Kuliah di Spanyol

Sebagai salah satu negara dengan sejarah yang cukup panjang, Spanyol menyimpan banyak kebidayaan yang menarik minat para turis dari seluruh dunia. Selain itu, negara ini dikenal sebagai tujuan pendidikan favorit bagi banyak siswa internasional. Kuliah di Spanyol akan membuat kamu menempuh pendidikan di universitas terkemuka dunia.

Kampus-kampus Spanyol berhasil masuk ke 200 besar kampus terbaik di dunia, seperti misalnya UCAM Catholic University of Murcia, INSA Barcelona, Universidad de Barcelona dan masih banyak lainnya.

informasi kuliah di spanyol

Alasan Kuliah di Spanyol

Secara geografis, Spanyol berada di benua Eropa dan berbatasan darat dengan Prancis. Madird dan Barcelona menjadi dua kota terbesar di negara ini. Kedua kota ini tersambungd engan penerbangan ke seluruh Eropa dan salah satu yang memiliki akses ke Benua Amerika, Afrika dan Asia.

Letaknya yang strategis membuat penerbangan ke berbagai negara hanya membutuhkan waktu yang sedikit dari Spanyol.

Selain itu, bahasa Spanyol menjadi bahasa yang paling banyak penuturnya kedua di dunia, setelah bahasa Mandarin. Bahkan, penutur bahasa Spanyol berjumlah lebih banyak dibandingkan dengan penutur bahasa Inggris.

Untuk mendalami bahasa ini, banyak universitas yang menawarkan kursus kepada siswa internasional. Selain itu, tinggal di Spanyol akan meningkatkan kemampuan bahasa kamu.

Selain alasan-alasan tersebut, Spain menjadi negara kedua yang menerima kunjungi turis paling banyak di dunia. Spanyol adalah negara favorit banyak turis mancanegara, khususnya orang-orang Eropa sendiri.

Dengan kuliah di Spanyol, kamu tak hanya mempelajari berbagai bidang akademik, namun juga mengenal berbagai budaya dan orang-orang dari seluruh dunia.

Persyaratan Kuliah di Spanyol

Syarat kuliah di Spanyol biasanya tergantung dari gelar atau program yang kamu ambil. Masing-masing gelar menetapkan syarat sendiri untuk para siswa yang akan memulai masa studinya.

1. Sarjana

Untuk mengambil gelar Sarjana di Spanyol atau biasa disebut dengan Grado, kamu harus melakukan penyetaraan Ijazah (degree homologue) dan mengikuti ujian masuk universitas, sama seperti yang sering dilakukan di Indonesia.

Syarat selanjutnya akan tergantung dari masing-masing universitas yang kamu pilih. Menghubungi langsung pihak universitas akan sangat membantu untuk mencari tahu informasi lebih lengkap terkait persyaratan yang berlaku di universitas tersebut.

2. Master
3. Doktoral

Kisaran Biaya Kuliah di Spanyol

Seperti negara lainnya, biaya kuliah di Spanyol akan sangat tergantung dari universitas dan jurusan yang dituju. Masing-masing universitas biasanya telah menetapkan biaya berdasarkan program gelar yang dipilih.

Beberapa universitas di Spain menawarkan biaya kuliah 5,500 Euro dalam satu semester. Sedangkan, sebagian universitas lainnya juga menawarkan biaya hingga 12,00 Euro per semester.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai biaya kuliah di Spanyol, kamu perlu menghubungi pihak universitas secara langsung. Biasanya, pihak universitas akan menjelaskan informasi lebih rinci dan sesuai dengan jurusan yang kamu ambil.

Perlu diingat juga bahwa kamu dapat mengajukan bantuan pendidikan untuk dapat kuliah di Spanyol.

Seorang mahasiswa yang kuliah di negara ini diperkirakan menghabiskan data-rata 700 hingga 1000 Euro per bulannya untuk biaya hidup. Jumlah ini akan sangat tergantung pada kota tempat tinggal dan gaya hidup kamu.

Kota-kota besar, seperti Madrid dan Barcelona memiliki biaya hidup yang lebih tinggi, dibandingkan dengan kota lain seperti Granada atau Salamanca.

Biaya akomodasi di kota besar juga sedikit lebih mahal dibandingkan dengan kota-kota kecil. Di kota besar, kamu harus menghabiskan sekitar 300-500 Euro untuk akomodasi. Sedangkan, di kota kecil, kamu dapat menyewa kamar dengan harga 150-350 Euro.

Jumlah tersebut umumnya sudah termasuk listrik, air dan internet. Jika dibandingkan dengan negara lain, seperti Belanda, Prancis dan Inggris jumlah ini sudah cukup terjangkau.

Untuk biaya transportasi sendiri umumnya sekitar 50 Euro per bulan. Sedangkan, untuk belanja kebutuhan sehari-hari kamu bisa menghabiskan biaya sekitar 100-250 Euro di supermarket atau toko keperluan sehari-hari.

Seperti negara Eropa lain, Spanyol memperbolehkan siswa internasional untuk bekerja sambil kuliah. Durasi yang diberikan adalah 20 jam dalam satu minggu dan gaji yang akan didapatkan sekitar 450 Euro untuk pekerja paruh waktu.

Layanan Konsultasi Perkuliahan Luar Negeri

Spanyol menjadi negara ke-3 dengan jumlah siswa internasional terbanyak. Kamu bisa bergabung dengan siswa internasional dari berbagai negara lainnya dengan kuliah di Spanyol.

Proses pendaftaran sendiri bisa dilakukan langsung di situs resmi universitas atau juga melalui konsultan pendidikan.

Dengan bantuan konsultan pendidikan, kamu akan mendapatkan berbagai layanan terbaik terkait kuliah di luar negeri. Layanan-layanan yang dimiliki mencakup proses pengajuan visa, proses pendaftaran hingga konsultasi kuliah.

ICAN Education Consultant adalah salah satu konsultan pendidikan yang menghadirkan layanan-layanan tersebut. Dengan tim konselor berpengalaman, kamu bisa mendaftar kuliah dengan proses yang lebih cepat.

Layanan-layanan kami bisa didapatkan dengan menghubungi langsung para konselor atau juga mengunjungi kantor-kantor kami.

Spain sendiri telah menjadi salah satu top destinasi dan menyambut sekitar 70,000 mahasiswa internasional setiap tahunnya. Jumlah ini diperkirakan terus bertambah seiring dengan perkembangan kualitas pendidikan yang dilakukan oleh Pemerintah Spanyol.

Chat with us: