Kuliah di Indonesia

Meski kuliah di luar negeri menjadi kebanggan sendiri bagi banyak siswa, namun kuliah di Indonesia tetap menjadi pengalaman terbaik yang bisa kamu dapatkan. Negara yang terkenal dengan ribuan pulaunya ini memiliki ribuan lembaga pendidikan tinggi dan lebih dari 7 juta mahasiswa terdaftar di semua institusi pendidikan tinggi.

informasi kuliah di indonesia

Jika kamu memiliki tujuan karir di dalam negeri, maka kuliah di Indonesia akan membuka peluang untuk meniti karir di negeri sendiri.Universitas di Indonesia memiliki kurikulum dan praktik kuliah yang lebih familiar di lingkungan pekerjaan dan profesi di dalam negeri.

Dengan kuliah di Indonesia, kamu juga akan bertemu dengan berbagai siswa lainnya di jurusan yang sama dan dapat menjadi rekan kerja kamu nantinya. Dosen yang berpengalaman di bidangnya juga akan membuka peluang dan akses-akses pascakuliah nantinya.

Para lulusan luar negeri juga tak kalah berkualifikasi dibandingkan dengan para lulusan luar negeri. Terbukti dari banyaknya sarjana-sarjana dalam negeri yang berhasil membuka lapangan pekerjaan atau bahkan mencapai jabatan cukup tinggi di sebuah perusahaan.

Mengapa Kuliah di Indonesia?

Tak hanyauniversitas luar negeri, kampus-kampus di Indonesia juga memiliki kualitas pendidikan yang baik. Beberapa kampus ternama bahkan memiliki peringkat yang cukup baik di mata dunia. Masih ragu, berikut beberapa alasan mengapa kamu perlu kuliah di Indonesia.

1. Kualitas Pendidikan yang Baik

Sama seperti negara lain, Indonesia memiliki berbagai institusi pendidikan tinggi dengan ranking yang cukup baik. Banyak kampus-kampus Indonesia yang ternyata memiliki kualitas lebih baik dari sejumlah kampus di luar negeri.

Beberapa universitas di Indonesia bahkan memiliki sejarah dan rekam jejak yang cukup panjang dan bagus. Hal ini dibuktikan dari kualitas lulusan yang dihasilkan oleh universitas ternama di Indonesia yang memiliki kredibilitas bagus.

Universitas terkemuka dan cukup terkenal di Indonesia mencakup Universitas Indonesia (UI), Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, Universitas Bina Nusantara dan masih banyak lagi.

2. Pilihan Seleksi Masuk Kuliah
3. Pilihan Jurusan yang Luas
4. Biaya Kuliah yang Bisa Disesuaikan

Syarat Masuk Kuliah di Indonesia

Bagi kamu yang tertarik masuk kuliah atau menempuh pendidikan tinggi, ada beberapa syarat masuk kuliah di Indonesia yang perlu kamu tahu.

Meski masing-masing kampus memiliki syarat yang berbeda, namun secara umum beberapa syarat yang diperlukan adalah sebagai berikut:

1. Memiliki Ijazah dari Jenjang Pendidikan Sebelumnya

Untuk dapat mendaftar di universitas, kamu perlu memiliki ijazah dari jenjang pendidikan yang kamu tempuh sebelumnya. Sedangkan, syarat nilai yang lebih spesifik bisa kamu lihat di masing-masing situs universitas.

Untuk kamu yang sempat menunda sekolah, kamu bisa menempuh pendidikan penyetaraan atau biasa disebut dengan program Kejar Paket. Perlu diketahui bahwa Kejar Paket A setara dengan SD, Kejar Paket B setara dengan SMP dan Kejar Paket C setara dengan SMA.

Agar bisa masuk kuliah di program S1, kamu harus lulus jenjang pendidikan setara SMA. Sedangkan, program S2, kamu harus menempuh dan lulus jenjang S1. Begitu pun jika kamu ingin bergabung dalam program S3, maka kamu harus berhasil lulus program S2 terlebih dahulu.

2. Memenuhi Batas Usia yang Berlaku

Usia menjadi salah satu syarat masuk universitas yang umum diberlakukan, terutama untuk kebanyakan Perguruan Tinggi Negeri.

Bagi kamu yang berencana masuk ke Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur SBMPTN, jeda maksimal yang diperbolehkan adalah 3 tahun setelah lulus. Dengan kata lain, usia ijazah kamu tidak boleh lebih dari 3 tahun saat ikut seleksi.

Sedangkan, jika kamu mengikuti Seleksi Mandiri, maka jeda waktu yang diperbolehkan adalah 5 tahun sejak masa kelulusan.

Beberapa Perguruan Tinggi Swasta tidak memiliki batas usia, terutama untuk perguruan tinggi yang membuka kelas untuk karyawan. Perguruan Tinggi Swasta biasanya memiliki persyaratan usia yang jauh lebih fleksibel.

3. Memiliki Berkas yang Lengkap dan Membayar Biaya Masuk

Selain memiliki ijazah, kamu juga perlu memenuhi beberapa berkas-berkas yang telah ditetapkan. Umumnya, berkas yang diperlukan mencakup Surat Keterangan Lulus, KTP, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Pas Foto dan lain sebagainya.

Selain itu, kamu perlu membayar biaya masuk. Universitas biasanya mengharuskan mahasiswanya untuk membayar biaya pendaftaran, UKT Semester 1 untuk universitas negeri, biaya SKS semester 1 untuk swasta, uang pangkal/dana pengembangan/sumbangan pendidikan/uang gedung.

Layanan Konsultasi Perkuliahan Luar Negeri

Proses pendaftaran ke masing-masing kampus biasanya memiliki prosedur yang berbeda. Untuk itu, kamu perlu mengetahui proses pendaftaran di kampus tujuan dengan sangat baik.

Kelengkapan berkas juga perlu diperhatikan mengingat semua dokumen yang menjadi syarat harus kamu miliki.

Jika masih bingung memilih universitas atau jurusan yang sesuai dengan minat dan latar belakang pendidikan, kamu bisa melakukan konsultasi kuliah di agen pendidikan. Layanan ini akan memudahkan kamu dalam memilih universitas dan jurusan yang tepat.

Sebagai agen pendidikan, ICAN Education Consultant tak hanya membantu proses pendaftaran ke berbagai universitas di luar negeri. Tim kami juga membantu setiap proses pendaftaran dan konsultasi perkuliahan untuk masuk kampus-kampus dalam negeri.

Hubungi tim kami di kontak resmi untuk mendapatkan layanan-layanan terbaik untuk memulai masa perkuliahan kamu.

Chat with us: