Kuliah di Inggris (UK)

Selain menjadi destinasi wisata favorit di Eropa, Inggris sering pula menjadi pilihan untuk melanjutkan studi. Berbagai program gelar, mulai dari gelar Sarjana (S1) dan Pascasarjana (S2) tersedia bagi mahasiswa yang ingin kuliah di Inggris.

Negara yang juga kerap disapa UK ini memiliki empat negara kecil yang termasuk di dalamnya adalah England, Scotland, Wales dan Northern Ireland.

Kuliah di Inggris

Inggris memiliki banyak perguruan tinggi kelas dunia. Bahkan, pada 2018 lalu, empat universitas di negara ini masuk ke dalam peringkat 10 besar universitas terbaik di dunia berdasarkan QS World University Rankings.

Selain memiliki kualitas pendidikan yang tinggi, Inggris juga termasuk negara yang aktif terlibat dalam penelitian untuk mengembangkan teknologi terkini. Masing-masing mahasiswa akan mendapat kesempatan untuk terlibat dalam penelitian penting.

Negara kerajaan ini juga memiliki kurikulum yang memudahkan siswa untuk menempuh pendidikan lebih cepat. Program S1 bisa ditempuh dalam waktu 3 tahun dan S2 dalam kurun waktu 1 tahun.

Namun, perlu diingat bahwa lamanya waktu pendidikan juga dipengaruhi jurusan yang dipilih dan kemampuan akademik masing-masing siswa.

Daftar Kuliah di Inggris

Proses pendaftaran harus dilakukan sejak 12 hingga 18 bulan sebelum masa perkuliahan dimulai. Pendaftaran dilakukan melalui Universities and Colleges Admissions Service (UCAS), organisasi yang mengurus pendaftaran dan memungkinkan pelamar memproses pendaftaran secara online.

Selain itu, ada beberapa cara kuliah di Inggris yang perlu kamu tahu:

1. Pilih Waktu pendaftaran

Jika kamu sudah menentukan di mana kamu akan berkuliah dan jurusan apa yang akan kamu ambil, selanjutnya kamu perlu memilih waktu pendaftaran. Sebagian besar kampus di Inggris memulai masa perkuliahan pada musim gugur, yakni pada September dan Oktober.

Namun, ada beberapa program yang biasanya dimulai pada Januari atau Juni. Sementara itu, proses pendaftaran biasanya dibuka pada akhir tahun hingga awal tahun berikutnya.

Nah, jika kamu sudah menentukan pilihan kampus, kamu perlu melakukan pendaftaran secepat mungkin. Batas pendaftaran melalui UCAS biasanya jatuh pada tanggal 15 Januari setiap tahun. Untuk itu, persiapkan pendaftaran kamu sebelum batas waktu tersebut.

2. Perhatikan Kelengkapan Dokumen
3. Daftar Melalui UCAS
4. Proses Pendaftaran

Biaya Hidup dan Kuliah di Inggris

Biaya kuliah di Inggris tergantung pada universitas atau jurusan yang kamu pilih. Ada sejumlah universitas yang memiliki peringkat tinggi di negara ini dengan struktur biaya sendiri. Bahkan, kamu memiliki kesempatan untuk memilih universitas dengan biaya kuliah termurah di Inggris.

Sementara itu, biaya pendidikan juga tergantung pada tingkat belajar serta lokasi tempat kamu memilih melanjutkan studi. Hal ini karena ada aturan yang berbeda untuk Inggris, Skotlandia, Irlandia Utara dan Wales.

Namun, secara umum, biaya studi di Inggris berkisar antara £10,000 – £17,000 untuk program Humaniora atau Ilmu Sosial. Sedangkan, untuk Ilmu Pengetahuan atau Teknik membutuhkan biaya sekitar £10,000 – £20,000.

Meskipun biaya kuliah di Inggris terkesan lebih tinggi dibandingkan negara lain, namun negara ini menawarkan durasi masa studi yang lebih pendek daripada negara-negara lainnya. Dengan begitu, kamu bisa memulai karir lebih awal.

Perkiraan Biaya Hidup

Tak hanya biaya kuliah di Inggris yang terbilang cukup tinggi, biaya hidup di negara ini juga terbilang mahal. Seorang siswa di Inggris mungkin membutuhkan biaya sekitar £12,200 atau sekitar Rp230 juta per tahun untuk kebutuhan setiap hari.

Bila kamu memilih kota besar untuk tinggal dan kuliah, maka biaya hidup bisa saja lebih tinggi dari perkiraan yang telah disebutkan.

Punya rencana tinggal di London? Maka, kamu perlu mempersiapkan biaya sekitar £400 – £700 per bulannya untuk sebuah flat. Sementara itu, jika kamu memilih rumah sebagai tempat tinggal, maka harga sewanya mencapai £1,200.

Namun, jika kamu memilih rumah, maka kamu perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk pajak atau council tax. Biaya pajaknya sendiri biasanya berkisar £112, tergantung dari tipe hunian yang kamu pilih.

Bagi para mahasiswa internasional, menyewa sebuah flat adalah pilihan yang paling tepat. Selain harganya yang cukup terjangkau dibandingkan sebuah rumah, flat juga lebih mudah dibersihkan.

Layanan Konsultasi Perkuliahan Luar Negeri

Inggris memiliki kampus-kampus terbaik, seperti Oxford University, Cambridge University, University College London dan universitas lainnya. Untuk memasuki kampus-kampus ini, kamu membutuhkan visa pelajar sebelum berangkat untuk kuliah di Inggris.

Pengajuan visa bisa kamu lakukan ke Kedutaan Inggris. Jika membutuhkan bantuan dalam proses pengajuan visa dan pendaftaran ke universitas tujuan, kamu bisa menggunakan layanan konsultasi kuliah di ICAN Education Consultant.

Sebagai konsultan pendidikan luar negeri, kami memiliki tim profesional yang akan membantu setiap tahap pendaftaran hingga pengajuan visa. Tentu, akan ada banyak persiapan yang harus kamu lakukan. Untuk itu, menggunakan layanan perkuliahan luar negeri akan sangat membantu.

Kamu hanya perlu mempersiapkan dokumen dan identitas diri. Kemudian, proses pendaftaran dan pengajuan visa akan dibantu oleh tim profesional kami agar proses berjalan lebih mudah. Dengan begitu, kamu bisa memulai masa studi di Inggris sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Dengan kuliah di Inggris, kamu bisa mendapatkan pengalaman kuliah yang luar biasa. Durasi masa studi yang lebih cepat juga memungkinkan kamu untuk meniti karir lebih awal dan menghemat biaya kuliah yang harus disesuaikan.

Dapatkan layanan perkuliahan luar negeri dengan menghubungi tim kami di kontak yang telah tersedia.

Chat with us: