Kuliah di Belanda

Sebagai salah satu negara dengan populasi terpadat di Eropa, Belanda memiliki kebudayaan yang beragam dan kehidupan kota yang menyenangkan. Di luar itu, Negera Kincir Angin ini memiliki jajaran universitas terkemuka. Bahkan, 11 universitas menempati posisi 200 besar universitas terbaik di dunia. Kuliah di Belanda menjadi pengalaman sendiri untuk banyak siswa.

kuliah di belanda

Lebih Jauh Mengenai Perkuliahan di Belanda

Ada sekitar 112 ribu mahasiswa internasional yang melanjutkan studi mereka di Belanda. Jumlah ini bahkan selalu meningkat setiap tahunnya. Belanda menjadi gerbang menuju Eropa, dengan waktu tempuh hanya 3 jam menuju paris, serta 5 atau 6 jam menuhi London dan Berlin. Hal ini menjadikan Belanda tempat yang sempurna untuk menempuh pendidikan.

Di negara ini, universitasnya diklasifikasikan sebagai universitas riset yang menawarkan lebih banyak program akademik berorientasi penelitian, dan universitas ilmu terapan yang menawarkan lebih banyak program studi berorientasi praktik.

Cara Daftar Kuliah di Belanda

Sebelum memutuskan untuk kuliah di Belanda, kamu perlu tahu apa saja persiapan dan syarat-syarat untuk dapat melanjutkan studi di Negara Tulip ini.

Sebagai siswa internasional, ada beberapa syarat dan dokumen yang diperlukan untuk mendaftar kuliah di universitas-universitas terkemuka Belanda. Beberapa kampus juga menentukan syarat minimal untuk mendaftar di beberapa program kuliah.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diketahui sebelum melanjutkan studi di Belanda.

1. Persyaratan Bahasa

Penting untuk dapat berbicara, membaca dan menulis dalam bahasa Inggris. Sebelum kuliah di luar negeri, biasanya kamu harus lulus ujian Bahasa Inggris terlebih dahulu. IELTS dan TOEFL adalah dua tes bahasa Inggris yang diterima di universitas luar negeri. Namun, beberapa institusi juga menerima ujian bahasa inggris lain, seperti misalnya Cambridge English.

Umumnya, skor yang dibutuhkan sekitar 550 untuk TOEFL paper based, atau 213 untuk TOEFL internet based. Sedankan, IELTS sendiri, skor minimal yang diperlukan adalah 6.

2. Evaluasi Ijazah
3. Pendaftaran Masuk Universitas

Biaya Hidup dan Kuliah di Belanda

Jumlah pasti untuk biaya kuliah di Belanda tentu berbeda berdasarkan institusi dan program yang kamu ambil. Namun, secara umum, biaya hidup kuliah di Belanda setara dengan negara lainnya di Eropa.

Anggapan bahwa kuliah di Belanda murah sebenarnya bergantung pada universitas, program dan kebutuhan kamu sendiri. Namun, pada 2018 lalu, uang tabungan yang harus dimiliki pelajar atau yang belum menikah adalah €1.800 perbulan atau sekitar Rp27.246.096.

Sedangkan, untuk biaya hidup seperti akomodasi akan bergantung pada pilihan akomodasi yang kamu pilih. Akan lebih murah jika memilih akomodasi yang disediakan oleh universitas. Hal ini karena biaya tersebut sudah termasuk biaya listrik, gas, air dan internet.

Pemilihan kota tempat tinggal juga berpengaruh terhadap biaya hidup kamu selama di Belanda. Jika memilih Amsterdam sebagai kota tempat tinggal, maka biaya akomodasinya sedikit lebih mahal dibandingkan dengan kota lain, seperti Den Haag.

Sedangkan, biaya transportasi yang harus kamu keluarkan akan bergantung pada jenis transportasi yang kamu pilih. Biasanya, untuk membeli sepeda, kamu membutuhkan uang sekitar €50-100 per sepeda. Untuk transportasi publik sekitar € 40-100.

Sementara, untuk biaya internet dan komunikasi tergantung pada kebutuhan dan apartemen yang kamu tempati. Hal ini selaras dengan biaya hidup yang sangat tergantung pada kebutuhan kamu setiap hari. Semakin sederhana biaya hidup di Belanda, maka akan semakin sedikit pengeluaran yang harus kamu keluarkan.

Layanan Konsultasi Perkuliahan Luar Negeri

Untuk dapat kuliah di Belanda, kamu perlu memenuhi berbagai persyaratan dan memiliki beberapa dokumen yang telah ditetapkan.

Persiapan matang akan memudahkan proses pendaftaran di universitas tujuan yang kamu pilih. Untuk itu, beberapa univesitas di Belanda mengijinkan para siswa internasional untuk melakukan pendaftaran melalui konsultan pendidikan luar negeri.

Tim konsultan pendidikan biasanya menawarkan berbagai layanan pendaftaran dan konsultasi kuliah untuk para siswa internasional yang ingin kuliah di luar negeri.

Dengan bantuan tim konsultan pendidikan, para siswa internasional akan melalui proses pendaftaran yang lebih mudah dan cepat.

Pendampingan dalam proses pendaftaran akan sangat memudahkan siswa, dan membuat mereka fokus terhadap persiapan akademis agar dapat menjalani masa studi dengan lebih baik di negara tujuan.

Belanda sendiri menjadi salah satu negara yang dituju banyak siswa dari Indonesia. Berbagai program dan kampus unggulan bisa dipilih untuk melanjutkan pendidikan dan mendapat gelar terkemuka dari negara ini.

Hubungi tim konsultan pendidikan luar negeri profesional untuk membantu kamu memulai masa studi di Belanda.