Kuliah di Switzerland

Berlokasi di antara Jerman, Prancis dan Italia, Switzerland adalah tempat terbaik bagi kamu yang ingin menjelajahi Eropa. Swiss memiliki beberapa universitas dengan peringkat tertinggi di dunia. Tak heran, jika banyak siswa internasional yang memilih untuk kuliah di Switzerland.

Ada beberapa universitas dengan peringkat tertinggi yang ada di Switzerland. Sistem pendidikan tinggi Swiss sendiri menawarkan siswa kesempatan untuk melanjutkan pendidikan dan karir mereka di masa depan.

informasi kuliah di switzerland

Mengapa Kuliah di Switzerland?

Switzerland memiliki berbagai universitas dengan reputasi tinggi di dunia, dan dua institusi unggulan mereka, yakni EPFL dan ETH Zurich. Dua institusi ini selalu menempati jajaran 30 besar universitas terbaik dunia menurut data dari Times Higher Education World University Rankings.

Pada 2016 hingga 2017 lalu, ada 7 institusi Swiss yang menempati jajaran 150 besar terbaik. Hampir semua siswa merasa puas dengan berbagai fasilitas berkualitas dan mutu pengajaran di kampus-kampus Switzerland.

Kuliah di Swiss dan berhasil lulus kuliah membuat kamu memiliki kesempatan bekerja di perusahaan-perusahaan besar, seperti Google, IBM dan Siemens. Ketiga kantor ini berlokasi di Swiss, bahkan kantor pusat teknik Google berjarak dekat dengan ETH Zurich.

Switzerland sendiri merupakan pelopor pendidikan perhotelan (hospitality) sejak satu abad yang lalu. Hal ini membuat kualitas pendidikan perhotelan di sana tak perlu diragukan lagi.

 

Cara Mendaftar Kuliah di Switzerland

Untuk mendaftar di kampus Switzerland, kamu perlu mengetahui bagaimana cara kuliah di Swiss. Umumnya, pendaftaran di kampus Swiss terdiri dari dua semester, yakni musim panas dan musim dingin.

Kamu wajib mendaftarkan diri beberapa bulan sebelum semester dimulai dan disarankan untuk mendaftar secepat mungkin.

Sementara itu, dokumen-dokumen yang akan kamu perlukan dan harus dikirimkan ke universitas, mencakup:

  • Formulir pendaftaran
  • Paspor
  • Dua pasfoto ukuran paspor
  • Salinan terlegalisir dari semua sertifikat akademik
  • CV dengan daftar lengkap dari sekolah atau universitas
  • Sertifikat bahasa

Pastikan kamu telah mendaftarkan diri secepat mungkin agar memiliki waktu yang cukup untuk memeprsiapkan semuanya dengan lengkap.

Perlu diketahui bahwa kamu bisa mendaftarkan diri di beberapa universitas di Swiss agar peluang diterima semakin besar.

Proses pengajuan visa juga harus dilakukan secepat mungkin, atau sesaat setelah kamu mendapatkan offer letter. Hal ini dikarenakan proses pengajuan visa membutuhkan waktu beberapa minggu.

Tidak ada sistem penerimaan terpusat untuk mendaftar ke kampus-kampus di Swiss. Setelah kamu memilih program, kamu perlu mencari informasi lebih lanjut di situs resmi universitas untuk memastikan bahwa kamu benar-benar memenuhi syarat akademik untuk masuk.

Umumnya, untuk dapat diterima di sebuah universitas Swiss dalam program Sarjana, kamu perlu memiliki sertifikat kedewasaan Swiss yang diakui oleh negara.

Sementara, untuk program Magister, kamu perlu gelar Sarjana, dan berasal dari bidang disiplin yang relevan dengan program Magister yang telah dipilih.

Perkiraan Biaya Kuliah di Switzerland

Biaya kuliah di Swiss adalah salah satu yang cukup murah di Kawasan Eropa. Banyak universitas negeri yang hanya memungut biaya sekitar 1,000 EUR per tahun akademik. Tentunya, biaya kuliah di masing-masing universitas akan sangat berbeda.

Secara umum, universitas negeri memiliki biaya kuliah yang lebih murah. Mahasiswa pertukaran pelajar bahkan tidak perlu membayarkan biaya kuliah.

Secara umum, biaya kuliah dari setiap jenjang kuliah adalah 1600 EUR per tahun untuk program Sarjana dan Pascasarjana. Sedangkan, program PhD membutuhkan biaya sebesar 100-200 EUR per tahun.

Beberapa jurusan seperti kedokteran memiliki biaya kuliah yang lebih mahal, yakni sekitar 16,000 EUR per tahun.

Sementara, jika kamu memilih untuk kuliah di universitas swasta, maka biaya yang harus kamu keluarkan akan lebih tinggi. Biaya kuliah di universitas swasta bisa berkisar antara 1,500 hingga 16,000 EUR per tahun.

Masing-masing universitas akan menetapkan biaya yang berbeda. Beberapa universitas swasta dengan biaya yang cukup murah adalah University of Geneva dengan biaya 900 EUR per tahun. Terdapat pula University of Bern dengan biaya 1,500 EUR per tahun dan University of Lausanne dengan biaya sekitar 1,500 EUR per tahun.

Program PhD menjadi yang paling populer di Switzerland. Selain karena banyaknya institusi yang menyelenggarakan penelitian penting dan terkenal, namun juga para peserta program PhD akan mendapatkan pembayaran untuk mengikuti program penelitian.

Biaya Lainnya

Selama kuliah di Switzeland, kamu juga perlu memperhitungkan beberapa biaya tambahan, seperti biaya buku dan materi. Biasanya, siswa dapat membeli buku bekas untuk menghemat pengeluaran.

Biasanya, mahasiswa perlu menyediakan sekitar 90EUR atau sekitar Rp1,5 juta per bulannya untuk biaya buku dan perlengkapan.

Untuk biaya hidup, sebagai siswa internasional yang jauh dari rumah, kamu perlu menyewa akomodasi. Biaya untuk tempat tinggal akan berbeda sesuai dengan tipe akomodasi yang kamu pilih.

Beberapa universitas telah memasukkan biaya akomodasi ke dalam uang sekolah atau tuition fee, untuk kamu yang memilih untuk tinggal di asrama kampus.

Sementara, untuk biaya transportasi, kamu bisa menggunakan sepeda untuk bepergian. Namun, kendaraan umum tetap akan dibutuhkan, jika kamu akan bepergian dalam jarak jauh. Kamu bisa memilih kereta bawah tanah, trem dan bus trolley.

Agar bisa bepergian dengan transportasi publik, kamu harus memiliki tiket harian atau monthly pass. Tiket harian memiliki harga yang cukup mahal. Untuk itu, banyak siswa internasional yang lebih memilih untuk memiliki monthly pass dengan diskon khusus pelajar.

Layanan Konsultasi Perkuliahan Luar Negeri

Jika kamu sedang berencana untuk kuliah di Switzerland, kamu bisa memilih berbagai universitas ternama dengan berbagai pilihan jurusan yang tersedia.

Proses pendaftaran bisa dilakukan langsung di situs resmi universitas, karena tidak ada sistem pendafataran pusat di negara ini.

Selain itu, kamu juga bisa mendaftarkan diri melalui ICAN Education Consultant. Sebagai agen pendidikan luar negeri, kami memberikan layanan-layanan terbaik untuk kuliah di luar negeri. Layanan kami mencakup proses pendaftaran hingga konsultasi kuliah.,

Untuk kamu yang membutuhkan konsultasi lanjutan, kami memiliki tim konselor berpengalaman yang akan memberikan informasi lengkap mengenai universitas atau jurusan yang dituju.

Beberapa universitas di Swiss yang bisa kamu pilih dan memiliki reputasi sangat baik adalah Business & Hotel Management School (BHMS), European University Business School, Hotel And Tourism Management Institute Switzerland (HTMi), Les Roches dan berbagai universitas lainnya.

Chat with us: