Kuliah di Irlandia

Irlandia memiliki deretan kampus ternama dengan reputasi dan kualitas pendidikan yang sangat tinggi. Banyak lulusan terbaik yang berasal dari kampus-kampus dengan reputasi yang cukup baik. Tak heran rasanya jika kuliah di Irlandia menjadi pilihan para siswa internasional.

Irlandia sendiri menjadi salah satu negara di Eropa dengan perpaduan personal klasik tempo dulu dan pemandangan alam yang menakjubkan. Tak hanya itu, bahkan 7 universitas negeri Irlandia masuk dalam 700 universitas terbaik dunia.

informasi kuliah di irlandia

Sistem Perkuliahan Irlandia

Kerap disapa Ireland, negara ini memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia dan memiliki reputasi yang sangat baik dalam memberikan pendidikan berkualitas kepada siswa internasional.

Kuliah di Irlandia memungkinkan kamu untuk menjalin relasi dengan banyak siswa internasional yang berasal lebih dari 160 negara di dunia.

Sebelum mendaftarkan diri, kamu perlu melakukan survey kampus yang akan kamu tuju. Ada banyak kampus ternama dengan reputasi baik yang bisa dijadikan bahasa pertimbangan untuk tujuan pendidikan.

Cari informasi selengkap mungkin seputar kampus tersebut. Gali informasi mengenai sistem pendidikan, perkuliahan, lingkungan kampus serta organisasi yang tersedia.

Selain itu, kamu juga perlu memiliki bahasa Inggris yang cukup fasih. Sertifikat kemampuan bahasa Inggris umumnya perlu dicantumkan pada saat proses pendaftaran.

Cara Kuliah di Irlandia

Untuk bisa memiliki pengalaman kuliah di Irlandia, kamu bisa memilih proses pendaftaran dengan dua cara. Cara pertama melalui tes yang diadakan oleh kampus terkait atau juga melalui konsultan pendidikan.

1. Mendaftar Secara Pribadi

Jika kamu memilih untuk menggunakan cara pertama, maka kamu harus melakukan pendaftaran secara manual dengan tes di kampus yang kamu tuju. Kamu juga harus memiliki referensi atau history score selama masa sekolah dengan grade yang cukup baik.

Selain itu, kamu juga perlu mengurus referensi yang diperlukan ke lembaga tertentu seorang diri. Jika proses ini terkesan rumit, kamu bisa menggunakan cara yang kedua, yakni dengan menggunakan layanan konsultan pendidikan.

2. Daftar Melalui Konsultan Pendidikan
3. Bukti Kemampuan Bahasa

Perkiraan Biaya Kuliah di Irlandia

Kuliah di Irlandia dalam program S1 umumnya membutuhkan waktu kurang lebih selama 3 tahun. Jangka waktu ini terbilang cukup singkat dibandingkan dengan program S1 di Indonesia dengan durasi 4 tahun.

Di Ireland, program Sarjana atau Undergraduate Courses membutuhkan biaya sekitar €9,000 – €45,000 per tahun.

Sedangkan, program Pascasarjana (S2) dan S3 membutuhkan biaya sekitar €9,000 – €37,000 per tahunnya. Gelar Master sendiri biasanya bisa ditempuh dalam kurun waktu selama 2 tahun.

Jumlah yang disebutkan di atas tentu berbeda di masing-masing kampus dan tergantung pada bidang studi dan universitas yang dipilih. Selain itu, kamu juga perlu membayar layanan siswa sekitar €2,500. Biaya ini mencakup tes masuk dan dukungan ke klub mahasiswa.

Biaya Hidup di Irlandia

Selain biaya kuliah, kamu juga perlu mengetahui biaya hidup selama melanjutkan studi di Ireland. Seorang mahasiswa di negara ini biasanya membutuhkan biaya hidup sekitar €7,000 hingga €12,000 per tahun.

Biaya ini sudah termasuk uang sewa akomodasi, listrik, makanan, laundry, hingga transportasi. Lagi dan lagi, jumlah ini akan sangat bervariasi dan tergantung lokasi studi, akomdoasi serta gaya hidup yang kamu jalani.

Menekan biaya hidup bukan hal yang tidak mungkin dilakukan. Kamu bisa memilih akomodasi dengan uang sewa yang murah, memilih transportasi dengan biaya yang cukup terjangkau atau memasak makanan sendiri dibanding membelinya.

Di luar itu, kamu perlu menyisihkan biaya untuk barang-barang yang jarang dibeli atau hanya akan dibeli satu kali. Barang-barang ini termasuk peralatan dapur, tempat tidur, telepon genggam dan yang lainnya.

Biaya hiburan juga perlu kamu pertimbangkan. Sebab, Irlandia memiliki banyak tempat hiburan yang bisa kamu kunjungi saat waktu senggang. Bahkan, negara yang meraih empat pemenang Nobel Sastra ini kaya akan peninggalan budaya, pertunjukan jalanan yang menakjubkan, dan berbagai karya sastra yang bisa kamu nikmati.

Butuh uang tambahan? Selama masa kuliah di Irlandia, kamu diijinkan untuk bekerja paruh waktu selama 20 jam dalam seminggu dan penuh waktu selama 40 jam setiap minggunya.

Layanan Konsultasi Perkuliahan Luar Negeri

Perlu diketahui bahwa ada ribuan mahasiswa internasional yang memilih untuk kuliah di Irelandia. Hal ini tentu memungkinkan kamu untuk memperluas relasi, serta mengenal berbagai macam budaya dan latar belakang yang berbeda.

Bergabung dengan siswa internasional lain di Ireland dengan mendaftarkan diri di salah satu kampus terbaik di negara ini. Proses pendaftaran bisa kamu lakukan di ICAN Education Consultant.

Sebagai agen pendidikan luar negeri, kami memiliki tim konselor profesional untuk membantu setiap proses pendaftaran hingga memberikan  konsultasi perkuliahan luar negeri. Layanan yang kami berikan bertujuan untuk membantu setiap proses hingga kamu berhasil memulai masa studi di kampus tujuan.

Kelengkapan dokumen dan hasil akademik menjadi fokus kamu untuk bisa melanjutkan kuliah di Irlandia. Proses selanjutnya akan dibantu oleh para konselor agar kamu bisa mulai belajar sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Irlandia sendiri memiliki beberapa kampus ternama, seperti University College Dublin, University College Cork, Trinity College Dublin, Dublin City University dan masih banyak lagi universitas lainnya yang bisa kamu pilih.

Chat with us: