Kuliah di Kanada

Kanada terkenal dengan kualitas pendidikan yang sangat baik. Tak perlu diragukan lagi, gelar universitas di Kanada sudah diakui oleh seluruh dunia dan berhasil menarik banyak siswa internasional untuk kuliah di Kanada.

Negara yang satu ini juga memiliki beberapa kota besar seperti Vancouver, Toronto dan Montreal yang dikenal sebagai kota-kota modern dengan kehidupan yang sangat menarik. Selain starndar hidup yang luar biasa, Kanada juga memprioritaskan keselamatan dan kesehatan para warganya.

Kuliah di Kanada

Perkuliahan di Kanada

Banyak siswa internasional dari seluruh dunia memilih Kanada sebagai tujuan pendidikan. Bahkan, pada 2018 lalu, Kanada menjadi negara ke-3 dengan populasi siswa asing terbanyak. Ada sekitar 3 juta mahasiswa internasional yang terdaftar di universitas negara ini, menurut data dari imigrasi Kanada.

Bukan tanpa alasan, negara yang terkenal dengan julukan Negara Pecahan Es ini berada di posisi ke-3 terbesar di dunia dalam hal kualitas pendidikan, keamanan dan negara multikultur.

Selain itu, biaya pendidikan di Kanada juga cukup kompetitif bahkan lebih rendah dibandingkan dengan Amerika. Hal ini dikarenakan semua universitas Kanada mendapatkan pendanaan dari pemerintah.

Selama belajar di Kanada, kamu akan mendapatkan hak kerja selama 20 jam per minggu. Dengan aturan ini, kamu bisa kuliah sambil kerja di Kanada dan tentunya menambah uang jajan kamu.

Kanada sendiri telah menjadi negara maju dengan teknologi yang sangat modern. Industri teknologi di negara ini berkembang sangat pesat sehingga memiliki reputasi internasional di bidang transportasi, telekomunikasi dan lainnya.

Pendidikan di negara ini juga menggunakan dua bahasa, yakni bahasa Inggris dan Perancis. Ini bisa sangat memudahkan para siswa internasional karena bisa menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari di kampus.

Cara Mendaftar Kuliah di Kanada

Sebagai negara pesemakmuran, bahasa Inggris menjadi bahasa nasional di sini selain bahasa Perancis. Hasil IELTS menjadi salah satu syarat bahasa yang paling umum untuk dapat kuliah di Kanada. Namun, TOEFL dan Cambridge English juga diterima di beberapa universitas.

Penting untuk kamu memiliki sertifikasi kemampuan bahasa Inggris tersebut. Selain itu, kamu juga perlu mempersiapkan beberapa dokumen sebagai salah satu cara kuliah di Kanada.

Dokumen yang dimaksud di sini adalah Transkrip Akademik resmi yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.

Pendaftaran di universitas Kanada harus dilakukan langsung di universitas tujuan. Hal ini karena Kanada tidak memiliki sistem pendaftaran pusat seperti UCAS di Inggris. Jangan dulu berpikir bahwa hal ini akan merepotkan kamu. Sebab, setiap teritori di Kanada bertanggung jawab untuk semua pendidikan di daerah setempat.

Kamu juga bisa mendaftarkan diri ke beberapa universitas teritori yang sama dalam satu waktu. Perlu diingat bahwa setiap universitas memiliki syarat masuk tertentu. Pastikan terlebih dahulu apa saja syarat yang harus kamu penuhi untuk mendaftar di universitas tujuan.

Salah satu cara paling mudah untuk bisa mendaftarkan diri di universitas Kanada adalah memeriksa pada situs resmi universitas tujuan atau langsung mengirimkan email ke staf pendaftaran universitas.

Pendaftaran untuk gelombang masuk September tahun mendatang umumnya dimulai pada Oktber di tahun sebelumnya. Batas akhir pendaftaran biasanya pada Januari/Februari.

Kamu akan menerima email balasan dalam 7 minggu setelah mengirimkan formulir pendaftaran beserta dokumen yang diminta.

Biaya Tinggal dan Kuliah di Kanada

Biaya kuliah di Kanada bisa dibilang cukup terjangkau. Namun, perlu diingat bahwa Kanada adalah negara urban dan perencanaan biaya harus dibuat sebelum kamu memutuskan untuk berangkat ke negara ini.

Biaya kuliah tentunya berbeda tergantung dengan pilihan uniuversitas, program dan lokasi kampus tersebut. Program jurusan Bisnis dan Kesenian terbilang terjangkau, dan bidang Kedokteran dan Teknik adalah jurusan dengan biaya yang cukup tinggi.

Perkiraan biaya kuliah di Kanada berdasarkan level studi adalah sebagai berikut:

  • Foundation/Pre-U: $8,000-10,500 (CAD)
  • Diploma: $13,500-19,500 (CAD)
  • Bachelor’s Degree: $14,000-25,000 (CAD)
  • Master’s Degree: $13,000-40,000 (CAD)
  • Doctorate Degree: $8,000-10,100 (CAD)

Selain biaya kuliah, kamu juga perlu membayar biaya pendaftaran sekitar $ 50-100 (CAD) dan biaya ini tidak dapat dikembalikan.

Jika kamu berencana untuk mendaftar di beberapa universitas, maka kamu bisa menggunakan sistem pendaftaran Ontario University Application Centre (OUAC). Ada paket pendaftaran untuk 3 universitas dan lebih dari itu, kamu akan dikenakan biaya tambahan.

Selain biaya kuliah, kamu perlu memperhitungkan biaya tinggal di Kanada. Biaya sehari-hari biasanya terbagi ke tiga kebutuhan, seperti akomodasi, transportasi, makanan dan kesehatan.

Biaya yang kamu butuhkan per bulanya, berkisar $1,000 (CAD) perbulannya, di luar biaya sewa. Namun, jumlah ini bisa berbeda, terutama jika kamu memilih untuk tidak tinggal di kota besar.

Di Vancouver, biaya hidup akan lebih tinggi dibandingkan dengan Kedgwick. Beberapa kota dengan biaya hidup termahal di Kanada adalah Toronto, Vancouver dan Victoria. Sedangkan, kota dengan biaya yang lebih terjangkau berada di Moncton dan Abbotsford.

Persiapkan juga dana darurat untuk kesehatan selama kamu kuliah di Kanada. Jika memilih untuk berlangganan di suatu tempat Gym, persiapkan biaya sekitar $60 (CAD) perbulannya.

Layanan Konsultasi Perkuliahan Luar Negeri

Menurut Organisasi untuk Kerjasama dan Pembangunan Ekonomi (OECD), Kanada merupakan pelaku pendidikan top dunia. Negara ini bahkan berada di antara tiga negara yang memiliki pengeluaran terbesar untuk pendidikan umum pasca sekolah menengah.

Tips kuliah di Kanada yang perlu kamu tahu adalah proses pendaftaran hanya bisa dilakukan langsung ke universitas. Untuk itu, kamu perlu mencari informasi lebih lanjut mengenai syarat yang berlaku di universitas terkait.

Untuk proses pendaftaran yang lebih mudah, kamu bisa melakukannya di konsultan pendidikan luar negeri. ICAN Education Consultant memiliki berbagai layanan terkait kuliah di luar negeri. Mulai dari proses pendaftaran, pengajuan visa ke kedutaan, hingga konsultasi kuliah.

Para konselor juga akan memastikan bahwa kamu telah sampai di negara tujuan dan memulai masa studi di kampus impian. Selain itu, tim kami juga akan membantu proses pencarian akomodasi yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing siswa.  

Proses pendaftaran akan jauh lebih mudah dan cepat dengan bantuan para konselor kami. Layanan-layanan lain juga dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan siswa. Untuk mendapatkan layanan yang dibutuhkan, kamu bisa menghubungi kami di kontak resmi atau juga langsung mengunjungi kantor-kantor kami.

Kanada sendiri memiliki beberapa universitas terbaik, bahkan memiliki ranking yang cukup tinggi. Beberapa universitas yang dimaksud adalah University of Toronto, University of British Columbia, McGill University, McMaster University, University of Montreal dan beberapa universitas lainnya.

Lulusan internasional dari universitas Kanada juga memiliki kesempatan untuk bekerja di Kanada hingga satu tahun setelah lulus kuliah.

Untuk bekerja di Kanada setelah lulus, kamu bisa mengajukan permohonan untuk ijin kerja, yakni Post-Graduation Work Permit Program/ PGWPP. Dengan begitu, kamu memiliki kesempatan untuk mendapatkan pengalaman kerja di Kanada.