Kuliah di Malaysia

Malaysia menjadi salah satu negara yang paling sering dipilih sebagai tujuan pendidikan. Ada lebih dari 9,000 siswa asal Indonsia yang memilih untuk kuliah di Malaysia. Negara ini menjadi favorit karena biaya kuliah dan hidup yang cukup terjangkau, dan lokasi yang dekat dengan Indonesia.

Negara multikultural ini memiliki berbagai pilihan universitas terbaik dengan jurusan yang cukup lengkap. Beberapa universitas di Malaysia juga berhasil meraih reputasi dan peringkat yang cukup baik di mata dunia.

Hal ini membuat Malaysia memiliki 170 ribu mahasiswa internasional yang terdaftar di berbagai universitas Malaysia. Jumlah tersebut masih akan bertambah setiap tahunnya, mengingat kualitas pendidikan negara ini terus berkembang.

informasi kuliah di malaysia

Kelebihan Kuliah di Malaysia

UNESCO pada 2015 lalu menempatkan Negeri Jiran ini pada posisi ke-12 di dunia dengan kedatangan jumlah siswa internasional terbanyak. Malaysia juga menjadi rumah bagi berbagai budaya, dan mampu menyuguhkan panorama kota yang menawan.

Di luar itu, pendidikan Malaysia juga patut diacungi jempol. Pasalnya, ada Sembilan universitas Malaysia yang berhasil masuk jajaran universitas terbaik di dunia.

Berdasarkan World University Rankings, ada sekitar 5 universitas Malaysia dengan ranking terbaik, yakni Universiti Malay (UM), Universiti Kebanggan Malaysia (UKM), Universiti Putra Malaysia (UPM), Universiti Sains Malaysia (USM) dan University Teknologi Malaysia (UTM).

 

Proses Pendaftaran Kuliah di Malaysia

Semua universitas di Malaysia juga diwajibkan untuk menjalankan proses ertifikasi lembaga khusus dari Kementerian Pendidikan Malaysia. Hal ini membuat semua universitas di negara ini memiliki akreditasi dan reputasi yang sangat baik, dan tentunya diakui oleh negara.

Selain kualitas tinggi, program pendidikan di Malaysia juga sangat progresif dan ramah terhadap para siswa, terutama siswa internasional. Negara tetangga ini mengadopsi program pendidikan Inggris dan semua siswa mendapatkan akses yang baik terhadap sistem edukasi global.

Salah satu cara kuliah di Malaysia yang perlu kamu tahu adalah melengkapi berbagai dokumen yang dibutuhkan. Proses seleksi universitas sendiri akan dimulai dari seleksi administrative.

Bagi para siswa yang belum memiliki ijazah pada masa pendaftaran, maka kamu bisa mengirimkan salinan rapor. Masing-masing universitas memiliki persyaratan yang berbeda. Bahkan, beberapa jurusan memiliki syarat yang lebih spesifik.

Umumnya, universitas di Malaysia akan mengharuskan calon mahasiswa untuk memiliki beberapa dokumen ini:

  • Ijazah SMA atau salinan rapor kelas 12
  • Salinan atau scan paspor (semua halaman, termasuk halaman kosong)
  • Salinan SKHUN (Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional) dan nilai UN
  • Foto diri dengan latar belakang putih berukuran 4×6 sebanyak 6 lembar
  • Salinan KTP
  • Nilai Minimum IELTS sebesar 4-6,5
  • Nilai minimum TOEFL sebesar 450-550
  • Telah lulus dari program Foundation/GCE/O Level/IB

Semua dokumen tersebut harus dikirimkan melalui Email dengan formulir pendaftaran yang bisa kamu dapatkan di situs universitas. Dokumen asli juga harus kamu bawa saat berangkat ke Malaysia dan telah dinyatakan diterima di universitas tujuan.

Tahun akademik di Malaysia biasanya dimulai pada September. Sementara itu, semua syarat pendaftaran kuliah di Malaysia harus dikirimkan pada Mei di tahun yang sama.

Proses seleksi yang cukup lama membuat kamu harus mengirimkan semua dokumen dari jauh hari sebelum kuliah dimulai.

Hasil pendaftaran biasanya akan diumumkan pada Juli hingga Agustus di tahun yang sama. Seperti universitas di negara lainnya, kamu akan mendapatkan offer letter dari universitas tujuan melalui email, tentunya jika kamu diterima.

Karena pendaftaran di setiap universitas berbeda, penting untuk mencari tahu informasi terbaru dari seputar proses pendaftaran di universitas tujuan.

Perkiraan Biaya Kuliah di Malaysia

Biaya kuliah di Malaysia jelas berbeda tergantung pada universitas dan juruan yang kamu pilih. Jika diterima di universitas negeri, maka biaya yang kamu keluarkan tentu tidak terlalu besar.

Namun, kamu perlu mempersiapkan sejumlah biaya dengan jumlah cukup besar, jika masuk ke universitas swasta lokal atau internasional di Malaysia.

Secara umum, biaya kuliah di negara ini tentu lebih murah dibandingkan dengan negara-negara di Eropa, Amerika Serikat dan Australia.

Jurusan kedokteran membutuhkan biaya yang paling mahal, dan disusul dengan jurusan pariwisata dan perhotelan, IT, Teknik dan Bisnis. Selain jurusan-jurusan ini, kamu akan mengeluarkan biaya yang jauh lebih murah.

Untuk jurusan Bisnis di universitas Malaysia membutuhkan biaya sekitar Rp45-195 juta. Sedangkan, jurusan Teknik membutuhkan biaya sekitar Rp80-450 juta. Untuk kamu yang berencana kuliah di jurusan IT, kamu perlu menyiapkan uang sebesar Rp80-400 juta.

Perlu dicatat bahwa jumlah tersebut bisa saja berubah dan tergantung universitas serta jurusan yang kamu pilih. Biaya kuliah di Malaysia juga telah mencakup beberapa biaya lainnya, seperti pendaftaran, uang pendidikan, premi kesehatan dan biaya lainnya.

Selain biaya kuliah, kamu perlu mempersiapkan biaya hidup selama menjalani masa studi di Malaysia. Untuk dapat kuliah murah di Malaysia, kamu bisa memilih tinggal di asrama kampus.

Biaya sewa di asrama kampus umumnya lebih terjangkau dan memiliki lokasi yang strategis di dekat kampus atau pusat kota. Selain itu, kamu juga bisa menyewa sebuah mini apartemen atau flat.

Untuk biaya hidup di Malaysia tidak jauh berbeda dengan Indonesia, terutama Jakarta. Kebanyakan mahasiswa yang kuliah di Malaysia biasanya menghabiskan biaya hidup sekitar Rp50-60 juta per tahun.

Layanan Konsultasi Perkuliahan Luar Negeri

Sebagai mahasiswa internasional, kamu diwajibkan untuk memiliki Visa Pelajar untuk kuliah di Malaysia. Untuk mendapatkan visa ini, kamu perlu mempersiapkan beberapa dokumen, seperti misalnya paspor dan KTP asli, salinan paspor dan KTP, pas foto dan offer letter.

Karena proses pengajuan visa membutuhkan waktu yang cukup lama, maka kamu perlu melakukannya sejak jauh hari sebelum waktu keberangkatan. Proses pengajuan visa juga bisa kamu lakukan dengan bantuan dari agen pendidikan luar negeri.

ICAN Education Consultant memiliki layanan-layanan terbaik untuk para siswa yang akan kuliah di luar negeri. Salah satu layanan yang bisa kamu dapatkan adalah layanan pengajuan visa yang dilakukan oleh tim berpengalaman kami.

Selain itu, kami memiliki layanan perkuliahan lainnya, seperti proses pendaftaran hingga konsultasi kuliah. Tim kami juga akan memberikan konsultasi terkait pemilihan akomodasi hingga pemilihan kampus yang sesuai dengan latar belakang pendidikan kamu.

Tim konselor kami akan memberikan layanan-layanan yang dibutuhkan terkait perkuliahan luar negeri. Kelengkapan dokumen sebagai syarat pendaftaran dan pengajuan visa juga akan dicek dengan hati-hati agar prosesnya dapat berjalan dengan lancar.

Layanan-layanan ini bisa kamu dapatkan dengan menghubungi kami di kontak resmi atau juga mengunjungi kantor kami.

Keanekaragaman yang ditawarkan Malaysia menjadi daya tarik sendiri bagi para pelajar internasional. Kamu bisa saling bertukar wawasan budaya dan tradisi dari berbagai negara. Menjalin koneksi dengan banyak siswa dari berbagai negara juga menjadi keuntungan sendiri dan dapat membuka peluang kerja di masa mendatang.