajar di Thailand

Cara Pembayaran Visa

Metode pembayaran visa akan berbeda tergantung di mana kamu mendaftar. Beberapa kedutaan atau konsultan mungkin mengharuskan biaya dibayar secara tunai, sementara yang lain bisa meminta untuk membayarnya melalui bank. Hubungi lembaga terkait untuk mendapatkan informasi ini secara lengkap.


Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Thailand

Untuk siswa internasional, rata-rata biaya kuliah di Thailand bervariasi dari $17.000 hingga $28.000, tergantung pada programnya. Untuk menutupi biaya hidup di Thailand, kamu membutuhkan antara $600 hingga $1200 setiap bulan, tergantung pada lokasi, gaya hidup, dan biayalainnya. Biaya hidup di Thailand termasuk makanan, transportasi dan akomodasi.

Di Thailand, biaya kuliah universitas negeri lebih murah daripada universitas swasta. Di universitas swasta, biaya belajar tergantung pada faktor-faktor seperti durasi kursus, jenis kursus dan institusi.


Universitas di Thailand

Universitas, perguruan tinggi, sekolah kedokteran, sekolah teknik, dan sekolah hukum Thailand sangat dihormati dan terkenal di komunitas pendidikan dan akademik, dan mereka menawarkan program Sarjana, Magister, dan Ph.D yang bergengsi untuk para siswa internasional. Jangan ragu untuk memilih dari beberapa gelar paling kompetitif di universitas terbaik di Thailand.

+
Event Registration