Turki

turki.jpg

Ada lebih dari 220,000 siswa internasional memilih untuk belajar di Turki pada tahun akademik 2020/21. Pemerintah Turki sendiri ingin meningkatkan jumlah ini dengan tujuan untuk menarik 350,000 siswa internasional selama beberapa tahun ke depan. Universitas Turki menawarkan siswa kesempatan untuk mendapatkan pengalaman pendidikan tinggi yang unik.

Ada 183 lembaga pendidikan tinggi di Turki, 109 di antaranya adalah universitas negeri, dengan 74 sisanya adalah lembaga swasta nirlaba. Siswa dapat memperoleh gelar sarjana, magister, dan doktoral.


Kuliah di Turki

Meskipun sistem pendidikan tinggi di Turki menjadi salah satu yang termuda di dunia, sistem ini telah mengumpulkan reputasi yang baik di seluruh dunia. Ada dua universitas di Turki yang masuk dalam 600 besar QS World University Rankings 2022.

Peringkat tertinggi adalah  Koç University yang berada di posisi 511-520. Peringkat tertinggi berikutnya adalah Bilkent University, yang ditempatkan pada kelompok 541-550. Ada tujuh universitas Turki lainnya di peringkat 1000 teratas.

TURKEY.png


Mengapa Kuliah di Turki?

Gelar di Turki ditawarkan dalam bahasa Turki dan Inggris. Jika kamu memilih untuk belajar dalam bahasa Inggris, kamu akan diminta untuk memberikan bukti kemahiran. Jika kamu tidak memenuhi standar yang dipersyaratkan, kamu mungkin bisa mengikuti kursus bahasa untuk membantu meningkatkan kemampuan.

Siswa dapat menemukan kursus yang diajarkan dalam bahasa Inggris di semua disiplin ilmu, termasuk teknik, sains, humaniora, seni dan desain, dan bisnis. Ada juga banyak program pertukaran yang ditawarkan oleh universitas internasional yang memungkinkan siswa untuk belajar di universitas Turki selama 1-2 semester.


Keuntungan Kuliah di Turki

Turki adalah tujuan studi yang aman dan terjangkau. Dengan sejarah modern negara ini dan keajaiban arsitektur kuno, keragaman budaya, dan kekayaan alamnya, Turki menawarkan lebih dari sekadar universitas bergengsi. Ada beberapa alasan mengapa Turki menjadi pilihan para siswa internasional.

  • Sistem Pendidikan Kelas Dunia

Turki memiliki sistem pendidikan tinggi yang mapan dan komprehensif, dengan lebih dari 180 universitas dan lebih dari 600.000 mahasiswa internasional pada tahun akademik terakhir. Universitas di negara ini menawarkan lebih dari 20.000 program gelar yang diajarkan dalam bahasa Inggris.

  • Lingkungan yang Multibudaya

Turki adalah negara multikultural dan multi-etnis, yang menjadikannya tujuan ideal bagi siswa internasional yang mencari pengalaman yang memperkaya di luar negeri. Orang-orang Turki ramah dalam menyambut orang asing, artinya siswa akan merasa betah di negara ini.

  • Kehidupan Berkualitas Tinggi

Biaya hidup di Turki relatif rendah dibandingkan dengan negara-negara Eropa lainnya. Kamu bisa menghemat biaya kuliah sambil mendapatkan kehidupan yang nyaman di Turki.


Persyaratan Kuliah di Turki

Jika kamu berencana untuk meraih gelar sarjana di Turki, kamu harus lulus terlebih dahulu dari sekolah menengah. Dokumen-dokumen yang kamu butuhkan, seperti:

  • Formulir aplikasi
  • Ijazah sekolah menengah (atau kertas yang menyatakan kamu akan lulus)
  • Transkrip nilai
  • Skor kemahiran bahasa (TOEFL atau tes kemahiran universitas pada saat kedatangan)
  • Surat motivasi
  • Bukti pembayaran biaya aplikasi (35-100 USD)
  • Sertifikat yang membuktikan bahwa kamu memiliki ujian keluar sekolah menengah (mis. SAT 1, International Baccalaureate, National Baccalaureate, dan lainnya)
  • Surat yang menjamin kamu memiliki dana keuangan untuk menghidupi diri sendiri selama masa studi

Kamu bisa mengunjungi situs resmi universitas tujuan untuk mencari tahu informasi lebih lanjut seputar dokumen yang dibutuhkan.


Daftar Kuliah di Turki

Setelah kamu melengkapi semua dokumen yang dibutuhkan, kamu dapat mengirimkan aplikasi. Perhatikan bahwa meskipun kamu mendaftar secara online, kamu juga harus mengirim dokumen melalui pos sebelum batas waktu. Juga, jika kamu memiliki ujian masuk atau wawancara, kamu harus pergi ke Turki untuk menghadirinya.

Surat penerimaan juga akan dilengkapi dengan info tentang langkah selanjutnya yang harus kamu ambil untuk mengklaim tempat di universitas tujuan, seperti membayar biaya sekolah atau mengajukan visa pelajar di Kedutaan atau Konsulat Turki terdekat.


Tempat Wisata di Turki

Keragaman lanskap, warisan, dan budaya kuliner bisa kamu nikmati sambil berkuliah di Turki. Berikut beberapa tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di Turki.

  • Cappadocia

Cappadocia adalah situs bersejarah di Turki tengah. Ini ditandai dengan tebing yang unik, dibentuk oleh angin dan air selama jutaan tahun yang mengubah daratan. Tempat ini terkenal dengan formasi batuan yang menjulang tinggi, dijuluki "cerobong peri" karena bentuknya yang ajaib dan sejarahnya yang unik. Sebagian besar pengunjung juga lebih suka melihat pemandangan menakjubkan ini dari balon udara.

  • Hagia Sophia

Hagia Sophia dikenal sebagai keajaiban dunia kedelapan. Bangunan menakjubkan ini awalnya dibangun pada abad ke-6 di bawah kaisar Bizantium Justinian I, yang sebelumnya merupakan katedral, dan kemudian menjadi masjid dengan penaklukan Ottoman. Kini, tempat ini menjadi museum yang terletak di Istanbul, terdaftar sebagai salah satu tempat wisata top di Turki.

  • Ephesus

Ephesus adalah kota kuno yang dibangun pada abad ke-10 SM. Reruntuhannya masih ada, mencerminkan berabad-abad penduduknya. Wisatawan dapat melihat arsitektur Yunani klasik hingga invasi Kekaisaran Romawi dan penyebaran agama Kristen. Kini, kamu dapat melihat banyak reruntuhan yang terpelihara dengan baik di tempat ini.


Transportasi di Turki

Turki memiliki sistem transportasi yang sangat nyaman. Sangat mudah untuk berkeliling kota dengan transportasi umum. Bus, kereta bawah tanah, taksi, dan kereta api tersedia di semua kota besar di Turki. Kota terbesarnya Istanbul memiliki sistem kereta bawah tanah yang mirip dengan London dan Paris.

Ankara, ibu kota Turki juga menawarkan sistem kereta bawah tanah yang sedang dalam pengembangan saat ini dan akan segera selesai. Selain itu, ada banyak bus di kedua kota untuk membawa kamu ke manapun.


Pengurusan Visa Pelajar untuk Kuliah di Turki

Untuk mendapatkan visa pelajar, kamu harus mengajukan permohonan secara langsung di kedutaan atau konsulat Turki terdekat di negara asal. Kamu harus memiliki visa pelajar sebelum dapat memasuki Turki.

Setelah tiba di Turki, kamu harus mengajukan permohonan izin tinggal yang memungkinkan kamu untuk tinggal di negara itu lebih dari 90 hari.

Biaya Pengurusan Visa

Pemrosesan aplikasi visa dapat memakan waktu antara 3 dan 15 hari, tetapi ini dapat bervariasi tergantung pada kedutaan atau konsulat yang kamu gunakan. Untuk biaya yang pasti, kamu bisa menghubungi lembaga terkait agar bisa mempersiapkan dana yang dibutuhkan.

Meskipun waktu pemrosesan untuk visa pelajar Turki relatif singkat, ada baiknya mengajukan permohonan sedini mungkin. Penundaan yang tidak terduga, atau dokumen yang hilang, bisa berarti kamu tidak mendapatkan visa tepat waktu.

Persyaratan dan Cara Buat Visa

Saat kamu mengajukan aplikasi visa pelajar Turki, kamu harus memberikan dokumen-dokumen berikut:

  • Paspor yang berlaku setidaknya 90 hari
  • Formulir aplikasi visa pelajar Turki yang sudah diisi dan ditandatangani
  • 2 foto ukuran paspor
  • Surat penerimaan dari universitas, termasuk masa tinggal
  • Bukti asuransi perjalanan untuk seluruh masa tinggal di Turki
  • Bukti asuransi kesehatan
  • Bukti pemesanan tiket pesawat ke Turki
  • Bukti sumber daya keuangan yang cukup untuk mendukung studi dan tinggal di Turki
  • Biaya pemrosesan visa, ini dapat bervariasi tergantung pada kebangsaan
  • Bukti akomodasi di Turki
  • Ijazah pendidikan sebelumnya

Izin tinggal di Turki akan berlaku selama satu tahun, tetapi kamu dapat memperbaruinya 60 hari sebelum habis masa berlakunya dengan mengunjungi otoritas setempat dan mengisi formulir aplikasi perpanjangan.

Cara Pembayaran Visa

Pembayaran visa bisa kamu cari tahu melalui kedutaan setempat. Kamu bisa mengunjungi situs resmi atau kantor kedutaan secara langsung untuk menggali informasi ini lebih lanjut.

Jika aplikasi kamu ditolak karena aplikasi yang tidak lengkap, kamu harus mengajukan permohonan bisa lain setelah memperbaiki kesalahan. Kamu dapat mengajukan permohonan visa baru 24 jam setelah menerima penolakan. Jika semua informasi sudah benar, kamu dapat menerima visa dalam tiga hari berikutnya setelah permohonan.


Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Turki

Kehidupan di Turki lebih terjangkau daripada kebanyakan negara. Kamu dapat memenuhi kebutuhan, seperti akomodasi, makanan dan minuman, serta hiburan dengan harga terjangkau. Selain itu, hampir semua transportasi akan menerima tiket dengan harga diskon.

Biaya kuliah juga akan tergantung pada universitas tujuan. Program gelar yang ditawarkan dalam bahasa Turki cenderung lebih murah daripada yang ditawarkan dalam bahasa Inggris. Rata-rata, kamu harus membayar antara TRY 1.600 dan TRY 9.000 per tahun untuk gelar di lembaga publik. Universitas swasta diizinkan untuk menetapkan biaya mereka sendiri, dan rata-rata mengenakan biaya hingga TRY 110.000 per tahun.


Universitas di Turki

Seperti semua perguruan tinggi internasional, universitas di Turki menawarkan kerangka waktu yang sama mengenai lama akademik: 2 tahun untuk gelar associate, 3-4 tahun untuk program sarjana, 1-2 tahun untuk program Magister dan 3-4 tahun atau Ph.D. program.

Banyak universitas di Turki telah menempati peringkat terbaik dalam ranking dunia. Kamu dapat mengambil program apapun dalam bahasa Inggris atau Turki di universitas-universitas terbaik di negara ini.

+
Event Registration