Kuliah di Prancis

Prancis merupakan salah satu negara di Eropa yang menjadi destinasi wisata banyak orang. Terkenal dengan ikon Menara Eiffel yang mendunia, Prancis berhasil mencuri perhatian banyak orang. Di samping itu, negara ini dikenal dengan kampus terbaik dengan peringkat teratas dunia. Syarat kuliah di Prancis pun tak sulit, sehingga banyak siswa internasional yang datang ke sini.

Dengan memilih Perancis sebagai tujuan pendidikan, kamu akan mendapatkan berbagai akses ke banyak pengajaran yang berkualitas. Bahkan, biaya kuliah di negara ini juga cukup rendah karena sebagian pembiayaan dibayarkan oleh negara.

informasi kuliah di prancis

Alasan Kuliah di Prancis

Sebagai kota fashion dan kehidupan yang cukup tinggi, siapa yang sangka bahwa Prancis memiliki kualitas pendidikan yang sangat baik. Negara ini juga berinvestasi pada banyak penelitian, sehingga universitas di Prancis secara konsisten masuk dalam peringkat teratas dunia.

Menurut QS World University Rankings, ada sekitar 41 universitas dan dua institusi Prancis yang berada di posisi top 100 universitas terbaik dunia.

Fakultas bisnis di negara ini juga mendapatkan reputasi dunia untuk kualitas pendidikan dan hasil yang kompetitif. Bahkan berbagai institusi Prancis dianggap memiliki kualitas yang sangat baik dalam bidang Sastra dan Seni.

Jenjang pendidikan di universitas Perancis tidak berbeda jauh dengan Indonesia. Program S1 bisa diselesaikan dengan durasi tiga tahun. Sedangkan, program S2 dan S3 biasanya berdurasi minimal dua tahun.

Persyaratan Kuliah di Prancis

Negara Mode ini juga dikenal dengan budayanya yang kaya. Kuliah di Prancis membuat kamu memiliki pengalaman yang luar biasa. Kamu bisa tinggal di Prancis dengan gaya hidup yang mewah atau juga sebaliknya.

Mahasiswa dan warga lokal akan tinggal berdampingan dan memungkinkan kamu untuk menjalin relasi yang sangat baik dengan banyak orang.

Untuk mendaftar di universitas swasta Prancis bisa dilakukan di situs universitas masing-masing. Sedangkan, untuk mendaftar di universitas negeri, kamu bisa melakukannya melalui platform CEF France.

Melalui platform tersebut, setiap siswa diperbolehkan untuk mendaftarkan diri di tujuh institusi yang berbeda. Proses pendaftaran di sini terdiri dari dua jalur, yakni tes online dan tes tertulis.

Sebelum mengetahui cara kuliah di Prancis, pastikan kamu telah memenuhi berbagai persyaratan yang berlaku, seperti:

1. Memiliki Sertifikat Kemampuan Bahasa

Untuk mendaftar kuliah di Prancis, kamu membutuhkan sertifikat kemampuan bahasa Inggris, seperti IELTS atau TOEFL. Masing-masing universitas biasanya sudah menentukan minimal skor untuk kedua tes ini.

Beberapa kampus menetapkan skor minimal 450-500 atau setara. Di luar itu, meski beberapa kampus menyediakan program kuliah berbahasa Inggris, kamu tetap harus mengerti bahasa Prancis. Kemampuan ini akan sangat berguna untuk komunikasi sehari-hari.

2. Nilai Minimal yang Diperlukan
3. Persiapkan Motivation Letter

Kisaran Biaya Hidup dan Kuliah di Prancis

Jika kamu kuliah di universitas negeri Perancis maka biaya kuliah akan jauh lebih murah, Sebab, pemerintah Prancis telah memberikan subsidi sebanyak 2/3 dari total biaya pendidikan.

Sebagai mahasiswa asing, kamu hanya harus membayar biaya kuliah di Prancis sebesar 1/3 dari total biaya studi. Subsidi ini tak hanya berlaku untuk mahasiswa lokal, namun juga siswa internasional.

Secara nominal, mahasiswa dalam program S1 harus mengeluarkan biaya sebesar €2770 per tahun untuk biaya kuliah atau juga sekitar €3770 per tahun jika digabungkan dengan biaya hidup.

Sedangkan, untuk biaya hidup sendiri akan berbeda untuk setiap orang. Hal ini akan sangat tergantung dari kebutuhan dan gaya hidup yang kamu jalani.

Secara umum, biaya hidup mahasiswa di negara ini sekitar €800-1000 per bulan jika tinggal di kota Paris. Jumlah ini tentu cukup besar karena Paris termasuk kota besar dan sangat maju.

Sedangkan, mahasiswa yang tinggal di luar Paris biasanya menghabiskan biaya hidup lebih murah, yakni sekitar €600-800 per bulannya.

Sebagai mahasiswa, kamu membutuhkan biaya sekitar €3-4 untuk sekali makan di kantin universitas. Jumlah ini termasuk murah karena kantin universitas memberikan harga yang relative rendah untuk para mahasiswa.

Butuh pemasukan tambahan? Kamu bisa bekerja paruh waktu dengan durasi maksimal 20 jam dalam satu minggu. Sedangkan gaji yang akan kamu dapatkan dari pekerjaan paruh waktu biasanya sekitar €9-10 per jamnya.

Layanan Konsultasi Perkuliahan Luar Negeri

Untuk mendaftar di universitas Prancis, kamu perlu mempersiapkan berbagai dokumen yang dibutuhkan. Kelengkapan dokumen akan sangat berpengaruh terhadap hasil penerimaan universitas.

Proses pendaftaran sendiri bisa dilakukan melalui ICAN Education Consultant. Sebagai konsultan pendidikan luar negeri, kami memiliki berbagai layanan terbaik terkait perkuliahan di luar negeri.

Selain membantu dalam proses pendaftaran, kami juga memberikan layanan pengajuan visa hingga konsultasi kuliah untuk semua siswa yang berencana kuliah di luar negeri.

Pemilihan universitas dan akomodasi juga bisa dikonsultasikan dengan para konselor kami. Hal ini memungkinkan kamu untuk mendapatkan universitas dan akomodasi terbaik selama menjalani kuliah di Prancis.

Layanan-layanan terbaik kami bisa didapatkan dengan menghubungi kami di kontak yang telah tersedia. Jika memungkinkan, kamu juga bsia mengunjungi kantor kami di alamat-alamat yang sudah tertera.

Kamu bisa memilih beberapa universitas di Prancis sebagai tujuan pendidikan, seperti misalnya Emlyon Business School, IFA Paris, Université De Strasbourg, Université De Lorraine, Vatel Group, dan berbagai universitas lainnya.

Berbagai jurusan juga tersedia, sehingga memungkinkan kamu untuk memperdalam bidang pendidikan yang kamu minati. Jurusan-jurusan terbaik yang tersedia di kampus Prancis, seperti Arts & Humanities, Business & Social Science, Engineering dan berbagai jurusan lainnya.

Memilih universitas dan jurusan yang tepat akan membuat kamu menjalani masa kuliah dengan lebih nyaman. Ilmu yang akan kamu dapatkan di universitas juga akan lebih maksimal.

Untuk memudahkan proses pemilihan universitas, kamu bisa berkonsultasi dengan para konselor profesional kami. Layanan-layanan lainnya juga bisa kamu dapatkan sebagai layanan kuliah ke luar negeri.