Kuliah di Jerman

Jerman adalah salah satu negara dengan empat musim dan sering menjadi tujuan wisata banyak turis, termasuk warga Indonesia. Tak hanya terkenal dengan keindahan alam dan tempat wisata yang menakjubkan, Jerman juga terkenal dengan kualitas pendidikan yang sangat baik. Hal ini membuat sebagian siswa Indoensia mengidamkan untuk kuliah di Jerman.

informasi kuliah di jerman

Mengenal Sistem Kuliah di Jerman

Perkuliahan di Jerman menggunakan sistem ECTS (European Credit Transfer and Accumulation Sytem) yang rata-rata memiliki bobot sebesar 30 ECTS dalam satu semester.

Sementara, sistem penilaian di negara ini menggunakan skala 5.0-1.0, di mana 5.0 adalah nilai terendah dan seorang siswa dianggap gagal dalam satu mata kuliah. Sedangkan 1.0 dianggap sebagai nilai tertinggi.

Menurut data dari QS World University Rankings 2018, Jerman memiliki tiga kampus terbaik di antaranya adalah Technische Universität München, Ludwig-Maximilians Universität München dan Heidelberg University yang merupakan kampus tertua di Jerman.

Berencana kuliah jurusan Teknik dan Sains? Jerman adalah pilihan yang tepat! Meski begitu, negara satu ini juga memiliki disiplin ilmu lainnya yang tak kalah berkualitas, sebut saja Politik dan Ekonomi.

Alasan Kuliah di Jerman

Berlokasi di pusat Eropa, Jerman menjadi salah satu negara dengan siswa internasional terbanyak. Hal ini bukan tanpa alasan, ada beberapa keuntungan kuliah di Jerman yang dirasakan oleh para siswa internasional.

1. Universitas Berkualitas

Jerman memiliki banyak universitas dengan peringkat tertinggi di Eropa Barat. Pada 2015 lalu, Time Higher Rankings menempatkan LMU Munich di posisi ke-29 terbaik di dunia. Selain itu, masih banyak lagi institusi Jerman yang masuk dalam 100 besar universitas terbaik di dunia.

Selain terkenal dengan kualitas pembelajaran dan fasilitas modern, pemerintah Jerman juga sangat mendukung sektor pendidikannya. Ada dana khusus yang dianggarkan untuk proyek penelitian setiap tahun.

Hal ini memungkinkan siswa untuk menjalankan berbagai proyek penelitian yang bersifat individual di bidang masing-masing.

2. Tidak Ada Biaya Kuliah
3. Kesempatan Kerja yang Lebih Besar
4. Lingkungan yang Mendukung

Perkiraan Biaya Kuliah di Jerman

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, bahwa kuliah di Jerman tidak membutuhkan biaya. Kamu hanya perlu membayar biaya administrasi yang dibayarkan per semester.

Besaran biaya administrasi ini sudah termasuk biaya layanan organisasi mahasiswa dan biaya pendaftaran. Di beberapa universitas, biaya tersebut sudah termasuk biaya transportasi umum, akomodasi siswa, fasilitas atletik dan berbagai fasilitas lainnya.

Selain itu, kamu juga bisa mengikuti salah satu program bantuan pendidikan yang cukup populer. Untuk kuliah di Jerman, ada bantuan DAAD atau The German Academic Exchange Services).

DAAD sendiri menyediakan bantuan keuangan ke siswa internasional di seluruh cabang. Bantuan ini sudah memiliki beberapa cabang di negara-negara tertentu, termasuk Indonesia. Sekitar 120 ribu mahasiswa yang mengikuti program ini dan dinyatakan lolos.

Jika biaya kuliah di Jerman tidak memberatkan kamu, maka biaya hidup di negara ini perlu kamu perhitungkan. Meski biaya hidup akan sangat tergantung dengan kebutuhan dan gaya hidup sehari-hari, kamu perlu tahu kota-kota mana yang cukup mahal di Jerman.

Perkiraan Biaya Hidup

Beberapa kota memiliki biaya hidup yang cukup tinggi dan sebaliknya. Jadi, kamu perlu pandai dalam memilih kota tempat tinggal dan mengatur keuangan.

Jika kamu berencana kuliah di Hamburg, maka kisaran biaya hidup di sana sekitar EUR 900-1,100. Jumlah tersebut cukup tinggi bila dibandingkan dengan Munich yang hanya sekitar EUR 850-1,000.

Atau kamu juga bisa memilih kota Leipzig yang hanya membutuhkan biaya sebesar EUR 600-800.

Ingin menambah uang jajan? Jika iya, maka kamu tak perlu khawatir karena siswa internasional diperboleh bekerja selama masa studi di Jerman. Kapasitas maksimal yang diberikan untuk bekerja adalah 120 hari pertahun. Durasi ini terbagi dengan durasi 20 jam dalam satu minggu.

Ijin bekerja ini juga perlu didapatkan dan dikeluarkan oleh Employment Agency (Arbeitsamt) dan imigrasi.

Layanan Konsultasi Perkuliahan Luar Negeri

Untuk bisa mendapatkan berbagai keuntungan tersebut, kamu perlu mengetahui informasi lengkap mengenai cara daftar kuliah di Jerman. Proses pendaftaran sendiri bisa langsung dilakukan di situs resmi universitas.

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan layanan agen pendidikan luar negeri. Proses pendaftaran ke universitas tujuan hingga konsultasi kuliah di luar negeri akan diberikan oleh tim profesional yang telah berpengalaman.

Proses pendaftaran ke universitas luar negeri yang membutuhkan waktu lama akan lebih mudah dengan layanan-layanan dari ICAN Education Consultant. Kami memberikan layanan pendaftaran hingga pengajuan visa untuk para siswa yang akan kuliah di luar negeri.

Konsultai perkuliahan juga akan dilakukan untuk menentukan jurusan apa yang harus diambil. Proses pemilihan akomodasi juga akan disesuaikan dengan kebutuhan setiap siswa. Keperluan apapun yang dibutuhkan selama kuliah di luar negeri, bisa ditanyakan langsung ke para konselor kami.

Tim kami juga akan memastikan bahwa siswa telah sampai di negara tujuan dan dapat memulai masa studi mereka di universitas yang dituju sebelumnya.