Kuliah di Australia

Selain menjadi tujuan wisata, Australia menjadi salah satu negara dengan beberapa kota paling layak huni di dunia dan menempati posisi ketiga sebagai negara dengan siswa internasional terbanyak. Kuliah di Australia menjadi tujuan banyak siswa dari berbagai negara.

australia.jpg

Perkuliahan di Australia

Australia sendiri terkenal dengan lingkungan yang ramah dan cita rasa makanan internasional yang menarik perhatian banyak orang. Sebagai mahasiswa yang kuliah di Australia, kamu akan menikmati berbagai lokasi hiburan terbaik, mulai dari pantai yang terkenal sampai taman nasional dan stadium Australian Football League.

Bahasa Inggris menjadi bahasa utama di negara ini yang tentu saja memudahkan banyak orang untuk berkomunikasi dengan warga lokal.

Selain lingkungan yang menyenangkan, Negara Kangguru ini juga terkenal dengan kualitas pendidikan yang bagus, termasuk juga sejumlah universitas ternama yang masuk peringkat universitas terbaik di dunia.

Fasilitas dan kualitas hidup yang terdapat di sini juga sangat menarik dan terjamin, karenanya mahasiswa internasional yang kuliah di sini akan merasa lebih nyaman. Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika memutuskan untuk kuliah di Australia.

Keuntungan Kuliah di Australia

Australia memiliki beberapa universitas terbaik yang menempati peringkat 300 besar menurut QS World University Rankings. Ada sekitar 33 universitas di Australia yang masuk dalam jajaran tersebut, di antaranya adalah Australian National University, University of Melbourne, University of Sydney dan University of Queensland.

Selain deretan universitas tersebut, berikut beberapa keuntungan kuliah di Australia yang perlu kamu tahu.

1. Durasi Pendidikan yang Lebih Singkat

Salah satu perbedaan sistem pendidikan di Australia adalah durasi masa studi yang lebih singkat. Kuliah di Australia hanya membutuhkan waktu sekitar 1-2 tahun untuk gelar diploma dan 3 tahun untuk gelar sarjana.

Bahkan, beberapa mahasiswa dapat menyelesaikan jenjang pendidikan sarjana dalam waktu yang lebih cepat, yakni 2,5 tahun, jika melewati jalur pendidikan khusus.

Dengan durasi yang lebih singkat, maka akan memudahkan kamu untuk meniti karir lebih dulu dan menghemat biaya kuliah yang perlu dikeluarkan.

2. Masyarakat yang Multi Budaya
3. Terdapat Perlindungan Khusus untuk Siswa Internasional
4. Prospek Karir yang Baik

Biaya Kuliah di Australia

Banyak yang beranggapan bahwa kuliah di Australia terbilang murah, namun hal ini akan tergantung pada program studi dan institusi pendidikan yang kamu pilih.

Biaya kuliah bisa dilihat di masing-masing situs resmi universitas tujuan kamu. Untuk satu tahun, maka kamu perlu menghitung biaya untuk dua semester. Rata-rata biaya kuliah per semester di Australia adalah sekitar 13,000 – 16,000 AUD.

Untuk penghitungan yang lebih mudah, maka kamu bisa menghitung biaya kuliah di Australia dalam rupiah. Namun, perlu diingat bahwa biaya kuliah akan sangat bergantung pada program studi dan kampus yang kamu pilih.

Selain biaya kuliah, kamu juga perlu mengetahui biaya hidup selama kamu kuliah di Australia. Biaya hidupnya sendiri akan tergantung dari gaya hidup dan kebutuhan sehari-hari yang kamu terapkan.

Umumnya, biaya hidup akan berkisar antara 15,000 – 20,000 AUD. Jumlah ini di luar biaya transportasi yang harus kamu keluarkan. Untuk transportasi umum, kamu perlu mengeluarkan biaya sebesar 20,000 – 25,000 AUD dalam satu tahun. Kamu bisa memilih transportasi yang paling efisien untuk menuju kampus.

Layanan Konsultasi Perkuliahan Luar Negeri

Persiapan dan proses pendaftaran ke kampus-kampus luar negeri biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama. Untuk itu, kamu perlu melakukan persiapan secepat mungkin agar bisa melakukan proses pendaftaran ke tahap selanjutnya.

Memilih agen pendidikan luar negeri bisa menjadi cara terbaik untuk mendaftar di kampus luar negeri. ICAN Education Consultant sebagai agen pendidikan akan membantu kamu dalam proses pendaftaran dan konsultasi kuliah.

Tim konselor kami telah berpengalaman untuk mendampingi para siswa dalam mendaftar di universitas tujuan, hingga berhasil memulai masa studi mereka di kampus luar negeri.

Sebagai calon mahasiswa internasional, kamu hanya perlu mempersiapkan berbagai dokumen, hingga persiapan akademis untuk memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh universitas.

Selebihnya, tim profesional kami akan mengurus berbagai keperluan, mulai dari pengajuan visa, proses pendaftaran hingga memastikan kamu sampai di negara tujuan dan mendapatkan akomodasi di sana.