Kuliah di Singapura

Melanjutkan studi di luar negeri, namun masih dekat dengan Indonesia? Kuliah di Singapura bisa menjadi pilihan yang tepat. Meski Singapura bukan pilihan pertama saat memutuskan untuk kuliah di luar negeri, namun negara ini patut dipertimbangkan karena menjadi salah satu negara di Asia yang paling modern dan inovatif.

Ada lebih dari 50,000 siswa internasional yang datang untuk kuliah di Singapura setiap tahunnya, menurut data dari UNESCO. Angka ini dianggap cukup tinggi dibandingkan dengan negara Asia lainnya, seperti Jepang, Korea Selatan dan China.

informasi kuliah di singapura

Pendaftaran Kuliah di Singapura

Cara kuliah di Singapura yang perlu diketahui adalah mengetahui proses pendaftaran untuk kuliah di Singapura yang biasanya dilakukan secara online. Kamu bisa mengunduh formulir pendaftaran melalui situs resmi universitas yang dituju.

Kemudian, kamu harus mengisi formulir tersebut dan melengkapi berbagai berkas-berkas yang menjadi syarat. Semua dokumen dan formulir pendaftaran bisa dikirimkan melalui online.

Sebelum mengirimkan semua dokumen, kamu perlu memperhatikan waktu penerimaan formulir pendaftaran oleh pihak universitas. Pastikan kamu tidak terlambat mengirimkan semua dokumen dan formulir pendaftaran agar pihak universitas bisa menerimanya tepat waktu.

Perlu diketahui juga bahwa beberapa universitas menerapkan serangkaian tes untuk menyelesaikan seleksi calon mahasiswanya. Tes akan diselenggarakan dan dinilai langsung oleh pihak kampus.

Jika kamu akan mendaftar di program Pascasarjana, maka harus mengikuti Graduate Management Admission Test (GMA).

Alasan Kuliah di Singapura

Proses penerimaan sendiri akan ditangani langsung oleh masing-masing universitas. Secara umum, periode penerimaan di kampus Singapura adalah Februari/Maret, Juli/Agustus dan Oktober/November. Kembali lagi, ini akan tergantung dari masing-masing universitas.

Sementara itu, tahun akademik di Singapura dimulai pada Agustus dan berjalan hingga sekitar bulan Mei.

Kuliah di Singapura akan memberikan pengalaman yang cukup luar biasa. Negeri Sing aini menjalankan program orientasi untuk memberikan masukan kepada siswa tentang sistem pendidikan Singapura.

Selain itu, siswa internasional juga akan diberikan layanan konseling untuk pendaftaran masuk ke universitas. Dengan begitu, siswa internasional punya tempat bertanya dan konsultasi ketika mereka membutuhkannya.

Hampir semua institusi di Singapura menawarkan lingkungan belajar yang kondusif bagi semua siswa. Semua siswa yang kuliah di Singapura akan memiliki akses ke teknologi dan layanan perpustakaan kelas dunia.

Negara yang satu ini juga menjadi rumah bagi berbagai perguruan tinggi yang memiliki kualitas pendidikan unggulan. Sebut saja National University of Singapore dan Nanyang Technological University yang masuk ke jajaran universitas top dunia.

Beberapa perguruan tinggi asing terkemuka juga membuka kampus cabang di Singapura, seperti misalnya James Cook University, Chicago Business School, dan masih banyak lagi. Selain universitas, ada berbagai politeknik yang menawarkan gelar Diploma dalam berbagai bidang.

Selain menawarkan fasilitas dan kualitas pendidikan yang sangat baik, universitas di Singapura juga memiliki lingkungan belajar yang sangat kondusif bagi banyak mahasiswa. Dengan begitu, kamu bisa kuliah di Singapura dengan sangat nyaman.

Terkenal dengan kualitas pendidikannya, tak heran jika banyak siswa internasional yang memutuskan untuk kuliah di Singapura. Para siswa datang dari berbagai negara dan benua yang berbeda. Hal ini memungkinkan kamu untuk bertemu dan berteman dengan banyak siswa dari seluruh dunia.

Sebagai lulusan dari Singapura, kamu memiliki kesempatan karir yang sangat bagus. Negara ini sendiri merupakan salah satu pusat keuangan dunia, di mana banyak perusahaan besar berada di sana. Kamu juga memiliki peluang yang lebih besar untuk bekerja di negara ini.

Perkiraan Biaya Kuliah

Biaya kuliah di Singapura akan sangat tergantung pada universitas dan program yang dipilih. Biaya kuliah mungkin sedikit lebih terjangkau dibandingkan dengan universitas luar negeri lainnya.

Hal ini karena adanya subsidi yang diberikan oleh negara untuk mereka yang berhasil masuk ke universitas negeri. Secara umum, biaya kuliah di Singapura sekitar SGD8,000 hingga SGD 9,000. Jumlah ini adalah biaya yang telah disubsidi.

Sedangkan, untuk biaya kuliah di universitas swasta Singapura sekitar SGD10,000 atau lebih. Subsidi biaya kuliah dari Pemerintah Singapore datang dalam berbagai bentuk yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan.

Semua siswa yang telah memenuhi syarat tidak perlu mengajukan subsidi MOE. Siswa internasional juga dapat mengajukan Service Obligation Scheme untuk membayar biaya sekolah yang telah dikurangi.

Sedangkan, biaya hidup yang harus kamu keluarkan selama tinggai di Singapura akan sangat bergantung pada gaya hidup yang kamu jalani. Secara umum, tinggal di Singapura akan lebih murah dibandingkan negara-negara Eropa.

Secara keseluruhan, biaya hidup di Singapura berkisar antara SGD850 hingga SGD5,000. Jumlah tersebut bisa kamu tekan dengan memilih akomodasi yang cukup terjangkau, seperti di asrama kampus.

Untuk akomodasi sendiri, kamu membutuhkan biaya sekitar SGD200 hingga SGD700. Biaya tersebut di luar biaya utilitas, seperti misalnya air, listrik dan Wifi. Namun, jika kamu memilih tinggal di asrama kampus, maka biaya yang dibayarkan sudah termasuk biaya utilitas.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan kartu mahasiswa untuk mendapatkan potongan harga di beberapa toko. Memilih kota tempat tinggal juga bisa menjadi cara agar bisa menghemat biaya selama tinggal di Singapura.

Tinggal di pinggiran kota memungkinkan kamu untuk mengeluarkan biaya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan tinggal di kota besar.

Layanan Konsultasi Perkuliahan Luar Negeri

Mendaftar di universitas Singapura akan membuat kamu kuliah di negara yang sangat aman. Singapore sendiri dikenal sebagai negara dengan tingkat keamanan yang tinggi. Hal ini terbukti dengan angka kriminalitasnya yang rendah.

Dengan lingkungan yang aman, kamu tak perlu takut untuk tinggal sendirian selama menempuh masa studi.

Daftarkan diri di kampus-kampus Singapura melalui konsultan pendidikan luar negeri. ICAN Education Consultant memiliki berbagai layanan terbaik untuk siswa yang akan kuliah di luar negeri.

Layanan terbaik yang kami miliki mencakup pengajuan visa, proses pendaftaran hingga konsultasi kuliah. Layanan konsultasi bisa dilakukan untuk memilih universitas, jurusan bahkan akomodasi yang kamu butuhkan.

Para konselor profesional kami bekerja secara maksimal untuk memastikan kamu dapat memulai masa studi sesuai jadwal yang telah ditentukan. Tim kami juga akan memastikan bahwa kamu telah memiliki visa pelajar sebagai ijin untuk kuliah di Singapura.

Dapatkan layanan terbaik dengan mengunjungi situs resmi kami atau langsung menghubungi kami di kontak yang telah tersedia.

Berbagai universitas di Singapura menawarkan kualitas pendidikan terbaik dengan fasilitas modern yang lengkap.

Beberapa daftar kampus terbaik di Singapura berdasarkan QS World University Rankings adalah National University of Singapore, Nanyang Technological University, Singapore Management University, SIM University, Singapore University of Technology and Design dan masih banyak kampus terbaik lainnya.

Sedangkan, beberapa jurusan yang menjadi favorit banyak siswa di Singapore adalah Bisnis, Hukum, Teknik, Seni Rupa Kreatif & Desain, dan Kedokteran. Berbagai pilihan jurusan lainnya juga tersedia serta bebas kamu pilih sesuai dengan minat dan latar belakang pendidikan.