Kuliah di Italia

Memiliki populasi penduduk hingga 61 juta jiwa, membuat Italia dinobatkan sebagai negara keempat dengan populasi terbanyak di Eropa. Tak hanya terkenal dengan destinasi wisata yang indah, Italy juga memiliki kualitas pendidikan yang sangat baik. Negara yang satu ini berhasil mencuri perhatian pelajar dari seluruh dunia untuk kuliah di Italia.

informasi kuliah di italia

Mengenal Perkuliahan Italia

Italy memiliki setidaknya 90 perguruan tinggi dengan status negeri dan swasta. Banyak universitas yang menawarkan program dengan standar internasional serta telah memiliki akreditas yang baik.

Kuliah di Italia juga dianggap lebih terjangkau karena disediakan banyak bantuan finansial serta potongan harga untuk makanan dan akomodasi bagi pelajar. Meski demikian, biaya kuliah akan tergantung pada institusi dan jurusan yang dipilih.

Selain pendidikan yang berkualitas dan biaya kuliah yang cukup terjangkau, negara ini memilliki suasana yang sangat menyenangkan. Ada sekitar 32,000 siswa terdaftar di universitas Italia. Hal ini memungkinkan kamu untuk mempelajari kebudayaan lain dan membangun relasi dengan banyak orang.

Dengan melanjutkan pendidikan di Negara Spaghetti ini, kamu memiliki kesempatan untuk mempelajari sejarah secara langsung. Kamu juga bebas mengnjungi museum dan menikmati karya seni yang ada di sana.

Syarat Kuliah di Italia

Persyaratan masuk ke universitas di Italia akan berbeda. Hal ini tergantung dari program dan gelar yang kamu ambil. Saat mendaftarkan diri di berbagai program kuliah di Italia, ada beberapa persyaratan yang perlu kamu ingat.

1. Program Sarjana

Untuk memasuki program ini, kamu perlu menyelesaikan studi menengah atas, memiliki sertifikat cuti sekolah yang valid dan memenuhi syarat untuk studi pendidikan tinggi di negara asal.

Perlu diingat juga bahwa ada banyak mata kuliah yang menggunakan bahasa Italia. Hal ini perlu kamu ketahui secara rinci, terutama jika kamu belum mengerti bahasa Italia. Ada kemungkinan, kamu diharuskan untuk melampirkan bukti kemampuan bahasa melalui tes bahasa bersertifikat agar bisa diterima di program pilihan.

2. Program Magister
3. Program PhD

Biaya Kuliah di Italia

Untuk bisa menjalani masa perkuliahan di negara ini, kamu perlu mengetahui berapa kisaran biaya kuliah di Italia. Jumlah biaya pasti biasanya tergantung pada universitas atau program yang kamu ambil.

Namun umumnya, untuk dapat kuliah di perguruan tinggi swasta Italia, kamu membutuhkan biaya sekitar 7,000 hingga 20,000 EUR. Kebanyakan program Master dan Doktoral di negara ini membutuhkan biaya yang lebih tinggi dibandingkan dengan program Sarjana.

Sementara itu, untuk kamu yang berencana mendaftar di perguruan tinggi negeri Italy, kamu membutuhkan biaya sekitar 900 hingga 4,000 EUR per tahunnya. Biaya ini akan tergantung dari asal negara kamu, apakah kamu berasal dari Uni Eropa atau tidak, serta program yang dipilih.

Kisaran Biaya Tinggal di Italia

Pembiayaan kuliah bukanlah satu-satunya pengeluaran yang perlu kamu pikirkan. Biaya hidup selama di Italy juga perlu kamu pertimbangkan. Dengan begitu, kamu bisa mengatur keuangan selama masa studi berlangsung.

Selama tinggal di Italia, kamu membutuhkan biaya sebesar 1,000 – 1,500 EUR, tergantung dari kota yang kamu tempati. Biaya ini meliputi biaya akomodasi, makan, transportasi, telekomunikasi, dan keperluan lainnya.

Biaya hidup tentu bisa kamu tekan dengan menggunakan transportasi umum. Kamu bisa memilih Elettero Treno Rapido (kereta berkecepatan tinggi), Eurostar dan InterCity (kereta antar kota) dan Inter Regionale (kereta regional).

Ingin mencoba transporatasi lain? Kamu bisa menggunakan bus, metro dan taksi. Untuk bus dan metro, kamu bisa melakukan pembelian tiket di toko atau mesin tiket yang berada di stasiun. Harga tiket berkisar antara 1,30 hingga 1,80 EUR.

Pilih jenis transportasi yang paling sesuai dengan kebutuhan mobilitas kamu. Harga yang lebih terjangkau juga bisa menjadi pertimbangan dalam proses pemilihan transportasi di Italia.

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menghemat adalah memilih akomodasi di dekat kampus. Dengan begitu, kamu tak perlu mengeluarkan banyak uang untuk transportasi menuju kampus.

Layanan Konsultasi Perkuliahan Luar Negeri

Memilih Italia sebagai tujuan kuliah akan membuat kamu mengalami lebih dari sekadar pengalaman akademik. Bergabung dengan siswa internasional lainnya di universitas terkemuka di Italia.

Proses pendaftaran ke universitas luar negeri biasanya membutuhkan persiapan yang lebih panjang. Untuk itu, kamu disarankan untuk menggunakan layanan konsultasi kuliah dari agen pendidikan luar negeri.

Para konselor di ICAN Education Consultant akan mendampingi kamu di setiap proses pendaftaran hingga kamu diterima di salah satu universitas Italia.

Selain itu, proses pengajuan visa akan lebih efisien dengan tim profesional kami. Kamu cukup mengirimkan kelengkapan dokumen dan proses selanjutnya akan dibantu hingga kamu menerima visa pelajar yang dibutuhkan.

Layanan-layanan lain juga diberikan untuk memenuhi kebutuhan para siswa yang akan kuliah di luar negeri. Menyadari bahwa proses pendaftaran dan pengajuan visa berlangsung selama beberapa minggu, kami menyarankan untuk melakukan prosesnya secepat mungkin.

Dengan memulai lebih awal, kamu dapat bergabung dengan universitas tujuan sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Kuliah di Italia akan membuat kamu membuat kamu memiliki pengalaman kuliah yang luar biasa. Mulai dari belajar sejarah dan budaya, kuliah di universitas terkemuka, hingga menikmati pemandangan alam yang luar biasa.

Semua pengalaman ini bisa ditemukan di Italy. Untuk itu, pastikan kamu mendaftarkan diri secepat mungkin untuk memulai masa perkuliahan di negara ini.