Kuliah di Selandia Baru

New Zealand berjarak 1,5 KM dari tenggara Austalia dan menjadi sebuah negara kepulauan di barat daya Samudera Pasifik. Selain menyuguhkan pemandangan alam yang luar biasa, Selandia Baru juga menjadi negara paling damai ke-4 di dunia versi Indeks 2016 Global Peace. Kuliah di New Zealand akan memberikan pengalaman pendidikan yang berbeda.

Berbagai institusi pendidikan yang berkualitas, para pengajar ahli hingga fasilitas terbaik dan modern yang ada di kampus-kampus New Zealand menjadikan negara ini semakin terdepan dalam dunia pendidikan.

informasi kuliah di new zealand

Lebih Jauh Tentang Kuliah di New Zealand

Selandia baru merupakan salah satu tempat terbaik untuk belajar dan tinggal. Penduduk New Zealand dikenal sangat ramah dan terbuka pada orang asing, terutama pelajar internasional.

Negara yang terkenal dengan bidaya suki Maori ini memiliki lingkungan yag masih asri dan sejuk. Dalam bidang pendidikan, institusi pendidikan di Selandia Baru secara konsisten terus dipantau dan diuji. Hal ini untuk memastikan bahwa mereka tetap memberikan kualitas pendidikan yang tinggi dan konsisten.

Kontrol kualitas ini dilakukan oleh NZQA dan bertujuan untuk memenuhi standar pendidikan tertinggi. Dengan begitu, para siswa akan memiliki pengetahuan yang luas, aman dan terjaga. Hal ini membuat semua universitas di New Zealand masuk dalam top 500 universitas terbaik di dunia.

 

Persiapan Kuliah di New Zealand

New Zealand tak hanya memiliki universitas sebagai lembaga pendidikan tinggi. Negara ini juga memiliki politeknik, institute teknologi, dan organisasi pelatihan industri.

Kebanyakan universitas dengan peringkat terbaik berada di Auckland. Bahkan, University of Auckland berada di posisi ke-82 di antara universitas terbaik dunia, menurut QS World University Ranking 2016 lalu.

Auckland sendiri juga menjadi kota terbesar di New Zealand yang menempati posisi ke-18 untuk kota siswa terbaik di dunia pada 2016 lalu. Posisi ini bahkan mengalahkan New York, San Fransisco dan Los Angeles.

Sebagai salah satu cara kuliah di New Zealand adalah mengetahui apa saja persiapan yang perlu dilakukan sebelum berangkat ke negara ini.

Persiapan yang dilakukan tentunya berkaitan dengan syarat kuliah yang diperlukan. Meski masing-masing universitas memiliki persyaratan yang berbeda, namun secara umum persiapan yang kamu perlukan adalah sebagai berikut:

1. Persiapkan Berbagai Dokumen Lengkap

Jika kamu sudah menentukan universitas apa yang akan dituju, kamu bisa langsung mempersiapkan berbagai dokumen yang berlaku. Berbeda jalur kuliah dan universitas, berbeda pula persyaratan yang ditetapkan.

Persiapan kuliah harus dilakukan dari jauh hari dan harus dilakukan dengan matang. Dokumen dan persyaratan pendaftaran menjadi penilaian penting diterima atau tidaknya kamu di universitas tujuan.

Hindari dokumen yang tidak lengkap karena akan mengurangi nilai kamu. Syarat utama lain yang harus diperhatikan adalah memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik. Umumnya, skor IELTS yang berlaku adalah 6.0 dan TOEFL IBT minimal 80.

2. Memiliki Visa Pelajar
3. Tentukan Tempat Tinggal

Berapa Biaya Kuliah di New Zealand?

Biaya kuliah di New Zealand terbilang cukup tinggi dibandingkan dengan negara Asia lainnya. Hal ini dikarenakan New Zealand telah menjadi salah satu negara maju dan berada di Kawasan Eropa.

Namun begitu, kamu tetap bisa kuliah murah di New Zealand dengan mendaftarkan diri di program pendanaan pendidikan. Kamu juga bisa menghemat biaya dengan memilih akomodasi dan transportasi yang tepat.

Masing-masing biaya kuliah di kampus New Zealand tentu berbeda dan tergantung dari kampus dan jurusan yang dipilih.

Secara garis besar, biaya kuliah di New Zealand dibagi berdasarkan tingkat perkuliahan. Seperti misalnya, Foundation dengan biaya kuliah 6,000-10,000 NZD. Sedangkan untuk gelar diploma membutuhkan dana sebesar 20,000-40,000 NZD.

Sementara itu, untuk kamu yang akan kuliah di gelar Sarjana maka membutuhkan biaya sekitar 25,000-40,000 NZD. Untuk gelar Master membutuhkan biaya sekitar 20,000-40,000 NZD. Jumlah biaya tersebut akan tergantung dari universitas pilihan kamu.

Sebagai negara yang masuk ke Kawasan Eropa, biaya hidup di New Zealand terbilang cukup tinggi. Pemerintah New Zealand sendiri memiliki kebijakan pajak sebesar 15% untuk GST (Goods and Services Tax).

Mahasiswa yang kuliah di New Zealand biasanya membutuhkan biaya sebesar 200-300 NZD dalam seminggu untuk menyewa sebuah akomodasi. Dengan kata lain, kamu membutuhkan biaya sekitar 800-1200 NZD dalam satu bulan.

Jika enggan tinggal di kota besar, seperti Auckland, mungkin biaya akomodasi akan sedikit lebih terjangkau. Namun, kamu perlu mempersiapkan biaya tambahan untuk transportasi. Biaya yang harus kamu keluarkan sekitar 120 NZD per bulannya untuk transportasi.

Secara umum, tinggal di kota besar seperti Auckland membutuhkan biaya sekitar 350-490 NZD atau sekitar Rp3,2 juta – Rp4,6 juta dalam satu minggu. Namun, biaya ini bisa sangat berbeda jika kamu memilih tinggal di kota lainnya selain Auckland.

Layanan Konsultasi Perkuliahan Luar Negeri

Tinggal dan kuliah di New Zealand akan memberikan pengalaman hidup yang luar biasa. Selandia Baru bahkan masuk ke dalam negara paling aman di dunia dan memiliki tingkat korupsi yang cukup rendah. Hal ini membuat perekonomian di New Zealand selalu stabil.

Kuliah di negara ini akan membuat kamu bertemu dengan banyak orang dari seluruh dunia. Memiliki siswa internasional yang cukup banyak memungkinkan kamu untuk membangun koneksi dengan banyak orang.

New Zealand sendiri memiliki beberapa universitas terbaik, seperti University of Auckland, University of Otago, Auckland University of Technology, University of Canterbury, University of Waikato dan sebagainya.

Daftarkan diri di universitas terbaik di New Zealand melalui ICAN Education Consultant. Sebagai agen pendidikan luar negeri, kami memiliki layanan terbaik seputar perkuliahan.

Layanan-layanan kami mencakup pengajuan visa, proses pendaftaran hingga konsultasi kuliah. Kamu bisa melakukan tanya-jawab dengan para konselor kami terkait universitas dan jurusan yang kamu tuju.

Kami juga akan membantu proses pemilihan akomodasi yang sesuai dengan budget dan kebutuhan kamu. Dapatkan layanan-layanan terbaik kami dengan menghubungi konselor secara langsung.

Chat with us: