Kuliah di Amerika Serikat (USA)

Kuliah di Amerika Serikat, tentu membawa kebanggaan tersendiri bagi banyak siswa. Amerika sendiri telah menjadi rumah bagi banyak mahasiswa internasional. Negara yang satu ini telah memiliki populasi siswa internasional terbanyak di dunia.

informasi kuliah di amerika serikat (usa)

Perkuliahan di Amerika Serikat

Kurang lebih, ada sekitar 1 juta mahasiswa yang memilih Amerika sebagai tujuan pendidikan mereka. Bahkan, menurut data, hampir 5% dari jumlah siswa yang terdaftar di lembaga pendidikan Amerika adalah mahasiswa internasional.

Kepopuleran Amerika sebagai destinasi pendidikan bukanlah tanpa alasan. Negara yang sering disebut dengan Negeri Paman Sam ini memiliki 4,700 universitas yang memberikan berbagai program terkemuka dalam segala bidang.

Menurut peringkat dalam Times Higher Education pada 2013 lalu, 7 dari sepuluh universitas terbaik di dunia berada di Amerika. Bahkan, 76 dari 200 peringkat atas universitas berbasis di negara ini.

Mengapa Kuliah di Amerika Serikat?

Nah, selain alasan tersebut, ternyata ada beberapa alasan lain mengapa Amerika memiliki jumlah mahasiswa internasional yang cukup banyak.

1. Kualitas Akademik

Seperti disebut sebelumnya, negara ini memiliki jejeran universitas terkemuka dengan kualitas akademik terbaik. Bahkan, institusi di Amerika dikenal memiliki standar akademis yang tinggi, dan mengikuti praktik peningkatan mutu yang ketat untuk mempertahankan kualitasnya.

QS World Ranking 2020 menyebut bahwa ada sekitar 33 institusi dari top 100 universitas terbaik di dunia berasal dari Amerika Serikat.

2. Lingkungan Kampus yang Menyenangkan
3. Fokus pada Penempatan Magang dan Karir Mahasiswa

Biaya Kuliah dan Hidup di Amerika Serikat

Seperti negara lainnya, biaya hidup dan kuliah di Amerika Serikat berbeda di masing-masing universitas. Akomodasi dan biaya hidup akan sangat tergantung pada gaya hidup dan kebutuhan kamu.

Biasanya, biaya kuliah di Amerika Serikat berkisar antara $10,000 sampai $55,000 (USD) per tahunnya. Sedangkan, untuk biaya akomodasi akan tergantung pada pilihan universitas dan kota yang kamu pilih. Kisaran biaya akomodasi berada di angka $3,000 dan $8,000 (USD) per tahun.

Kamu bisa memilih akomodasi di dalam maupun di luar kampus. Akomdasi di dalam kampus biasanya membutuhkan biaya yang lebih mahal, jika dibandingkan dengan yang berada di luar kampus.

Meski begitu, saat menempuh tahun pertama universitas, kamu akan disarankan untuk mengambil akomodasi di dalam kampus agar dapat beradaptasi dengan lebih mudah.

Biaya akomodasi juga biasanya tidak mencakup berbagai hal, seperti biaya listrik, saluran telepon, transportasi dan biaya lainnya.

Setiap mahasiswa internasional diperbolehkan untuk bekerja selama masa studi mereka. Durasi maksimal yang diberikan mahasiswa untuk bekerja yakni 120 hari dalam setahun dan 20 jam dalam seminggu.

Perlu diingat bahwa mahasiswa tahun pertama tidak dipernolehkan untuk bekerja di luar kampus. Namun, mereka tetap bisa bekerja di dalam kampus, seperti di perpustakaan, pusat informasi atau kantin.

Mendaftar Kuliah di Amerika Serikat

Untuk kamu yang berencana untuk kuliah di Amerika Serikat, kamu perlu mengetahui beberapa hal dan persiapan yang perlu dilakukan.

Kamu perlu melakukan pendaftaran sesuai dengan sistem yang berlaku dan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan oleh pihak universitas. Sedangkan, dokumen-dokumen yang perlu kamu persiapkan, mencakup:

  • Salinan rapor dan ijazah SMA yang telah dilegalisir sekolah
  • Surat referensi bank milik pembiaya
  • Pas foto ukuran 5×5 cm
  • Salinan akte kelahiran dan paspor
  • Hasil tes TOEFL
  • SAT (jika diperlukan)
  • Visa Pelajar
  • Asuransi Kesehatan

Dokumen lainnya yang diperlukan, bisa ditanyakan secara langsung ke pihak universitas atau situs resmi universitas tujuan.

Setelah melengkapi semua dokumen, kamu bisa mengisi formulir pendaftaran yang tersedia di situs resmi universitas. Kemudian, kamu bisa menunggu surat penerimaan atau penawaran dari universitas tujuan. Jika terpilih, kamu mungkin akan diminta untuk membayar biaya pendaftaran dan langkah-langkah selanjutnya akan diinformasikan lebih lanjut.

Layanan Konsultasi Perkuliahan Luar Negeri

Meski proses pendaftaran untuk kuliah di Amerika Serikat terbilang membutuhkan waktu yang cukup lama, kamu perlu memenuhi semua persyaratan dan dokumen yang diperlukan. Penting untuk mencari tahu lebih lanjut seputar syarat dan dokumen apa saja yang ditetapkan oleh pihak universitas tujuan.

Selain mencari informasi di situs resmi universitas atau menghubungi langsung ke tim terkait, kamu juga bisa menggunakan layanan konsultasi kuliah milik ICAN Education Consultant. Para konselor kami akan memberikan layanan yang kamu butuhkan terkait kuliah di luar negeri.

Di manapun tujuan pendidikan kamu, ICAN Education sebagai konsultan pendidikan luar negeri akan membantu setiap proses pendaftaran hingga kamu benar-benar diterima di kampus tujuan.

Dengan proses pendaftaran yang lebih mudah, kamu dapat memulai masa studi di kampus impian sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.