Kuliah di China

China merupakan sebuah negara dengan area terluas di Asia, dan keempat di dunia, setelah Amerika Serikat. Populasi di negara ini pun cukup banyak, ada lebih dabih dari 1,3 miliar orang di China pada 2014 lalu. Kuliah di China bahkan menjadi impian bagi banyak orang.

china.jpg

Perkuliahan di China

Negara Tirai Bambu ini memiliki jajaran universitas terkemuka dan menjadi destinasi pendidikan banyak siswa internasional. Pemerintah China sendiri menargetkan 500 ribu calon mahasiswa yang mendaftar di universitas Cina.

Jumlah ini bisa terbilang cukup besar dan menjadi bukti sejauh mana rencana yang telah dibuat untuk mempromosikan universitas dalam negeri dan mendorong siswa internasional untuk kuliah di China.

Untuk mengetahui universitas terbaik apa saja di China, QS World University Rankings menetapkan 10 besar universitas terbaik di negara ini. Beberapa di antarannya adalah Tsinghua University, Peking University, Fudan University, University of Science and Technology of China dan Nanjing University.

Syarat dan Cara Daftar Kuliah di China

Sebelum memutuskan untuk melanjutkan studi di negara ini, kamu perlu tahu apa saja dokumen dan persiapan kuliah di China agar proses pendaftaran berjalan lancar. Banyak jurusan di beberapa kampus menggunakan bahasa China dan bukan dalam bahasa Inggris.

Untuk itu, sebagai siswa internasional kamu akan diminta untuk memberikan sertifikat kelulusan ujian Hanyu Shuiping Kaoshi (HSK). Sertifikat ini sendiri bisa diperoleh dengan mengambil kursus intensif selama 1-2 tahun belajar bahasa China.

Hal ini perlu dilakukan agar kamu bisa menguasai bahasa Cina dan memahami pembelajaran yang diberikan, tentu juga untuk berkomunikasi dengan penduduk setempat.

Selain itu, kamu juga perlu mengambil dan menunjukan bukti lulus tes bahasa Inggris, seperti misalnya IELTS dan TOEFL.

Dokumen yang Diperlukan

Sedangkan, beberapa dokumen yang diperlukan untuk bisa kuliah di China adalah formulir pendaftaran, salinan Passport, 2 reference letter, pas photo berwarna dengan latar belakang putih, salinan ijazah dan transkrip nilai, serta salinan nilai TOEFL/IELTS.

Setelah semua dokumen tersebut telah dikirimkan ke universitas dan kamu menerima surat penawaran, maka kamu harus membuat visa pelajar. Kamu harus datang ke kedutaan China untuk mengajukan visa dan membawa beberapa dokumen, seperti surat penawaran, formulir aplikasi Visa, hasil pemeriksaan fisik, Passport asli, dan satu pas foto terbaru.

Dengan memenuhi berbagai persyaratan tersebut, kamu memiliki kesempatan yang lebih besar untuk bisa melanjutkan kuliah di China.

Penting juga untuk mencari informasi lengkap seputar universitas dan jurusan apa yang akan kamu ambil. Setelah itu, proses pendaftaran akan lebih mudah, terutama jika kamu mengetahui bagaimana cara kuliah di China beserta proses pendaftarannya.

Biaya Kuliah di China

Selain mencari tahu informasi tentang universitas dan program pilihan, kamu juga harus mengetahui kisaran biaya kuliah di China. Meski jumlah biaya kuliah akan berbeda tergantung dari kampus dan jurusan yang kamu pilih, namun umumnya biaya kuliah di China sedikit lebih murah dibandingkan dengan Amerika atau Inggris.

Jumlah pasti biaya kuliah bisa kamu ketahui di situs resmi universitas atau juga menghubungi pihak kampus secara langsung. Umumnya, biaya kuliah akan berbeda di setiap program yang diambil. Kamu juga bisa memilih kuliah di China yang murah dengan mencari lebih banyak referensi universitas yang tersedia di negara ini.

Sedangkan, untuk biaya pendaftaran sendiri berkisar antara 597 – 995 Yuan atau sekitar Rp1,3 juta hingga Rp2,1 juta. Di antara semua program kuliah di China, program kedokteran memiliki biaya pendaftaran paling mahal. Bahkan, semakin ternama universitas tersebut maka semakin mahal pula biaya pendaftarannya. Untuk itu, sangat penting untuk mencari informasi lengkap seputar biaya kuliah dengan menghubungi langsung pihak universitas.

Kisaran Biaya Akomodasi

Untuk para siswa internasional, kamu juga harus memperhitungkan biaya akomodasi selama masa studi di negara ini. Biaya akomodasi sendiri adalah pengeluaran paling besar setiap bulannya.

Kamu bisa memilih berbagai tipe akomodasi yang tersedia, termasuk juga asrama sebagai pilihan yang paling ekonomis. Biaya asrama biasanya dibayarkan per semester dan sudah termasuk biaya utilitas.

Selain tinggal di asrama, kamu juga bisa menyewa apartemen di daerah perkotaan China dengan tagihan sekitar 3,520 Yuan atau sekitar Rp6,3 juta per bulannya.

Selain biaya kuliah dan biaya hidup, kamu juga harus memperhitungkan berbagai keperluan lainnya. Untuk mendukung mobilitas dalam kegiatan setiap hari, kamu perlu memperhitungkan biaya transportasi.

Dari sekian banyak moda transportasi yang ada di China, kereta bawah tanah adalah transportasi yang paling murah dan paling banyak digunakan oleh warga China. Tarif kendaftaraan ini hanya sekitar 1 Yuan per stasiun. Dengan begitu, kamu bisa menghemat pengeluaran kamu, kan?

Layanan Konsultasi Perkuliahan Luar Negeri

Kuliah di luar negeri tentu membutuhkan banyak persiapan, belum lagi kelengkapan dokumen yang harus diperhatikan. Banyak siswa yang merasa bahwa mempersiapkan kuliah di luar negeri akan menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Untuk itu, kamu bisa memilih layanan agen pendidikan luar negeri agar proses pendaftaran berlangsung lebih mudah.

Layanan konsultasi kuliah yang dimiliki agen pendidikan akan sangat membantu kamu dalam mempersiapkan berbagai hal terkait perkuliahan luar negeri. Memilih agen pendidikan yang profesional perlu kamu pertimbangkan untuk proses pendaftaran yang jauh lebih mudah.

Sebagai siswa internasional, kamu hanya perlu mempersiapkan berbagai dokumen dan identitas diri. Kemudian proses selanjutnya akan dibantu dan didampingi oleh tim konselor berpengalaman.

Tak hanya layanan konsultasi kuliah, kamu juga bisa mendapatkan banyak informasi mengenai pilihan akomodasi hingga menemukan tempat tinggal yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu sendiri.

Ada pula layanan penjemputan di bandara untuk memastikan bahwa kamu telah sampai di negara tujuan dan menemukan akomodasi yang telah kamu pilih.

Tertarik untuk kuliah di China? Pertimbangkan untuk mendaftarkan diri melalui konsultan pendidikan luar negeri untuk dapat memulai masa kuliah sesuai jadwal yang telah ditentukan.